P. 1
Kronik, kronologi, periodisasi

Kronik, kronologi, periodisasi

|Views: 5,085|Likes:
Published by Nadya Hareswary

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Nadya Hareswary on Aug 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/19/2013

pdf

text

original

Kronik, Kronologi, Periodisasi dalam Ilmu Sejarah

Oleh Kelompok 4

Yang Akan Dibahas.....

KRONIK

KRONOLOGI

PERIODISASI

Apa itu Kronik?
‡ Kronik merupakan fakta kronologis yang memberikan bahan kepada para peneliti untuk mendapat penafsiran yang saling berhubungan. Kronik dalam hal ini adalah daftar angka tahun dengan pernyataan peristiwa. Sejarawan akan mendapat sumber sejarah, seperti prasasti, naskah, rekaman, fosil, artefak, alat batu, patung yang akan diteliti secara ilmiah dengan menggunakan alat dan bahan kimia tertentu untuk menentukan keasliannya.

Apa itu Kronik?
‡ Dari data tersebut akan menjadi sejarah setelah dirangkai secara baik menjadi suatu kisah.

Apa fungsi Kronik?
‡ Kronik dapat dijadikan sumber sejarah dari suatu bangsa yang pernah dilalui oleh musafir atau para pendeta. Hal ini dikarenakan biasanya para musafir atau pendeta tersebut mencatat segala peristiwa yang pernah terjadi dan dilihat atau dialaminya pada daerah/negara yang dilalui atau disinggahinya. oleh karena itu kronik dapat menjadi salah satu sumber tertulis di Indonesia.

Apa fungsi Kronik?
‡ namun perlu diingat bahwa bahan-bahan yang dimaksud dalam kronik tersebut merupakan bahan-bahan yang lepas, yang masih perlu dirangkai secara selaras menjadi suatu kisah sejarah.

Contoh-contoh Kronik
‡ 17 Agustus 1945 - Pada tanggal inilah proklamasi kemerdekaan Indonesia dilakukan. ‡ 18 Agustus 1945 - Pengesahan UUD ‡ 26 Maret 1966 - Pada waktu ini, para pejuang lain menolak memberikan Kota Bandung ke tangan sekutu. Akhirnya, mereka memutuskan utk membakar kota tsb, sehingga muncullah istilah Bandung Lautan Api.

Mengapa ada Kronik?
‡ Kronik ada untuk: 1. Membantu menghindarkan terjadinya kerancuan dalam pembabakan waktu sejarah. 2. Merekonstruksi peristiwa sejarah dimasa lalu berdasarkan urutan waktu dengan tepat. 3. Menghubungkan dan membandingkan kejadian sejarah di tempat lain dalam waktu yang sama

Apa Kronologi sejarah itu?
‡ Kronologi adalah catatan kejadian-kejadian yang diurutkan sesuai dengan waktu terjadinya. Kronologi dalam peristiwa sejarah dapat membantu merekonstruksi kembali suatu peristiwa berdasarkan urutan waktu secara tepat, selain itu dapat juga membantu untuk membandingkan kejadian sejarah dalam waktu yang sama di tempat berbeda yang terkait peristiwanya.

Apa fungsi kronologi sejarah?
‡ Penyusunan kronologi oleh para sejarawan bertujuan untuk menempatkan skenario peristiwa sejarah dalam setting waktu agar memudahkan setiap orang yang ingin mengetahui peristiwa sejarah sehingga dapat mempelajarinya secara berurutan dan sistematis.

Mengapa ada kronologi sejarah?
‡ Tujuan dibuatnya kronologi dalam sejarah adalah agar penyusunan berbagai peristiwa sejarah dalam periodisasi tertentu tidak tumpangtindih atau rancu dengan metode lainnya . kronologi sejarah berarti sesuai dengan urutan waktu kejadian dari peristiwa sejarah tersebut , sehingga tidak berlangsung secara loncat-loncat .

Mengapa ada kronologi sejarah?
‡ walaupun demikian susunan kejadian berdasarkan urutan waktu tersebut harus tetap berkesinambungan dan menunjukan kuasalitas (sebab-akibat). Penyusunan peristiwa berdasarkan urutan waktu tanpa adanya hubungan sebab akibat disebut periodisasi.

Apakah periodisasi itu?
‡ Pengertian periodisasi diartikan sebagai pembabakan waktu yang dipergunakan untuk berbagai peristiwa. Kompleksnya peristiwa yang terjadi dalam kehidupan manusia pada setiap masa memerlukan suatu pengklasifikasian berdasarkan bentuk serta jenis peristiwa tersebut.

Apakah periodisasi itu?
‡ Peristiwa-peristiwa yang telah diklasifikasikan itu disusun secara kronologis berdasarkan urutan waktu kejadiannya.

Apa fungsi periodisasi?
‡ Periodisasi digunakan untuk mempermudah pemahaman dan pembahasan sejarah kehidupan manusia. Periodisasi yang dibuat oleh banyak peneliti berakibat adanya perbedaan-perbedaan pandangan sehingga periodisasi sejarah bersifat subjektif yang dipengaruhi subjek permasalahan serta pribadi penelitinya.

Mengapa ada periodisasi?
‡ Rentang waktu atau masa sejak manusia ada hingga sekarang merupakan rentang yang sangat panjang, sehingga para ahli sejarah sering mengalami kesulitan untuk memahami dan membahas masalah-masalah yang muncul dalam sejarah kehidupan manusia. Untuk mempermudah pembabakan kehidupan manusia, para ahli menyusun periodisasi sejarah.

CLOSING .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->