TUGAS ³UTS´ USAHA TANI RANCANGAN USAHA TANI YANG BERPOLA MULTIPLE CROPING DAN MIX FARMING

Tugas ini ditujukan untuk memenuhi tugas UTS mata kuliah Usaha Tani

Disusun oleh:

IRAWAN WIBISONYA 108092000027 AGRIBISNIS IV A

PROGRAM STUDI SOSIAL EKONOMI PERTANIAN FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA 2010

penyakit) infestasi. mengurangi resiko kegagalan panen. Pengendalian hama juga akan dapat teratasi karena perbedaan jenis tanaman karenaTanaman dari spesies tertentu lebih rentan terhadap suatu jenis hama (gulma. yaitu waktu pemulihan tanah. Selain itu. sedangkan kacang hijau ± 2. jadi satu kali panen dapat diperoleh gabah dan kacang hijau. juga media tanamnya. Rancanglah suatu usaha tani yang berstruktur multiple cropping (tanaman lebih dari satu jenis). sehingga tidak terlalu menggangu per tumbuhan padi. Ketika berbagai jenis tanaman yang tumbuh bersama-sama kemungkinan infestations hama dikurangi atau diencerkan karena untuk meningkatkan kebutuhan dan mengurangi sumberdaya lahan yang tersedia. Kerugian yang ditimbulkan dari pola Multiple Farming ini beragam. Dapat pula juga diperoleh ragam produksi. Jenis kombinasi tanaman ini saya pilih karena merupakan tanaman pertanian yang banyak peminatnya.1.5 bulan. ada kebutuhan untuk meningkatkan prod uktivitas per satuan luas dan waktu. IRAWAN WIBISONYA AGRIBISNIS IVA 2 . juga menjaga kesuburan tanah dengan mengembalikan bahan organik yang banyak dan penutupan tanah oleh tajuk tanaman tanaman kacang hijau akan membantu meningkatkan kandungan nitrogen di dalam tanah. pertanaman secara tumpangsari pada lahan kering dapat memelihara kelembaban dan kadar air tanah serta mengurangi erosi. terdapat pula kesulitan dalam menentukan periode kosong. Keuntungan dari pola Multiple Croping . Selain itu. apa keuntungan dan kerugian dari pola tsb? Dalam perencanaan usaha tani yang berstruktur Multiple Croping. Padi dan kacang hijau memiliki masa panen dalam jangka waktu yang relatif dekat. Kacang hijau akan ditanami di sekitar tegalan atau pematang (mengelilingi tanaman padi). Jadi. saya memilih pertanian dengan penanaman Padi dan kacang hijau. dapat mempengaruhi produknya itu sendiri. sebab kedua tanaman saling berebut unsure hara dan sinar matahari. Selain itu juga dapat meningkatkan penganekaragaman penggunaan makanan. yaitu Padi selama ± 3 bulan. dengan pilihan yang tepat dari komponen tanaman kesuburan tanah ditingkatkan. Kerugiannya dapat berupa menurunya tingkat kualitas produksi. dan meningkatkan intensitas tanam . kacang hijau memiliki bentuk tanamanya yang tidak terlalu tinggi. Pola tanaman yang lebih dari satu jenis juga dapat menurunkan tingkat evaportranspiration air. alas an memilih kombinasi tanaman tsb. serangga.

Di dalam sistem campuran ini tanaman perkebunan sebagai komponen utama dan tanaman rumput dan ternak yang merumput diatasnya merupakan komponen kedua. hasil buah kelapa yang segar.2. Sistem pertanian campuran ini dilakaukan dengan Tanaman pangan disi yaitu kelapa kopra sebagai komponen utama dan ternak yaitu sapi yang menjadi komponen kedua. saya akan mencampurkan antara Perkebunan dan Peternakan. Disisi lain keuntungan yang diperoleh yakni. Ternak dapat digembalakan di pinggir atau pada lahan yang belum ditanami dan pada lahan setelah pemanenan hasil sehingga ternak dapat memanfaatkan limbah tanaman pangan. sekitar 75 Sumatera Banyak seklai keuntungan yang diperoleh dari struktur Mix Farming pada campuran kombinasi kedua produk pertanian ini yaitu. apa keuntungan dan kerugian dari pola tsb? Dalam Perencanaan Usaha Tani yang berstruktur Mix Farming. sedangkan peternakannya menggunakan hewan sapi. meningkatkan kualitas pakan 95 persen nitrogen dan 90 95 persen mineral dikembalikan ke tanah. untuk pemanfaatan lahan secara optimal. rumput. dapat juga menurunkan biaya penyiangan dan mempermudah pengumpulan hasil panen dari buah kelapa. Contoh penerapan sistem ini di IRAWAN WIBISONYA AGRIBISNIS IVA 3 . tersedianya tanaman peneduh bagi ternak sehingga dapat mengurang i stress karena panas. Alasan saya memilih komoditi campuran ini yaitu dikarenakan integrasi sumber-sumber hewan ternak dan tumbuhan dapat memperoleh out put biomassa yang optimal dalam lingkungan ekologi dan sosio ekonomi. dimana perkebunan disini menggunakan komoditi tanaman kelepa kopra. Dari berbagai penelitian yang dilakukan melaporkan bahwa integrasi antara tanaman perkebunan dan peternakan dapat meningkatkan kualitas tanah yang mnjadi media tanam kelapa . Pada segi keuntungan yang ekonomis hasil ini dapat meningkatkan hasil pertumbuhan ternak. meningkatkan hasil produksi buah kelapa. Se lain itu juga. gulma. alasan memilih kombinasi tanaman tsb. Rancanglah suatu usaha tani yang berstruktur mix farming (pertanian campuran). Menurut penelitian juga menyebutkan bahwa dari nitrogen tumbuhan dan mineral yang dimakan hewan di areal penggembalaan. ternak dapat mengembalikan unsur hara dan memperbaiki struktur tanah melalui urin dan kotoranya. sem ak dan hijauan pakan yang tumbuh disekitar tempat tersebut.

ternak. jadi terdapat polusi udara yaitu timbulnya bau yang berasal dari kotoran sapi. dan yang terpenting selain keuntungan untuk produksi kelapa kopra juga dalam peningkatkan keuntungan ekonomis termasuk hasil ternaknya. IRAWAN WIBISONYA AGRIBISNIS IVA 4 . Kerugian yang dapat ditimbulkan dari struktur Mix Farming ini salah satunya karena keberada hewan yang liar. membatasi pertumbuhan gulma. mengurangi penggunaan herbisida.