a. b. c. d. e. f. g.

RAHASIA TULISAN TANGAN “tulisan tangan adalah refleksi kepribadian seseorang. Seberapa besar kekuatan egonya, seberapa besar mereka menilai diri sendiri, dan seperti apa daya intelektual, gaya kerja dan cara mereka berkomunikasi” (Sheila Lowe, graphologis). Apa yang bisa di ceritakan oleh tulisan tangan seseorang? Banyak sekali……. Karena tulisan tangan adalah hasil dari pikiran sadar dan bawah sadar manusia yang menggambarkan karakter dasar pribadinya. Ini sesuai dengan yang di utarakan oleh dua pakar psikologi ternama, Freud dan Jung, bahwa, secara tidak langsung, pikiran bawah sadar kita akan diproyeksikan ke dalam berbagai hal. Salah satunya tulisan tangan yang merupakan hasil koordinasi antara gerak motorik halus dan pikiran. Dalam Grafologi, sedikitnya ada 6 hal yang bisa kita gunakan dalam membaca kepribadian seseorang. Keenam hal itu adalah: Besar kecilnya tulisan, Bersambung atau tidak, Tegak atau miring, Tekanan, Kecepatan menulis, Bentuk huruf awal, Bentuk huruf akhir.

1. BESAR KECILNYA TULISAN Ada empat ukuran tulisan tangan yaitu: kecil, sedang, besar, dan sangat besar. Tulisan berukuran kecil menunjukkan seseorang yang pendiam, suka menyendiri tapi otaknya cemerlang dan pikirannya selalu ilmiah serta sangat logis. Tipe orang yang teliti, tepat, dan memiliki kekuatan konsentrasi yang mengagumkan. Apabila tulisa1nnya kecil-kecil tapi mudah di baca, menunjukkan penulisnya pandai dan punya konsentrasi kuat. Namun dia suka pamer bahwa dia orang pandai. Tulisan tangan kecil dan susah dibaca berarti sang penulis orang yang cerdas dan mandiri. Tulisan berukuran sedang menunjukkan orang yang supel dan praktis, namun cenderung setia kepada tradisi. Untuk gaya hidup modern dia hanya toleransi pada kegiatan formil saja. Orang ini sangat jitu dalam berfikir logis saat mengambil keputusan penting dalam hidupnya. Tulisan tangan berukuran besar menunjukkan besarnya ambisi orang tersebut. Tipe orang ini suka melebihkan omongan dan sesekali tak merasa berdosa jika berdusta, berdarah panas, selalu ingin dihargai oleh orang lain dan cenderung egois. Meski demikian orang seperti ini tak suka berpangku tangan dan umumnya murah hati.

Orang yang memiliki tulisan seperti ini mudah di pengaruhi. gemar menyendiri dan biasanya banyak memiliki keahlian atau bakat special yang sulit ditiru orang lain. bersambung kotak. seolah-olah beban berat di pundaknya tak tertanggungkan. mudah bergaul dan di senangi teman. hati. sambung berliku. Tulisan bersambung berliku: Meski bersambung.hati tapi gemar menonjolkan status. bisa menerima ide orang lain. Sayangnya mudah sekali tersinggung kalau di kritik. sambung berbentuk kotak. serta gaya campuran. Bisa jadi dia berprofesi sebagai seniman. Selain itu ada tulisan yang huruf-hurufnya saling tidak tersambung. bila seseorang bersikap tidak sesuai dengan kehendaknya jangan harap dia mau menolong. Artinya. penulisnya sangat formil. Sosok yang suka over acting. secara umum hanya ada 2 buah gaya utama dalam tulisan yakni bersambung (connected) dan tidak bersambung (disconnected).Ukuran tulisan tangan yang sangat besar menunjukkan pribadi yang gemar menarik perhatian orang lain. Namun. Justru tulisan seperti ini tanda penulisnya seorang yang cerdas. Penulisan yang bersambung ada yang bersambung biasa. namun tulisan ini banyak gaya liku-likunya. Catatan: Orang yang jika menulis selalu menyambungkan huruf di antara hurufhuruf yang tarikannya jatuh di bawah adalah orang hidupnya sangat menderita. Kadang terlihat bersambung biasa. Jika tulisan membesar di tengah dan sedikit ke atas atau ke bawah dari garis dasarnya. bahkan ada campuran sambungan berliku. Dia juga sering menilai enteng setiap persoalan.bahkan. Orang ini berbakat menjadi pemimpin dan bisa mengarahkan hidupnya dan hidup orang lain dengan baik. ingin selalu tampil. Umumnya pendiam. . seperti bisa dilihat dari logo tulisan tangan Walt Disney. hingga tindakannya kadang terkesan sembrono dan tanpa pemikiran mendalam. biasa berfikir cepat dan kreatif. Contohnya. BERSAMBUNG ATAU TIDAK Tulisan tangan seseorang dengan orang lain amat bermacam-macam gayanya. Seorang yang gemar berpetualangan mengikuti panggilan jiwanya bahkan rela pergi kemana-mana demi memuaskan jiwa yang haus perhatian. Tulisan bersambung berbentuk kotak: Bukanlah tanda pribadi yang positif. 2. Orang ini biasa menulis cepat. Gaya Campuran: Sambungan tulisannya tidak konsisten. Bukan berarti pribadinya ruwet. maka orang itu bersifat kekanak-kanakan. Tulisan bersambung biasa: Menunjukkan pribadi yang senang memberi respon pada setiap masalah. tulisannya tidak karuan dan kadang sukar dibaca.

TEGAK ATAU MIRING Ada tiga bentuk kemiringan tulisan: tegak. sangat tekun mengerjakan sesuatu. 3. Tulisan yang tegak tapi banyak menggunakan tanda atau ornament sehingga berkesan ramai adalah ciri orang yang berkarakter sulit. sering enggan berkompromi dengan orang lain. Mengutamakan kebebasan pribadi dalam mengerjakan sesuatu. Tulisan tegak. Jika jarak antar hurufnya semakin jauh berarti semakin jauh orang itu menjaga jarak dengan lingkungannya. menandakan hubungan social yang kurang baik dari orang tersebut dengan lingkungannya. Tak bia di andalkan dan perlu bantuan untuk mengambil keputusan yang penting untuk hidupnya. Tulisan miring ke kiri: Ciri pribadi yang tertutup alias introvert. Semua bentuk ini memiliki makna tersendiri. huruf-hurufnya saling terpisah. jarang berkomunikasi dengan orang dan biasanya tipe yang sibuk dan asik dengan dirinya sendiri. berarti orang itu sebenarnya suka berhubungan social dengan orang lain tapi tetap menjaga jarak wilayah pribadinya.Tulisan tidak bersambung: Tulisan yang tidak bersambung. miring ke kiri dan miring ke kanan. ketidakkonsistenan orang yang menulis tegak bisa sampai 70%-80%. Sementara. Untungnya control dirinya hebat. Bukan orang yang enak di ajak bergaul karena cenderung egois dan mau menang sendiri. Jika hurufnya sebagian tersambung dan sebgian lagi terpisah. Jika jarak antar hurufnya sangat jauh berarti orang ini boleh di bilang menutup diri dari intervensi dunia luar ke dalam kehidupan pribadinya. Jika jarak antar hurufnya sedikit rapat meski tidak bersambung berarti orang itu masih mau berhubungan dengan lingkungannya meski tetap menjaga jarak. Pribadi ini tertutup. cukup pandai memilih hal yang berpengaruh positif terhadap kehidupannya. Uniknya hanya 10 persen orang yang tidak konsisten menulis secara miring. Hampir semua hal di ukur menurut keinginannya sendiri atau standar kuno yang menurutnya . Tulisan yang sangat tegak lurus adalah cirri orang yang sangat percaya diri. Bila lancipnya pada huruf awal saja artinya orang itu banyak mengalami konflik psikologis sehingga sering bersikap agresif dalam hidupnya. Tulisan tegak: Menunjukkan orang yang efisien dan berpikiran jernih tapi tak suka di atur. dan lancip: Penulisannya adalah orang yang agresif. lurus. Jika tulisannya tegak dan semua tulisan bersambung berarti orang ini amat logis dan fleksibel.

Dia juga peka terhadap perubahan dan siap menghadapi perubahan. TEKANAN TULISAN Untuk melihat seberapa besar tekanan tulisan seseorang mudah saja. Balik kertas yang ditulisi orang tersebut. Ini adalah tanda orang yang cerdas dan bisa berpikir cepat. Apakah tekanannya halus atau tebal terlihat jelas dan bisa di raba dari belakang kertas. Tulisan yang miring ke kirinya kuat sekali adalah tanda orang yang sangat mandiri. penuh semangat. hampir tak meninggalkan tekanan adalah tanda pribadi yang tenang. Perhatikan kertas dari belakang. kurang semangat. KECEPATAN MENULIS Ada orang yang mampu dan biasa menulis dengan cepat. Orang seperti ini sulit atau kurang luwes menyesuaikan diri dalam pergaulan. Dalam arti tidak terlalu pendiam namun juga tidak kaku atau terlalu emosian. Percaya kata hatinya saat bekerja. untuk hal yang kurang dimengerti tak malu untuk bertanya kepada ahlinya. Menulis dengan cepat: Tulisannya bisa sampai tidak terbaca karena dia jarang memperhatikan bentuk huruf atau bentuk keseluruhan tulisan. jika kertas di amati dan di raba dari belakang. Tulisan yang hanya sedikit miring ke kanan menunjukkan pribadi yang butuh ketenangan dan tak terlalu suka di ganggu saat bekerja atau melakukan aktivitas. Tulisan yang tekanannya sedang adalah orang yang bersikap sedang juga. Tulisan yang tekanannya halus. apalagi dia selalu ingin dihargai orang lain. Di baliknya akan tampak bekas goresan tulisan yang tercetak. Sebaliknya ada orang yang selalu menulis dengan lambat. Tulisan semakin ke kanan semakin menurun: Pesimis. Selain terkesan kuno dan konservatif. Namun. 4. Tulisan semakin ke kanan semakin cenderung naik: Optimis. cenderung egois. Tidak banyak tingkah dan cenderung diam. Perkara tulisannya mudah dibaca dari belakang atau tidak bukanlah persoalan yang penting. Tulisan yang bekas tekanannya tercetak jelas. Menulis lambat: . Tulisan miring ke kanan: Menunjukkan pribadi yng ramah. 5. Suka menghadapi tantangan baru. aktif dan bersikap terbuka alias extrovert. Semakin dalam dan keras tekanan tulisannya maka semakin kaku sikap orang tersebut dalam kehidupan.sangat baik. tanda pribadi yang kaku dan formal. orang ini sangat individualistis.

7. Banyak orang yang suka memainkan bentuk tulisannya. Tipe pemimpi yang optimis. Huruf akhir menyilang: . Selain itu dia suka sekali melakukan berbagai eksperimen. busur dan sebagainya. 6. Tapi beberapa orang sudah memiliki bentuk akhir huruf yang khas pada ujung tiap kata. Bukan orang yang pelit berbagi kebahagian dengan orang lain. Ada huruf yang bentuknya mirip jangkar kapal. terutama pada huruf awal. Umumnya kita akan lebih mudah menemukan bentuk ini secara khas di akhir kalimat. yakni: di tulis memanjang ke ujung.Biasa berpikir santai atau banyak pertimbangan. Bukan tipe orang yang mau berusaha keras untuk mendapatkannya. Tipe orang yang cenderung ingin athu banyak hal dalam hidup ini. Huruf akhir suatu kta ditulis memanjang ke ujung: Orang yang murah hati dan rasa sosialnya besar. memanjang ke atas dan dibuat menyilang. Tipe orang yang tenang menjalani hidup. Bentuk huruf di akhir kata ini terbagi dua model utama. Huruf pada akhir kata ini bisa memberikan gambaran sikap social dan kualitas pribadi penulisnya. Bentuk busur: Bentuk huruf di awal tulisannya seperti busur panah yang di tarik. Bentuk memanjang dri bwah: Huruf awal memanjang dimulai dari bawah bila di goreskan secara kilat menunjukkan penulisannya agresif dan cepat menyelesaikan pekerjaan. Bukan tipe orang yang efisien. Tipe pasif yang mengharapkan rejeki dan kebaikan datang menghampirinya. huruf akhir memanjang ke atas: penulisnya menyukai kemewahan. Ini adalah tanda orang orang yang bersikap kurang dewasa dan kurang percaya diri. BENTUK HURUF AKHIR Perhatikan bentuk huruf pada akhir kata yang dituliskan. Ini adalah pribadi yang terlalu berhati-hati dan cenderung lambat menata masa depan. BENTUK HURUF AWAL Perhatikan saat orang menulis dengan memulai sebuah kalimat baru. Tipe orang yang susah untuk dimintai keputusan penting dalam waktu singkat karena orang seperti ini cenderung suka memikirkan hal yang kurang penting. Bentuk memanjang: Huruf awal panjang dan dituliskan pelan-pelan. Setiap bentuk itu menunjukkan karakter yang khas. idealis dan punya semangat yang tinggi dalam menjalani hidup. Orang ini biasanya cepat puas dengan hasil yang di capai. Bentuk jangkar: Di sebut bentu jangkar karena memang huruf awal tulisnya mirip jangkar kapal. Hidupnya tergolong religious. Panjangnya huruf awal menunjukkan kelambatan kerja dan pemborosan waktu.

.Orang yang suka intropeksi. Tak hanya mau mempelajari kesalahan orang lain namun tak segan mengkritik diri sendiri bila perbuatannya memang salah.