MAKALAH AKHLAK TERPUJI TERHADAP LINGKUNGAN SESAMA

UNTUK MEMENUHI SALAH SATU TUGAS MATA KULIAH TELAAH AKIDAH AKHLAK MTS/MA DOSEN : DRA. HAMDANAH M.AG

DISUSUN OLEH : SRI WAHYUNI 10.42.12260

N I M :

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALANGKARAYA FAKULTAS AGAMA ISLAM PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PROGRAM KELAS KHUSUS TAHUN 2010

PENDAHULUAN
Bahwa sesuai dengan bahan yang telah dipersiapkan dan selanjutnya dijadikan tugas bagi mahasiswa tentang materi kuliah telaah materi aqiadah akhlak MTs/MA dengan materi akhlak terpuji terhadap lingkungan dan sesama. Bahan materi ini menarik untuk ditelaah karena menjadi pembelajaran pada MTs/MA sebagai pengayaan atas ilmu pembentuk kepribadiaan dan menambah pengetahuan. Penelaahan ini juga penting sebagai evaluasi atas kesesuaian antara materi pembelajaran dengan silabus serta memberi masukan dan jalan keluar serta kritikan seperlunya terhadap hal-hal yang dipandang belum mencapai tingkat memadai. Penelaahan atas materi pembelajaran seperti ini sebagi bentuk penajaman analisis akademik atas sebuah pembelajaran sehingga mempunyai peran ganda disamping sebagai kegiatan pendalaman ilmu juga diharapkan menjadi masukan terhadap evaluasi peningkatan materi pembelajaran. Materi pembelajaran yang ditelaah adalah akhlak terpuji ternyata ruang lingkup dan aspek-aspek pembelajarannya tidaklah sederhana, muncul pertanyaan apakah ada kesesuaian cara, metoda, dalam mencapai pemahaman yang lengkap dari pengertian dan ruang lingkup pokok bahasan tersebut dengan ketersediaan waktu dan media yang ada. Hal tersebut menjadi menarik untuk ditelaah guna mencapai menelaahan sebagimana diuraikan di atas.

tingkah laku atau tabiat.akan melahirkan akhlak dermawan Baik menurut akhlak adalah segala sesuatu yang berguna. Menurut Abdul Karim Zaidan.dapat membentuk akhlak. kemudian memilih melakukan atau meninggalkan perbuatan itu.akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang dapat menimbulkan perbuatan dengan gampang dan mudah serta tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan. jadi menurut bahasa. Sedangkan ilmu akhlak dalam The Encyclopedia of Islam dirumuskan bahwa ilmu akhlak adalah ilmu tentang kebaikan dan cara mengikutinya. kemudian memberi hukum/nilai kepada perbuatan itu bahwa ia baik atau buruk sesuai dengan norma-norma akhlak dan tata susila. Jamaknya adalah khuluq atau al-khuluq.akhlak ialah membiasakan kehendak.jika membiasakan kehendak untuk memberi. Perkataan akhlak dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa Arab.Ini berarti jika kehendak itu dibiasakan. Menurut Imam al-Gazali.Pengertian Akhlak. akhlaq. kata khuluq atau al khuluk berarti budi pekerti. ilmu akhlak diartikan sebagai ilmu tata krama.Akhlak terpuji terhadap lingkungan dan sesama A. bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Didalam kamus Al-Kautsar. Menurut Ahmad Amin. perangai. yang sesuai dengan nilai dan norma agama. akhlak adalah nilai dan sifat yang tertanam dalam jiwa sehingga seseorang dapat menilai perbuatan baik dan buruk. Adapun yang menentukan baik buruk suatu sikap ( akhlak ) yang melahirkan perilaku atau manusia perbuatan manusia adalah Al-Qur¶an yang dijelaskan dan dikembangkan oleh Rasulullah saw dengan sunahnya. . Jadi ilmu akhlak ialah ilmu yang berusaha untuk mengenal tingkah laku manusia.Misalnya. nilai serta norma yang terdapatdalam masyarakat. dan ilmu tentang kejahatan dan cara menghindarinya.

binatang ternak dan sinar matahari telah memberikan sumbangan yang besar dalam menopang kebutuhan hidup manusia. Jika dilakukan sekali saja atau jarang. tidak dapat dikatakan akhlak. Akhlak Terpuji terhadap Lingkungan Sebagai salah satu unsur yang membentuk dirinya. kemudian bertobatlah kepadanya. Alam atau lingkungan hidup yang ditempati manusia memberi manfaat kepadanya.S al Hud 61. manusia dan alam lingkungannya. Jika ia tidak bersikap ramah terhadap lingkungan. Air. kekeringan dan wabah penyakit. alam semesta menjadi bagian dari manusia. jika memenuhi beberapa syarat. tampak jelas bahwa ruang lingkup akhlak sangat luas. udara. Perbuatan tanpa dipikir pikir atau ditimbang ulang akan menjadi suatu kebiasaan yang membentuk diri sebagai perangai akhlak. Jadi akhlak pengertiannya mencakup seluruh aspek kehidupan. hasil dari suatu perbuatan merupakan pencerminan akhlak. Timbul dengan sendirinya. Ketidak ramahan manusia menyebabkan rusaknya lingkungan yang menimbulkan bencana seperti banjir. Berdasarkan pemahaman tersebut diatas. B. kebakaran. baik berhubungan dengan Allah maupun dengan sesama makhluk ciptaanya. sesungguhnya tuhanku sangat dekat (rahmatNya) dan memperkenankan (doa hambaNya)´ Q. Dan syarat syarat itu adalah sebagai berikut : 1. misalnya memberikan uang dengan alasan tertentu 2. . Manusia diharapkan dapat menciptakan kemakmuran di bumi. Dilakukan secara terus menerus dan berulang ulang. karena itu mohonlah ampunan padaNya. Oleh karena itu. Akan tetapi semua itu juga dapat membahayakan kelangsungan hidup manusia. api tumbuh-tumbuhan. allah berfirman sebagai berikut: Artinya: ³ Dia telah menciptakan kamu dari Bumi ( tanah) dan menjadikanmu pemakmurnya.Akhlak islamiah adalah keadaan yang melekat pada jiwa manusia.

d. yakni berprasangka buruk terhadap seseorang. c. husnuzan berarti prasangka. mutlak memerlukan hubungan baik dengan sesama anggota masyarakat. dan ta¶awun. Salah satu cara untuk menjalin hubungan baik dengan sesama anggota masyarakat ialah husnuzan. Orang yang mengaku beragama Islam wajib melaksanakan ajaran Islam dalam perilaku kehidupannya sehari-hari. Dalam kehidupan masyarakat. antara lain husnuzan. Husnuzan 1. dugaan baik. .Memberi kepercayaan kepadasesama manusia tentang suatu urusan dengan kepercayaan bahwa ia dapat melaksanakan tugasnya. Hubungan baik dengan sesama anggota masyarakat menjada syarat bagi terwujudnya gotong royong agar dapat memenuhi kebutuhan masing-masing pihak. Sudah tentu suuzan berakibat buruk terhadap hubungan persaudaraan dalam bermasyarakat. Jika tidak demikian. Akhlak terpuji terhadap sesama manusia amat banyak macamnya. Adapun perilaku yang mencerminkan sikap husnuzan antara lain .Meyakini bahwa semua larangan agama demi kebaikanmanusia sendiri. Lawan kata husnuzan ialah suuzan.Bentuk -bentuk Husnuzan. a.Menjauhi terhadap prasangka buruk terhadap siapapun apabila tidak ada bukti ± bukti nyata. e. tidaklah berarti keislaman orang tersebut. tasamuh.Mengembangkan sikap baik dalam kehidupan bertetangga dan bermasyarakat.Pengertian dan Pentingnya Husnuzan Kata husnuzan berasal dari lafal (Baik) dan (Prasangka). Akhlak Terpuji Terhadap Sesama Manusia. 2. tawaduk.C.Meyakini dengan sepenuh hati bahwa semua perintah agama untuk kebaikan manusia sendiri(jika diataati) b. perkiraan. Dengan demikian.

Sifat terpuji ini mencakup dan mengandung banyak sifat terpuji lainnya.Pengertian dan Pentingnya Tawadhu Sikap merendah tanpa menghinakan diri.Rasulullah mendefinisikan sombong dengan sabdanya : ³Kesombongan adalah menolak kebenaran dan menganggap remeh orang lain. Artinya. Sudahka h kita memilikinya? Merendahkan diri (tawadhu¶) adalah sifat yang sangat terpuji di hadapan Allah dan juga di hadapan seluruh makhluk-Nya.Berusaha untuk sering bertemu dengan sesama teman atau anggota masyarakat . Atau engkau menganggap semua orang membutuhkan dirimu. a. b. Setiap orang mencintai sifat ini sebagaimana Allah dan RasulNya mencintainya.Dengan sering bertemu.Membiasakan Berperilaku Hunuzan. atau mengingkarinya berarti anda belum tawadhu¶ dan anda memiliki benih sifat . Muslim no.Tawadhu¶ adalah ketundukan kepada kebenaran dan menerimanya dari siapapun datangnya baik ketika suka atau dalam keadaan marah. HR. c.3.merupakan sifat yang sangat terpuji di hadapan Allah dan seluruh makhluk-Nya. dapat mengantisipasi munculnya gosip yang sering merusak hubungan persaudaraan. Lawan dari sifat tawadhu¶ adalah takabbur (sombong). janganlah kamu memandang dirimu berada di atas semua orang.Tidak mudah menerima suatu berita yang tidak jelas sumber serta kebenarannya.´ ( Shahih. Tawadhu 1. sifat yang sangat dibenci Allah dan Rasul-Nya. 91 dari hadits Abdullah bin Mas¶udz ) Jika anda mengangkat kepala di hadapan kebenaran baik dalam rangka menolaknya.

Al-Haq datangnya dari Allah dan kepada-Nya akan kembali. HR.´ (Madarijus Salikin. 2/329). 556 dari shahabat Abu Hurairah z) Ibnul Qayyim t dalam kitab Madarijus Salikin (2/333) berkata: ³Barangsiapa yang angkuh untuk tunduk kepada kebenaran walaupun datang dari anak kecil atau orang yang dimarahinya atau yang dimusuhinya maka kesombongan orang tersebut hanyalah kesombongan kepada Allah karena Allah adalah Al-Haq. ucapannya haq.´ (Shahih. Muslim no. Allah subhanahu wa ta¶ala berfirman: ³Negeri akhirat itu Kami jadikan untuk orang-orang yang tidak menyombongkan diri dan berbuat kerusakan di muka bumi dan kesudahan yang baik bagi orang-orang yang bertakwa. Rasulullah shallallahu µalaihi wasallam bersabda: ³Tidak akan berkurang harta yang dishadaqahkan dan Allah tidak akan menambah bagi seorang hamba yang pemaaf melainkan kemuliaan dan tidaklah seseorang merendahkan diri karena Allah melainkan akan Allah angkat derajatnya.´ (Al-Qashash: 83) Fudhail bin Iyadh t (seorang ulama generasi tabiin) ditanya tentang tawadhu¶. Tahukah anda apa yang diperbuat Allah subhanahu wa ta¶ala terhadap Iblis yang terkutuk? Dan apa yang diperbuat Allah kepada Fir¶aun dan tentara-tentaranya? Kepada Qarun dengan semua anak buah dan hartanya? Dan kepada seluruh penentang para Rasul Allah? Mereka semua dibinasakan Allah subhanahu wa ta¶ala karena tidak memiliki sikap tawadhu¶ dan sebaliknya justru menyombongkan dirinya. 2.sombong. beliau menjawab: ³Ketundukan kepada kebenaran dan memasrahkan diri kepadanya serta menerima dari siapapun yang mengucapkannya. . agamanya haq. Tawadhu¶ di Hadapan Kebenaran Menerima dan tunduk di hadapan kebenaran sebagai perwujudan tawadhu¶ adalah sifat terpuji yang akan mengangkat derajat seseorang bahkan mengangkat derajat suatu kaum dan akan menyelamatkan mereka di dunia dan akhirat.

Perintah untuk Tawadhu¶ Dalam pembahasan masalah akhlak. Demikianlah Rasulullah shallallahu µalaihi wasallam mengingatkan kepada kita bahwa tawadhu¶ itu sebagai sebab tersebarnya persatuan dan persamaan derajat. Di antara mereka ada yang membagi tawadhu¶ menjadi dua: 1.´ (Asy-Syu¶ara: 215). Tawadhu¶ yang terpuji yaitu ke-tawadhu¶-an seseorang kepada Allah dan tidak mengangkat diri di hadapan hamba-hamba Allah. 2588).´ (Shahih. Rasulullah shallallahu µalaihi wasallam bersabda: ³Sesungguhnya Allah telah mewahyukan kepadaku agar kalian merendahkan diri sehingga seseorang tidak menyombongkan diri atas yang lain dan tidak berbuat zhalim atas yang lain. keadilan dan kebaikan di tengah-tengah manusia sebagaimana sifat sombong akan melahirkan keangkuhan yang mengakibatkan memperlakukan orang lain dengan kesombongan.Barangsiapa menyombongkan diri untuk menerima kebenaran berarti dia menolak segala yang datang dari Allah dan menyombongkan diri di hadapan-Nya. tentu juga perintah tersebut untuk umatnya dalam rangka meneladani beliau. HR Muslim no. Macam-macam Tawadhu¶ Telah dibahas oleh para ulama sifat tawadhu¶ ini dalam karya-karya mereka. .´ (Al-Ahzab: 21) Dalam hal ini banyak ayat yang memerintahkan kepada beliau untuk tawadhu¶.´ 3. 4. baik dalam bentuk penggabungan dengan pembahasan yang lain atau menyendirikan pembahasannya. kita selalu terkait dan bersandar kepada firman Allah subhanahu wa ta¶ala: ³Sungguh telah ada bagi kalian pada diri Rasul teladan yang baik. Allah subhanahu wa ta¶ala berfirman: ³Dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang mengikutimu yaitu orangorang yang beriman.

yang artinya: ³Ada beberapa orang memanggil Rasululloh Shalallaahu alaihi wasalam sambil berkata: ³Wahai Rasululloh. Beliau juga pernah bersabda. bahwa beliau dapat mengabulkan segala permintaan dan menyembuhkan segala penyakit.´ (HR: Muslim). yang artinya: ³Akhlak Rasululloh Shalallaahu alaihi wasalam adalah Al-Qur¶an.2. Aku hanyalah seorang hamba Alloh. ia berkata. wahai junjungan kami dan anak dari junju ngan kami. Alloh Subhannahu wa Ta¶ala berfirman. Rasululloh Shalallaahu alaihi wasalam adalah seorang yang sangat elok akhlaknya dan sangat agung wibawanya. (Bahjatun Nazhirin. katakanlah sewajarnya saja! Jangan sampai kamu digelincirkan setan. Sampai-sampai ia meyakini bahwa Rasululloh Shalallaahu alaihi wasalam mengetahui ilmu ghaib atau meyakini bahwa beliau memiliki hak untuk memberikan manfaat dan menurunkan mudharat. yang artinya: ³Katakanlah: ³Aku tidak berkuasa menarik keman-fa¶atan bagi diriku dan tidak (pula) menolak kemudharatan kecuali yang dikehendaki Allah. Dari Umar bin Kaththab Radhiallaahu anhu ia berkata: Rasululloh Shalallaahu alaihi wasalam pernah bersabda.´ (HR. yang artinya: ³Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia. wahai orang yang terbaik dan anak orang yang terbaik di antara kami.´ (HR: AnNasai) Sebagian orang ada yang menyanjung Rasululloh Shalallaahu alaihi wasalam secara berlebihan. Ahmad) Salah satu bentuk ketawadhu¶an Rasululloh Shalallaahu alaihi wasalam adalah beliau tidak suka dipuji dan disanjung secara berlebihan.´ (HR: Abu Daud) Dari Anas bin Malik Radhiallaahu anhu ia berkata. . Padahal Alloh Subhannahu wa Ta¶ala telah menyanggah keyakinan seperti itu. 1/657).´ Rasululloh Shalallaahu alaihi wasalam segera menyanggah seraya berkata: ³Wahai sekalian manusia. Aku tidak sudi kamu angkat di atas kedudukan yang dianugrahkan Alloh Subhannahu wa Ta¶ala kepadaku. Aku adalah Muhammad hamba Alloh dan rasul-Nya. Akhlak beliau adalah Al-Qur¶an sebagaimana yang dituturkan µAisyah Radhiallahu¶anha. maka panggillah aku dengan sebutan: hamba Alloh dan Rasul-Nya. yang artinya: ³Janganlah kamu sanjung aku (secara berlebihan) sebagaimana kaum Nasrani menyanjung µIsa bin Maryam alaihis Salam secara berlebihan. Tawadhu¶ yang dibenci yaitu tawadhu¶-nya seseorang kepada pemilik dunia karena menginginkan dunia yang ada di sisinya.

Beliau tidak menyukai kesombongan. sebaik-baik manusia di muka bumi dan seutama-utama makhluk di kolong langit. seorang utusan Alloh Subhannahu wa Ta¶ala.´ (HR: Ahmad) Layangkanlah pandanganmu kepada Nabi umat ini Shalallaahu alaihi wasalam. niscaya aku akan menemuimu (melayani keperluan-mu). Beliau senan-tiasa tunduk patuh dan bertaubat kepada Rabbnya. apabila mereka melihat beliau. Anas bin Malik Radhiallaahu anhu mengungkapkan. mereka tidak berdiri untuk menyambut beliau.´ (HR: Abu Daud) Beliau hadir dengan segenap jiwa yang terpuji lagi elok. . Bila disingkap kesturi dari cincinnya kepada jagad raya niscaya setiap orang akan merasakan harumnya baik yang di gunung maupun di lembah. yang artinya: ³Suatu hari seorang wanita datang menemui Rasululloh Shalallaahu alaihi wasalam ia mengadu kepada beliau sambil berkata: ³Wahai Rasululloh. Beliau tetap bersikap tawadhu¶ terhadap seorang wanita miskin. yang artinya: ³Tidak ada seorangpun yang lebih mereka cintai daripada Rasululloh Shalallaahu alaihi wasalam .´ Rasululloh Shalallaahu alaihi wasalam berkata kepadanya: ³Pilihlah di jalan mana yang kamu kehendaki di kota Madinah ini.Dan sekiranya aku mengetahui yang ghaib. padahal waktu beliau penuh dengan amal ibadah! Dari Anas bin Malik Radhiallaahu anhu ia berkata. bahkan beliau adalah pemimpin kaum yang tawadhu¶ dan penghulu kaum yang tunduk patuh kepada Rabb Subhannahu wa Ta¶ala. tentulah aku membuat kebajikan sebanyak-banyaknya dan aku tidak akan ditimpa kemudharatan. Saksikan sikap tawadhu¶ beliau yang sangat mengagumkan dan keelokan akhlak yang langka ditemukan. Beliau luangkan waktu untuk melayaninya. karena mereka mengetahui bahwa beliau Shalallaahu alaihi wasalam tidak menyukai cara seperti itu. saya membutuhkan sesuatu dari Anda. Menjulang tinggi ke tempat yang terpuji dengannya. tunggulah aku di sana.´ (QS: Al-Araf: 188) Demikianlah akhlak Nabi yang mulia. Walaupun begitu.

Asy-Syaikh Abdul Malik bin Muhammad bin Abdurrahman Al-Qasim) Tasamuh 1. beliau adalah pemimpin segenap ahli tawadhu¶ baik dalam ilmu ataupun amal. takjub dengan kehebatan dirinya sendiri.Sungguh.´ (HR: Muslim) Sifat sombong merupakan jalan menuju Neraka. yang artinya: ³Ketika seorang lelaki berjalan dengan mengenakan pakaiannya. wal µiyaadzubillah. tentu akan aku terima hadiah itu. Namun tiba -tiba Alloh Ta¶ala menenggelamkannya. rambutnya tersisir rapi. Cobalah lihat hukuman yang ditimpakan terhadap orang yang sombong dan angkuh cara berjalannya. Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiallaahu anhu dari Rasululloh Shalallaahu alaihi wasalam beliau bersabda. Betapa besar kemurkaan dan kemarahan yang diturunkan Alloh Ta¶ala atasnya. Dia terus terbenam ke dasar bumi sampai hari Kiamat.Pengertian Tasamuh . berjalan dengan angkuh. Dan betapa pedih siksa yang dideritanya.´ (HR: AlBukhari) Semoga hadits Rasululloh Shalallaahu alaihi wasalam tadi menjadi pelajaran sekaligus peringatan bagi orang-orang yang takabbur dari sifat sombong dan angkuh. yang artinya: ³Andaikata aku diundang makan paha atau kaki binatang. Abdullah bin Mas¶ud Radhiallaahu anhu meriwayatkan bahwa beliau Shallallahu¶alaihi wasallam bersabda. yang artinya: Tidak akan masuk Surga orang yang di dalam hatinya terdapat sebesar biji zarrah kesombongan. Dari Abu Hurairah Radhiallaahu anhu dari Rasululloh Shalallaahu alaihi wasalam beliau bersabda.´ (Muttafaq µalaih) (Sumber Rujukan: Sehari Di Kediaman Rasululloh Shallallahu¶alaihi Wasallam. niscaya aku kabulkan undangannya. Andaikata kepadaku hanya dihadiahkan kaki atau paha binatang. meskipun hanya sebesar biji zarrah.

Rasulullah SAW sendiri memberi contoh betapa toleransi merupakan keharusan. Melalui "Piagam Madinah" tahun 622 Masehi. Rasulullah SAW telah meletakkan dasar-dasar bagi keragaman hidup antar ummat agama diantara warga negara yang berlainan agama. karena manusia dapat merasakan bahagia apabila ia hidup bersama manusia lainnya. serta mengakui eksistensi kaum non muslim dan menghormati peribadatan mereka. Tasamuh hanya sebatas hubungan manusia dan tidak boleh melebihi aturan-aturan agama. Ajaran Islam tentang toleransi ini bukan hanya merupakan teori belaka.Tasamuh atau toleransi adalah sikap menghormati orang lain untuk melaksanakan hak-haknya. Sejak agama Islam berkembang. yaitu sebagai mahkluk individu dan sebagai mahkluk sosial. sebagaimana tercatat dalam sejarah Islam dan diakui oleh para ahli non-muslim. Fungsi Tasamuh Norma agama mengajarkan kepada manusia untuk berbuat kebajikan kepada sesama karena manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang memiliki harkat dan martabat yang sama. Praktek Toleransi Islam. . Kita wajib menghormati. Setiap manusia dikaruniai hak-hak asasi yang harus dihormati leh orang lain sehinga toleransi berfungsi sebagai pengikat persatuan dan kerukunan. agama Islam telah mengajarkan jaminan kebebasan beragama. Kodrat manusia sebagai makhluk Allah SWT memiliki dua dimensi. tapi juga terbukti dalam praktek. Manusia tidak dapat hidu sendiri di masyarakat tanpa bantuan dan kerjasama dengan manusia lain. Dengan akal dan budinya.manusia wajib menjalin hubungan yang baikdengan lingkungan sekitarnya dan bersikap saling menghorati dan saling mengasihi sesamanya. Jauh sebelum PBB mencanangkan Declaration of Human Rights. misalnya memakai jilbab dan baju lengan panjang bagi peserta senam dianggao tidak toleran karena yang lain memakai celana pendek dan kaos oblong mini yang dianggap ngetren tetapi bertentangan dengan aturan agama karena membuka aurat 2. serta memiliki akaldan budi mulia. 3.

pertama : apabila toleransi kita tidak lagi disambut baik atau ibarat "bertepuk sebelah tangan." Batas toleransi itu ialah. baik yang beragama Nasrani maupun Yahudi. "Sesungguhnya Allah hanya melarang kalian menjadikan sebagai kawan kalian orang-orang yang memerangi kalian karena agama dan mengusir kalian dari negeri kalian. 4.Ketika ummat Islam berkuasa di Spanyol selama hampir 700 tahun. Firman Allah SWT. Kesultanan Humayun Kabir. Tolaklah (kejahatan) dengan cara . sebab toleransi yang tanpa batas bukanlah toleransi namanya. dan membantu (orang lain) untuk mengusir kalian. Toleransi Islam ini juga nyata di India. waktu Islam memerintah India. Al-Mumtahanah : 9). melainkan "luntur iman. Batas Toleransi Sudah tentu sikap toleransi ini pun bukannya tanpa batas. Akan tetapi hal ini tidak lantas berarti bahwa kita boleh langsung membalas.S. Kalau sudah sampai "batas" ini. Dan barangsiapa menjadikan mereka sebagai kawan." (Q. kita dilarang menjadikan mereka sebagai teman kepercayaan." di mana pihak lain itu tetap memusuhi apalagi memerangi Islam. soal toleransi ini pun menjadi acuan dalam memperlakukan penduduk asli. melainkan lebih dulu menghadapinya dengan pendekatan untuk "memanggil" atau menyadarkan. terutama pada masa Sultan Akbar. maka mereka itulah orang-orang zhalim. Bukankah Islam mengajarkan ummatnya agar menolak kejahatan dengan cara yang baik? "Dan tidaklah sama kebaikan dengan kejahatan. di mana kaum Hindu juga mendapat keleluasaan.

pasti tidak akan dapat dilakukan sendirian oleh seseorang meski dia memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang hal itu. yaitu: 1. tidak mendapatkan kebaikan. 2. dan mengutangi orang lain ketika sedang dalam kecukupan. namun juga tidak mendapat kejelekan orang. Apalagi kalau yang "memusuhi" aqidah kita adalah orang tua kita sendiri. Pengetian dan Pentingnya Ta¶awun Tolong menolong atau ta¶awun adalah kebutuhan hidup manusia yang tidak dapat dipungkiri. maka penolakannya harus dengan cara yang lebih baik lagi dengan cara yang lembut .Allah Ta¶ala telah berfirman. Yaitu orang yang memberi pertolongan dan juga minta tolong. Ia laksanakan kewajibannya dan ia juga mengambil apa yang menjadi haknya. Orang ini memiliki sikap timbal balik dan inshaf (seimbang). Kenyataan membuktikan." (Q.yang lebih baik.´Dan tolong-menoolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan taqwa. Dia tidak dicela karena tidak pernah mengganggu. 2. dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran´ (QS.S. Ini menunjukkan. namun tidak pernah mendapatkan kebaikan dan ucapan terima kasih karena tidak melakukan . La Yu¶in wa la Yasta¶in. bahwa suatu pekerjaan atau apa saja yang membutuhkan pihak lain. bahwa tolong-menolong dan saling membantu adalah keharusan dalam hidup manusia. Ta¶awun 1. hati hati dan pelan pelan dan tidak boleh dengan kata kata kasar apalagi membentak. Klasifikasi Manusia dalam Ta¶awun. Ia ibarat orang yang hidup sendirian dan terasing. Ada empat klasifikasi manusia di dalam tolong-menolong. Al-mu¶in wal Musta¶in. Yaitu orang yang tidak mau menolong dan juga tidak minta tolong. Al-Maidah: 2). Ia seperti orang yang berutang ketika sangat butuh. sehingga orang yang antaramu dengannya ada permusuhan itu seolah-olah menjadi teman yang setia. Al-Fushshilat : 34).

sesuatu untuk orang lain.Yasta¶in wa la Yu¶in. maka yang lain dapat menutupinya. 4. Dengan tolong-menolong. 3. di antaranya : 1. Dengan saling menolong dan kerja sama. yaitu memberi pertolongan dan menahan diri dari mengganggu orang. Ia tidak mendapatkan loyalitas dan ukhuwah. 3. ia bahkan sering menjadi penyakit dan racun yang mengganggu. namun tidak pernah mau menolong. Yaitu orang yang maunya minta tolong saja. Ia adalah orang yang paling tercela. terhina dan terendah. Dengan ta¶awun dakwah akan lebih sempurna dan tersebar. Ta¶awun dan berpegang teguh kepada al-jama¶ah adalah perkara ushul (pokok) dalam ahlus sunnah wal jama¶ah.Beberapa Faedah Ta¶awun Dalam ta¶awun ada banyak sekali manfaat yang dapat diambil. Namun posisinya lebih dekat pada posisi tercela. Dan di masyarakat. Yu¶in wa la Yasta¶in Yaitu orang yang selalu menolong orang lain. maka telah terealisasi salah satu pokok ajaran Islam. pekerjaan akan dapat terselesaikan dengan lebih sempurna. maka cukuplah seseorang dianggap hina jika ketidakberadaannya membuat orang lain lega dan merdeka. Ini merupakan orang yang paling mulia dan berhak mendapatkan pujian. Dia telah melakukan dua kebaikan dalam hal ini. Sehingga jika di satu sisi ada kekurangan. maka akan memperlancar pelaksanaan . Tidak ada kebaikan yang diharapkan dari orang bertipe ini. namun dia tidak meminta balasan pertolongan mereka. Dengan tolong-menolong. 2. Ia sama sekali tidak punya semangat berbuat baik dan tidak punya perasaan khawatir mengganggu orang. Tidak pernah merasa berat di dalam memberi bantuan dan tidak pernah mau berpangku tangan ketika ada orang lain butuh pertolongan. 3. 4.

5. . Sebab waktu amat berharga bagi kehidupan seorang muslim. sebagaimana yang diperintahkan oleh Rasulullah Sallallahu µalahi wasallam. Mengerti Masalah Khilaf. seseorang tidak boleh mencela yang lainnya. menampakkan persatuan dan saling membantu. 7. Jika dibiasakan. Masuk dalam perbedaan tanawwu¶ yaitu perbedaan bidang kerja dan spesialisasi orang perorang. dengannya pula waktu dapat dihemat. memperbanyak orang yang berbuat baik. maka harus diperhatikan kiat-kiat berikut ini: 1.perintah Allah. Saling merangkul dan bergandeng tangan akan menguatkan antara satu dengan yang lain. Perbedaan tanawwu¶ adalah perbedaan yang hanya menyangkut jenis dan macam amalan dan bukan masalah yang prinsip sehingga tidak diperbolehkan mengingkari pelakunya.Bagaimana Mewujudkan Ta¶awun Agar ta¶awun dapat terwujud dengan baik. saling mengejek dan menganggap apa yang ia kerjakan adalah yang paling baik. Ta¶awun mempercepat tercapainya target pekerjaan. Ada yang memiliki kemampuan dalam bidang tulis-menulis.Ta¶awun akan memudahkan pekerjaan. Ta¶awun melahirkan cinta dan belas kasih antara orang yang saling menolong dan menepis berbagai macam fitnah. Orang yang tidak faham masalah ini akan menganggap. ada yang pandai berorasi. ada yang mampu berinfaq membangun masjid atau sekolah dan ada yang menangani bidang sosial kemanusiaan dst. Perbedaan pendapat itu ada dua macam. 6. bahwa setiap perbedaan adalah berlawanan (tadhad) dan bertentangan. Maka dalam hal ini. yaitu perbedaan tanawwu¶(variatif) dan perbedaan tadhad (kontradiktif). membantu terlaksananya amar ma¶ruf dan nahi munkar. maka itu akan menjadi modal kehidupan sebuah ummat. 4. sehingga siapa saja yang tidak sama dengannya dianggap sebagai lawan atau musuh.

2. 7. Membudayakan Sikap Ringan Tangan. Merasa berat. maka persatuan sangat mungkin diraih. Mensosialisasikan Hadits Nabi Sallallahu µalahi wasallam. dan merasa senang dengannya. sesama muslim dan tetangga. ³Sebab itu bertaqwalah kepada Allah dan perbaikilah hubungan di antara saudaramu. Menyatukan Barisan dan Meminimalisir Perbedaan. Dengan hubungan yang baik. Kerja sama dan saling menolong tidak akan terealisasi.Yaitu membiasakan diri agar mudah memberi bantuan kepada sesamamuslim. seperti satu tubuh. bahwa orang-orang mukmin di dalam saling cinta. Menyadari Bahwa Ta¶awun adalah Sebuah Keharusan di Setiap Tempat. Kita sadar. jika masing-masing elemen terkena penyakit hati. Baik dengan anggota keluarga. dan enggan jika dimintai bantuan. yang menjelaskan.´ (al-Hujurat:10). benci dan dendam. 5. 6. 8. Jika satu anggota sakit. Semua itu akan menyebabkan perpecahan serta menjadi penghalang dari terjalinnya ta¶awun. Memperbaiki hubungan sesama muslim sangat mendukung terlaksananya ta¶awun. Memperbaiki Hubungan Sesama Muslim. bahwa di antara tipu daya orang-orang kafir dan munafik adalah dengan mencerai beraikan persatuan dan melemahkan semangat ta¶awun. 3. Membiasakan Tepat Waktu. Allah Ta¶ala berfirman. seperti hasad (dengki). Menjauhi Penyakit Hati. 4. maka dengan sendirinya ia akan cepat terealisasi. bergandengan dan berkasih sayang. akan mencegah permusuhan dan menyambung tali ta¶awun dan ukhuwah. Disiplin dan tepat waktu ketika melakukan pekerjaan bersama akan menumbuhkan . Dengan anjuran agar saling mempererat hubungan dan tolong-menolong serta menjauhi perpecahan umat. maka bagian tubuh yang lain juga akan merasakan sakit. maka kapan seseorang merasa bahwa ta¶awun adalah sebuah keharusan. amarah dan saling buang muka.

Sumber: Kutaib ³At-Ta¶awun wa Atsaruhu fi at-Taghyir´ Abdullah bin Sulaim alQurasyi. . Sebab seseorang yang melakukan pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya akan merasa senang dan menjadikan kerja sama lebih kuat dan membuahkan hasil yang efisien dan optimal . Menyadari bahwa salah satu sebab kemunduran dan lemahnya umat Islam adalah karena sikap saling menjauh antara mereka. Pembagian Kerja. sangat membantu proses ta¶awun. Karena ini menunjukkan adanya perhatian dan anggapan penting akan pekerjaan tersebut. Sebab seorang da¶i pasti membutuhkan pihak-pihak yang membantu dan mendukungnya. 11. Dengan mengetahui pentingnya da¶wah dan tujuan yang akan dicapai. 9. Membagi pekerjaan sesuai kemampuan dan keahlian masing-masing . 10. Menyadari Pentingnya Da¶wah. maka akan mempererat jalinan ta¶awun.semangat ta¶awun.

( M A ) Indikator : Untuk Madrasah Tsanawiyah : Menjelaskan pengertian husnuzan dan tawadu¶. Menjelaskan pengertian akhlak. Memahami masalah akhlak ( M A ) Kompetensi Dasar : Menjelaskan pengertian dan pentingnya husnuzan.( M Ts). tasamuh. Menjelaskan pentingnya husnuzan dan tawadu¶ Menjelaskan pentingnya Tasamuh dan Ta´awun. . dan ta¶awun. tawadu¶. Menjelaskan pengertian Tasamuh dan Ta¶awwun.TELAAH MATERI AKIDAH AKHLAK MTS / MA SILABUS Materi Pokok : Akhlak Terpuji terhadap lingkungan dan Sesama ( M Ts dan MA ) Standar Kompetensi : Menerapkan akhlak terpuji kepada sesama manusia ( M Ts).

dan budi pekerti serta contoh orang yang memilki akhlak terpuji merupakan materi yang luas dan kaya dengan ilmu. contohnya pada pengertian antara akhlak mulia dengan macam-macam perilaku mulia kurang menjelaskan hubungan antara keduanya sehingga menggukan istilah seolah-olah akhlak mulia adalah empat hal tersebut saja. moral. moral dan budi pekerti. karena hakekat dari akhlak terpuji adalah aplikasi dan perwujudan dari sifat-sifat orang bertakwa. Tinggal bagaimana pengembangan dan mentransformasikannya kepada siswa. -Ruang lingkup dari pada akhlak terpuji adalah sangatlah luas. Telaah Materi MA -Telaah pertama menyangkut materi pembelajaran yang ruang lingkup nya meliputi pengertian akhlak persamaannya dengan etika. Telaah Materi MTs Setelah dilakukan penelaahan atas materi pembelajaran aqidah akhlak dengan pokok materi akhlak terpuji dengen memperhatikan silabus untuk tingkat MTs maka dapat disampaikan beberapa telaahan sebagai berikut : -Terdapatnya kesesuaian antara materi dengan silabus yang telah direncakan -Pokok materi yang di urai dalam pembelajaran telah memberi pengertian yang cukup sekalipun terkadang menggunakan istilah yang sering kurang dipahami. dan pada akhirnya anak didik mampu memperoleh makna penting dari pelaksanaan akhlak terpuji yang dikembangankan terhadap sesama dan lingkungan. .Untuk Madrasah µAliyah adalah : Mengidentifikasi pengertian akhlak Menjelaskan ruang lingkup akhlak Menunjukkan persamaan antara akhlak. etika. Sehingga materi pembelajaran pada tingkatan ini haruslah lebih banyak pada contohcontoh perilaku manusia yang berakhlak terpuji. karenanya materi seperti ini sangat memenuhi buat pembelajaran setingkat madrasah aliyah. tetapi lebih kepada pemahaman teori untuk pemahaman bagi seusia MTs tentu lah tidak mudah untuk memahaminya. Menunjukkan contoh orang yang memiliki akhlak terpuji. -Pada uraian dalam arti penting dalam penjelasannya sering tidak menggambarkan terapan yang mudah dipahami.

dan budi pekerti dengan menyertakan cerita-cerita sebagai contoh orang yang berperilaku akhlak terpuji. . -Belum lagi sampai kepada tingkat kriteria orang yang berakhlak dengan ciri sebagai perilaku yang terus menerus dan muncul sebagai perilaku spontan.-Terhadap telaahan kegiatan pembelajaran juga telah memberi pembelajaran yang luas dan memadai. etika. Serta dituntun bagaimana anak mampu mempresentasikan penguasaan pamahamannya terhadap pengertian akhlak. maka akan menjadi sekedar dimengerti belum sampai kepada taraf berperilaku. tidak didukung tentang pemahaman tentang identifikasinya serta pemahaman pengertian akhlak dengan etika. Akan memungkinkan muncul dari konsekuensi tidak sesuai dengan alokasi waktu dengan materi adalah justru target utama dari kegiatan pembelajaran tidak tercapai kecuali hanya sebatas pengertian-pengertian belaka dari akhlak terpuji. karena bisa dibayangkan bagaimana seorang siswa akan bisa meraih sedemikian luas target yang ingin dicapai dari sejak memahamkan sampai mampu mempresentasikannya. karena telah di ajarkan pada kegiatan ini bagaimana mendiskusikan pengertian akhlak melalui buku-buku referensi yang beragam. Pembelajaran materi seperti ini diberi alokasi waktu dua jam tentu saja pengaolkasian yang kurang memadai. moral.moral dan budi pekerti.

maka dapat disariakan kesimpulan sebagai berikut: a. Daftar Pustaka Al-Qur¶an dan Hadis Buku Aqidah Akhlak kelas VIII Mts Buku paket 3 serangkai Buku Aqidah Akhlak kelas X MA Silabus Mts 2007 Google.PENUTUP A. Bahwa materi pembelajaran akhlak terpuji baik yang diajarkan pada MTs maupun MA adalah materi penting dalam kerangka membentuk dan mewujudkan siswa ajar yang pengetahuan yang memadai. Ternyata. b. bahwa antara bahan pengajaran dengan alokasi waktu masih kurang memadai minimal 3 jam pelajaran untuk bisa tercapainya tujuan target yang direncanakan tersebut. Kesimpulan Setelah melakukan penelaahan objek materi pembelajaran aqidah akhlak dengan pokok bahasan akhlak terpuji.com . B.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful