P. 1
Brainware Tugas 1 Novi Trilisiana

Brainware Tugas 1 Novi Trilisiana

|Views: 633|Likes:
Published by Juli Yansyah

More info:

Published by: Juli Yansyah on Aug 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/01/2012

pdf

text

original

Brainware – Perangkat Otak

Sumber :
http://rendramm2.wordpress.com/2009/10/27/brainwareperangkat-otak/

Brainware adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem di dalam komputer. Diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari Hardware maupun Software. Brainware termasuk bagian penting dari sebuah sistem komputer. Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Software, sedangkan Software dan Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Brainware. Jadi 3 komponen ini saling terkait dan saling membutuhkan. Konsep Hardware – Software – Brainware adalah merupakan konsep Tri Tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia hasrus memasukkan program terlebih dahulu ke dalam komputer. Setelah program tersimpan di dalam komputer, maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia di dalam menyelesaikan persoalan ataupun pekerjaannya.

Konsep Tri Tunggal

Operator harus mengikuti instruksi yang ditetapkan dalam runbook yang telah disusun oleh Programmer. System Analis adalah Brainware yang bertanggung jawab untuk mendesain. . Spesialis Jaringan adalah seorang Brainware yang sudah mahir di dalam dunia Jaringan Komputer. 2. Database Administrator adalah Brainware yang bertanggung jawab terhadap database suatu aplikasi. Dia bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan Jaringan Komputer. 4. Project Manager adalah Brainware yang bertanggung jawab sebagai pemimpin / komando di suatu project tertentu. Programmer bertugas membuat aplikasi komputer sehingga dapat memudahkan kinerja manusia melalui program yang telah dibuatnya. yaitu : 1. Teknisi adalah seorang yang bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala jenis permasalahan komputer. dan Brainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di bidangnya. Jadi seorang Sistem Analis harus berhati – hati dalam merancang suatu aplikasi agar tidak terjadi kesalahan yang fatal.Komponen Brainware pada umumnya dibagi dalam bagian yang dapat menunjang adanya internal check yang memadai. Konsultan adalah Brainware yang bertanggung jawab layaknya seorang penasehat handal di dalam bidangnya. organisasi dan sebagainya. Graphic Designer seorang Brainware yang berkecimpung di dunia Design Grafis dan mahir dalam hal membuat suatu objek animasi. Bisa disebut juga Mandor . 3. Disini perlu adanya pembatasan agar Operator tidak dapat memodifikasi program sebelum atau selama program itu berjalan. Trainer adalah seorang Brainware yang mempunyai pengetahuan lebih banyak di banding lainnya. Seorang Teknisi harus mempunyai pengetahuan luas mengenai troubleshooting dan sebagainya. merancang dan menganalisa suatu program yang akan dibuat maupun sudah jadi. Operator Komputer bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer.

Analisis Sistem 2. Backup Operator 3. Designer 3. Programmer 3. User • Software Builder 1. Replicator 7. Administrator 2. termasuk (pengguna akhir) dan Computer Spesialist .blogspot. Network Config Operator 4.com/2010/01/software-danbrainware. Debugger User 10. Guest 9.html } Adalah manusia yang menangani/menjalankan sistem komputer. Operator 4. Web Master 2. Remote Desktop User 6. Help Services Group • Web Platform 1. Operator Brainware Sumber : http://smkn4tng. kategori membuat branware instruksi-instruksi ini meliputi: end dan user melaksanakan prosedur-prosedur. menyediakan } Yang hardware.Berikut adalah komponen brainware berdasarkan media organisasinya : • Network Platform 1. User 8. Power User 5.

membangun. pengolahan dan pemrosesan.org/workshop/node/3970 HT 23:46 Wed 28 Oct .hi-techmall. contoh : Ms. dapat menggunakan bahasa2 pemrograman seperti Basic atau C++. mendesain dan mengembangkan suatu sistem } Programmer. } Operator komputer. orang yang bertugas merawat dan memelihara komponen sistem komputer (hardware dan software) serta administrasi basis data/database admninstration dengan perangkat lunak jadi. } Teknikal. dengan menggunakan menu2 yg ditampilkan perangkat lunak seperti : " BRAINWARE " HT Sumber : http://www. dan dpt mengembangkan sendiri sesuai kebutuhan Sedangkan computer specialist adalah orang-orang yang membangun dan mengoperasikan sistem computer serta bertanggung jawab terhadap kelangsungan operasi dan pengembangan sistem. Mereka meliputi : } Analis sistem. orang yang secara langsung menangani pengumpulan. Excel } end-user programmer (tingkat programmer). orang yang mempunyai kemampuan menganalisa. end –user dapat menggunakan bahasa perintah dari perangkat lunak utk melaksanakn opersai perintah aritmatik dan logika pada data. orang yang membuat/menyusun instruksi-instruksi program komputer berdasarkan pada sistem yang dihasilkan analis sistem. memelihara dan mengembangkan program tsb. perekaman hingga menjadi sebuah informasi. end user hanya dapat berkomunikasi windows } command level end-user (tingkat perintah).Tingkatan End User Computing/ EUC } menu level end-user (tingkat menu).

Programer : SDM ini tugasnya adalah membuat suatu program dimana hasilnya adalah suatu program yang nanti akan digunakan . agar semuanya berjalan sesuai rencana. 7. antara lain : 1.hal yang belum pernah di publikasikan/di teliti sebelumnya ( dalam hal ini tentang produk IT ) dimana umumnya suatu penelitian di biayai/ di danai oleh pihak luar ( pemerintah / swata bukan dari peneliti itu sendiri ) 6. dan dalam dunia perkomputeran SDM disini disebut sebagai "Brainware" atau orang yang menjalankan PC/Laptop.Sebelumnya kita telah mengenal istilah "Hardware" dan "Software". Konsultan IT : SDM disini memiliki tugas untuk melakukan suatu proses analisis pada suatu masalah. Project Manager : SDM ini berhubungan erat dengan Peneliti. Operator : SDM disini tugasnya hanyalah memasukkan data. karena tugasnya adalah me manage suatu proyek/pekerjaan/suatu penelitian. Peneliti : SDM disini memiliki tugas untuk melukan penelitian suatu produk / hal . dimana keduanya tidak dapat dipisahkan karena merupakan komponen utama dalam sebuah perangkat komputer ( PC / Laptop ). Teknisi Komoputer : SDM disini menangani problem pada komputer baik itu permasalahan yang di timbulkan oleh Hardware maupun Software 3. Trainer : SDM disini memiliki keahlian dalam menerangkan suatu proses /memberikan pelatihan kepada orang lain yang belum mengerti tentang IT ( dari tidak tahu menjadi tahu ) 4. Brainware sendiri pada dasarnya dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan fungsi atau keahliannya. Namun kedua hal tersebut di atas tidak akan dapat digunakan tanpa adanya SDM ( Sumber Daya Manusia )nya. atau membrikan jawaban/penyelesaian suatu masalah kepada konsumen ( client ) 5. misal : kasir 2. yang tugasnya adalah memberikan/menjalankan suatu perintah yang nantinya akan diproses oleh Hardware maupun Software untuk menghasilkan sesuatu yang di inginkan.

dan lain sebagainya. Menurut tertinggi: a. Manusia adalah yang merancang bagaimana suatu mesin dapat bekerja sesuai dengan hasil yang diinginkannya.ilustrasi.1.html Istilah yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem komputer. 8. 10. Atau Brainware adalah setiap orang sistem yang terlibat dalam data. sehingga apabila data tersebut dibutuhkan dapat diperoleh secara mudah. kegiatan Brainware pemanfaatan komputer. System Analyst: Penanggung jawab dan perencana sistem dari sebuah tingkat pemanfaatan terhadap komputer. Manusia merupakan suatu elemen dari sistem komputer.2009. 9. Network Specialist : SDM di sini mempunyai tugas dalam mengkoordinir atau menata jaringan dalam sebuah perusahaan atau tempat yang mempunyai jaringan network.untuk menjalankan suatu tugas/perintahkan oleh user. karena kebanyakan tugasnya adalah membuat suatu video/gambar kartun.com/p/brainware.blogspot.04896 ) BRAINWARE BRAINWARE Sumber : http://prapantastugas. Data Base Administrator : SDM ini bekerja dibidang DATA khususnya untuk mengelompokkan data-data. 11 Sistem Analis dan Designer : SDM ini bekerja untuk menganalisa sebuah pekejaan. Brainware digolongkan dalam empat tingkatan dimulai dari tingkatan yang komputer/ pengolahan merupakan sumber inspirasi utama bagi terbentuknya suatu sistem . Demikian beberapa Jobside yang dapat dimasukin oleh seorang "BRAINWARE" Khoirul Anam ( 06. Graphic Designer : SDM ini memiliki kelebihan dalam menggambar dan berimajinasi.

proyek pembangunan sebuah sistem informasi khususnya yang memanfaatkan computer b. komputer dan CPU bekerja. Komputer hanya dapat diberi perintah yang terdiri dari perintah-perintah dasar tersebut. Pemrogram sistem membuat program yang menentukan bagaimana jaringan komputer. meskipun dijalankan dengan beberapa operasi dasar. Administrator : Seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem/jaringan computer d. bukan satu operasi rumit. Pemrogram sistem menulis program yang berfungsi untuk memelihara dan mengendalikan perangkat lunak sistem komputer seperti sistem operasi dan sistem manajemen basis data. Bahasa pemrograman Komputer adalah mesin yang dapat melaksanakan seperangkat perintah dasar (instruction set). biasa. hanya memanfaatkan sistem . Operator : Pengguna komputer yang sudah ada Sistem dan aplikasi Pemrogram komputer umumnya dikelompokkan atas dua kelompok utama yaitu pemrogram aplikasi dan pemrogram sistem. Perintah-perintah yang lebih rumit (misalnya mengurutkan suatu daftar sesuai abjad) harus diterjemahkan menjadi serangkaian perintah-perintah dasar yang dapat dimengerti komputer (perintah-perintah yang termasuk dalam instruction set komputer tersebut) yang pada akhirnya dapat mennyelesaikan tugas yang diinginkan. Pemrogram aplikasi menulis program untuk menangani sebuah tugas khusus seperti program untuk melacak persediaan barang dalam suatu organisasi. Programmer : Pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang dirancang c.

Kegiatan membuat program komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman disebut pemrograman komputer. Contohnya. BASIC. Contoh bahasa pemrogaman adalah bahasa FORTRAN.gcc. Penerjemahan dilakukan oleh program komputer yang disebut kompilator (compiler). kompilator C++ tidak akan mengerti program yang ditulis dengan bahasa Java. * Richard Brodie . Pemrogram terkenal Beberapa pemrogram yang terkenal antara lain: * John Backus . * Richard Matthew Stallman . Maka di sinilah peran penting kompilator sebagai perantara antara bahasa pemrograman dengan perintah dasar.TCP/IP. * Brian Behlendorf . * Vint Cerf . Setiap bahasa pemrograman mempunyai kompilatornya sendiri.Visual Basic.C++ dsb. COBOL. dan C++. JAVA.Apache HTTP Server. Sintaks dari bahasa pemrograman lebih mudah dipahami oleh manusia daripada sintaks perintah dasar. * Alan Cooper . * Linus Benedict Torvalds .pertama kali membuat Microsoft Word. emacs dan banyak aplikasi GNU lainnya. Brainware adalah manusia dan ilmu pengetahuannya yaitu mereka yang bekerja yang berhubungan langsung dengan komputer manusia harus mempunyai kemampuan dalam segi bahasanya.Linux. Namun tentu saja komputer hanya dapat melaksanakan perintah dasar itu. dengan suatu alat yang disebut dengan interpreter yang berfungsi untuk menterjemahkan bahasa manusia menjadi bahasa kompter yang umumnya digolongkan sebagai “BRAINWARE” adalah : . * Bjarne Stroustrup .Bahasa pemrograman adalah bahasa yang dapat diterjemahkan menjadi kumpulan perintah-perintah dasar tersebut.FORTRAN.

pembuat program komputer. programmer. masalah komputerisasi biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP (Electronick Data Processing). user dll. kegiatan Brainware pemanfaatan komputer. BRAINWARE Istilah yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem komputer.- Analisa sistem yaitu membantu dan membangun fasilitas system Programmer yaitu mereka yang menyusun instruksi atau Data entry operator yaitu mereka yang akan melakukan design. Manusia adalah yang merancang bagaimana suatu mesin dapat bekerja sesuai dengan hasil yang diinginkannya. Network Platform . seperti System analis. internet platform. Pada organisasi yang cukup besar. Tingkatan brainware terdapat pada struktur jaringan. a. operator. yang dikepalai oleh seorang Manager EDP. Brainware (User) User adalah personal-personal yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer. Atau Brainware adalah setiap orang sistem yang terlibat dalam data. pengurusan terhadap pengiriman informasi yang dihasilkan komputer. dan program builder. atau sering disebut dengan EDP Departemen. komputer/ pengolahan merupakan sumber inspirasi utama bagi terbentuknya suatu sistem Brainware atau pengguna komputer (user) terdiri dari beberapa tingkatan tergantung pada media organisasinya. Manusia merupakan suatu elemen dari sistem komputer.

brainware komputer dibagi dalam 4 tingkatan : A. System Analyst juga . perencanaan. Network Platform * Web Master * Designer * Operator * User c. Software Builder * Analisis Sistem * Programmer * Operator Berdasarkan tingkat pemanfaatannya.* Administrator * Backup Operator * Network Config Operator * Power User * Remote Desktop User * Replicator * User * Guest * Debugger User * Help Services Group b. dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. pengkoordinasian. System Analyst System Analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian.

membantu seorang system analyst untuk memahami potensi dan keterbatasan dari teknologi informasi. Administrator Administrator adalah seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer. D. mengidentifikasi pemahaman kemungkinan Keahlian tersebut terbaik teknis akan serta akan penyelesaian permasalahan. Kemampuan analisis memungkinkan seorang system analyst untuk memahami perilaku organisasi membantu menganalisis beserta dalam fungsi-fungsinya. Operator . Programmer Programmer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan menguasai salah satu atau banyak bahasa pemrograman seperti bahasa C.memegang setidaknya peranan sistem. interpersonal (berkomunikasi dengan orang lain). dll. Programmer juga bisa dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang. Dan seorang system analyst harus mampu untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman. sumber daya. serta perangkat keras yang digunakan. sistem operasi. C. dalam harus proses memiliki dan pengembangan Seorang keahlian manajerial. administrator dan profesi sistem lainnya. Keahlian manajerial akan membantu seorang system analyst untuk mengelola proyek. B. Java. penting analyst teknis. risiko. Keahlian interpersonal akan membantu system analyst dalam berinteraksi dengan pengguna akhir sebagaimana halnya dengan programer. empat yang : sangat system analisis. Pascal. dan perubahan.

dll. 4 tingkatan di atas merupakan brainware/pengguna umum dari sebuah sistem komputer. Sebenarnya dalam bidang IT masih banyak brainware-brainware komputer lainnya seperti Teknisi. .Operator adalah pengguna biasa yang hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada atau istilahnya dia hanya menggunakan apilkasi-aplikasi tertentu. Spesialis Jaringan. yang wajib Anda ketahui cukup 4 tingkatan ini. Graphic Designer. Namun itu semua tidak wajib harus Anda ketahui.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->