1|Page

Kumpulan Tips Memelihara Ikan Hias Bagi Pemula

Tips Merawat Ikan Hias dalam Akuarium Kelalaian adalah sumber malapetaka bagi penggemar. Sekali saja lalai tidak mengontrol aerator akuarium, bisa-bisa arwana mati. Apalagi ceroboh, tentu lebih fatal akibatnya. Maka bagi penggemar yang sungguh-sungguh mencintai Ikan Arwana, pastilah memperhatikan seluk-beluk di sekitar perawatan. Harapannya, agar arwana dalam akuarium atau dalam Budidaya Arwana & Budidaya Ikan Arwana bisa tampil anggun dan asri. Lantas apa yang harus dilakukan?

1. Perhatikan peralatan aquarium Berhasil tidaknya akuarium menjadi tempat yang nyaman bagi Ikan Arwana, sungguh dipengaruhi oleh kelengkapan sarana pendukungnya.

Aerator Fungsi aerator atau pompa udara adalah menyuplai udara ke dalam air akuarium, dan sekaligus menguapkan atau mendorong hasil sisa-sisa pembakaran ke luar dari akuarium atau kolam Budidaya Arwana & Budidaya Ikan Arwana. Aerator dikatakan baik, jika arus listrik yang menggerakkannya kecil, tetapi udara yang ditiupkannya relatif banyak.

Heater & Thermometer Alat pemanas (heater) ini diperlukan terutama pada waktu suhu air akuarium ikan Arwana Red turun drastis. Sedangkan alat pengontrol suhu air atau termometer juga dipasang dalam akuarium. Di daerah dingin, heater dan termometer ini sangat dibutuhkan.

Filter Fungsi filter atau penyaring untuk menyaring air dalam akuarium. Kerja filter mencakup ini untuk menyedot air akuarium, menyaring, dan mengembalikannya lagi ke dalam akuarium dalam kondisi bersih.

Lampu TL Keberadaan lampu TL, selain menyinarkan cahaya, juga sanggup mempercantik penampilan akuarium. Tapi, jangan sampai sinar lampu TL justru menimbulkan panas yang melebihi kebutuhan. Idealnya untuk akuarium seluas 80x40 cm memerlukan lampu TL berdaya 20 watt.

2|Page

Kumpulan Tips Memelihara Ikan Hias Bagi Pemula

2. Rajin melakukan perawatan akuarium Mau tak mau jika Anda terlanjur mencintai ikan arwana dalam akuarium, cukuplah rajin melakukan perawatan. Sebab déngan demikian itu, penampilan arwana dalam akuarium tampak sehat, segar, dan menyenangkan.

Pemberian makanan Menu utama Red Arwana & Ikan Arowana dalam akuarium adalah kelabang. Tapi jangan terusmenerus diberi kelabang, sebaiknya divariasi déngan makanan lain. Contohnya: udang, kecoa, katak, lipan, kadal, maupun jangkrik.

Pengontrolan & pergantian air Dan jangan lupa, air akuarium dari Red Arwana & Ikan Arowana juga diganti. Namun pergantian air dipilahkan menjadi dua, yakni: (a) pergantian air secara reguler setiap 2 hari sekali dengan volume 10% dari seluruh volume air akuarium, dan (b) total pergantian air dilakukan setiap 3 bulan sekali. Jika Anda menggunakan air PAM, sebaiknya dibiarkan 24 jam terlebih dahulu agar kandungan khlor mengendap, dan setelah itu bisa dimasukkan ke dalam akuarium.

3. Penataan interior akuarium Kehidupan di dalam akuarium adalah replika lingkungan hidup di alam bebas. Oleh karena itu, perlu penataan interior dalam akuarium Ikan Arwana Red. Ini berarti menuntut apresiasi estetika, sehingga perpaduan antara keindahan akuarium dengan anggunnya ikan Arwana Red sanggup menampilkan nuansa kesejukan yang harmonis.

Tanaman air Mengingat asal-muasal Ikan Arwana Red yang suka bersembunyi di bawah tanaman air, maka kita pun siap menyediakan tanaman dimaksud. Ada beberapa jenis tanaman air yang dapat dipilih antara lain: Vallisneria spiralis, Hidrilla verticillata, Riccia fluiutana, Higrophila polisperma, Pistia stratiotes, Najas indica, dan sebagainya.

Sediakan banyak tempat bersembunyi bagi ikan. Sebagai contoh. dan toko-toko sudah tutup. Proses penting ini harus anda pahami bila anda ingin berhasil dalam memelihara Ikan Hias air tawar. Bila anda senang membaca. suhu air akan lebih stabil dalam akuarium yang besar. rentang pH dan sebagainya Apa jenis makanan ikan yang dimakan Temperamen spesies Ikan Air Tawar. .3|Page Kumpulan Tips Memelihara Ikan Hias Bagi Pemula Memelihara Ikan Hias dan Akuarium Berikut ini adalah rangkaian tips dan petunjuk yang berguna bagi pemula untuk menjalani hobi memelihara Ikan Hias Air Tawar. Apakah spesies yang akan anda pelihara mampu berkembang biak dengan cepat? Bila demikian. Berikut ini langkah-langkah yang perlu anda lakukan sebelum mulai memelihara ikan atau Budidaya Ikan Hias : Cari informasi sebanyak mungkin sebelum membeli ikan. Akuarium Budidaya Ikan Hias yang besar menyebabkan air dalam akuarium lebih stabil. Apakah spesies tertentu cocok untuk disatukan dengan ikan yang sudah anda miliki atau ingin anda pelihara di masa mendatang. Cari tahu mengenai suhu air. Faktor ini sering terabaikan oleh penghobist. Perhatikan faktor-faktor berikut: Seberapa besar Ikan Air Tawar tersebut bila dewasa dan apakah anda mempunyai akuarium yang cukup besar untuk mengakomodasi ukuran tubuh Ikan Hias setelah dewasa. Pelajari tentang siklus nitrogen dalam akuarium. Berlangganan majalah ikan hias dan akuarium juga merupakan salah satu cara yang mudah untuk mendapatkan tips dan anda terus mengetahui hal yang baru dalam hobi ini. belilah buku-buku tentang ikan hias air tawar carilah di Jual Ikan Hias & Jual Ikan. Oleh karena itu. bila pemanas suhu rusak. Pelajari peralatan akuarium sebelum anda membeli. Spesies Ikan Hias Air Tawar tertentu bisa hidup dalam waktu yang sangat lama bila dirawat dengan baik. Tempat bersembunyi akan menjadi tempat pengungsian ikan dan akan menurunkan level stress ikan. apakah anda memiliki peralatan pada saat ikan berkembang biak? (temukan ikan hias unik dan murah di toko Jual Ikan Hias & Jual Ikan) Apakah ikan yang akan dibeli rentan terhadap penyakit tertentu? Belilah akuarium sebesar mungkin sesuai dengan anggaran dan ruang yang anda miliki. Membaca buku adalah cara tercepat untuk mendapatkan informasi yang anda butuhkan untuk memelihara ikan. anda harus memiliki komitmen jangka panjang sebelum mulai memelihara ikan atau Budidaya Ikan Hias.

lalu jadilah satu akuarium laut di rumah kita. ternyata tidak mudah. PENGALAMAN 15 TAHUN BERSAMA AKUARIUM LAUT Menekuni hobby akuarium laut. Waktu itu. Cahaya matahari yang memasuki akuarium akan menyebabkan ledakan ganggang hijau. maklum masih single ketika itu. sehingga anda bisa mengganti salah satu bila sudah kotor. lorin dan kloramin dalam air ledeng akan membunuh bakteri penghilang nitrit dan nitrat dalam filter. karang pecah ke dasar akuarium. Beli filter akuarium yang memiliki beberapa cartridge. Jangan meletakkan akuarium di dekat jendela. Paling tidak. pasang filter. Anda juga harus menguji air ledeng bila menggunakanair PAM. nitrat dan pH. inilah pengalaman penulis ketika itu di awal t hun 1987. masukkan ke akuarium. dan kita dapat menyaksikan satu atau beberapa display akuarium laut yang begitu indah. akuarium laut saya berukuran ¡  4|Page Tips Memeli  £ ¢ Ikan Hias Bagi Pemula . sehingga penghasilan sendiri cukup untuk dipergunakan ke mana saja yang saya inginkan. bila kita mendatangi satu toko akuarium laut. Jangan mengikuti aturan 1inci ikan per 1 galon air. hanya membeli satu akuarium sesuai dengan selera yang kita inginkan. susun batu-batu karang dalam akuarium berupa gua -gua. kemudian masukkan air laut. Sinar matahari langsung juga akan menyebabkan suhu air dalam akuarium meningkat. Jangan membilas filter dengan air ledeng Gunakan air dalam akuarium yang sudah anda saring saat mengganti air. Lakukan deklorinasi air ledeng sebelum dimasukkan ke dalam akuarium. nitrit.Kumpul Beli test kit ai akuarium untuk memonitor siklus nitrogen akuarium(carilah perlengkapan akuarium di Toko Ikan & Toko Ikan Hias). dan lampu serta sedikit perlengkapan akuarium lainnya dan terakhir pilih koral dan ikan hias yang kita inginkan. megah dan terkesan mewah disitu. carilah ikan ikah hias di sini Toko Ikan & Toko Ikan Hias . Anda dapat membeli test kit untuk menguji kadar amonia. aerator. a etika itu saya baru terima THR. ita mungkin berpikir. Sepintas lalu. Aturan yang lebih baik adalah 1 inci ikan per 2-3 galon air. masukkan pasir. termasuk membuat akuarium laut.

Trigger Kembang satu ekor. Giro Balong enam ekor. untuk memilih ikan hias yang saya mau. ketika internet begitu membumi di masyarakat kita.5|Page Kumpulan Tips Memelihara Ikan Hias Bagi Pemula panjang 175 cm. Ukuran akuarium panjang 175 cm. lebar 50 cm. Silakan baca berikut. kemudian lapisan busa diatasnya. lalu pecahan karang dan pasir setinggi hampir 5 cm diatasnya. Kemajuan yang berarti baru saya ketahui pada tahun 1999 dan tahun 2000. Jadi jika dihitung volumenya sekitar 481 liter (120 gallon) Atas saran pengusaha akuarium laut yang cukup berpengalaman dan satu-satunya di Medan. hampir sama dengan yang dilakukan semua pemula dalam hobby yang satu ini. Botana Biru empat ekor. Saya masih ingat. Kemudian kita menyusun live rock dari batu-batu karang yang saya beli dari toko tersebut. Ternyata apa yang kita pikirkan. Waktu itu toko akuarium tersebut hanya menjual ikan hias laut.. Teknologi informasi memang menakjubkan ! Pengalaman saya di akuarium laut. pengalaman saya memulai hobby ini sejak tahun 1987 sampai sekarang sudah 15 tahun. ( nilai akuarium sebesar itu pada 1987 sud termasuk ah sangat mahal ). Kemudian saya mendatangi kembali toko akuarium laut tersebut. kemudian seng fiber yang di beri lubang pada hampir semua permukaan seng fiber tersebut. . akuarium tersebut hanya mengandalkan filter dasar tersebut. dan tinggi 60 cm. Ketika itu saya membuat satu akuarium baru dengan tebal kaca 12 mm. dan Giro Pasir delapan ekor. harga akuarium saya tersebut saat itu dengan tebal kaca 12 mm Rp 1. adalah KELIRU !!! Kita bisa dibuat bangkrut dengan cara seperti itu. Botana Kasur empat ekor. Memerlukan waktu sekitar dua minggu men-setup isi akuarium tersebut.000. Mungkin juga. Akhirnya akuarium laut yang pertama ini hadir di ruang tamu rumah saya pada 26 Januari 1987. dimulai pada awal tahun 1987. lebar 50 cm dan tinggi 60 cm. belum ada koral dan karang hidup. saya membuat filter dasar ( undergravel filter ) di dasar akuarium saya dengan mempergunakan pipa-pipa PVC. Clown fish sepuluh ekor. Ikan hias yang ada di akuarium saya saat itu adalah Napoleon satu ekor. lengkap dengan lemari akuarium yang cantik.lengkap dengan lemari kayu yang telah dicet duco. Sirkulasi air pada filter dasar tersebut hanya mengandalkan Aerator. Tidak ada filter lain yang dipergunakan. Tinggi air akuarium hanya 55 cm.250. karena hal ini sehingga akuarium laut tidak begitu popular dikalangan hobiies ikan hias.

pada awal September 1987 saya menambah satu filter yang biasa oleh hobbies akuarium tawar menyebutnya filter biru. . botana kasur. akuarium saya kembali ready. Sejak awal dimasukkan. giro pasir. dan karena sebagian bangkai ikan terlambat dibuang. giro balong. merupakan suatu tantangan buat saya. Artinya box filter ini terbuat dari plastik berwarna biru. Setelah ditukar air baru. Belum ada yang bertahan hingga sebulan. Semua ikan-ikan ini hanya bertahan paling lama tiga minggu. Menurut saran toko akuarium laut dimana tempat saya membeli ikan-ikan hias tersebut. mengakibatkan air akuarium saya bau. lumayan bisa bertahan sekitar 10 hari. Dan saya pelajari secara cermat. Atas kegagalan-kegagalan tersebut. sungguh asyiik menyaksikan ikan-ikan tersebut dalam akuarium kita dengan warna-warni yang sangat cantik. Di mulai dari botana biru. Cuma ada sedikit perkembangan. clown fish. ikan-ikan hias tersebut mati satu per satu. sebagian ikan yang pada awalnya hanya tahan seminggu. napoleon dan ikan lainnya. bisa bertahan sampai tiga minggu. sehingga saya harus membuang seluruh air akuarium saya dan ditukar dengan air laut yang baru. Kemudian gagal lagi«dan gagal lagi. Napoleon. sepuluh ekor clown fish. Cara ini saya lakukan sampai tujuh kali. Akhirnya semua ikan di akuarium saya mati dalam kurun waktu dua minggu. sebelum memasukkan ikan hias lagi ke dalamnya. melalui karbon aktif. Tapi saya tetap bersemangat. giro pasir. saya memberi pakan ikan-ikan tersebut dengan cacing merah yang halus yang biasa dipergunakan untuk pakan ikan hias akuarium air tawar. Semua kejadian yang saya temukan dan lakukan. hanya dalam waktu tidak lebih dari dua minggu. saya catat dengan baik dalam buku agenda khusus. Dan dua hari kemudian saya kembali membeli ikan hias yang baru lagi. tetangga sebelah rumahpun hampir setiap hari nongkrong di depan akuarium saya. Sampai-sampai. dan hanya bersembunyi di gua -gua dalam akuarium kita. didalamnya ada serat fiber ( sejenis busa ) dan karbon aktif ( arang ). Filter ini diletakkan diatas akuarium dan mempergunakan satu motor/pompa untuk menarik air dari akuarium kemudian mengalirkannya ke serat fiber.6|Page Kumpulan Tips Memelihara Ikan Hias Bagi Pemula Memang. dan sebanyak itu juga saya gagal. Saya kembali menukar seluruh air akuarium saya dengan air baru. karena setiap kali diberi makan dia tidak pernah mau. Ternyata. saya memang tidak yakin dengan napoleon. Saya juga memberi mereka sejenis pellet yang ditawarkan penjual ikan hias tersebut. kerling bali dan platax asli. botana biru. kemudian kembali ke akuarium. Kali ini saya membeli enam ekor letter six. lima ekor dakocan.

Sering ikan yang mati tidak sempat diangkat. hanya dalam waktu dua hari saja ikan -ikan tersebut semuanya mati. Karena baru. Karena akuarium saya lumayan besar. setelah terlebih dulu menukar air akuarium saya dengan air laut yang baru. pecahan karang dan live rock. Cantik Jelita. juga ada botana coklat dan botana biru. Akuarium yang sudah 4 .7 bulan ). dan saya biarkan membusuk dalam akuarium. kepe -kepe moncong panjang. Kesimpulan / Hipotesa Sementara Akuarium yang baru memerlukan penyesuaian sampai sekitar enam bulan dengan lingkungan air laut. ikan kecil yang satu dua ekor ini mati tidak sampai mempengaruhi kehidupan lain dalam akuarium saya. aromanya masih asing. Karena ikan yang m sudah dibuang semuanya tidak sempat membusuk dalam ati akuarium.7|Page Kumpulan Tips Memelihara Ikan Hias Bagi Pemula Lalu saya kembali mengisi ikan hias yang baru. Kemudian saya sirkulasikan kembali air akuarium selama seminggu. . walau kita tukar dengan air laut baru semuanya. Kedua. apa gerangan yang membuat mati semua penghuni akuarium saya hanya dalam dua hari saja. Setelah seminggu. Kali ini saya khusus beli yang kecil-kecil. mereka akan berkelahi dan akhirnya terluka dan mati satu per satu. Menurut saya aroma khas inilah yang membuat ikan bisa bertahan lama dalam akuarium. sehingga biota yang dimasukkan stress dan akhirnya mati. Dan ada juga yang hanya bertahan sampai dua bulan. Kali ini yang terjadi lebih seru lagi. dan keranjang bali ukuran jempol tangan. saya kembali mengisi lagi dengan ikan-ikan hias. bahwa saya telah lulus tahap pertama. Giro Pasir. Sampai tahap ini sekitar Juni 1988 saya menyatakan sendiri. Balong. Cantik Manis.5 bulan. Clown fish. dan beberapa jenis kepe-kepe lainnya seperti Pakistan. Saya mencoba mengira-gira. Ukurannya kecil semua dan tidak lebih dari 5 cm. saya beli lagi yang sama dan saya masukkan lagi. Blue Devil. Akhirnya saya mengeluarkan karbon aktif ( arang ) dari filter tersebut. telah memiliki aroma khas. Saya tidak menukar lagi air akuarium saya. Kali ini ikan-ikan ini mulai bisa tahan lama ( maksimum 6 . Setiap jenis saya beli 5 sampai 6 ekor. ikan-ikan hias yang digabung harus memperhatikan ukurannya. Begitu dia mati. Bicolor Angelfish ( kuning-hijau ). Ikan hias yang saya beli adalah anularis garis biru. Bila kita asal menggabungkan yang besar dan yang kecil. pasir.

Filter yang ditempatkan di luar akuarium / filter eksternal (External Filter) 2. Hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut : 1.Filter yang ditempatkan dalam akuarium / filter internal (Internal Filter) . diantaranya adalah sebagai berikut : Filter Air Filter air ini merupakan salah satu peralatan yang sangat penting dan wajib dimiliki oleh setiap pemelihara ikan hias dan tanaman hias air. Filter air ini mempunyai fungsi untuk menyaring air yang berada pada akuarium melalui proses filtrasi dengan beberapa media yang mempunyai tujuan penggunaan masing-masing.Filter eksternal yang diletakan mengantung pada salah satu dinding akuarium (hanging filter) . untuk menghasilkan air yang selalu bersih bagi akuarium.Filter internal yang menempel pada salah satu dinding akuarium. . . .Filter internal yang diletakan pada dasar dan sudut salah satu akuarium.Filter internal yang diletakan sejajar (horisontal) dengan dasar akuarium (undergravel filter).Filter eksternal yang diletakan diatas akuarium . Media tersebut diantaranya (sesuai urutan) : . Bentuk dan jenis dari flter air ini sangat banyak. Pada filter air yang ideal terdapat beberapa media yang digunakan sebelum terakh akan terfiltrasi ir dengan media kapas (kapas filter). umumnya berbentuk ember (canister). umumnya berbentuk prisma segitiga. dengan selang pemasukan dan pengeluaran air yang terpasang pada akuarium. Menurut penempatannya : .Filter eksternal yang diletakan terpisah dengan akuarium.8|Page Kumpulan Tips Memelihara Ikan Hias Bagi Pemula Peralatan Aquarium Ada beberapa peralatan aquarium yang pada umum nya digunakan oleh para hobis. Menurut peletakannya : .

3. Mesin Aerasi (Aerator) Mesin Aerasi ini juga merupakan salah satu peralatan akuarium yang sangat penting. dapat digunakan arang / karbon aktif dan kapas filter saja. Bola-bola plastik berlubang / media plastik berongga lain yang dapat dilalui arus air yang merupakan tempat bermukimnya bakteri-bakteri pengurai. sehingga air terhindar dari suhu panas yang berlebih. Untuk menyederhanakan penggunaan media. Mesin aerasi mempunyai peranan sebagai berikut : 1. Media filter yang ideal umumnya hanya terdapat dan teraplikasi dengan baik pada filter air yang berbentuk ember (canister) karena mempunyai tempat penyimpanan media yang cukup besar. Arang / karbon aktif untuk air yang berfungsi untuk membantu mempertahankan dan mempercepat proses penjernihan air akuarium. . 3.9|Page Kumpulan Tips Memelihara Ikan Hias Bagi Pemula 1. agar lebih merata ke media filtrasi berikutnya. yakni membantu menyerap racun-racun yang terdapat dalam air. sehingga spons ini lebih berperan untuk menyaring kotoran yang berukuran lebih besar dari partikel terlarut. dimana mesin ini berfungsi untuk menghasilkan (gelembung-gelembung) oksigen dalam air. Spons yang berfungsi untuk menyaring kotoran pada tahap awal. semakin kecil permukaan gelembung oksigen yang dihasilkan akan semakin mudah bagi air untuk menyerap oksigen tersebut. Mensuplai oksigen dalam air (meningkatkan kadar oksigen dalam air). 2. Kapas filter. pada filter lain (yang tidak mempunyai tempat penyimpanan media yang cukup besar). 2. biasanya lubang-lubang pada spons ini berukuran agak lebih besar dari kapas filter. hal ini dapat dilakukan dengan memberi / memasang batu angin pada ujung selang aerasi yang dimasukan ke dalam air pada akuarium. 5. 4. Membawa hawa panas dalam air ke permukaan. Kumpulan dari batu kecil berbentuk silindris berongga yang berguna untuk pemecah arus air yang masuk dari satu sumber pemasukan air. media kapas ini biasanya digunakan pada tahap akhir dimana kapas ini mempunyai celah-celah yang sangat kecil yang bertujuan untuk menyaring kotoran kecil yang terlewati dari media sebelumnya dan partikel-partikel halus (sampai dengani 3 mm). Menghasilkan cukup arus yang disukai oleh beberapa jenis ikan dan membuat air tersirkulasi. dan mempunyai fungsi penting lainnya.

Mempermudah melihat parameter tertentu seperti kekeruhan air. 2. Filter UV / Sterilizer Filter UV ini merupakan alat yang menghasilkan cahaya ultraviolet (UV) yang mempunyai fungsi untuk menghilangkan / mengurangi organisme yang merugikan seperti bakteri. Untuk tanaman hias air umumnya dibutuhkan suhu yang lebih rendah dari kisaran tersebut.parasit yang menyukai dan berkembang pada keadaan gelap akan terhambat dan bahkan tidak berkembang. dan lumut (alga). Dengan keadaan yang terang. 5. Pada dataran rendah umumnya suhu ruang lebih dari 28 C. virus. parasit. 4. Penggunaan lampu ini sebaiknya tidak 24 jam nonstop. karena jika terjadi kebocoran akan . Dalam penggunaan lampu yang ber ultra violet. parasit . oleh karena itu heater hanya digunakan untuk tempat-tempat yang bersuhu dingin dan digunakan juga dalam proses pengobatan ikan.10 | P a g e Kumpulan Tips Memelihara Ikan Hias Bagi Pemula Lampu Lampu akuarium pada umumnya digunakan sebagai penghias dan ada juga yang mempunyai fungsi lain. Heater Heater merupakan peralatan akuarium yang dapat menghasilkan panas yang akan meningkatkan suhu air pada suatu akuarium. Lampu pada akuarium ini mempunyai peranan sebagai berikut : 1. Mempermudah para hobis dalam mengkontrol segala aktivitas dan perkembangan (ikan hias / tanaman hias air) dan isi (dekor) akuarium. akan membantu mengurangi perkembangan bakteri-bakteri yang merugikan bagi ikan hias. disarankan (maksimal) tidak lebih dari 13 jam sehari. Umumnya suhu air yang dapat ditolerir oleh ikan hias berada pada kisaran 26 . Sebaiknya tidak menggunakan Filter UV yang diletakan di dalam air dimana lampu / tabung lampu bersinggungan secara langsung dengan air. 3.29 C. yakni lampu yang menghasilkan cahaya yang mendekati spektrum cahaya matahari. Penggunaan lampu yang mempunyai cahaya dengan cahaya yang mendekati spektrum matahari akan dapat membantu dan menggantikan peranan cahaya matahari bagi proses fotosintesa pada tanaman air dan membunuh bakteri (kuman).

ornamental fish . Akuarium Ikan Hiasan Laut. hiasan. Bahanbahan yang diperlukan untuk memasang sebuah akuarium. May 8.Built And DesignKolam Hiasan Landscapingikan . hidupan laut . Untuk menentukan nilai pH. selain itu harganya juga relatif mahal. ikan sungai . Setelah menyediakan dan menghias akuarium. ikan laut . Kabinet atau kaki akuariumhiasan aquarium unik Home & Garden Furnitures & Decors Buat yang suka sama ikan atau lagi cari kado buat pencinta ikan. minat . akuarium . hobi . SEKOLAH RENDAH. dllCari Pancing Dot Com Pancing Kekili Rod Joran Akuarium Kolam Hiasan Umpan Dedak Matakail Ladung May 3.5 iaitu neutral.Kelah Dalam akuarium yang bersaiz 10 x 3 itu. hidupan sungai .AQuarium A Z Fish Farm Meyediakan perkhidmatan a. mulai dari aksesoris. hiasan yang satu ini cocok banget buatHeading:Penjagaan Dan Penyelengaan Kolam Hiasan .mengenai ikan hiasanKAEDAH MENGHIAS AKUARIUM. 2008 by J. ikan tasik . hingga souvenir. anda[Jual]Aksesoris dan Hiasan Akuarium serta Souvenir harga terjangkau Jual berbagai perlengkapan akuarium. makanan ikan. Lampu akuarium Tangki akuarium.11 | P a g e Kumpulan Tips Memelihara Ikan Hias Bagi Pemula menyebabkan listrik mengaliri air. Alat ini merupakan alat pilihan (optional) karena belum tentu alat ini berguna sepenuhnya dalam akuarium yang selalu terawat dengan baik. 2010.5 hingga 7. ikan hiasan . river fish Maklumat Berkenaan Ikan Hiasan Untuk Orang Baru pH air dalam akuarium yang paling sesuai ialah 6. Hiasan Akuarium hiasan akuarium. telah sedia ada terdapat 2 ekor ikan . Posted in joran Comments OffIkan hiasan bukan sahaja dapat mengindahkan sudutsudut di dalam rumah malah dapat HIASAN KE DALAM AKUARIUM i.Ikan Kelah Untuk Hiasan Akuarium Pejabat.

Cari informasi sebanyak mungkin sebelum membeli ikan. Apakah spesies yang akan anda pelihara mampu berkembang biak dengan cepat Bila demikian. Oleh karena itu. dan toko-toko sudah tutup. rentang pH dan sebagainya c. anda harus memiliki komitmen jangka panjang sebelum mulai memelihara ikan. Temperamen spesies ikan. Perhatikan faktor faktor berikut: a. e. Faktor ini sering terabaikan oleh penghobist. Seberapa besar ikan tersebut bila dewasa dan apakah anda mempunyai akuarium yang cukup besar untuk mengakomodasi ukuran tubuh ikan setelah dewasa. Akuarium yang besar menyebabkan air dalam akuarium lebih stabil. bila pemanas suhu rusak. apakah anda memiliki peralatan pada saat ikan berkembang biak? f. suhu air akan lebih stabil dalam akuarium yang besar. b. Sebagai contoh. Apakah ikan yang akan dibeli rentan terhadap penyakit tertentu? 2.1 |P age Kumpulan Tips Memeli ara Ikan Hias Bagi Pemula Fish Tips Series: (1) Tips Bagi Pemula Berikut ini adalah rangkaian tips dan petunjuk yang berguna bagi pemula untuk menjalani hobi memelihara ikan hias. Berikut ini langkah-langkah yang perlu anda lakukan sebelum mulai memelihara ikan: 1. Spesies ikan tertentu bisa hidup dalam waktu yang sangat lama bila dirawat dengan baik. Belilah akuarium sebesar mungkin sesuai dengan anggaran dan ruang yang anda miliki. Apakah spesies tertentu cocok untuk disatukan dengan ikan yang sudah anda miliki atau ingin anda pelihara di masa mendatang. Cari tahu mengenai suhu air. Apa jenis makanan ikan yang dimakan d. ¤ .

Pelajari tentang siklus nitrogen dalam akuarium. 7. belilah buku-buku tentang ikan hias air tawar. Gunakan air dalam akuarium yang sudah anda saring saat mengganti air. Berlangganan majalah ikan hias dan akuarium juga merupakan salah satu cara yang mudah untuk mendapatkan tips dan anda terus mengetahui hal yang baru dalam hobi ini. 12. Bila anda senang membaca. Oleh karena itu.13 | P a g e Kumpulan Tips Memelihara Ikan Hias Bagi Pemula 3. 10. Klorin dan kloramin dalam air ledeng akan membunuh bakteri penghilang nitrit dan nitrat dalam filter. . Cahaya matahari yang memasuki akuarium akan menyebabkan ledakan ganggang hijau. Proses penting ini harus anda pahami bila anda ingin berhasil dalam memelihara ikan hias air tawar. Membaca buku adalah cara tercepat untuk mendapatkan informasi yang anda butuhkan untuk memelihara ikan. 6. 5. Tempat bersembunyi akan menjadi tempat pengungsian ikan dan akan menurunkan level stress ikan. nitrat dan pH. anda harus memiliki komitmen jangka panjang sebelum mulai memelihara ikan atau Budidaya Ikan Hias. sehingga anda bisa mengganti salah satu bila sudah kotor. Lakukan deklorinasi air ledeng sebelum dimasukkan ke dalam akuarium. Pelajari peralatan akuarium sebelum anda membeli. Jangan mengikuti aturan 1inci ikan per 1 galon air. Sinar matahari langsung juga akan menyebabkan suhu air dalam akuarium meningkat. Tips memelihara ikan hias Memelihara Ikan Hias dan Akuarium Berikut ini adalah rangkaian tips dan petunjuk yang berguna bagi pemula untuk menjalani hobi memelihara Ikan Hias Air Tawar. Jangan meletakkan akuarium di dekat jendela. Anda juga harus menguji air ledeng bila menggunakan air PAM. Beli filter akuarium yang memiliki beberapa cartridge. Spesies Ikan Hias Air Tawar tertentu bisa hidup dalam waktu yang sangat lama bila dirawat dengan baik. Jangan membilas filter dengan air ledeng. Beli test kit air akuarium untuk memonitor siklus nitrogen akuarium. Anda dapat membeli test kit untuk menguji kadar amonia. Sediakan banyak tempat bersembunyi bagi ikan. nitrit. 8. 11. Aturan yang lebih baik adalah 1 inci ikan per 2-3 galon air. 4. 9.

Cahaya matahari yang memasuki akuarium akan menyebabkan ledakan ganggang hijau. nitrat dan pH. Jangan meletakkan akuarium di dekat jendela. Pelajari peralatan akuarium sebelum anda membeli. Anda dapat membeli test kit untuk menguji kadar amonia. rentang pH dan sebagainya Apa jenis makanan ikan yang dimakan Temperamen spesies Ikan Air Tawar. Aturan yang lebih baik adalah 1 inci ikan per 2-3 . Bila anda senang membaca. Anda juga harus menguji air ledeng bila menggunakan air PAM. suhu air akan lebih stabil dalam akuarium yang besar. Berlangganan majalah ikan hias dan akuarium juga merupakan salah satu cara yang mudah untuk mendapatkan tips dan anda terus mengetahui hal yang baru dalam hobi ini. Membaca buku adalah cara tercepat untuk mendapatkan informasi yang anda butuhkan untuk memelihara ikan. Apakah spesies tertentu cocok untuk disatukan dengan ikan yang sudah anda miliki atau ingin anda pelihara di masa mendatang. Akuarium Budidaya Ikan Hias yang besar menyebabkan air dalam akuarium lebih stabil. Pelajari tentang siklus nitrogen dalam akuarium. Sebagai contoh.14 | P a g e Kumpulan Tips Memelihara Ikan Hias Bagi Pemula Berikut ini langkah-langkah yang perlu anda lakukan sebelum mulai memelihara ikan atau Budidaya Ikan Hias : Cari informasi sebanyak mungkin sebelum membeli ikan. Sediakan banyak tempat bersembunyi bagi ikan. nitrit. Apakah spesies yang akan anda pelihara mampu berkembang biak dengan cepat? Bila demikian. belilah buku-buku tentang ikan hias air tawar carilah di Jual Ikan Hias & Jual Ikan. Tempat bersembunyi akan menjadi tempat pengungsian ikan dan akan menurunkan level stress ikan. Faktor ini sering terabaikan oleh penghobist. bila pemanas suhu rusak. Perhatikan faktor-faktor berikut: Seberapa besar Ikan Air Tawar tersebut bila dewasa dan apakah anda mempunyai akuarium yang cukup besar untuk mengakomodasi ukuran tubuh Ikan Hias setelah dewasa. apakah anda memiliki peralatan pada saat ikan berkembang biak? (temukan ikan hias unik dan murah di toko Jual Ikan Hias & Jual Ikan) Apakah ikan yang akan dibeli rentan terhadap penyakit tertentu? Belilah akuarium sebesar mungkin sesuai dengan anggaran dan ruang yang anda miliki. Proses penting ini harus anda pahami bila anda ingin berhasil dalam memelihara Ikan Hias air tawar. Cari tahu mengenai suhu air. Beli test kit air akuarium untuk memonitor siklus nitrogen akuarium(carilah perlengkapan akuarium di Toko Ikan & Toko Ikan Hias). Sinar matahari langsung juga akan menyebabkan suhu air dalam akuarium meningkat. dan toko-toko sudah tutup. Jangan mengikuti aturan 1inci ikan per 1 galon air.

15 | P a g e Kumpulan Tips Memelihara Ikan Hias Bagi Pemula galon air. Kedua. kaca bisa memberikan pandangan yang jelas kepada ikan sehingga keindahan ikan dapat dinikmati. Bahan dari kaca merupakan bahan akuarium yang umum digunakan. berikut ini beberapa tips sederhana yang bisa anda ikuti: a. filter. Bentuk akuarium segi empat merupakan bentuk yang konvensional. Klorin dan kloramin dalam air ledeng akan membunuh bakteri penghilang nitrit dan nitrat dalam filter. Lakukan deklorinasi air ledeng sebelum dimasukkan ke dalam akuarium. carilah ikan ikah hias di sini Toko Ikan & Toko Ikan Hias . Penempatan akuarium bisa di ruang tamu. anda dapat bertanya atau berkonsultansi kepada ahli budidaya ikan dalam hal penentuan bentuk dan jenis akuarium ini. c. Dalam memilih tempat untuk menaruh akuarium pilih tempat yang aman dimana tidak banyak orang yang sering mengganggu dan menggapai akuarium. pada akuarium perlu dilengkapi beberapa kebutuhan akuarium seperti sistem pencahayaan. pemanas. substrat dan aksesoris. b.Sebelum anda membawa akuarium yang anda beli anda harus mencobanya dengan memasukan sedikit air ke dalam akuarium untuk mengetes ada tidaknya kebocoran pada akuarium. Pertama anda harus memutuskan jenis tipe akuarium apa yang akan anda pilih. Beli filter akuarium yang memiliki beberapa cartridge. anda harus memutuskan dimana anda hendak menaruh akuarium. Dalam Penentuan Jenis. bahan dan bentuk akuarium juga menentukan dalam penentuan pemilihan akuarium. . Pemanas air atau heater merupakan salah satu kebutuhan dalam akuarium heater ini membantu menjaga kestabilan suhu air. Tips Memelihara Ikan Di Akuarium Ingin Memulai memelihara ikan di akuarium. Lorong-lorong dan sudut yang banyak dilalui orang perlu dihindari dalam penempatan akuarium ini. sehingga anda bisa mengganti salah satu bila sudah kotor. substrat yang berwarna warni dapat mengiritasi dan mengganggu ikan. Jangan membilas filter dengan air ledeng Gunakan air dalam akuarium yang sudah anda saring saat mengganti air. Bila perlu anda membeli meja akuarium untuk menghindari tersandungnya kaki orang. ketiga. Dalam pemilihan substrat hindari substrat yang berwarna-warni. bentuk dan bahan tergantung dari kebutuhan anda. aerator. ruang makan atau bisa juga di kamar tidur anda.

lohan. Sementara untuk makanan terdiri dari cacing hidup dan mati yakni jenis cacing sutra dan pelet. malah dapat mendatngkan jutaan Rupiah. moor hingga ryukin. bila anda termasuk orang yang sibuk maka jenis ik yang dipilih yaitu jenis an ikan yang dapat berkembang tanpa perlu perhatian yang banyak. discus. salah satunya adalah gaya hidup anda. Jawa Tengah. Dalam akuarium massal. beberapa warga kini memiliki ikan hias oki dari berbagai jenis yangsiap jual Ditempat ini ada berbagai jenis ikan hias oki mulai dari jenis oranda. mutiara tikus. Harga yang ditawarkan pun bervariasi. Berawal dari hobi memelihara ikan oki sejak tahun 2004 silam. Tegal Rejo. BUDIDAYA IKAN HIAS KOKI DATANGKAN HOKI Siapa yang tak kenal ikan hias oki? Ya. Ikan oki bagi sebagain orang identik dengan ikan pasaran. ikan oki dengan mudah bersaing merebutkan makanan sehingga lebih . dalam memilih jenis ikan perlu mempertimbangkan banyak hal. Seperti yang di lakukan sejumlah warga pembudidaya ikan oki di Desa Bayu Urip. mulai seratus ribu hingga puluhan juta Rupiah.Jenis ikan mas dan Cichlids cocok bagi pemula yang baru mulai untuk memelihara ikan hias di rumahnya. Selanjutnya anda juga dapat memilih jenis ikan lainnya sesuai dengan hobi dan kesukaan anda seperti ikan arwana. yakni hanya harus memberikan air yang bersih serta selalu memelihara kebersihkan kolam. ikan ini memiliki karakter yang khas yaitu sangat rentan terhadap kadar ammonia terlarut didalam air. lucu dan memiliki bentuk yang unik tersebut ternyata dapat mendatangkan omset jutaan Rupiah. ranchu. Selain itu perawatan ikan oki nya pun sanggatlah mudah. oskar dll. Sebab. ikan yang memiliki badan gembul.16 | P a g e Kumpulan Tips Memelihara Ikan Hias Bagi Pemula d. Magelang. Memilih Jenis ikan. padahal jika kita bisa merawat dengan benar.

alih-alih ingin mencari hiburan dengan melihat keindahan koi berenang di kolam tetapi malah pusing melihat ikan koi mengapung di kolam dan terus-terusan mati. Akan tetapi sebagian orang tidak terlalu peduli dengan hal tersebut. Siapa tahu bisa mendatangkan hoki. dan jangan buru-buru memasukkan koi ke dalam kolam.17 | P a g e Kumpulan Tips Memelihara Ikan Hias Bagi Pemula tahan terhadappenyakit dan sangat cocok untuk penghobi ikan pemula. Nah mungkin anda tertarik dengan budidaya ikan hias Koki? tak ada salahnya untuk mencobanya. Sebagian masyarakat Jepang berkeyakinan bahwa memelihara koi dapat mendatangkan hoki bagi pemiliknya. ahli koi mengatakan bahwa memelihara koi adalah menjaga kualitas air kolam yang baik. Memelihara Koi Bagi Pemula Centralkoi ² Memelihara Koi merupakan hobi yang sangat menyenangkan. Koi berukuran jumbo yang berenang-renang di sekitar rumah menjadi hiburan tersendiri melepas kepenatan sehari bekerja. mungkin ini yang disebut dengan hoki dalam memelihara koi. Jangan cemas. Kolam koi harus terbebas dari zat-zat kimia. Yang jelas beberapa pecinta koi memiliki pengalaman memelihara koi dengan penuh ketekunan dan kesabaran. Hilangkan terlebih dahulu dengan merendam dengan air sampai beberapa hari. biasanya kolam Koi baru yang terbuat dari semen masih menyisakan bau yang berbahaya. . Banyak pecinta koi pemula harus stress karena koi yang dibeli dengan harga mahal mati setelah dimasukkan ke dalam kolam. meski tidak menjamin 100% keberhasilan dalam memelihara Koi tetapi paling tidak meminimalkan resiko kematian. Tips Memelihara Koi 1. berikut ada beberapa tips dalam memelihara Koi bagi pemula. Persiapan Kolam Koi Yang Baik Kualitas air kolam koi merupakan penentu keberhasilan dalam memelihara Koi. karena keindahan ikan koi mampu menyejukkan pandangan dan menenteramkan pikiran. Terlepas dari itu semua bagi pecinta koi pemula tentu banyak hal yang harus dipahami dan dipertimbangkan sebelum memulai memelihara ikan Koi. Setelah direndam buang air dan isi dengan air bersih. karena hobi tanpa disadari menghasilkan koi dengan kualitas unggul dan menang dalam berbagai kontes akhirnya koinya di hargai dengan harga mahal.

Perhatikan perilaku ikan setiap saat. Menjaga Kualitas air kolam dilakukan dengan membuat sistem filter yang baik. jika diperlukan lebih sering dari itu. Selain makanan bermutu baik juga disesuaikan dengan kualitas koi. perhatikan apakah Koi selalu mengambang di pemukaan air sampil membuka mulutnya. perilaku ini akan lebih nampak di waktu subuh. Sebagian pecinta koi menyarankan lebih baik memelihara koi dengan kualitas baik 3 ekor daripada memelihara koi jelek dengan jumlah 100 ekor. 3. Kolam padat membuat koi tidak tumbuh optimal dan mudah terserang penyakit. Banyak makanan koi tersedia di pasaran dari yang berharga murah sampai mahal. sesuaikan ukuran kolam dengan jumlah ikan yang dipelihara. Setelah pasti tidak membawa penyakit baru dimasukkan ke dalam kolam. Makanan Koi yang baik biasanya mahal karena sebagian diimport dari Jepang. 4. Jika menambah ikan baru hendaknya dikarantina terlebih dahulu. Memelihara koi bagi pemula sebaiknya dilakukan dari ukuran kecil kurang lebih 10-20 cm agar dapat belajar mengamati perkembangan koi dari waktu kewaktu.jika demikian tambahkan aerator. air (20%). Menjaga Kualitas air kolam dalam kondisi bersih Kualitas air hendaknya dijaga selalu stabil dalam kondisi bersih. hanya akan membuat kantong kering tapi pertumbuhan koi tidak sebanding dengan dana. 8. Selamat Memelihara Koi. pastikan tidak membawa penyakit. dan faktor lainnya (10%). perlu penggantian air sebanyak 10% maksimum 1 minggu sekali.berapapun makanan yang diberikan koi akan tetap makan tetapi segera dikeluarkan menjadi kotoran. 5. Jangan sampai koi berharga 20 ribu diberi pakan seharga 150ribu per/kg. segera dikarantina dan diobati. Jumlah Koi jangan terlalu padat di dalam Kolam.18 | P a g e Kumpulan Tips Memelihara Ikan Hias Bagi Pemula 2. Memberikan makanan secara berlebihan membuat kolam cepat keruh. dari yang berharga murah sampai berharga mahal. jangan sampai ada perubahan suhu dan kondisi air yang sangat mencolok. . 7. Memilih Koi Yang sehat Banyak Jenis dan kualitas Koi tersedia di pasaran dan Koi Farm. Jumlah makanan yag diberikan jangan berlebihan dan pilih makanan yang berkualitas baik. Pilih yang sesuai kondisi keuangan dan selera.Selain dengan sistem filter kolam yang baik. yang penting Ikan Koi dalam Kondisi Sehat. Pada ukuran tersebut biasanya sudah cukup mudah untuk dipelihara dan harga masih cukup murah.Faktor penentu warna koi antara lain kualitas koi/bloodline (70%). ikan sakit biasanya menunjukkan perilaku yang tidak biasa. Kekurangan Oksigen juga menjadi penyebab kematian ikan koi. 6.

bila pemanas suhu rusak. Temperamen spesies ikan. Berlangganan majalah Ikan Air Tawar dan akuarium juga merupakan salah satu cara yang mudah untuk mendapatkan tips dan anda terus mengetahui hal yang baru dalam hobi ini. b. 5. belilah buku-buku tentang ikan hias air tawar. Apakah ikan yang akan dibeli rentan terhadap penyakit tertentu? 2. Pelajari peralatan akuarium sebelum anda membeli atau melakukan Budidaya Ikan Hias. 3. Seberapa besar ikan tersebut bila dewasa dan apakah anda mempunyai akuarium yang cukup besar untuk mengakomodasi ukuran tubuh ikan setelah dewasa. Apakah spesies yang akan anda pelihara mampu berkembang biak dengan cepat? Bila demikian. Akuarium yang besar menyebabkan air dalam akuarium lebih stabil. Cari tahu mengenai suhu air. Oleh karena itu. Proses penting ini harus anda pahami bila anda ingin berhasil dalam memelihara ikan hias air tawar.19 | P a g e Kumpulan Tips Memelihara Ikan Hias Bagi Pemula Tips Membeli Akuarium Ikan Berikut ini adalah rangkaian tips dan petunjuk yang berguna bagi pemula untuk menjalani hobi memelihara Ikan Hias. Membaca buku adalah cara tercepat untuk mendapatkan informasi yang anda butuhkan untuk memelihara Ikan Hias Air Tawar. rentang pH dan sebagainya c. Perhatikan faktor-faktor berikut: a. Apakah spesies tertentu cocok untuk disatukan dengan ikan yang sudah anda miliki atau ingin anda pelihara di masa mendatang. dan toko-toko Jual Ikan sudah tutup. Faktor ini sering terabaikan oleh penghobist. Cari informasi sebanyak mungkin sebelum membeli ikan. Spesies Ikan Hias tertentu bisa hidup dalam waktu yang sangat lama bila dirawat dengan baik. e. Apa jenis makanan ikan yang dimakan d. 4. anda harus memiliki komitmen jangka panjang sebelum mulai memelihara Ikan Hias Air Tawar. Belilah akuarium sebesar mungkin sesuai dengan anggaran dan ruang yang anda miliki. Berikut ini langkah-langkah yang perlu anda lakukan sebelum mulai memelihara ikan: 1. apakah anda memiliki peralatan pada saat ikan berkembang biak? f. Bila anda senang membaca. Sebagai contoh. suhu air akan lebih stabil dalam akuarium yang besar. Pelajari tentang siklus nitrogen dalam akuarium apabila anda ingin Budidaya Ikan Hias. bisa juga anda bertanya pad aPenJual Ikan Hias .

11. Beli filter akuarium di Toko Ikan & Toko Ikan Hias yang memiliki beberapa cartridge. Sangat sederhana tapi tidak gampang menjalankannya. Jangan membilas filter dengan air ledeng. 8. Gunakan air dalam akuarium yang sudah anda saring saat mengganti air Ikan Air Tawar. Lakukan deklorinasi air ledeng sebelum dimasukkan ke dalam akuarium tanya sama Pen Jual Ikan Hias deh karena mereka lebih tau tentang deklorinasi itu apa hehe. Anda dapat membeli test kit untuk menguji kadar amonia. Tetapi demi keindahan ruangan anda. Aturan yang lebih baik adalah 1 inci ik an per 2-3 galon air. nitrat dan pH. Jangan mengikuti aturan 1inci ikan per 1 galon air. Sediakan banyak tempat bersembunyi bagi ikan. Sinar matahari langsung juga akan menyebabkan suhu air dalam akuarium meningkat. Tempat bersembunyi akan menjadi tempat pengungsian ikan dan akan menurunkan level stress ikan. akan menyebabkan ledakan ganggang hijau. tidak ada salahnya jika mau lebih perhatian dengan akuarum anda. 12. Anda juga harus menguji air ledeng bila menggunakan air PAM. nitrit.20 | P a g e Kumpulan Tips Memelihara Ikan Hias Bagi Pemula 6. Jangan meletakkan akuarium di dekat jende Cahaya matahari yang memasuki akuarium la. 7.. 10. lorin dan kloramin dalam air ledeng akan membunuh bakteri penghilang nitrit dan nitrat dalam filter. Beli test kit air akuarium untuk memonitor siklus nitrogen akuarium.peralatanseperti itu dapat di temukan di Toko Ikan & Toko Ikan Hias. 9. i . sehingga anda bisa mengganti salah satu bila sudah kotor. SEBELUM MEMBELI AKUARIUM Bagi yang hobi memelihara ikan hias di akuarium ada baiknya untuk membaca uraian singkat yang pasti bermanfaat.

Senangnya bila Akuarium Anda penuh dengan ikan hias aneka warna dan memanjakan mata. perhatikan ukuran ikan-ikan yang akan masuk dalam akuarium. Dragon Fish. Ikan Mandarin.21 | P a g e Kumpulan Tips Memelihara Ikan Hias Bagi Pemula Ada baiknya anda untuk memilih jenis ikan hias terlebih dulu Sebelum membeli akuarium. Jika sudah. tentunya harus tahu makanannya apa dan bagaimana ciri dan pola hidupnya. Sekali lagi kenali karakter mareka. Sirkulasi udara melalui filter juga sangat penting bagi kelangsungan hidup Ikan hias Anda. Cari informasi di Internet atau membeli majalah ikan agar anda dapat merawat ikan tersebut sebaik mungkin. Ikan ini suka sekali berkelahi. Contohnya adalah Seamese Fighting Fish atau ikan Cupang. (dari berbagai sumber/foto:istimewa) .Jadi lebih baik Anda mencari referensi langsung kepada penjual dan orang yang lebih ahli dalam budidaya ikan hias. Emperor Fish. Misalnya Ikan Badut. Dan yang paling penting. Bila tidak maka ikan hias itu tidak ak an dapat bertahan hidup di akuarium Anda. Anda membeli jenis ikan tertentu. Antara ikan hias yang satu dengan ikan hias yang lainnya belum tentu cocok dan bisa hidup rukun. dan Lain-lain. Jangan sampai malah membuat ruang jadi sesak karena keberdaan akuarium. Setiap ikan hias mempunyai jenis makanan yang berbeda-beda dengan harga yang variatif pula. Tetapi pertimbangkan sebelum Anda mencampurkan semua ikan hias yang Anda beli. Ikan Kupu-Kupu. juga perhatikan ukuran ruang yang akan ditempati oleh akurium. Jika ukurannya besarbesar jangan beli Akuarium kecil. Ketahui dahulu karakter dan pola hidup ikan hias anda. Ikan hias Anda harus senantiasa Anda rawat. cocokkah budget Anda dengan jenis ikan hias dan akuarium yang ingin Anda beli? Selain Memperhatika ukuran ikan. Hal jamak yang mutlak harus dilakukan adalah selalu rajin membersihkan akuarium. Intinya jangan sampai ikan hias-ikan hias hidup berdesak-desakan dan tidak mendapatkan tempat hidup yang nyaman. Tidak semua jenis ikan bisa hidup rukun jika hidup dalam akuarium yang sama. namanya saja Fighting Fish. Rajin-rajinlah membuat jadwal memberi makan ikan hias sesuai dengan porsi dan waktu makannya.

hitam. Suatu kecen-derungan untuk menilai koi lebih yang besar.megapa kita harus teliti? Kalo ikan yang kita beli berumur pendek atau hanya untuk menularkan penyakit. Adalah salah besar apabila kita selama ini hanya menganggap bahwa nilai seekor koi hanya ditentukan oleh pola warna badannya ataupun dari besarnya saja.kalo koi yang mereka tawarkan memperlihatkan gejala kurang sehat.22 | P a g e Kumpulan Tips Memelihara Ikan Hias Bagi Pemula Tips dalam membeli dan memilih ikan KOI Membeli koi : Ketika kita akan membeli koi yang pertama harus diperhatikan adalah tempat/sarana penjual tersebut. Pola warna koi: semua tanda-tanda dalam tubuh koi haruslah seimbang. Kualitas yang tinggi merupakan perpaduan antara warna-warna putih. merah. Daerah kepala dan punggung jauh lebih penting dibandingkan daerah ekor. dan bentuk badan secara keseluruhan. tanpa melepaskan kriteria warna badannya. Kualitas koi identik dengan setiap poin yang berlaku di dalam penjurian perlombaan koi. Dan pastilah koi demi kian akan mendapatkan nilai yang tinggi apabila diikutkan dalam perlombaan. warnanya. Bentuk badannya.buat apa kita buang2 waktu dan uang? Kualitas koi: kualitas koi sesungguhnya sulit dilukiskan dengan kata-kata. Bagian putih pada mulut dan bagian ekor paling penting. adalah sangat penting.jenis/varietas koi. Warna .kelebihan dan kekurangan koi yang mereka tawarkan. Mendapatkan kualitas yang bagus adalah suatu hal yang sangat kita harapkan.apakah mereka menggunakan system filtrasi yang benar? Uji penjual dengan memberi pertanyaan mengenai teknik karantina.dan memahami jenis/varietas koi. dan keanggunan-nya sangat erat hubungannya dengan kualitas koi. tapi yang berbentuk unik yang sering dibutuhkan. pola warna. Dua bagian yang menjadi pusat penilaian adalah bagian kepala dan bahunya dan daerah ekor. Kepala yang membentuk huruf seharusnya ideal.jangan ambil resiko untuk membeli.pengobatan. Banyak penjual koi yang belum memahami teknik karantina.

lain dengan koi impor yang sudah tidak diragukan lagi. ada dua bentuk badan yang abnormal yaitu: Cacat dan kurang makan. Dan harus diingat. Walaupun seekor koi mempunyai corak warna yang sangat indah dan montok. itu merupakan pertanda bahwa koi sedang kedinginan. Selain gradasi warna. sebaiknya kedua sisi badannya simetris. seekor induk betina yang sedang "mengandung" perutnya lebih buncit. . maka putihnya harus benar-benar putih tanpa ada gradasi kehitam-hitaman. Jika seekor koi tak bersirip atau mata-nya hilang sebelah. Hitam pun demikian. Jika kita temukan koi yang tubuhnya diselimuti selaput putih. maka merahnya harus mencolok. dan warna lain harus terpisah dan tidak boleh bercam pur. Ini jangan disalahartikan bahwa ikan koi tersebut perutnya tidak normal. Garis putih pada leher sangat diharapkan sekali pada seekor kohaku. Demikian pula jika pada koi terdapat warna merah. tapi jika sirip-nya tidak lengkap. tidak boleh kemerah-merahan. dan masing-masing mempunyai hidang yang berbeda. koi tersebut dinilai jelek. Pada daerah ekor yang sangat diharapkan adalah warna putih yang bersih. Warna koi : warna koi yang dianggap bagus adalah yang benar-benar cemerlang. Demikian pula sebaliknya. tidak kehitam hitaman. karena bentuk badan yang sempurna akan berpengaruh langsung pada gaya berenangnya. Bentuk badan koi: bentuk badannya bisa dilihat saat koi berenang. Inilah yang sering dipakai untuk membedakan antara koi lokal dengan harga lokalnya dibandingkan koi impor dengan harganya yang selangit. hitam. Pola warna yang keiihatan berat pada daerah ini sungguh tidak diharapkan. Masing-masing warna harus terpisah secara nyata. bercak atau titik yang tidak "layak" tidak boleh ada. jelas koi tersebut cacat dan jangan sekali-kali dipilih kendati dijual murah. Walaupun tidak mutlak. Misalnya saja pada bagian badan yang berwarna putih bersih tidak boleh ada setitik pun warna merah atau warna hitam. Artinya jika dalam seekor koi terdapat warna putih. Antara warna merah. putih. Bintik putih pun tidak boleh hadir pada bidang yang berwarna merah ataupun hitam. sangat tidak diharapkan hadir pada daerah ini. Koi lokal umumnya warnanya belum sempurna benar.23 | P a g e Kumpulan Tips Memelihara Ikan Hias Bagi Pemula merah pada kepala harus lebar dan tegas. Harus diingat pula. Warna merah yang buram misalnya.

Sirip ini tidak boleh cacat karena penyakit atau cacat bawaan. Ada koi yang mempunyai hidung bersandar ke depan. Kepala koi menjadi besar dan lebar. dan sangat tidak enak dipandang. tidak terlalu menonjol. Cacat rahang paling menentukan. Bentuk hidung koi ini. tapi juga tidak tenggelam dalam timbun-an daging. tapi beberapa lagi tidak. keduanya dianggap kurang bagus. . Jika dilihat dari samping. Sirip ekor dan sirip punggung koi sering ditemu-kan cacat. 2. bentuk badan yang harus diperhatikan adalah seperti berikut: 1. Usahakan memilih koi yang mempunyai bentuk sirip sempurna. sebelah atas badannya tidak boleh terlalu melengkung. Sirip tumbuh sempurna dan cantik sirip yang cantik dan besarnya sesuai dengan badannya. dan rahang harus sama bagusnya dan membentuk suatu bangunan yang serasi dan sempurna. tapi sebelah bawah juga jangan sampai membentuk garis lurus. dan sebagian lagi ada yang mancung. Koi yang ketika berenang membentuk lengkungan yang tajam pada badannya sendiri tidak pantas untuk dipilih. Beberapa koi yang karena keku-rangan makan biasanya mempunyai sirip yang kerdil (kecil). kendati berbeda. 3. Cacat yang disebabkannya sangat besar pengaruhnya terhadap penilaian koi. Begitu pula halnya dengan sirip perut atau sirip anal.24 | P a g e Kumpulan Tips Memelihara Ikan Hias Bagi Pemula Secara rinci. Yang bagus adalah koi dengan bentuk hidung yang wajar. garis punggung koi harus terlihat lurus dan ketika mereka bergerak meliuk punggungnya melengkung dengan wajar. Penyakit ini memang mempengaruhi bentuk mulut dan insang. maka garis sebelah atas badannya dan bawah badannya membentuk lengkung yang wajar. Yang paling penting di antara semua sirip adalah sirip dada. menjadikan koi tampak cantik. mulut. Antara mata. Boleh jadi cacat ini disebabkan oleh penyakit gill root (akar insang) yang menyerang koi ketika masih kecil. Garis punggung lurus dan punggung melengkung wajar jika kita perhatikan dari atas. Kepala berbentuk sempurna beberapa wajah koi enak dilihat. Artinya.

Berikut kami sajikan beberapa tips merawat akuarium Anda dengan cara yang mudah dan relatif murah. edua hewan ini memakan sisa-sisa makanan dan lumut di dalam akuarium.6 hingga 1-3. dan tinggi merupakan kunci bagus tidaknya koi. . dan keong turbo. Anda dapat memelihara ikan atau hewan yang dapat membantu membersihkan kotoran dan lumut dalam akuarium. Anda harus memastikan akuarium Anda dalam keadaan bersih dan terawat.25 | P a g e Kumpulan Tips Memelihara Ikan Hias Bagi Pemula 4. Itu yang paling bagus. Untuk mendapatkan pengalaman yang mengasyikkan saat memandang penghuni akuarium dan kehidupannya. Namun pada umumnya angka rasio ini berkisar antara 1 -2. Memiliki akuarium di rumah merupakan cara menghilangkan stress bagi sebagian orang . Contoh: ikan sapu-sapu. Perbandingannya serasi perbandingan antara panjang. Yang dimak sudkan di sini adalah angka paling besar antara perbandingan p anjang badan dan tinggi adalah satu.0 dan biasanya angka ini sudah cukup memadai. Bila Anda memiliki akuarium air tawar. Anda juga dapat menanyakan di toko ikan langganan Anda untuk jenis hewan air lainnya yang dapat membantu mengurangi dan membersihkan akuarium Anda. lebar. Memperhatikan ikan dan hewan air di dalam akuarium merupakan keasyikan tersendiri.

bisa aja kita miara jenis2 tetra. kadang penjual menawarkan akuarium bulat (bowl). klorin dan bebas dari zat kimia yang terkandung di dalam air akuarium bek bisa dimanfaatkan untuk as menyiram tanaman Anda.. Tapi apakah akuarium yang kita suka udah pasti sesuai dengan ikan pilihan kita? Mungkin gw bisa ngasih dikit tips buat milih akuarium yang sesuai. . Anda juga dapat memasukkan sepotong arang ke dalam akuarium Anda untukmembantu menjaga kualitas air akuarium Anda. Jangan lupa. jadi betah dech liatin ikan lama2«. platy. tapi ikan mas koki bakalan merana karena ruang geraknya sangat dibatasi. gunakan filter akuarium yang benar-benar dapat menyaring kotoran dalam akuarium. guppy. Pasti menarik apalagi kalo dipercantik dengan tanaman hias. andungan vitamin.26 | P a g e Kumpulan Tips Memelihara Ikan Hias Bagi Pemula Untuk menjaga air akuarium tidak terlalu cepat keruh. CARA MEMILIH AQUARIUM Miara ikan konon bisa ngilangin stress. Jangan buang begitu saja air akuarium Anda. Anda dapat memanfaatkannya untuk menyiram tanaman. Filter minimal yang Anda harus miliki adalah filter yang dapat menyedot air akuarium dan melalukannya ke kapas filter untuk k emudian air yang telah melewati kapas filter dijatuhkan lagi ke dalam akuarium. Besar akuarium disesuaikan dengan besar dan jumlah ikan. Anda tinggal mengganti/mencuci kapas bersih saja bila terlihat kotor. mini-cichlids. alo kita pengen miara ikan mas koki. dan masih banyak macam ikan kecil lainnya. Air akuarium secara berkala harus diganti airnya. Memang sekilas tampak cantik di ruangan kita. Apalagi kalo akuariumnya paaaas banget :flowers: ma dekor ruangan kita. mineral. :cry1: Untuk bowl. Masih tetep pengen mas koki? :goldfish02: Sebaiknya pilih akuarium yang persegi panjang dan jangan terlalu tinggi. suplai oksigen yang banyak buat jenis ini.

Kenapa? Supaya kharisma arwana sebagai ikan ³Naga´ terbentuk dengan gaya renang yang elegan. cocok buat pajangan menarik. Kalo buat burayak berusia 2 minggu s/d 1 bulan.5 liter air) Jumlah ikan dalam akuarium dikurangi seiring bertambah besar ukuran mereka. Pengurangan jumlah ikan dan menjaga kebersihan air adalah solusi yang terbaik untuk ikan jenis ini. bisa di akuarium 50cm x 50cm x 25cm untuk memudahkan kita mengawasi perkembangan burayak. akuarium disiapkan sesuai dengan kebutuhan. akuarium sebaiknya minimal 300 cm x 150cm x 100cm.27 | P a g e Kumpulan Tips Memelihara Ikan Hias Bagi Pemula Pengen akuarium mini (fancy) buat penghias meja kantor? Sekarang banyak akuarium yang bentuknya lucu en warna-warni. sebaiknya diganti dengan akuarium yang 100cm x 50cm x 50cm. dengan warna yang beragam matching banget dengan warna akuarium fancy. bisa mulai dengan akuarium 100 cm x 50cm x 50cm. Didekor lempengan batu yang disusun sebagai rumah cichlid. Ikan cupang hias bisa menjadi pilihan tepat. Untuk baby arwana (12-15cm) bisa di akuarium 60cm x 30cm x 35cm (p x l x t). disamping mengatur Ph dan Dh air.. mengingat sifat mereka yang territorial. Kalo tertarik pengen miara arwana. :bounce: Untuk pasangan biasanya akuarium berukuran 50cm x 50cm x 45cm dilengkapi dengan breeding spons dan corn tempat meletakan telurnya. Untuk penggemar African cichlids. Ikan discus dewasa sebaiknya ditempatkan dalam akuarium dengan perbandingan volume akuarium 75 liter ± 100 liter : 1 ekor. bisa dengan akuarium 100cm x 50cm x 50cm dengan jumlah 100ek (1 ekor : 2. . :starwars: Bagi yang hobi ikan discus. Contohnya: akuarium 100cm x 50cm x 50cm sebaiknya memuat paling banyak 4 ekor ikan discus dewasa Karena ikan discus sangat sensitive terhadap kandungan ammonia dan nitrite yang dihasilkan dari kotorannya. Untuk pembesaran anak2 discus. Apalagi kalo arwana dewasa«. konon kata para pakar. sebaiknya akuarium disesuaikan seiring pertumbuhan ikan. tapi kalo arwananya udah 20cm-an.