P. 1
Kabel Crossover

Kabel Crossover

|Views: 23|Likes:

More info:

Published by: Rinda Bocagh Ndableg on Aug 03, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/03/2011

pdf

text

original

Kabel Crossover Digunakan untuk menghubungkan perangkat yang sama, misal : 1. PC ke PC / Router ke Router 2. Switch ke Switch 3.

HUB ke HUB T568A T568B

Kabel Straight-through Digunakan untuk menghubungkan perangkat yang berbeda, misal : 1. PC ke HUB 2. PC ke Switch 3. Switch ke Router Urutan kabel Straight-trhough

Server adalah komputer yang difungsikan sebagai "pelayan" pengiriman data dan atau penerimaan data serta mengatur pengiriman dan penerimaan data diantara komputer-komputer yang tersambung. tanpa harus memindahkan peralatan-peralatan tersebut kepada yang membutuhkan Dapat saling berbagi (Sharing) penggunaan file atau data yang ada pada server atau pada masing masing workstation. . modem dll. KEUNTUNGAN PENGGUNAAN JARINGAN KOMPUTER sistem jaringan komputer pada suatu perusahaan akan memberikan keuntungan .T568A T568A yang dimaksud Jaringan/Network itu..? Jaringan Komputer dapat diartikan sebagai suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer otonom.keuntungan diantaranya : Dapat saling berbagi (Sharing) penggunaan peralatan yang ada... Dua buah komputer dikatakan membentuk suatu network bila keduanya dapat saling bertukar informasi... printer. Dalam sebuah jaringan komputer biasanya terhubung banyak komputer ke sebuah atau beberapa server.. baik itu harddisk.

karena tidak membutuhkan dedicated server  mudah dalam instalasi programnya. Keuntungan Model jaringan Peer to Peer :  Tidak terlalu mahal. karena tidak menyediakan fasilitas untuk itu. Pengontrolan para pemakai ataupun pemakaian data data secara terpusat dan oleh orang orang tertentu Sistem backup yang mudah karena manajemen yang tersentralisasi ± ± ± Jenis Jaringan/Network ‡ ‡ ‡ ‡ Jaringan WorkGroup Local Area Network (LAN) /Jaringan area Lokal Metropolitan Area Network (MAN) / Jaringan area Metropolitan Wide Area Network (WAN) / Jaringan area Skala Besar Dua tipe utama dari sistem operasi jaringan adalah :  Peer-to-Peer  Client/Server Peer-to-Peer  Sistem operasi jaringan model peer to peer memungkinkan seorang user membagi sumber dayanya yang ada di komputernya baik itu file data. password dan pengaturan hak untuk data data rahasia Komunikasi antar pemakai melalui E-Mail atau Lan Conference. hanya tinggal mengatur untuk operasi model peer to peer Kekurangan Model jaringan Peer to Peer : Tidak terpusat. printer dan lain-lain dan mengakses sumber daya yang terdapat pada komputer lain. terutama untuk penyimpanan data dan aplikasi Tidak aman. . Windows for Workgroups adalah salah satu contoh dari sistem operasi jaringan model peer to peer.Aplikasi dapat dipakai bersama sama (multiuser ± Akses ke jaringan memakai nama.

Yang mana identitas Network Segmen pada komputer dialokasikan. menyediakan mekaninsme untuk mengintegrasikan seluruh komponen yang ada di jaringan dan memungkinkan banyak pengguna secara bersama-sama memakai sumberdaya pada file server. mengakibatkan keseluruhan operasi pada network akan jatuh pula Penggolongan IP Address IP Address adalah pengenal yang unik yang membedakan antara satu komputer yang satu dengan yang lainnya dalam jaringan. Novel Netware. dan Windows NT adalah salah satu contoh model sistem operasi jaringan Client-server Keuntungan Model jaringan Client Server :  Terpusat  sumber daya dan keamanan data dikontrol melalui server  Fleksibel  Teknologi baru dengan mudah terintegerasi kedalam sistem  Keseluruhan komponen (client/network/server) dapat bekerja bersama Kekurangan Model jaringan Client Sever :  Mahal  membutuhkan investasi untuk dedicated server  Perbaikan  Jaringan besar membutuhkan seorang staff untuk mengatur agar sistem berjalan secara efisien  Ketergantungan  Ketika server jatuh. Linux. Setiap IP Address dibutuhkan untuk setiap komputer dan komponen jaringan seperti router. komunikasinya menggunakan TCP/IP. Network ID Bagian pertama dari IP Address adalah Network ID.Client/Server Sistem operasi jaringan Client Server memungkinkan jaringan untuk untuk mensentralisai fungsi dan aplikasi kepada satu atau dua dedicated file server Sistem operasi jaringan ini. Dalam IP Address juga terdiri dari dua bagian. yaitu : Host ID dan Network ID. .

router. . Komputer dalam subnets yang berbeda membutuhkan sebuah router untuk saling dapat berkomunikasi. segmen dipisahkan menggunakan router yang dikenal dengan subnets. subnets merupakan logical division dalam jaringan.Subnets Dalam lingkungan TCP/IP. Host ID Bagian kedua dari IP Address adalah Host ID. atau device lain dalam satu segmen (segmen yang sama). Semua informasi yang kirimkan oleh suatu host ke segmen lain akan melalui default gateway. Berdasarkan Network ID.Semua komputer dalam segment yang sama harus memiliki Network ID yang sama. dimana identitas komputer. Default Gateway Untuk host yang lebih spesifik. Host ID untuk setiap host harus unik dalam Network ID Class IP Address Subnetting a Network Subnetting a Network a. IP Address dari router pada segmen yang sama disebut dengan Host Default Gateway .

Sebelum kita menginstall NetMeeting. aplikasi. lalu OK. atau saat bepergian. 1. => Remote Desktop Connection Installasi NetMeeting serta Mengoperasikannya Pengertian NetMeeting adalah software yang disediakan oleh windows untuk berkomunikasi. IM. Jika keluar tampilan seperti berikut. dari rumah. 2. sharing data. Anda dapat mengendalikan komputer dari jarak jauh dari kantor lain. Gtalk dan sebagainya.Pengertian Remote Remote adalah fasilitas yang disediakan untuk dapat berbagi file dan bisa menjalankan komputer satu dari komputer lain dengan syarat terhubung dengan jaringan. Klik Start lalu klik Run. hal pertama yang harus dilakukan supaya kita bisa terhubung dengan PC yang lain. maka isikan "conf". . Selain itu netmeeting ini mendukung komunikasi seperti telepon yang dilengkapi dengan fasilitas gambar. dan sumber daya jaringan yang ada di komputer kantor Anda. chatting seperti layaknya yahoo messenger. Hal ini memungkinkan Anda untuk menggunakan data. Dengan fitur Remote Desktop pada Windows XP. confrence antar komputer. Misalnya kita koneksi pakai Wireless Peer to Peer dan kita telah mensettingnya atau meninstallnya seperti posting saya sebelumnya tentang Cara Koneksi Wireless Peer To Peer di Windows XP. gunakan URL berikut: Start => All Programs => Accessories => Komunikasi. kirim file dalam LAN(Local Area Network). maka PC tersebut harus saling terkoneksi. The Remote Desktop Connection software pra-instal dengan Windows XP sehingga untuk memverifikasi bahwa Anda memilikinya. tanpa berada di kantor Anda.

dan alamat E-mail.. nama belakang. 4. Kita harus mengisikan nama depan." lalu klik Next. lalu pada tampilan berikut.3.. 5. kita beritanda pada "Log on to directory server. . lalu klik Next. Lalu akan keluar jendela yang fungsinya untuk menulis atau mengisikan Profile atau data tentang kita.

Kita pilih Local Area Network sebagai koneksi. 7. .6. Beri tanda pada kedua pilihan berikut supaya memudahkan kita untuk mencari program NetMeeting.

8. 9. kita tidak dapat mengoperasikan fitur yang berhubungan dengan suara suara. maka NetMeeting akan memulai proses pemanggilan. maka kita telah berhasil menginstall.5. Jika keluar tampilan berikut. maka akan keluar tanda seperti gambar berikut. pada NetMeeting. 11. lalu ita mencoba untuk memenggil salah satu PC dengan IP 192. Jadi. . Jika PC kita tidak memiliki Sound Card.168.34 lalu klik tombol Call. Klik Finish. Jika kita telah mendapat gambar atau video dari PC yang kita tuju seperti gambar dibawah. 10. maka kita sudah terkoneksi dengan PC tersebut.

Packet Tracer adalah suatu tool yang di sediahkan oleh Cisco System Inc. Packet Tracer tidak memuat semua device network secara keseluruhan. user juga dapat melihat apakah konfigurasi yang dilakukan pada switch. Packet Tracer memungkinkan usernya melakukan simulasi seolah-olah topology tersebut sudah diimplementasikan secara real dengan cisco device yang nyata. Tool ini sangat power full untuk membantu para siswa dalam prosess pembuatan/simulasi suatu jaringan topology yang akan di buat. 3 dan 4 atau CCNA dengan versi barunya yaitu Discovery ataupun Exploration. wireless ataupun PC benar adanya atau tidak. untuk digunakan dalam Cisco Network Academy Program (CNAP). tool ini wajib anda miliki. tool ini hanya di mungkinkan untuk topology jaringan berskala kecil-menengah saja. 2. router. . Untuk anda yang sedang belajar CCNA1.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->