Apotek K-24, apotek yang tak pernah libur sepanjang tahun

Memasuki bulan puasa Ramadhan biasanya orang menganggap bisnis makanan adalah bisnis yang paling ideal untuk dimulai. Tetapi, pernahkah terpikirkan untuk memulai bisnis apotek? Tentu saja bukan apotek biasa melainkan apotek yang buka 24 jam sehari. Pada bulan Ramadhan nyaris semua kegiatan berganti waktu dilakukan di malam hari namun ketersediaan apotek yang buka 24 jam untuk menunjang “perpindahan kehidupan” itu tak pernah bertambah. Padahal saat itu kebutuhan obat cenderung bertambah di malam hari.

Sebenarnya, kebutuhan obat di waktu malam bukan hanya mendadak tinggi di bulan Ramadhan. Kebutuhan ini akan selalu ada, tak pernah kenal waktu. Di saat semua orang memanfaatkan waktu liburnya untuk berekreasi memanjakan keluarga pun, atau pulang kampung seperti di waktu Lebaran, kebutuhan obat tak ikut libur. Peluang inilah yang ditangkap oleh dr. Gideon Hartono dengan mendirikan Apotek K-24 yang unik: buka 24 jam sehari dan 365 hari setahun. Tak sehari pun Apotek K-24 yang didirikannya menyisakan hari libur. Karena itu sejak didirikan 24 Oktober 2002 Apotek K-24 bagai dian yang tak pernah padam: tak pernah libur hingga kini. Bahkan sampai Apotek K-24 sekarang mencapai 126 cabang yang tersebar di 30 kota di Indonesia, jaringan Apotek K-24 belum satupun yang minta ijin libur. “Kami sangat memahami yang namanya orang sakit tidak mengenal waktu dan setiap saat pasien membutuhkan obat. Kami selalu siap melayani karena tidak pernah tutup,“ ujar Wenny Tri Suryani, Franchise Development Manager PT K24 Indonesia. Meskipun apotek yang buka 24 jam sejak lama sudah ada, Apotek K24 menawarkan pembedanya yang terasa baru. Semua obat di apotek ini baik pagi, siang maupun malam harganya sama. Begitupun untuk obat yang dilayani pada hari libur, harganya juga sama seperti hari-hari biasa. “Di apotek yang buka 24 jam lainnya umumnya harga obat pada malam hari memiliki harga lebih mahal,” lanjut Wenny. Pemerataan harga obat ini membuat Apotek K-24 memberikan layanan adil bagi para pelanggannya.

Apalagi sekarang Apotek K-24 sudah lebih dari 100 gerai. Targetnya. serta franchise fee sebesar Rp 80 juta untuk kerjasama franchise (waralaba) selama 6 tahun. lokasi. Selain itu marketing fee sebesar 0. serta produkproduk non-obat (yang masih berhubungan dengan kesehatan/farmasi). Ini menunjukkan kalau investasi di Apotek K-24 sangat prospektif. tahun 2010 ditargetkan menjadi 500 cabang (gerai).Sedangkan mengenai obat.2% dari total penjualan kotor per bulan. Dengan warna yang seragam dan logo yang menonjol. selebihnya dimiliki oleh mitra (franchisee). resep bisa di-fax dan obat diantar ke rumah pasien dengan keaslian obat terjamin. Investasi sebesar itu diperkirakan bisa balik modal dalam waktu tiga tahun. biaya perijinan.” lanjut Wenny. Apotek K-24 juga melayani deliverly order. Tempat yang dibutuhkan minimal 60 m2 dengan lebar depan minimal 4 m. “Selain meyediakan obat-obat bebas (OTC). Dari jumlah gerai yang dimiliki franchisee tampak bahwa Apotek K-24 merupakan bisnis yang diminati. Jika Anda berminat untuk ikut memiliki cabang Apotek K-24. hingga akhir tahun 2009 jumlah Apotek K-24 akan mencapai 200-an gerai (cabang). Nilai investasi tersebut sudah termasuk estimasi sewa ruko. obat resep (puyer/racikan). Daya tarik lain dari Apotek K-24 adalah desain eksterior dan interiornya yang unik. Pasien dapat berkonsultasi seputar obat dan tata cara penggunaannya dengan apoteker Apotek K-24 tanpa dipungut biaya. alat kesehatan. beberapa franchisee memiliki lebih dari satu gerai bahkan ada yang memiliki lima cabang. Royalty fee sebesar 1. yang dimiliki franchisor hanya 10. stok obat awal.3% dari total penjualan kotor per bulan. Dari jumlah 126 cabang Apotek K-24 sekarang. Apalagi jika melihat. obat yang dijual di Apotek K-24 relatif komplit. pelatihan. dan lokasi sangat penting. keberadaan Apotek K-24 jadi mudah dikenali. investasi di Apotek K-24 merupakan “Bisnis Bagus Tahan Krisis”. sesuai dengan promo terbarunya. Penambahan sebanyak itu sangat dimungkinkan karena sejak tahun 2005 Apotek K-24 sudah ditawarkan kerjasama franchise-nya. Faktor lokasi. pembangunan fisik gerai (renovasi-mebeler-eksterior). Pilihlah tempat yang strategis. . Layanan lainnya adalah konsultasi gratis dengan apoteker. Apotek K-24 juga menjual multivitamin dan suplemen. Investasi awal yang dibutuhkan untuk satu gerai berkisar Rp 700 juta. inilah syaratnya. Untuk memudahkan pelayanan. peralatan dan perlengkapan apotek. Menurut Wenny. launching.

Komitmen. Natal. Sebelum hak sebagai Penerima Waralaba Utama BreadTalk jatuh ke tangan Johny Andrean.Salah satu aspek yang mungkin kurang diperhatikan dalam pengembangan sistem waralaba adalah menyusun profil atau kriteria untuk menjadi terwaralaba. Penundukan diri ini melibatkan pula sikap toleran di dalamnya. Ada 4K yang biasa diperhatikan dalam menentukan kriteria terwaralaba. Saat keputusan dan tindakan pewaralaba tidak seperti yang diinginkan. termasuk pada hari Raya Lebaran. kami mengetahui bahwa memiliki jaringan (network) atau kenalan yang luas dengan para pengelola retail space (mall dan plaza) adalah salah satu kriteria terpenting. hal ini penting kerena harus investor memiliki passion dan keyakinan yang kuat ketika mempromosikan bisnisnya. Bukankah sebelum menjual kepada orang lain harus menjual kepada diri sendiri lebih dahulu? Untuk menjadi terwaralaba Apotek K-24 disyaratkan sikap menghargai kemajemukan yang tercermin dari komitmen pada kemajemukan latar belakang pegawai yang bekerja di gerainya. Mereka yang sulit menundukkan diri pada orang lain lebih baik merintis bisnis sendiri. dan saat menjumpai adanya kekurangan atau kelambanan dalam menyelesaikan kekurangan tersebut. seorang pebisnis sempat menghubungi FT Consulting untuk dihubungkan dengan pewaralaba dari Singapura tersebut. Godaan untuk menerima siapa saja yang hendak menjadi terwaralaba. Salah pilih terwaralaba seringkali mengakibatkan miskomunikasi yang menguras waktu dan tenaga. Istilahnya: “sekali rolling door dinaikkan. Kemajemukan ini pulalah yang memungkinkan jaringan apotek yang mereknya berasal dari Yogyakarta ini buka terus sepanjang tahun. Healthy Choice menetapkan gaya hidup organik bagi yang berminat menjadi terwaralaba mereka. Tak heran Johny Andrean yang sudah memiliki banyak gerai salon di berbagai retail space memenangkan hak waralaba tersebut. Karakter Waralaba pada umumnya tidak cocok untuk orang-orang yang terlalu dominan dan visioner tapi sulit menundukkan diri pada orang lain. ketika baru mulai mewaralabakan usaha. . Meski tidak menuntut gaya hidup yang 100% organik. Kompetensi. Hal ini dikarenakan pengembangan bisnis BreadTalk diarahkan ke sana. tak pernah turun lagi”. Melalui kolega saya dari FT Consulting di Singapura. terwaralaba harus memelihara sikap toleran dan tidak menjadi agresif serta destruktif dalam berkomunikasi dengan pewaralaba. Tahun Baru. dan hari libur nasional lainnya. merupakan tantangan besar bagi setiap pewaralaba. dan Keuangan. yaitu aspek Karakter. Padahal bagi sebagian besar pewaralaba hal ini sangat penting. karena waralaba menuntut penundukan diri pada sistem yang disusun oleh pewaralaba.

Namun bila ketrampilan kepemimpinan menjadi syarat penting. Sebaliknya ada pula pewaralaba yang tidak mengijinkan terwaralaba turut campur dalam operasional sehari-hari bisnis waralabanya. yang masih layak untuk menjalankan bisnis waralabanya. ketrampilan komunikasi dan kepemimpinan mungkin bisa menjadi kriteria yang harus diperhatikan. Apakah investor pasif diijinkan? Apakah keterlibatan penuh sebagai owner operator untuk hadir setiap hari menjadi syarat mutlak? Kompetensi Contoh mengenai BreadTalk di awal tulisan ini adalah contoh yang sangat jelas untuk aspek kompetensi terwaralaba dalam hal mengembangkan jumlah jaringan dengan cepat. Bila jaringan kolega bisnis sangat menentukan keberhasilan suatu bisnis waralaba. Ada pula yang tidak harus penuh. kejujuran dan kesetiaan merupakan syarat yang mutlak harus dimiliki setiap terwaralaba. Beberapa hal dari aspek kompetensi mungkin dapat dipelajari. Keuangan Yang terakhir. Kombinasi antara karakter penundukan diri (submission. dan hanya berhak memonitor dan mengaudit bisnis atau investasinya. Berapa jumlah dana milik sendiri yang harus disiapkan? Berapa yang pinjam dari pihak keluarga dan atau teman? Berapa yang pinjam dari Bank? Bagaimana kebijakan pewaralaba mengenai pinjam dari pihak Bank dan dari pihak lain? Pewaralaba harus mengetahui batas dana dari pihak ketiga. Komitmen Beberapa bisnis waralaba menuntut keterlibatan penuh investor atau terwaralaba. Jadi aspek komitmen ini harus disesuaikan dengan tuntutan tingkat keterlibatan terwaralaba dalam operasional bisnis waralabanya. misal ketrampilan menggunakan komputer dapat dicapai melalui kursus komputer. compliant). tapi perlu mengawasi secara periodik. Jangan sampai beban bunga pinjaman membuat terwaralaba tidak . maka kompetensi dari segi luasnya jaringan kolega bisnis perlu ditetapkan sebagai syarat atau profil terwaralaba. mungkin pengalaman menjadi supervisor dan atau manager menjadi hal penting yang tidak dapat diperoleh melalui sekedar kursus. Bila terwaralaba terlibat dalam operasional sehari-hari. misal minimal seminggu sekali. Apakah hal ini dapat digantikan dengan pengalaman berorganisasi seperti di Senat Mahasiswa atau Karang Taruna? Anda sebagai pewaralaba yang menentukan.Karakter yang tak kalah penting adalah kejujuran dan kesetiaan. tentu saja aspek keuangan harus diperhatikan. baik dari bank maupun pihak keluarga dan pihak lainnya.

Apalagi sampai menghabiskan dana besar. Gideon hanya mengandalkan nalurinya sebagai seorang pebisnis. Paling tidak. Ia juga tidak ambil pusing.. Naluri bisnis kadang menjadi panduan untuk keberhasilan. sambutan masyarakat memang . Membangun bisnis. Nyatanya. ia sama sekali tidak mengawali dengan riset pasar. inilah yang dijalankan Gideon Hartono. tidak selalu harus diawali dengan survai pasar yang njlimet. ketika ia mengibarkan bisnis apotik dengan bendera K-24. apakah apotik yang dijalankannya bakal berhasil diterima masyarakat atau tidak. sambutan masyarakat cukup bagus. Pada tiga bulan pertama.dapat menikmati investasi sehingga keterlibatan atau jerih payahnya dalam operasional sehari-hari seolah-olah kerja bakti saja. selain kompromi dalam bentuk menyetujui lokasi gerai yang tidak prospektif. Ketika ia memutuskan untuk membuka usaha apotik yang buka selama 24 jam di Jogja. Patut dicatat bahwa kompromi untuk meloloskan kandidat terwaralaba yang tidak memenuhi syarat. Yang jelas. Nalurinya menyatakan bahwa masih ada peluang besar dalam bisnis apotik di kota pendidikan tersebut. yang belum tentu membawa hasil yang memuaskan. Profil terwaralaba ini merupakan tools penting dalam menyeleksi kandidat terwaralaba. Bagi calon mitra bisnis. merupakan salah satu penyebab utama kegagalan bisnis waralaba. Pengusaha Yogyakarta ini sukses mengembangkan jaringan apotik. yang bisa dibilang berhasil membangun jaringan bisnis apotik K-24. dibuka peluang untuk waralaba!. Sejak dibuka pertama pada 24 Oktober 2002. Ternyata insting bapak dua anak ini memang terbukti tajam. jumlah pengunjung terus mengalami peningkatan. K-24 yang dibuka non stop 24 jam sehari.

Sementara 24-Februari lalu. ia berencana untuk membuka outlet K-24 sebanyak-banyaknya. ternyata masih sedemikian besarnya. Tapi semua itu tidak ada hubungan dengan hongsui karena saya tidak percaya hong sui ” kata dokter puskesmas Gondokusuman II. ia mendapat margin yang cukup besar dari distributor antara 20-40 persennya. kami tak pernah tutup sekalipun. selalu dilakukan pada tanggal 24. Magelang. Belum lama ini.” paparnya. berhasil mencatat transaksi antara 350-500 items obat . maupun malam. Gideon mengaku tidak mengambil keuntungan besar dari obat yang dijualnya. ia tidak mengira jika potensi pasar apotik di Jogja dan Semarang. Keberhasilan apotik pertama yang didirikan di kawasan Jl. . setiap kali membuka outlet baru.belum begitu terlihat. Padahal kalau ia mau. yang kini sedang mengambil cuti atas tanggungan Bapak dua anak yang berstatus sebagai dokter umum ini. Ada idealisme yang ingin ia wujudkan melalui apotik tersebut. Tapi memasuki tiga bulan kedua. dengan nilai penjualan antara Rp 250-300 juta. setiap outlet ratarata perbulan. konsumen yang datang menunjukkan lonjakan yang sangat signifikan. Jogja tersebut memacu semangatnya untuk mendirikan apotik sejenis di tempat lain. “Sejak buka sampai sekarang. Menurut Gideon. tepatnya pada 24 Maret dan 24 Agustus. Bahkan gajian karyawan juga dilakukan pada tanggal tersebut. Selama tahun 2003. 365 hari tanpa mengenal tutup maupun libur dengan harga yang sama baik siang. akunya tidak dia ambil semua. saya memang memilih tanggal 24. Saat ini. Tapi margin keuntungan itu. “Setiap membuka outlet baru. mengaku tidak mengira bila apotik yang didirikannya bakal berkembang sedemikian cepat. Ia mengaku omset setiap outlet yang dikelolanya terus menunjukkan angka kenaikan.”Saya hanya mengambil yang sekitar 17 hingga 25 persen saja.” papar Gideon yang merasa senang dengan penghargaan tersebut. baik hari kerja maupun hari libur. Agaknya. ia bahkan mendapat penghargaan dari Musium Rekor Indonesia (MURI) karena apotik K-24 dimasukkan sebagai apotik jaringan pertama yang sejak dibuka selama 24 jam. antara lain memberikan pelayanan masyarakat untuk mendapatkan kemudahan mencari obat. dia membuka dua outlet K-24 lagi di kawasan Jl. Menurut Gideon. kalau tanggal 24 jatuh hari minggu gajiannya dimajukan bukan dimundurkan. dia menggeluti apotik tidak selamanya berorientasi profit. Karena itulah. Jawa Tengah untuk membuka outlet yang sama. sisanya biar konsumen yang menikmati. tanggal 24 bagi Gideon telah menjadi tanggal “keramat”. Nyatanya. Kaliurang. ia memberanikan diri menebarkan sayap ke kota Semarang. Gejayan dan Jl. Ia mengambil keuntungan dari omset penjualan. demikian pula dengan gajian karyawan.

Sebenarnya menurut Gideon. Namun untuk memilih tempat. Gideon melihat adanya kebutuhan pasar akan apotik yang membuka pelayanan selama 24 jam nonstop di Jogja. Kalaupun selama ini sudah ada apotik yang melakukan praktek seperti itu. “Kami tidak mau mencari investor pasif. Tapi baru dua yang benar-benar siap dibuka tahun ini. ia ingin mengembangkan di seluruh kota di Jawa. paling tidak harus kenal secara pribadi dengan pemiliknya. dimata Nur Feriyanto M Si. Pembeli waralaba yang sudah punya bisnis apotik dan karena tidak berkembang ingin bergabung dengan jaringan K-24. dia buka nonstop dengan memberikan jaminan harga pasti yang tidak berubah-ubah baik siang maupun malam. “ tandasnya. ia benar-benar selektif. Menurut Wakil Direktur Program Magister Manajemen (MM) UII ini. calon pembeli waralaba harus bersedia menjadi operator bisnis. Gideon mengaku harus melakukan survai dulu tentang kelayakan lokasi yang akan dijadikan tempat usaha. Namun. dengan masa kontra antara 3-6 tahun dengan harga sewa antara Rp17-Rp40 juta pertahunnya. “Kalau mereka tidak mau dengan klausul ini. “Kalau lokasinya bagus. dirasakan masih kurang karena tidak memberikan jaminan harga pasti terhadap obat yang dijualnya.Paling tidak. ada beberapa hal yang melatar belakangi Gideon berhasil membangun jaringan bisnis apotik K-24. Sebelum memutuskan untuk melepas waralaba. Saat ini. . sudah banyak pemilik modal yang menyatakan bersedia untuk membeli waralaba K-24. kami lebih baik mundur karena ini gelagat tidak baik. Untuk mewujudkan keinginan tersebut. karena dia tidak ingin membuka outlet yang kemudian mati karena tidak bisa berkembang. Keduanya di Jogja dan Surabaya. Dalam perjanjian. pengamat bisnis dari Universitas Islam Indonesia (UII) Jogjakarta. Ia menerapkan seleksi yang ketat. paling tidak sudah ada ada beberapa pengusaha yang siap membeli waralaba.” katanya. Lokasi memang menjadi pertimbangan utama. setidaknya investor harus menyediakan dana antara Rp Rp 300-600 juta.” paparnya. Gideon mengaku sebagian lokasi usahanya masih berstatus kontrak. Sementara itu. ia menerapkan klausul yang menyebutkan bahwa jika kontrak tidak bisa diperpanjang. Untuk mendapatkan waralaba. “Nah inilah yang diambil K-24. Selain karena kejelian melihat peluang pasar.” kata lelaki yang gemar membaca ini. Besarnya investasi memang tergantung kesiapan calon pembeli waralaba. dia akan menerapkan sistem waralaba. kami baru akan memutuskan oke. tentu membutuhkan dana investasi yang lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang belum memiliki usaha apotik sama sekali. Setidaknya. karena kecerdasannya dalam menjalankan strategi bisnis. tidak semua peminat akan dilayaninya. maka tempat itu nantinya tidak boleh digunakan untuk usaha yang sama.

Gideon memang memang sudah berusaha mandiri. “Saya sengaja mengikuti lomba foto yang ada hadiah uangnya karena memang ingin mencari uang.” kata Nur.” akunya. bisa dibedakan dengan jelas antara apotik K-24 dengan apotik pada umumnya. Ada kebanggan tersendiri yang dirasakan Gideon ketika berhasil memberikan uang kepada sang bunda. Gideon tidak perlu ikut campur mengurusi operasional perusahaan.Yang juga menarik diamanati Nur. mungkin banyak yang tidak mengira bila Gideon benar-benar membangun bisnis dari cucuran keringatnya sendiri. sehingga operasional apotik ini tidak tergantung pada dirinya. Anak kelima dari tujuh bersaudara ini. semua saya serahkan ke ibu saya. Jogja. Sejak masih remaja. Dari uang tabungan yang dititipkan ke ibunya dari kemenangan lomba foto. dia tetap berkeinginan melaksanakan bisnis secara profesional. Selain mencari uang dengan mengikuti lomba foto. .” katanya. fisika dan kimia di rumahnya yang sempit di kawasan Kranggan. usaha fotografinya berkembang. Walaupun kini sebagai urusan bisnisnnya ditangani anggota keluarga.:” kata kelahiran 10 Oktober 1963 ini. Gideon kini sedang menyiapkan sistem. Dengan sistem yang lebih mapan diharapkan. nampaknya Gideon sudah menyiapkan konsep yang sangat matang dengan membangun branding dan positioning yang jelas. sejak masih duduk di bangku SMP sudah bisa membantu mencari nafkah dengan menggeluti sebagai photografer keliling. “Untungnya saya memiliki kemampuan fotografi sehingga bisa merubah hidup kami. Dari sinilah. Gideon berhasil membangun studio foto dengan peralatan paling canggih di Jogja ketika itu. lelaki yang mengaku gemar membaca ini sudah melayani les privat matematika. Sehingga tahun 90-an. “Semua uang yang saya dapat. Dari bisnis fotografi itu pula. ia sering mengikuti lomba slalom photo dan sering meraih kemenangan. Menginjak duduk di bangku SMA. Melihat keberhasilan yang diraih bapak dua anak ini. Gideon menginvestasikan dana sebesar Rp 400 juta untuk membangun satu outlet apotik K-24. “Yang jelas dari sisi eksterior maupun interiornya. Ia memang mengaku berasal dari keluarga miskin yang mengharuskannya bekerja sekuat tenaga untuk bisa membantu mencari nafkah buat keluarganya. ia berhasil membuka studio foto kecil. Ini terlihat dari penampilan yang begitu menarik dari semua outlet apotik K-24. sejak awal mendirikan apotik.

2010 by anjani22 Manajemen Keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan. pengelolaan. Perencanaan Keuangan Membuat rencana pemasukan dan pengeluaraan serta kegiatan-kegiatan lainnya untuk periode tertentu 2. aktivitas pengelolaan aktiva yaitu setelah dana diperoleh dan dialokasikan dalam bentuk aktiva harus dikelola seefisien. Manajemen keuangan berhubungan dengan 3 aktivitas. seorang manajer keuangan harus mampu mengetahui segala aktivitas manajemen keuangan. baik dari sumber dana internal maupun sumber dana eksternal perusahaan 3. Penganggaran Keuangan Tindak lanjut dari perencanaan keuangan dengan membuat detail pengeluaran dan pemasukan . Aktivitas penggunaan dana yaitu aktivitas untuk menginvestasikan dana pada berbagai aktiva 2.Manajemen Keuangan Perusahaan Posted on Desember 21. hal ini wajib dilakukan karena keuangan merupakan salah satu fungsi penting dalam mencapai tujuan perusahaan. khususnya penganalisasian sumber dana dan penggunaannya untuk merealisasikan keuntungan maksimum bagi perusahaan tersebut. penganggaran. yaitu : 1. Sebab itu. pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan. pengendalian. Pendahuluan Seorang manajer keuangan dalam suatu perusahaan harus mengetahui bagaimana mengelola segala unsur dan segi keuangan. pemeriksaan. Penjelasan Singkat Masing-Masing Fungsi Manajemen Keuangan : 1. Aktivitas perolehan dana yaitu aktivitas untuk mendapatkan sumber dana.

Bila dikaitkan dengan tujuan ini. Mengukur atau menjajaki biaya modal kerja Tujuan Manajemen Keuangan Tujuan dengan adanya manajer keuangan untuk mengeloka dana perusahaan pada suatu perusahaan secara umum adalah untuk memaksimalisasi nilai perusahaan. Pencarian Keuangan Mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional kegiatan perusahaan 5. Melakukan pengawasan atas biaya 2. Pemeriksaan Keuangan Melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada agar tidak terjadi penyimpangan. Pengendalian Keuangan Melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan pada paerusahaan 7. Penyimpanan Keuangan Mengumpulkan dana perusahaan serta menyimpan dana tersebut dengan aman 6. maka fungsi manajer keuangan meliputi hal-hal sebagai berikut : 1.3. Meramalkan laba yang akan datang 4. Pengelolaan Keuangan Menggunakan dana perusahaan untuk memaksimalkan dana yang ada dengan berbagai cara 4. Dengan demikian apabila suatu saat perusahaan dijual maka harganya dapat ditetapkan setinggi mungkin Penganggaran Modal . Menetapkan kebijaksanaan harga 3.

3. Metode Pembayaran Kembali Terdiskonto Metode Pembayaran Kembali Terdiskonto mirip dengan metode pembayaran kembali biasa kecuali bahwa metode ini mendiskontokan arus kas pada tingkat biaya modal proyek. karena menunjukkan berapa lama modal yang diinvestasikan akan berada dalam risiko.Penganggaran Modal adalah proses menganalisis potensi investasi aktiva tetap dan keputusan penganggaran modal mungkin adalah keputusan paling penting yang harus diambil oleh para manajer keuangan. 1. 4. Metode Pengembalian Internal (IRR) Metode pengembalian internal didefinisikan sebagai tingkat diskonto yang memaksa NPV proyek sama dengan nol. Metode ini mempertimbangkan nilai waktu dari uang tetapi mengabaikan arus kas diluar periode pembayaran kembali.(Payback Period) Metode pembayaran kembali terdiskonto ( Discounted payback period) Metode nilai sekarang bersih (NPV-Net Present Value) Tingkat pengembalian internal (IRR.4. 3.(MIRR) .2. Proyek akan diterima jika IRR-nya lebih besar daripada biaya modal A. Periode pembayaran kembali . 5. 2. Akan tetapi .1. Proyek akan diterima jika NPV-nya positif. A. A. Metode IRR yang dimodifikasi. A. Periode Pembayaran Kembali Periode pembayaran kembali didefinisikan sebagai sejumlah tahun yang dibutuhkan untuk mengembalikan biaya suatu proyek Metode ini mengabaikan arus kas diluar periode pembayaran kembali dan tidak mempertimbangkan nilai waktu dari uang. pembayaran kembali memberikan indikasi mengenai risiko dan likuiditas suatu proyek.Metode Nilai Sekarang Bersih (NPV) Metode Nilai Sekarang Bersih mendiskontokan seluruh arus kas pada tingkat biaya modal proyek dan kemudian menjumlahkan arus-arus kas tersebut.5.Internal Rate of Return) Metode IRR yang dimodifikasikan (MIRR-Modified IRR) A. MENILAI PERINGKAT PROYEK Proses menganalisis potensi investasi aktiva tetap dapat dilakukan dengan lima teknik analisis penganggaran modal : 1.

maka sebaiknya menggunakan metode NPV. tetapi NPV lebih unggul dari IRR. nilai sekarang bersih (NPV).500 3. maka dapat terjadi konflik peringkat. Hitunglah periode pembayaran kembali. Metode IRR yang dimodifikasi memperbaiki masalah yang terdapat dalam IRR biasa. CONTOH SOAL : Anda adalah seorang analis keuangan .000) 3.500 3.500 3. Tingkat pangembalian internal (IRR) dan tingkat pengembalian internal yang dimodifikasikan (MIRR) setiap proyek 2.000) 6.500 3. karena NPV berasumsi arus kas akan diinvestasikan kembali pada tingkat biaya modal perusahaan . Ekspektasi arus kas bersih proyek adalah 12 %.500 Pertanyaan : 1. Ekspektasi arus kas bersih proyek adalah sebagai berikut : EKSPEKTASI ARUS KAS BERSIH TAHUN 0 1 2 3 4 PROYEK S ($10. Proyek S dan Proyek T. tetapi jika proyek-proyek tersebut saling eksklusif. Metode NPV dan IRR lebih unggul daripada metode pembayaran kembali. Jika terjadi konflik peringkat.Metode NPV dan IRR akan menghasilkan keputusan penerimaan / penolakan yang sama untuk proyek-proyek yang independen.000 dan biaya modal dari setiap proyek adalah 12 % . Direktur penganggaran modal telah meminta anda untuk menganalisis dua usulan investasi modal.000 3. Investasi kembali pada tingkat biaya modal umumnya adalah asumsi yang lebih baik karena lebih mendekati kenyataan.000 1.000 PROYEK T ($10. sedangkan IRR berasumsi arus kas akan diinvestasikan kembali pada tingkat IRR proyek. Masing-masing proyek memiliki biaya sebesar $ 10. Manakah proyek yang sebaiknya diterima jika mereka bersifat independent . MIRR melibatkan perhitungan nilai akhir (TV) dari arus kas masuk yang dimajemukkan pada tingkat biaya modal perusahaan dan kemudian menentukan tingkat diskonto yang memaksa nilai sekarang TV menjadi sama dengan nilai sekarang arus kas keluar.

500 + $ 3.000 + $ 500= $10.000. biaya yang belum dikembalikan pada awal tahun adalah – $ 3.3. JADI Tahun sebelum pengembalian penuh adalah tahun ke-2 Proyek T sesuai ekspektasi arus kas (tabel soal) modal akan kembali pada tahun ketiga ($3.500 + $3.000 (lihat tabel soal tahun kedua diharapkan arus kas $3.500 = – $6.000 JADI Proyek T.500 (lihat tabel soal tahun pertama diharapkan arus kas 6.500 (lihat tabel soal tahun kedua diharapkan arus kas $3.500 = – $3.500 + $ 3.000)= – $500 JADI Proyek S. Biaya yang belum dikembalikan pada awal tahun *= -$10.500)= $6.500)* ( 500) PROYEK T ($10. Manakah proyek yang sebaiknya diterima jika mereka bersifat saling eksklusif JAWABAN : DIKETAHUI : 1. biaya yang belum dikembalikan pada awal tahun adalah . Tahun sebelum pengembalian penuh Proyek S sesuai ekspektasi arus kas (tabel soal) modal akan kembali pada tahun ketiga ($6.500) (3.500.000) (6.500)= $3.000 HASIL EKSPEKTASI ARUS KAS BERSIH (CFt) TAHUN 0 1 2 PROYEK S ($10.000.500 (lihat tabel soal tahun pertama diharapkan arus kas 3.000) (3.000) .000).$6.$3.$3.500= $10.000) JADI Tahun sebelum pengembalian penuh adalah tahun ke-2 2.$3.500.$ 500 *= -$10.500)= $3.

12)2+$3.NILAI SEKARANG BERSIH CF1 CF2 CFn NPV= CF0 +______+ ______ +…… + _____ (1+k)1 = n (1+k)2 (1+k)n CFt ______ ∑ t=0 (1+k)t NPV S = -$10.000+$6.000+$3.12)1+$3.500/(1.500 500 4.12)3+$3.000/$3.01 NPV T = -$10.72 1.12)3+$1000/(1.500/(1.630.000 1.000/(1.86 years 1.966. a.500/(1.12)4 = $.c. Pembayaran Kembali Tahun sebelum dikembalikan pengembalian penuh Pembayaran kembali S = Biaya yang belum + pada awal tahun _______________________________________ Arus kas selama tahun berjalan Pembayaran kembali s = 2 + $ 5.12)2+$3.000/(1.12)4 = $.17 years Pembayaran kembali t = 2+ $3. TINGKAT PENGEMBALIAN INTERNAL .12)1+$3.500 3.b.3 4 2.500/(1.500 =2.500/(1.00/ $ 3.000 =2.

12)1+$1000 = $17.000/(1.CF1 IRR =0 = CF0 +______+ (1+IRR)1 0= n CF2 ______ +…… + (1+IRR)2 CFn _____ (1+IRR)n CFt ______ ∑ t=0 (1+IRR)t IRR S = 18.12)2+$3.12)3+$3.0 % IRR T = 15.23 .000/(1.500/(1.0% 1.255.d MODIFIKASI IRR PV BIAYA = PV NILAI AKHIR n CIFt (1+k)n-1 ∑ t=0 n COFt ______ = __________________________ (1+MIRR)n ∑ t=0 (1+k)t PV BIAYA = TV ______________ (1+MIRR)n TV S = $6.

727.500/(1. mak proyek ini dikatakan menguntungkan sehinnga diterima.12)3+$3. • Metode Net Present Value Metode ini menghitung selisih antara nilai sekarang investasi dengan nilai sekarang penerimaan-penerimaan kas bersih (oprasional maupun terminal cash flow) dimasa yang akan datang. sedangkan kalau lebih lama proyek ditolak. Yaitu: Investasi penggantian umum¬ Pada umumnya.12)1+$3. Dalam hal ini suatu aktiva yang sudah aus (wear-out) atau sudah usang (obsolete) harus diganti dengan aktiva baru apabila produksi ingin tetap dilanjutkan.penerimaan kas bersih dimasa yang akan datang lebih besar daripada nilai sekarang investasi.500 = $16.TV T = $3. • Metode Payback Metode ini mencoba mengukur seberapa cepat investasi bisa kembali. Investasi ini sering juga bersifat investasi penggantian. penggantian investasi penggantian umum adalah yang paling sederhana. contohnya mesin yang sudah tuadan tidak efisien akan diganti dengan mesin baru yang lebih besar kapasitasnya dan lebih efisien. proyek . dan lain-lain.500/(1. alat pendingin (air conditioner). Apa bila nilai sekarang penerimaan. Investasi penambahan jenis produk baru¬ Investasi ini mempunyai tingkat kepastian yang besar karena menyangkut produk baru di samping produk yang telah diproduksi. Karena itu satuan hasilnya bukan persentase. Angka ini kemudian diperbandingkan tingkat keuntungan yang disyaratkan. • Metode Average Rate of Return Metode ini mengukur berapa tingkat keuntungan rata-rata yang diperoleh dari suatu investasi. tapi satuan waktu. Kalau priode payback ini lebih pendek daripada yang disyaratkan. Sedangkan apabila nilainya kecil (NPV negatif ). Investasi penambahan kapasitas¬ Misalnya usulan penamvahan jumlah mesin atau pembukaan pabrik baru.61% MIRR T= 13.65 MIRR S= 14.12)2+$3. maka proyek dikatakan menguntungkan. Hasil yang diperoleh dinyatakan dalam persentase.500/(1. Angka yang dipergunakan adalah laba setelah pajak dibandingkan dengan total average invesment. Investasi lain-lain¬ Investasi yang termasuk dalam golongan ini adalah usulan investasi yang tidak termasuk dalam ketiga golongan di atas.73% Penggolongan investasi aktiva tetap dan pemilihan alternatif Tersedia berbagai car penggolongan investasi aktiva tetap. misalnya investasi untuk pemasangan alat pemanas (heater). maka proyek dikatakan menguntungkan. apabila lebih kecil daripada tingkat keuntungan yang disyaratkan proyek ditolak. Untuk menghitung nilai sekarang tersebut perlu ditentukan terlebih dahulu tingkat bunga yang dianggap relevan.

• Metode Profitability Index Metode ini menghitung perbandingan antara nilai sekarang penerimaanpenerimaan kas bersih di masa datang dengan nilai sekarang investasi.ditolak karena tidak menguntungkan. kalau lebih kecil dikatakan merugikan. karena kegagalan dalam membayar pemasok dapat membuat bangkrutnya usaha. • Metode Internal Rate of Return Metode ini menghitung tingkat bunga yang menyatakan nilai sekarang investasi dengan nilai sekarang penerimaan-penerimaan kas bersih dimasa-masa mendatang. Kalau profitability index (PI)-nya lebih besar 1. maka proyek dikatakan menguntungkan. a) Sumber Dana Jangka Pendek Trade Credit (Utang Dagang)ϖ Pinjaman Bank Jangka Pendek Dengan Jaminan (Scured Short Term Loan)ϖ Pinjaman Jangka Pendek Dengan Jaminan (Unscured Short Term Loan)ϖ Letter of Creditϖ Commercial Paperϖ Factoringϖ b) Sumber Dana Jangka Panjang 1. maka investasi dikatakan menguntungkan. Perencanaan dana • Mengapa perusahaan membutuhkan dana? Setiap perusahaan membutuhkan dana untuk tetap beroperasi. Pembiayaan Dengan Modal Sendiri (Equity Financing) Saham biasaϖ Laba ditahan . Pembiayaan Melalui Utang Utang Jangka Panjangϖ Obligasiϖ Perusahaan 2. Apabila tingkat bunga ini lebih besar daripada tingkat bunga relevan (tingkat keuntungan yang disyaratkan). maka metode ini perlu menentukan terlebih dahulu tingkat bunga yang akan dipergunakan. tetapi kalau kurang dikatakan tidak menguntungkan. Sebagaimana metode NPV. 2. perusahaan membutuhkan dana yang tidak saja dapat dipenuhi oleh kemampuan modal awal dari pemilik serta kemampuannya menghasilkan laba. tetapi juga dana dari luar perusahaan seiring dengan perkembangan kemajuan usahanya. • Pembiayaan perusahaan Untuk memenuhi kebutuhan akan pengeluaran jangaka pendek maupun jangka panjang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful