P. 1
pengertian jaman prasejarah

pengertian jaman prasejarah

|Views: 242|Likes:
Published by Shela Love Maniez
pengertian jaman prasejarah
pengertian jaman prasejarah

More info:

Published by: Shela Love Maniez on Aug 03, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/06/2014

pdf

text

original

LAMPIRAN 2 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) • • PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENDEKATAN PEMEBELAJARAN EKSPOSITORI

1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP I) BERBASIS MASALAH Satuan Pendidikan : Mata Pelajaran : Kelas/Semester : Alokasi Waktu : SMP Matematika VII / Ganjil 2 X 40 menit (1x Pertemuan)

A. Standar Kompetensi Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah B. Kompetensi Dasar Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel C. Indikator Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linier satu variabel D. Tujuan Pembelajaran Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linier satu variabel E. Materi ajar F. Pendekatan Metode pembelajaran G. Materi Prasyarat 1. Bentuk Aljabar 2. Operasi Bentuk Aljabar H. Media dan Sumber Pembelajaran LKS dan buku matematika semester I : Persamaan linier satu variabel : Pembelajaran berbasis masalah : Diskusi kelompok, demonstrasi dan penemuan.

2

I. Skenario Pembelajaran
Tah apan
ORIENTASI SISWA PADA MASALAH TAHAP I PENDAHULUAN

Kegiatan Siswa Awal 1. Memberi motivasi melalui tanya 1. Mendengarkan penjelasan guru. jawab yang berkaitan dengan masalah dalam kehidupan seharihari. 2. Menyampaikan tujuan pembelajaran 2. Mendengarkan penjelasan guru. dan logistik yang digunakan. 3. Menyampaikan beberapa hal yang 3. Mendengarkan penjelasan guru. perlu dilakukan siswa. 4. Guru menyampaikan masalah yang 4. Membaca masalah yang ada pada ada pada buku siswa. buku siswa 5. Meminta kepada siswa untuk 5. Menceritakan kembali masalah 1 menceritakan kembali masalahnya yang ada pada buku siswa Guru

Wak tu

10 ’

MENGORGANISASIKAN SISWA UNTUK BELAJARTAHAP II

Inti 1. Guru membagi siswa dalam 1. Siswa membentuk kelompok yang kelompok yang beranggotakan 4-5 beranggotakan 4-5 orang. 15 ’ orang. 2. Guru membagikan lembar kerja hal 2. Siswa menerima LKS nomor 1 - 3. 1- 3 yang berisikan masalah kepada siswa yang akan diselesaikan secara berkelompok. . 3. Guru memfasilitasi logistik yang 3. Siswa mendengarkan. digunakan untuk memecahkan masalah. 4. Guru membantu siswa dalam berbagi tugas untuk menyelesaikan 4. Siswa mendengarkan dan melaksanakan saran guru dan masalah. bertanya kepada guru jika ada hal-hal yang belum jelas.

3

Tah apan
MAUPUN KELOMPOKMEMBIMBING PENYELIDIKAN INDIVIDUALTAHAP III

Kegiatan Guru Siswa 1. Guru mendorong siswa dalam 1. Siswa menuliskan kalimat yang melakukan penyelidikan masalah mereka ketahui, antara lain: no.1a, guru menyuruh siswa untuk  SMP Terpadu akan mengadakan menuliskan semua kalimat yang peringatan 17 Agustusan dua hari mereka ketahui yang menyangkut lagi. dengan cerita pada masalah.  Ibu guru meminta tolong Ari dan Sofi untuk membuat bendera merah putih.  Ibu guru meninginkan Sofi untuk membuat 27 buah bendera merah putih.  Ibu guru meninginkan Ari untuk membuat sisa bendera merah putih yang telah dikerjakan Sofi  Jumlah semua bendera adalah 50 buah. 2  Ukuran lebar bendera adalah 3 dari panjangnya.  Panjang bendera 30 cm.  Semua bendera harus selesai dibuat satu hari sebelum perayaan.

Wak tu 20 ’

2. Guru menyuruh siswa untuk mengelompokkan kalimat-kalimat yang mereka buat manakah yang merupakan kalimat yang benar, manakah kalimat yang salah dan manakah kalimat yang belum dapat ditentukan benar dan salahnya (1b). menyatakan nilai variabel

2. Siswa mengelompokkan kalimatkalimat, antara lain : a. Kalimat yang benar - SMP Terpadu akan mengadakan peringatan 17 Agustusan dua hari lagi. - Ibu guru meminta tolong Ari dan Sofi untuk membuat bendera merah putih. - Ibu guru meninginkan Sofi untuk membuat 27 buah bendera merah putih. - Ibu guru meninginkan Ari untuk membuat sisa bendera merah putih yang telah dikerjakan Sofi - Jumlah semua bendera adalah 50 buah. - Panjang bendera 30 cm. - Semua bendera harus selesai dibuat satu hari sebelum perayaan

4

MAUPUN KELOMPOK MEMBIMBING PENYELIDIKAN INDIVIDUALTAHAP III

b. Kalimat yang salah tidak ada. c. Kalimat yang belum dapat ditentukan benar dan salahnya Ukuran lebar bendera adalah 2 dari panjangnya. 3 3. Guru menjelaskan kepada siswa menuliskan yang bahwa kalimat-kalimat yang dapat 3. Siswa diperintahkan guru, yaitu: ditentukan nilai benar atau salah Misal: x = panjang, y = lebar dinamakan pernyataan dan kalimat Jadi, kalimatnya atau model yang belum dapat ditentukan nilai 2 kebenarannya dinamakan kalimat .x matematikanya : y = terbuka. Kalimat terbuka tersebut 3 dapat dituliskan dalam bentuk kalimat/model matematika (1e). 4. Guru mendorong siswa dalam 4. Siswa menuliskan kalimat yang melakukan penyelidikan masalah mereka ketahui, antara lain: no.2a, guru menyuruh siswa untuk - Rima hendak membeli beberapa menuliskan semua kalimat yang kuntum bunga. mereka ketahui yang menyangkut - Uang Rima Rp. 25.000,-. dengan cerita pada masalah. - Rima dapat membeli dua tangkai bunga mawar dengan uang Rp.12.400 - Rima dapat membeli dua tangkai bunga mawar dengan uang Rp.17.200. - Rima menyukai bunga mawar dan bunga alamanda. - Rima harus memiliki sisa uang untuk ongkos angkutan untuk pulang.

5

MAUPUN KELOMPOKMEMBIMBING PENYELIDIKAN INDIVIDUALTAHAP III

5. Guru menyuruh siswa untuk 5. Siswa mengelompokkan kalimatmengelompokkan kalimat-kalimat kalimat, antara lain: yang mereka buat manakah yang a. Kalimat yang benar: merupakan kalimat yang benar, - Rima hendak membeli manakah kalimat yang salah dan beberapa kuntum bunga. manakah kalimat yang belum dapat - Uang Rima Rp. 25.000,-. ditentukan benar dan salahnya (2b). - Rima menyukai bunga mawar menyatakan nilai variabel. dan bunga alamanda. - Rima harus memiliki sisa uang untuk ongkos angkutan untuk pulang. b.Kalimat yang salah tidak ada c. Kalimat yang belum dapat ditentukan benar dan salahnya 6. Guru menjelaskan kepada siswa bahwa kalimat-kalimat yang dapat ditentukan nilai benar atau salah dinamakan pernyataan dan kalimat yang belum dapat ditentukan nilai kebenarannya dinamakan kalimat terbuka. Kalimat terbuka tersebut dapat dituliskan dalam bentuk kalimat/model matematika. 6. Siswa menuliskan diperintahkan guru, yaitu: Misal; x = bunga mawar Jadi, 2x = Rp.12.400 Misal: y = bunga alamanda Jadi, y = Rp. 17.200 yang

7. Guru menyuruh siswa untuk 7. Siswa menuliskan jawaban yang disuruh guru, yaitu : menentukan jumlah uang Rima untuk membeli bunga-bunga tersebut dan Harga 1 bunga mawar = berapakah sisa uang yang masih 2x = Rp.12.400 tersisa untuk ongkos angkutan? x = 12.400/2 x = 6.200

Harga 1 bunga mawar = Rp.6.200. Rima hanya bisa membeli satu bunga mawar dan satu bunga alamanda. Uang yang harus dikeluarkan Rima adalah Rp.6.200 + Rp.17.200 = Rp.23.400. Jadi, sisa uang Rima untuk ongkos pulang Rp.25.000 – 23.400 = Rp.1.600.

6

MAUPUN KELOMPOKMEMBIMBING PENYELIDIKAN INDIVIDUALTAHAP III

8. Guru

mendorong siswa dalam 8. Siswa menuliskan kalimat yang melakukan penyelidikan masalah mereka ketahui, antara lain: no.3a, guru menyuruh siswa untuk - Siswa kelas IA akan pergi menuliskan semua kalimat yang berdarmawisata ke Pantai mereka ketahui yang menyangkut Sialang Buah dengan bus dengan cerita pada masalah. pariwisata. - Bus bermuatan 48 penumpang. - Kelas IA memiliki jumlah siswa 40 orang siswa. - Ibu Ani wali kelas IA. - Bu Ani ikut dalam rombongan wisata. - Ibu Ani berangkat ditemani oleh suami dan dua orang putranya.

9. Guru menyuruh siswa untuk mengelompokkan kalimat-kalimat yang mereka buat manakah yang merupakan kalimat yang benar, manakah kalimat yang salah dan manakah kalimat yang belum dapat ditentukan benar dan salahnya (3b).

9. Siswa mengelompokkan kalimatkalimat, antara lain : a. Kalimat yang benar: - Bus pariwisata Lorena adalah bus yang akan digunakan oleh anak kelas IA untuk berdarmawisata ke Pantai Sialang Buah. - Bus bermuatan 48 penumpang. - Kelas IA memiliki jumlah siswa 40 orang siswa. - Ibu Ani wali kelas IA. - Bu Ani ikut dalam rombongan wisata. - Ibu Ani berangkat ditemani oleh suami dan dua orang putranya. b.Kalimat yang salah tidak ada c. Kalimat yang belum dapat ditentukan benar dan salahnya tidak ada.

10. Guru menyuruh siswa untuk menentukan jumlah uang Rima untuk membeli bunga-bunga tersebut dan berapakah sisa uang yang masih tersisa untuk ongkos angkutan?

10. Siswa

menuliskan yang diperintahkan guru, yaitu: Jumlah bangku yang kosong = 48 – 40 – 4 = 4 Jadi, bangku yang kosong ada 4 buah.

7

Tahapan
MENYAJIKAN HASIL KARYAMENGEMBANGKAN DANTAHAP IV

Kegiatan Guru Siswa 1. Guru membantu siswa 1. Siswa terus mencoba mengerjakan merencanakan dan menyiapkan LKS nomor 1-3 dan mempersiapkan bahan presentasi di depan kelas. hasil diskusi untuk presentasi di depan kelas jika ada kesulitan bertanya kepada guru. 2. Guru meminta kelompok untuk 2. Kelompok yang mendapat giliran sesuai undian, maju untuk menyajikan hasilnya. mempresentasikan hasil diskusi kelompok 3. Kelompok lain diminta untuk 3. Kelompok lain memberi tangapan atas presentasi yang disajikan memberikan tanggapan terhadap kelompok penyaji. presentasi kelompok penyaji.

Waktu 25 ’

MENGANALISIS DAN MENGEVALUASI PROSES PEMECAHAN MASALAHTAHAP V

Penutup 1. Guru membantu siswa menganalisis 1. Siswa menuliskan hasil refleksinya dan mengevaluasi proses berfikir dengan cara diskusi kelompok dan mereka sendiri. Misalnya siswa bertanya kepada guru tentang disuruh menulis refleksi yang persamaan linier satu varibel. berkaitan dengan hal sebagai berikut : • Kapan pertama kali kamu mendapatkan pemahaman yang jelas tentang situasi masalah yang diberikan? • Kapan kamu merasa yakin dengan pemecahan masalahmu? • Mengapa kamu dapat menerima penjelasan dari temanmu • Mengapa kamu menolak beberapa penjelasan? • Apakah kamu telah mengubah jalan pikiranmu tentang sesuatu hal ketika penyelidikan berlangsung? • Apakah kamu akan melakukan cara yang lain dalam menyelesaikan masalah ini? 2. Siswa mencatat tugas dan mngerjakan tugasnya di rumah 2. Guru memberikan PR

10 ’

8

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP I) EKSPOSITORI Satuan Pendidikan : Mata Pelajaran : Kelas/Semester : Alokasi Waktu : SMP Matematika VII (Kontrol) / Ganjil 2 X 40 menit (1 x Pertemuan)

A. Standar Kompetensi Memahami sistem persamaan linier dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah B. Kompetensi Dasar Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel. C. Indikator Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linier satu variabel. D. Tujuan Pembelajaran Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linier satu variabel E. Materi ajar F. Pendekatan G. Materi Prasyarat 1. Bentuk Aljabar 2. Operasi Bentuk Aljabar H. Media dan Sumber Pembelajaran Buku matematika semester I : Persamaan linier satu variabel : Pembelajaran ekspositori

9

I. Skenario Pembelajaran Kegiatan Guru Kegiatan Siswa 1. Pendahuluan : 1. Pendahuluan : a. Guru menyampaikan a. Siwa mendengarkan kompetensi dasar dan indikator penjelasan guru. hasil belajar. b. Guru mengaitkan materi pelajaran dengan materi sebelumnya b. Siswa penjelasan mendengarkan Waktu 10’

2. Kegiatan Inti 2. Kegiatan Inti a. Guru menjelaskan dan a. Siswa mendengarkan mendemonstrasikan konsep melihat penjelasan guru. persamaan. b. Selanjutnya guru memantapkan pemahaman siswa, guru memberikan beberapa contoh soal dan siswa dibimbing untuk menyelesaikan soal atau diskusi dengan teman sebangku. c. Guru meminta beberapa orang siswa mengerjakan soal di papan tulis dan siswa lain memberikan tanggapan. Guru mengarahkan jawaban yang benar.

dan 60’

b. Siswa mengerjakan soal yang diberikan guru. Siswa yang menemukan kesulitan atau yang belum paham diberikan kesempatan bertanya dan guru berkeliling mengamati aktifitas siswa. c. Siswa yang ditunjuk guru maju untuk mengerjakan soal di papan tulis.

3. Kegiatan Penutup 3. Kegiatan Penutup a. Guru membimbing siswa a. Siswa merangkum merangkum materi pelajaran yang disampaikan. yang disampaikan. b. Guru memberikan latihan sebagai tugas rumah.

materi 10’

b. Siswa mencatat latihan yang diberikan guru.

10

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP II) BERBASIS MASALAH Satuan Pendidikan : Mata Pelajaran : Kelas/Semester : Alokasi Waktu : SMP Matematika VII (Eksperimen) / Ganjil 2 X 40 menit (1 x Pertemuan)

A. Standar Kompetensi Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah B. Kompetensi Dasar Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linier satu variabel C. Indikator Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linier satu variabel. D. Tujuan Pembelajaran Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linier satu variabel. E. Materi ajar F. Pendekatan Metode pembelajaran : Persamaan linier satu variabel : Pembelajaran berbasis masalah : Diskusi kelompok, demonstrasi dan penemuan.

G. Materi Prasyarat 1. Bentuk Aljabar 2. Operasi Bentuk Aljabar H. Media dan Sumber Pembelajaran LKS dan buku matematika semester I

11

I. Skenario Pembelajaran
Tahap an
ORIENTASI SISWA PADA MASALAH TAHAP I PENDAHULUAN

Kegiatan Guru Siswa Awal 1. Memberi motivasi melalui tanya 1. Mendengarkan penjelasan guru. jawab yang berkaitan dengan masalah dalam kehidupan sehari-hari. 2. Menyampaikan tujuan pembelajaran 2. Mendengarkan penjelasan guru dan logistik yang digunakan. 3. Menyampaikan beberapa hal yang 3. Mendengarkan penjelasan guru perlu dilakukan siswa. 4. Guru menyampaikan masalah yang 4. membaca masalah 1 yang ada pada ada pada buku siswa. buku siswa 5. Meminta kepada siswa untuk 5. menceritakan kembali masalah 1 menceritakan kembali masalahnya yang ada pada buku siswa

Waktu

10 ’

Inti

12

Tahap an
MENGORGANISASIKAN SISWA UNTUK BELAJARTAHAP II

Waktu Guru Siswa 1. Guru membagi siswa dalam kelompok 1. Siswa membentuk kelompok yaang yang beranggotakan 4-5 orang. beranggotakan 4-5 orang. 15 ’

Kegiatan

2. Guru membagikan lembar kerja hal 1- 2. Siswa menerima LKS hal 1 – 2.
2 yang berisikan masalah kepada siswa yang akan diselesaikan secara berkelompok. 3. Guru memfasilitasi digunakan untuk masalah. logistik yang memecahkan 3. Siswa mendengarkan.

4. Guru membantu siswa dalam berbagi tugas untuk menyelesaikan masalah.

4. Siswa

mendengarkan dan melaksanakan saran guru dan bertanya kepada guru jika ada hal-hal yang belum jelas.

13

Tahap an
MAUPUN KELOMPOK MEMBIMBING PENYELIDIKAN INDIVIDUALTAHAP III

Kegiatan Guru Siswa 1. Guru mendorong siswa dalam 1. Siswa menuliskan yang mereka melakukan penyelidikan masalah pikiran tentang sejumlah permen dan no.1a dan 1b, guru menyuruh siswa uang logam, yaitu jumlah permen untuk menuliskan apa yang ada 15 dengan harga masing-masing terpikirkan mereka setelah melihat permen Rp.100 dan jumlah uang sejumlah permen dan sejumlah uang logam tersebut sebanyak Rp. 5.000. logam. 2. Guru membagikan uang sebanyak 2. Siswa menerima uang yang diberikan Rp.2.000, menyuruh siswa untuk guru, membelanjakan uang tersebut membeli sejumlah permen, dengan membeli 11 permen, sisa menanyakkan jumlah permen yang uang Rp.900. dibeli dan berapa sisa uang yang dimiliki (1c). 3. Guru menyuruh siswa untuk 3. Siswa menuliskan jawaban mereka, menjumlahkan banyak permen yang yaitu: dibeli dengan banyak sisa uang 11 permen + Rp.900 = Rp.2.000 kembalian, menuliskan kalimat Misal: permen = x matematikanya dalam bentuk Maka 11x + Rp.900 = Rp.2.000 persamaan linier dengan satu variabel 11x = Rp.2.000 – Rp.900 dan menghitung nilai variabelnya 11x = Rp.1.100 (1d). x = Rp.100 4. Guru menyuruh siswa menuliskan 4. Siswa menuliskan harga satu buah harga satu buah permen (1e). permen adalah Rp.100. 5. Guru menyuruh salah satu perwakilan 5. Masing-masing kelompok mengutus dari dua kelompok siswa untuk salah satu perwakilan untuk menuliskan hasil kerjanya di papan menuliskan hasil kerja mereka. tulis dan menyuruh siswa untuk Diperoleh menggabungkan dua persamaan yang 13x + Rp.700 = 11x + Rp.900 didapat masing-masing kelompok dan 13x - 11x = Rp.900 – Rp.700 menyuruh siswa menhitung nilai 2x = Rp.200 varabelnya dan bagaimana x = Rp.100 menyelesaikannya (1g). 6. Guru menyuruh siswa menuliskan 6. Siswa menuliskan kesimpulannya, kesimpulan dari kedua cara yaitu: dari dua penyelesaian tersebut penyelesaian tersebut (1f). didapat hasil jawaban yang sama.

Waktu 20 ’

14

MAUPUN KELOMPOK MEMBIMBING PENYELIDIKAN INDIVIDUALTAHAP III

7. Guru menyuruh siswa memahami 7. Siswa menuliskan kalimat dengan situasi masalah pensil dan menuliskan kata-kata mereka sendiri, yaitu: Ali, secara ringkas dengan kata-kata Ari, Iwan dan Budi diberi uang oleh sendiri (1a). Pak Eri sebesar Rp.5.000 untuk membeli pensil dengan harga satuan tiap pensil sama. Ali, Ari, Iwan dan Budi memiliki sisa kembalian masing-masing Rp.3.000, Rp.2.000, Rp.4.000, dan Rp.1.000. Berapa harga satu pensil? Berapa jumlah pensil yang dibeli tiap anak? 8. Guru menyuruh siswa untuk menuliskan informasi yang diketahui dan yang ditanyakan dari situasi tersebut (2b). 8. Siswa menuliskan yang diketahui dan yang ditanya; antara lain: Diketahui: - Uang Ali Rp.5.000 sisa uangnya Rp.3. 000 - Uang Ari Rp.5000 sisa uangnya Rp.2.000 - Uang Iwan Rp.5.000 sisa uangnya Rp.4.000 - Uang Budi Rp.5.000 sisa uangnya Rp.1.000. Ditanya: - Harga satu pensil - Jumlah pensil yang dibeli tiap anak

9. Siswa menuliskan model matematika dari informasi tersebut, antara lain: 9. Guru menyuruh siswa untuk membuat Misal: pensil = x model matematika dari informasi Ali : x + Rp.3.000 = Rp. 5.000 tersebut (2c). Ari : x + Rp.2.000 = Rp. 5.000 Iwan : x + Rp.4.000 = Rp. 5.000 Budi : x + Rp.1.000 = Rp. 5.000 10. Siswa menuliskan jawaban yang mereka peroleh, yaitu: x + Rp.3.000 = x + Rp.2.000 x = Rp.5.000 – Rp.3.000 x = Rp.2.000 Harga satu pensil Rp.2.000 Jumlah pensil yang dibeli Ali 2 buah, Ari 3 buah, Iwan 1 buah, dan Budi 4 buah

10. Guru menyuruh siswa untuk menuliskan jawaban yang ditanyakan dari situasi tersebut.

15

Tahp an
MENYAJIKAN HASIL KARYAMENGEMBANGKAN DANTAHAP IV

Kegiatan Guru Siswa 1. Guru membantu siswa merencanakan 1. Siswa terus mencoba mengerjakan dan menyiapkan bahan presentasi LKS nomor 1-2 dan mempersiapkan didepan kelas. hasil diskusi untuk presentasi di depan kelas jika ada kesulitan bertanya kepada guru. 2. Guru meminta kelompok menyajikan hasilnya. untuk 2. Kelompok yang mendapat giliran sesuai undian, maju untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok

Waktu 25 ’

3. Kelompok lain diminta untuk 3. Kelompok lain memberi tanggapan atas presentasi yang disajikan memberikan tanggapan terhadap kelompok penyaji. presentasi kelompok penyaji.

Penutup

16

Tahp an
MENGANALISIS DAN MENGEVALUASI PROSES PEMECAHAN MASALAHTAHAP V

Kegiatan Guru Siswa 1. Guru membantu siswa menganalisis 1. Siswa menuliskan hasil refleksinya dan mengevaluasi proses berfikir dengan cara diskusi kelompok dan mereka sendiri. Misalnya siswa bertanya kepada guru tentang disuruh menulis refleksi yang persamaan linier satu varibel. berkaitan dengan hal sebagai berikut : • Kapan pertama kali kamu mendapatkan pemahaman yang jelas tentang situasi masalah yang diberikan? • Kapan kamu merasa yakin dengan pemecahan masalahmu? • Mengapa kamu dapat menerima penjelasan dari temanmu • Mengapa kamu menolak beberapa penjelasan? • Apakah kamu telah mengubah jalan pikiranmu tentang sesuatu hal ketika penyelidikan berlangsung? • Apakah kamu akan melakukan cara yang lain dalam menyelesaikan masalah ini? 2. Guru memberikan PR 2. Siswa mencatat tugas dan mengerjakan tugasnya di rumah

Waktu 10 ’

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP II) EKSPOSITORI Satuan Pendidikan : Mata Pelajaran : Kelas/Semester : Alokasi Waktu : A. Standar Kompetensi SMP Matematika VII (Kontrol) / Ganjil 2 X 40 menit (1 x Pertemuan)

17

Memahami sistem persamaan linier dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah B. Kompetensi Dasar Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel C. Indikator Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linier satu variabel. D. Tujuan Pembelajaran Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linier satu variabel. E. Materi ajar F. Pendekatan 1. 2. G. Materi Prasyarat Bentuk Aljabar Operasi Bentuk Aljabar H. Media dan Sumber Pembelajaran Buku matematika semester I : Persamaan linier satu variabel : Pembelajaran ekspositori

I. Skenario Pembelajaran Kegiatan Guru Kegiatan Siswa 1. Pendahuluan : 1. Pendahuluan : a. Guru menyampaikan a. Siwa mendengarkan kompetensi dasar dan indikator penjelasan guru. hasil belajar. b. Guru mengaitkan materi b. Siswa mendengarkan Waktu 10’

18

pelajaran dengan materi sebelumnya

penjelasan

2. Kegiatan Inti 2. Kegiatan Inti a. Guru menjelaskan dan a. Siswa mendengarkan mendemonstrasikan konsep melihat penjelasan guru. persamaan. b. Selanjutnya guru memantapkan pemahaman siswa, guru memberikan beberapa contoh soal dan siswa dibimbing untuk menyelesaikan soal atau diskusi dengan teman sebangku. c. Guru meminta beberapa orang siswa mengerjakan soal di papan tulis dan siswa lain memberikan tanggapan. Guru mengarahkan jawaban yang benar.

dan 60’

b. Siswa mengerjakan soal yang diberikan guru. Siswa yang menemukan kesulitan atau yang belum paham diberikan kesempatan bertanya dan guru berkeliling mengamati aktifitas siswa. c. Siswa yang ditunjuk guru maju untuk mengerjakan soal di papan tulis.

3. Kegiatan Penutup 3. Kegiatan Penutup a. Guru membimbing siswa a. Siswa merangkum merangkum materi pelajaran yang disampaikan. yang disampaikan. b. Guru memberikan latihan sebagai tugas rumah.

materi 10’

b. Siswa mencatat latihan yang diberikan guru.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP III) BERBASIS MASALAH Satuan Pendidikan : Mata Pelajaran : Kelas/Semester : Alokasi Waktu : A. Standar Kompetensi 19 SMP Matematika VII (Eksperimen) / Ganjil 2 x 40 menit (2 x Pertemuan)

Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah B. Kompetensi Dasar Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel C. Indikator Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linier satu variabel. D. Tujuan Pembelajaran Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linier satu variabel. E. Materi ajar F. Pendekatan Metode pembelajaran 1. 2. G. Materi Prasyarat Bentuk Aljabar Operasi Bentuk Aljabar H. Media dan Sumber Pembelajaran LKS dan buku matematika semester I : Pertidaksamaan linier satu variabel : Pembelajaran berbasis masalah : Diskusi kelompok, demontrasi dan penemuan.

I. Skenario Pembelajaran
Taha pan Kegiatan Guru Awal Siswa Wak tu

20

Taha pan
ORIENTASI SISWA PADA MASALAH TAHAP I PENDAHULUAN

Kegiatan Guru Siswa 1. Memberi motivasi melalui tanya 1. Mendengarkan penjelasan guru. jawab yang berkaitan dengan masalah dalam kehidupan seharihari. 2. Menyampaikan tujuan pembelajaran 2. Mendengarkan penjelasan guru. dan logistik yang digunakan. 3. Menyampaikan beberapa hal yang 3. Mendengarkan penjelasan guru. perlu dilakukan siswa. 4. Guru menyampaikan masalah yang 4. Membaca masalah 1 yang ada pada ada pada buku siswa. buku siswa. 5. Meminta kepada siswa untuk 5. Menceritakan kembali masalah 1 menceritakan kembali masalahnya yang ada pada buku siswa

Wak tu 10 ’

MENGORGANISASIKAN SISWA UNTUK BELAJARTAHAP II

Inti 1. Guru membagi siswa dalam 1. Siswa membentuk kelompok yaang kelompok yang beranggotakan 4-5 beranggotakan 4-5 orang. orang.

15 ’

2. Guru membagikan lembar kerja no 2. Siswa menerima LKS nomor 1 – 2.
1- 2 yang berisikan masalah kepada siswa yang akan diselesaikan secara berkelompok. 3. Guru memfasilitasi logistik yang 3. Siswa digunakan untuk memecahkan guru. masalah. mendengarkan penjelasan

4. Guru membantu siswa dalam berbagi 4. Siswa mendengarkan dan tugas untuk menyelesaikan masalah. melaksanakan saran guru dan bertanya kepada guru jika ada halhal yang belum jelas.

21

Taha pan
MAUPUN KELOMPOK MEMBIMBING PENYELIDIKAN INDIVIDUALTAHAP III

Kegiatan Guru Siswa 1. Guru membimbing siswa untuk 1. Siswa mendengarkan pertayaan guru melakukan penyelidikan dengan dan menuliskan pada lembar mengajukan pertayaan pada masalah jawaban, antara lain: 1. a. Apa arti rambu lalu lintas a. Arti dari rambu lalu lintas tersebut tersebut? Nyatakan dengan kataadalah kendaraan maksimum kata sendiri! memmiliki kecepatan 80 km/jam. b. Jika suatu kendaraan melintas di b.Syaratnya kendaraan itu harus jalan dengan kecepatan t km/jam, melintas dengan kecepatan syarat apa yang harus dipenuhi? maksimum 80 km/jam. 2. Pada masalah 2, guru membimbing 2. Siswa menuliskan pendapat mereka, siswa untuk mengutarakan pendapat yaitu: mereka, a. Pada gambar kapal agar kapal a. Mengapa pada setiap gambar tidak tenggelam dan gambar diberi peraturan? siaran TV agar anak-anak mendapat bimbingan dari orang tuanya. b. Jika P menyatakan banyaknya b. Simbol matematika untuk P penumpang perahu dan U adalah P < 20 orang. menyatakan usia penonton. Simbol matematika untuk U Tulislah syarat untuk P dan U adalah U > 13. dalam simbol matematika!

Wak tu 20 ’

22

MENYAJIKAN HASIL KARYAMENGEMBANGKAN DANTAHAP IV

1. Guru membantu siswa 1. Siswa terus mencoba mengerjakan merencanakan dan menyiapkan LKS nomor 1-2 dan bahan presentasi didepan kelas. mempersiapkan hasil diskusi untuk presentasi di depan kelas jika ada kesulitan bertanya kepada guru. 2. Guru meminta kelompok untuk 2. Kelompok yang mendapat giliran menyajikan hasilnya. sesuai undian, maju untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok. 3. Kelompok lain diminta untuk memberikan tanggapan terhadap 3. Kelompok lain memberi tangapan presentasi kelompok penyaji. atas presentasi yang disajikan kelompok penyaji.

25 ’

Penutup

23

MENGANALISIS DAN MENGEVALUASI PROSES PEMECAHAN MASALAHTAHAP V

1. Guru membantu siswa menganalisis 1. Siswa menuliskan hasil refleksinya dan mengevaluasi proses berfikir dengan cara diskusi kelompok dan mereka sendiri. Misalnya siswa bertanya kepada guru tentang disuruh menulis refleksi yang pertidaksamaan linier satu varibel. berkaitan dengan hal sebagai berikut : • Kapan pertama kali kamu mendapatkan pemahaman yang jelas tentang situasi masalah yang diberikan? • Kapan kamu merasa yakin dengan pemecahan masalahmu? • Mengapa kamu dapat menerima penjelasan dari temanmu • Mengapa kamu menolak beberapa penjelasan? • Apakah kamu telah mengubah jalan pikiranmu tentang sesuatu hal ketika penyelidikan berlangsung? • Apakah kamu akan melakukan cara yang lain dalam menyelesaikan masalah ini? 2. Guru memberikan PR 2. Siswa mencatat tugas dan mngerjakan tugasnya di rumah

10 ’

24

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP III) EKSPOSITORI Satuan Pendidikan : Mata Pelajaran : Kelas/Semester : Alokasi Waktu : SMP Matematika VII (Kontrol) / Ganjil 2 X 40 menit (1 x Pertemuan)

A. Standar Kompetensi : Memahami sistem persamaan linier dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah B. Kompetensi Dasar Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel C. Indikator Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linier satu variabel. D. Tujuan Pembelajaran Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linier satu variabel. E. Materi ajar F. Pendekatan G. Materi Prasyarat 1. Bentuk Aljabar Operasi Bentuk Aljabar H. Media dan Sumber Pembelajaran Buku matematika semester I : Pertidaksamaan linier satu variabel : Pembelajaran ekspositori

2.

25

I. Skenario Pembelajaran Kegiatan Guru Kegiatan Siswa 1. Pendahuluan : 1. Pendahuluan : a. Guru menyampaikan a. Siwa mendengarkan kompetensi dasar dan indikator penjelasan guru. hasil belajar. b. Guru mengaitkan pelajaran dengan sebelumnya materi materi
b. Siswa mendengarkan

Waktu 10’

penjelasan

2. Kegiatan Inti 2. Kegiatan Inti a. Guru menjelaskan dan a. Siswa mendengarkan mendemonstrasikan konsep melihat penjelasan guru. persamaan.
b. Selanjutnya guru memantapkan

dan 60’

b. Siswa mengerjakan soal yang

pemahaman siswa, guru memberikan beberapa contoh soal dan siswa dibimbing untuk menyelesaikan soal atau diskusi dengan teman sebangku.
c. Guru meminta beberapa orang

diberikan guru. Siswa yang menemukan kesulitan atau yang belum paham diberikan kesempatan bertanya dan guru berkeliling mengamati aktifitas siswa.
c. Siswa

siswa mengerjakan soal di papan tulis dan siswa lain memberikan tanggapan. Guru mengarahkan jawaban yang benar.

yang ditunjuk guru maju untuk mengerjakan soal di paapan tulis.

3. Kegiatan Penutup 3. Kegiatan Penutup a. Guru membimbing siswa a. Siswa merangkum merangkum materi pelajaran yang disampaikan. yang disampaikan.
b. Guru

materi 10’

memberikan sebagai tugas rumah.

latihan

b. Siswa mencatat latihan yang

diberikan guru.

26

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP IV) BEBRBASIS MASALAH Satuan Pendidikan : Mata Pelajaran : Kelas/Semester : Alokasi Waktu : SMP Matematika VII (Eksperimen) / Ganjil 2 X 40 menit (1 x Pertemuan)

A. Standar Kompetensi Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah B. Kompetensi Dasar Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel C. Indikator Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan linier satu variabel. D. Tujuan Pembelajaran Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan linier satu variabel. E. Materi ajar F. Pendekatan Metode pembelajaran 1. : Pertidaksamaan linier satu variabel : Pembelajaran berbasis masalah : Diskusi kelompok, demonstrasi dan penemuan.

G. Materi Prasyarat Bentuk Aljabar 2. Operasi Bentuk Aljabar H. Media dan Sumber Pembelajaran LKS dan buku matematika semester I

27

I. Skenario Pembelajaran
Taha pan
ORIENTASI SISWA PADA MASALAH TAHAP I PENDAHULUAN

Kegiatan Guru Siswa Awal 1. Memberi motivasi melalui tanya jawab 1. Mendengarkan penjelasan guru. yang berkaitan dengan masalah dalam kehidupan sehari-hari. 2. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan 2. Mendengarkan penjelasan guru. logistik yang digunakan. 3. Menyampaikan beberapa hal yang perlu 3. Mendengarkan penjelasan guru. dilakukan siswa. 4. Guru menyampaikan masalah yang ada 4. Membaca masalah 1 yang ada pada buku siswa. pada buku siswa. 5. Meminta kepada siswa untuk 5. Menceritakan kembali masalah 1 menceritakan kembali masalahnya yang ada pada buku siswa

Waktu

10 ’

MENGORGANISASIKAN SISWA UNTUK BELAJARTAHAP II

Inti 1. Guru membagi siswa dalam kelompok 1. Siswa membentuk kelompok yang beranggotakan 4-5 orang. yaang beranggotakan 4-5 orang. 2. Guru membagikan lembar kerja hal 1- 2 2. Siswa menerima LKS hal 1 – 2. yang berisikan masalah kepada siswa yang akan diselesaikan secara berkelompok. 3. Guru memfasilitasi logistik yang 3. Siswa mendengarkan. digunakan untuk memecahkan masalah . 4. Guru membantu siswa dalam berbagi 4. Siswa mendengarkan dan tugas untuk menyelesaikan masalah. melaksanakan saran guru dan bertanya kepada guru jika ada halhal yang belum jelas.

15 ’

28

Taha pan
MAUPUN KELOMPOK MEMBIMBING PENYELIDIKAN INDIVIDUALTAHAP III

Kegiatan Guru 1. Guru Siswa

Waktu 20 ’

membimbing siswa untuk 1. Siswa mendengarkan melakukan penyelidikan dengan pertanyaan guru dan senantiasa mengajukan pertayaan menuliskan jawabannya, antara pada masalah 1 : lain: a. Dari sebuah foto keluarga, ayah, a. Tinggi badan : ibu, kakak perempuan dan adik Adik laki-laki 〉Ibu 〉Kakak laki-laki. Dengan menggunakan perempuan 〉 Ayah. tanda-tanda pertidaksamaan “ ≤”,” Berat badan : Ibu 〉 ayah 〉Adik laki-laki 〉 ≥ “, “ ”, “ 〉”, urutkanlah tinggi Kakak perempuan. b. Siswa menuliskan bilangan badan dan juga berat badan dari cacah pada garis bilangan, keempat anggota keluarga yaitu : tersebut! Siapakah yang paling tinggi? Dan siapakah yang paling 0 1 2 3 4 5 berat apabila dilihat dari foto tersebut? c. Siswa menuliskan berat b. Demikian pula bilangan cacah, badan dan tinggi badan pada bilangan bulat, dan juga bilangangaris bilangan, yaitu : bilangan yang lainnya, semua Tinggi Badan : bilangan mengenal sifat urutan. Misalnya pada bilangan cacah, bilangan yang paling kecil adalah 0, apabila kita urutkan bilangan Adik Ibu Kakak Ayah cacah tersebut dari bilangan yang Perempuan terkecil sampai ke yang terbesar, laki-laki maka kita bisa menuliskan bilangan-bilangan tersebut dalam

bentuk 0

〈 〈 〈
1 2

3,...... Urutan ini

Berat Badan: Adik Ibu Kakak Ayah laki-laki Perempuan

bisa digambarkan pada garis bilangan, yaitu: ? c. Makin ke kanan makin besar. Sekarang coba perkirakan tinggi dan berat badan keempat anggota keluarga tersebut, kemudian gambarkan dalam garis bilangan!

29

Taha pan
MAUPUN KELOMPOKMEMBIMBING PENYELIDIKAN INDIVIDUALTAHAP III

Kegiatan Guru Siswa 2. Guru membimbing siswa untuk 2. Siswa mendengarkan pertanyaan melakukan penyelidikan dengan guru dan menuliskan jawabannya senantiasa mengajukan pertayaan pada antara lain: masalah 2 : a. Misal: temperatur = x Coba sekarang jawablah pertanyaanmaka pertidaksamaanya: pertanyaan yang diajukan dari x > 15º. permasalahan kontekstual di bawah ini. b. Misal: uang tabungan di bank Tuliskan dalam bentuk pertidaksamaan = x. dan gambarkan pada garis bilangan! Maka bentuk pertidaksamaanya: a. Temperatur malam ini pasti lebih x > Rp.25.000 tinggi dari 15º. Jika x temperatur malam ini, tuliskan pertidaksamaan yang melibatkan x. b. Uang tabungan saya di bank tidak boleh kurang dari Rp. 25.000,-. Jika x jumlah uang tabungan saya, tuliskan pertidaksamaan yang melibatkan x.

Waktu

MENYAJIKAN HASIL KARYMENGEMBANGKAN DANTAHAP IV

1. Guru membantu siswa merencanakan dan 1. Siswa terus mencoba menyiapkan bahan presentasi didepan mengerjakan LKS nomor 1-2 dan kelas. mempersiapkan hasil diskusi untuk presentasi di depan kelas jika ada kesulitan bertanya kepada guru. 2. Guru meminta kelompok menyajikan hasilnya. untuk 2. Kelompok yang mendapat giliran sesuai undian, maju untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok.

25 ’

3. Kelompok lain diminta untuk 3. Kelompok lain memberi tangapan atas presentasi yang disajikan memberikan tanggapan terhadap kelompok penyaji. presentasi kelompok penyaji.

Penutup

30

MENGANALISIS DAN MENGEVALUASI PROSES PEMECAHAN MASALAHTAHAP V

1. Guru membantu siswa menganalisis dan 1. Siswa menuliskan hasil mengevaluasi proses berfikir mereka refleksinya dengan cara diskusi sendiri. Misalnya siswa disuruh menulis kelompok dan bertanya kepada refleksi yang berkaitan dengan hal guru tentang persamaan linier satu sebagai berikut : varibel. • Kapan pertama kali kamu mendapatkan pemahaman yang jelas tentang situasi masalah yang diberikan? • Kapan kamu merasa yakin dengan pemecahan masalahmu? • Mengapa kamu dapat menerima penjelasan dari temanmu • Mengapa kamu menolak beberapa penjelasan? • Apakah kamu telah mengubah jalan pikiranmu tentang sesuatu hal ketika penyelidikan berlangsung? • Apakah kamu akan melakukan cara yang lain dalam menyelesaikan masalah ini? 2. Guru memberikan PR 2. Siswa mencatat tugas dan mngerjakan tugasnya di rumah

10 ’

31

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP IV) EKSPOSITORI Satuan Pendidikan : Mata Pelajaran : Kelas/Semester : Alokasi Waktu : SMP Matematika VII (Kontrol) / Ganjil 2 X 40 menit (1 x Pertemuan)

A. Standar Kompetensi Memahami sistem persamaan linier dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah B. Kompetensi Dasar Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel C. Indikator Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan linier satu variabel. D. Tujuan Pembelajaran Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan linier satu variabel. E. Materi ajar F. Pendekatan 1. 2. g. Materi Prasarat Bentuk Aljabar Operasi Bentuk Aljabar H. Media dan Sumber Pembelajaran Buku matematika semester I : Pertidaksamaan linier satu variabel : Pembelajaran ekspositori

32

I. Skenario Pembelajaran Kegiatan Guru Kegiatan Siswa 1. Pendahuluan : 1. Pendahuluan : a. Guru menyampaikan a. Siwa mendengarkan kompetensi dasar dan indikator penjelasan guru. hasil belajar. b. Guru mengaitkan pelajaran dengan sebelumnya materi materi
b. Siswa mendengarkan

Waktu 10’

penjelasan

2. Kegiatan Inti 2. Kegiatan Inti a. Guru menjelaskan dan a. Siswa mendengarkan mendemonstrasikan konsep melihat penjelasan guru. persamaan.
b. Selanjutnya guru memantapkan

dan 60’

b. Siswa mengerjakan soal yang

pemahaman siswa, guru memberikan beberapa contoh soal dan siswa dibimbing untuk menyelesaikan soal atau diskusi dengan teman sebangku.
c. Guru meminta beberapa orang

diberikan guru. Siswa yang menemukan kesulitan atau yang belum paham diberikan kesempatan bertanya dan guru berkeliling mengamati aktifitas siswa.
c. Siswa

siswa mengerjakan soal di papan tulis dan siswa lain memberikan tanggapan. Guru mengarahkan jawaban yang benar.

yang ditunjuk guru maju untuk mengerjakan soal di paapan tulis.

3. Kegiatan Penutup 3. Kegiatan Penutup a. Guru membimbing siswa a. Siswa merangkum merangkum materi pelajaran yang disampaikan. yang disampaikan.
b. Guru

materi 10’

memberikan sebagai tugas rumah.

latihan

b. Siswa mencatat latihan yang

diberikan guru.

33

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP V) BERBASIS MASALAH Satuan Pendidikan : Mata Pelajaran : Kelas/Semester : Alokasi Waktu : SMP Matematika VII (Eksperimen) / Ganjil 2 X 40 menit (1 x Pertemuan)

A. Standar Kompetensi Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah B. Kompetensi Dasar Menggunakan perbandingan untuk memecahkan masalah. C. Indikator Menghitung perbandingan dua besaran. D. Tujuan Pembelajaran Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat menghitung perbandingan dua besaran. E. Materi ajar F. Pendekatan Metode pembelajaran : Perbandingan : Pembelajaran berbasis masalah : Diskusi kelompok, demonstrasi dan penemuan.

F. Materi Prasarat 1. Bentuk Aljabar 2. Operasi Bentuk Aljabar H. Media dan Sumber Pembelajaran LKS dan buku matematika semester I

34

I. Skenario Pembelajaran
Taha pan
ORIENTASI SISWA PADA MASALAH TAHAP I PENDAHULUAN

Kegiatan Guru Siswa Awal 1. Memberi motivasi melalui tanya jawab 1. Mendengarkan penjelasan guru. yang berkaitan dengan masalah dalam kehidupan sehari-hari. 2. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan 2. Mendengarkan penjelasan guru. logistik yang digunakan. 3. Menyampaikan beberapa hal yang perlu 3. Mendengarkan penjelasan guru. dilakukan siswa. 4. Guru menyampaikan masalah yang ada 4. Membaca masalah 1 yang ada pada lembar aktivitas siswa. pada lembar aktivitas siswa. 5. Meminta kepada siswa untuk 5. Menceritakan kembali masalah 1 menceritakan kembali masalahnya yang ada pada lembar aktivitas siswa

Waktu

10 ’

MENGORGANISASIKAN SISWA UNTUK BELAJARTAHAP II

Inti 1. Guru membagi siswa dalam kelompok 1. Siswa membentuk kelompok yang beranggotakan 4-5 orang. yaang beranggotakan 4-5 orang. 2. Guru membagikan lembar aktivitas hal 2. Siswa menerima LAS hal 1 – 2. 1-2 yang berisikan masalah kepada siswa yang akan diselesaikan secara berkelompok. 3. Guru memfasilitasi logistik yang 3. Siswa mendengarkan. digunakan untuk memecahkan masalah . 4. Guru membantu siswa dalam berbagi 4. Siswa mendengarkan dan tugas untuk menyelesaikan masalah. melaksanakan saran guru dan bertanya kepada guru jika ada halhal yang belum jelas.

15 ’

35

Taha pan
MAUPUN KELOMPOKMEMBIMBING PENYELIDIKAN INDIVIDUALTAHAP III

Kegiatan Guru Siswa 1. Guru membimbing siswa untuk 1. Siswa mendengarkan penjelasan melakukan penyelidikan dengan guru dan menuliskan pada lembar senantiasa mengajukan pertayaan pada jawaban, antara lain: masalah 1 : a. Rasio antara banyak buku Ali a. Diketahui Ali mempunyai 9 buah dan banyak buku Lia adalah 9 buku dan Lia 6 buah buku. Dalam banding 6 atau dapat ditulis 9:6. bentuk tabel : Banyak Buku Ali Banyak Buku Lia Atau bisa juga rasio antara 9 6 banyak buku Lia dan banyak Dapat dikatakan bahwa rasio antara buku Ali adalah 6 banding 9 banyak buku Ali dan banyak buku Lia atau dapat ditulis 6:9. adalah 9 banding 6 atau dapat ditulis …… : ……. Rasio banyak buku Ali dan Atau bisa dibuat jg dalam tabel banyak buku Lia ditulis 6:9 Banyak Buku Lia Banyak Buku Ali tidak bileh karena banyak buku 6 9 Ali 9 buah dan banyak buku Lia Banyak buku Lia dan banyak buku 6 buah. Penulisannya tidak Ali adalah ………………………. boleh terbalik. atau dapat ditulis …. : …... Coba perhatikan urutan penulisan rasio, bolehkah rasio banyak buku Ali dan banyak buku Lia ditulis 6:9? Mengapa? 2. Guru membimbing siswa untuk menghitug jumlah siswa laki-laki dan 2 Siswa mendengarkan penjelasan guru dan menuliskan pada lembar perempuan untuk manyelesaikan jawaban : masalah 2 :
Banyak siswa laki-laki Banyak siswa perempan Banyak siswa seluruhnya Banyak siswa laki-laki Banyak siswa perempan Banyak siswa seluruhnya 14 18 32

Waktu 20 ’

a. Berapakah rasio banyak siswa lakilaki dan banyak siswa perempuan? b. Berapakah rasio banyak siswa perempuann dan banyak siswa lakilaki? c. Samakah kedua rasio tersebut? Mengapa? d. Berapakah rasio siswa laki-laki dan banyak siswa seluruhnya? e. Berapakah rasio siswa perempuan dan banyak siswa seluruhnya?

a. Rasio banyak siswa laki-laki dan banyak siswa perempuan adalah 14:18 atau 7:9 b. Rasio banyak siswa perempuan dan banyak siswa laki-laki adalah 18:14 atau 9:7 c. Tidak. d. Rasio banyak siswa laki-laki dan banyak siswa seluruhnya adalah 14:32 atau 7:16 e. Rasio banyak siswa perempuan dan banyak siswa seluruhnya adalah 18:32 atau 16:7

36

Taha pan
MENYAJIKAN HASIL KARYMENGEMBANGKAN DANTAHAP IV

Kegiatan Guru Siswa 1. Guru membantu siswa merencanakan dan 1. Siswa terus mencoba menyiapkan bahan presentasi didepan mengerjakan LAS nomor 1-2 dan kelas. mempersiapkan hasil diskusi untuk presentasi di depan kelas jika ada kesulitan bertanya kepada guru. 2. Guru meminta kelompok menyajikan hasilnya. untuk 2. Kelompok yang mendapat giliran sesuai undian, maju untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok.

Waktu 25 ’

3. Kelompok lain diminta untuk 3. Kelompok lain memberi tangapan atas presentasi yang disajikan memberikan tanggapan terhadap kelompok penyaji. presentasi kelompok penyaji.

MENGANALISIS DAN MENGEVALUASI PROSES PEMECAHAN MASALAHTAHAP V

Penutup 1. Guru membantu siswa menganalisis dan 1. mengevaluasi proses berfikir mereka sendiri. Misalnya siswa disuruh menulis refleksi yang berkaitan dengan hal sebagai berikut : • Kapan pertama kali kamu mendapatkan pemahaman yang jelas tentang situasi masalah yang diberikan? • Kapan kamu merasa yakin dengan pemecahan masalahmu? • Mengapa kamu dapat menerima penjelasan dari temanmu • Mengapa kamu menolak beberapa penjelasan? • Apakah kamu telah mengubah jalan pikiranmu tentang sesuatu hal ketika penyelidikan berlangsung? • Apakah kamu akan melakukan cara yang lain dalam menyelesaikan masalah ini? 2. Guru memberikan PR

Siswa menuliskan hasil refleksinya dengan cara diskusi kelompok dan bertanya kepada guru tentang persamaan linier satu varibel.

10 ’

2. Siswa mencatat tugas dan mngerjakan tugasnya di rumah

37

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP V) EKSPOSITORI Satuan Pendidikan : Mata Pelajaran : Kelas/Semester : Alokasi Waktu : SMP Matematika VII / Ganjil 2 X 40 menit (1 x Pertemuan)

A. Standar Kompetensi Memahami sistem persamaan linier dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah B. Kompetensi Dasar Menggunakan perbandingan untuk memecahkan masalah. C. Indikator Menghitung perbandingan dua besaran. D. Tujuan Pembelajaran Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat menghitung perbandingan dua besaran. E. Materi ajar F. Pendekatan : Perbandingan : Pembelajaran Ekspositori

G. Materi Prasarat 1. Bentuk Aljabar 2. Operasi Bentuk Aljabar H. Media dan Sumber Pembelajaran Buku matematika semester I

38

I. Skenario Pembelajaran Kegiatan Guru Kegiatan Siswa 1. Pendahuluan : 1. Pendahuluan : a. Guru menyampaikan a. Siwa mendengarkan kompetensi dasar dan indikator penjelasan guru. hasil belajar.. b. Guru mengaitkan pelajaran dengan sebelumnya materi materi
b. Siswa mendengarkan

Waktu 10’

penjelasan

2. Kegiatan Inti 2. Kegiatan Inti a. Guru menjelaskan dan a. Siswa mendengarkan mendemonstrasikan pengertian melihat penjelasan guru. perbandingan
b. Selanjutnya guru memantapkan

dan 60’

b. Siswa mengerjakan soal yang

pemahaman siswa, guru memberikan beberapa contoh soal dan siswa dibimbing untuk menyelesaikan soal atau diskusi dengan teman sebangku.
c. Guru meminta beberapa orang

diberikan guru. Siswa yang menemukan kesulitan atau yang belum paham diberikan kesempatan bertanya dan guru berkeliling mengamati aktifitas siswa.
c. Siswa

siswa mengerjakan soal di papan tulis dan siswa lain memberikan tanggapan. Guru mengarahkan jawaban yang benar.

yang ditunjuk guru maju untuk mengerjakan soal di papan tulis.

3. Kegiatan Penutup 3. Kegiatan Penutup a. Guru membimbing siswa a. Siswa merangkum merangkum materi pelajaran yang disampaikan. yang disampaikan. b. Guru memberikan sebagai tugas rumah. latihan diberikan guru.

materi 10’

b. Siswa mencatat latihan yang

39

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP VI) BERBASIS MASALAH Satuan Pendidikan : Mata Pelajaran : Kelas/Semester : Alokasi Waktu : SMP Matematika VII (Eksperimen) / Ganjil 2 X 40 menit (1 x Pertemuan)

A. Standar Kompetensi Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah B. Kompetensi Dasar Menggunakan perbandingan untuk memecahkan masalah. C. Indikator Menghitung perbandingan senilai. D. Tujuan Pembelajaran Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat menghitung perbandingan senilai. E. Materi ajar F. Pendekatan Metode pembelajaran : Perbandingan : Pembelajaran berbasis masalah : Diskusi kelompok, demonStrasi dan penemuan.

G. Materi Prasarat 1. Bentuk Aljabar 2. Operasi Bentuk Aljabar H. Media dan Sumber Pembelajaran LKS dan buku matematika semester I

40

I. Skenario Pembelajaran
Taha pan Awal
ORIENTASI SISWA PADA MASALAH TAHAP I PENDAHULUAN

Kegiatan Guru Siswa 1. Memberi motivasi melalui tanya jawab 1. Mendengarkan penjelasan guru. yang berkaitan dengan masalah dalam kehidupan sehari-hari. 2. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan 2. Mendengarkan penjelasan guru. logistik yang digunakan. 3. Menyampaikan beberapa hal yang perlu 3. Mendengarkan penjelasan guru. dilakukan siswa. 4. Guru menyampaikan masalah yang ada 4. Membaca masalah 1 yang ada pada lembar aktivitas siswa. pada lembar aktivitas siswa. 5. Meminta kepada siswa untuk 5. Menceritakan kembali masalah 1 menceritakan kembali masalahnya yang ada pada lembar aktivitas siswa

Waktu

10 ’

Inti

41

Taha pan
MENGORGANISASIKAN SISWA UNTUK BELAJARTAHAP II

Kegiatan Guru Siswa 1. Guru membagi siswa dalam 1. Siswa membentuk kelompok kelompok yang beranggotakan 4-5 yaang beranggotakan 4-5 orang. orang. 2. Siswa menerima LAS hal 1 – 2. 2. Guru membagikan lembar aktivitas hal 1-2 yang berisikan masalah kepada siswa yang akan diselesaikan secara berkelompok. 3. Siswa mendengarkan. 3. Guru memfasilitasi logistik yang digunakan untuk memecahkan masalah . 4. Siswa mendengarkan dan 4. Guru membantu siswa dalam berbagi melaksanakan saran guru dan tugas untuk menyelesaikan masalah. bertanya kepada guru jika ada halhal yang belum jelas.

Waktu 15 ’

42

Taha pan
MAUPUN KELOMPOKMEMBIMBING PENYELIDIKAN INDIVIDUALTAHAP III

Kegiatan Guru Siswa 1. Guru membimbing siswa untuk 1. Siswa mendengarkan penjelasan melakukan penyelidikan dengan guru dan menuliskan pada lembar senantiasa mengajukan pertayaan pada jawaban, antara lain: Banyak donat Harga yang masalah 1 : harus dibayar Diketahui harga sebuah donat Rp 500,00, 1 500 Guru menyuruh siswa untuk meengkapi 2 1.000 tabel berikut
Banyak donat 1 2 5 8 ..... ….. Harga yang harus dibayar 500 ..... ….. ….. 4.000 5.500 5 8 10 11 2.500 4.000 5.000 5.500

Waktu 20 ’

a. Jika donat semkain banyak
maka harganya juga semakin mahal/banyak. b. Perbandingan harga 2 donat dengan 5 buah donat adalah 1.000:2.500 atau 2:5 c. Perbandingan harga 8 buah donat dengan 5 buah donat adalah 4.000 2.500 atau 8:5 d. perbandingan banyak donat yang diperoleh jika harga yang harus dibayar Rp 4.000,00

a. Jika donat semakin banyak bagaimana
dengan harganya?

b. Berapa perbandingan harga 2 donat
dengan 5 buah donat? c. Berapa perbandingan harga 8 buah donat dengan 5 buah donat? d. Berapa perbandingan banyak donat yang diperoleh jika harga yang harus dibayar Rp 4.000,00 dengan

banyak donat yang diperoleh jika harga yang yang dibayar Rp 5.500,00? e. Perbandingan

di atas disebut perbandingan? Mengapa? 2. Guru membimbing siswa untuk melakukan penyelidikan dengan senantiasa mengajukan pertayaan pada masalah 2 : Diketahui Resep kue Coklat 2 Siswa mendengarkan penjelasan Bahan: guru dan menuliskan pada lembar 100 gr mentega jawaban : 150 gram gula halus a. Perbandingan berat gula 200 gram tepung terigu dengan berat tepung adalah 50 gram coklat bubuk 150;100 atau 3:2 Cara Membuat : b. Perbandingan gula dengan Kocok mentega dan gula pasir berat coklat bubuk adalah a. Berapakah perbandingan berat gula 150:50 atau 3:1. dengan berat tepung? c. jika tepung terigu 100 gram, b. Berapakah perbandingan gula dengan maka : berat coklat bubuk? 50 gram mentega c. Jika tepung terigu 100 garm berapa 75 gram gula halus banyak bahan lain yang diperlukan 25 gram coklat bubuk agar dapat membuat resep kue

dengan banyak donat yang diperoleh jika harga yang yang dibayar Rp 5.500,00 adalah 10:11. e. Perbandingan senilai, karena semakin banyaj donat maka semakin banyak/mahal pula harganya.

coklat sesuai resep?

43

Taha pan
MENYAJIKAN HASIL KARYMENGEMBANGKAN DANTAHAP IV

Kegiatan Guru Siswa 1. Guru membantu siswa merencanakan dan 1. Siswa terus mencoba menyiapkan bahan presentasi didepan mengerjakan LAS nomor 1-2 dan kelas. mempersiapkan hasil diskusi untuk presentasi di depan kelas jika ada kesulitan bertanya kepada guru. 2. Guru meminta kelompok menyajikan hasilnya. untuk 2. Kelompok yang mendapat giliran sesuai undian, maju untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok.

Waktu 25 ’

3. Kelompok lain diminta untuk 3. Kelompok lain memberi tangapan atas presentasi yang disajikan memberikan tanggapan terhadap kelompok penyaji. presentasi kelompok penyaji

MENGANALISIS DAN MENGEVALUASI PROSES PEMECAHAN MASALAHTAHAP V

Penutup 1. Guru membantu siswa menganalisis dan 1. mengevaluasi proses berfikir mereka sendiri. Misalnya siswa disuruh menulis refleksi yang berkaitan dengan hal sebagai berikut : • Kapan pertama kali kamu mendapatkan pemahaman yang jelas tentang situasi masalah yang diberikan? • Kapan kamu merasa yakin dengan pemecahan masalahmu? • Mengapa kamu dapat menerima penjelasan dari temanmu • Mengapa kamu menolak beberapa penjelasan? • Apakah kamu telah mengubah jalan pikiranmu tentang sesuatu hal ketika penyelidikan berlangsung? • Apakah kamu akan melakukan cara yang lain dalam menyelesaikan masalah ini? 2. Guru memberikan PR

Siswa menuliskan hasil refleksinya dengan cara diskusi kelompok dan bertanya kepada guru tentang persamaan linier satu varibel.

10 ’

2. Siswa mencatat tugas dan mngerjakan tugasnya di rumah

44

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI Satuan Pendidikan : Mata Pelajaran : Kelas/Semester : Alokasi Waktu : SMP Matematika VII / Ganjil 2 X 40 menit (1 x Pertemuan)

A. Standar Kompetensi Memahami sistem persamaan linier dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah B. Kompetensi Dasar Menggunakan perbandingan untuk memecahkan masalah. C. Indikator Menghitung perbandingan senilai. D. Tujuan Pembelajaran Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat menghitung perbandingan senilai. E. Materi ajar F. Pendekatan : Perbandingan Senilai : Pembelajaran ekspositori

G. Materi Prasarat 1. Bentuk Aljabar 2. Operasi Bentuk Aljabar H. Media dan Sumber Pembelajaran LKS dan buku matematika semester I

45

I. Skenario Pembelajaran Kegiatan Guru Kegiatan Siswa 1. Pendahuluan : 1. Pendahuluan : a. Guru menyampaikan a. Siwa mendengarkan kompetensi dasar dan indikator penjelasan guru. hasil belajar.. b. Guru mengaitkan pelajaran dengan sebelumnya materi materi
b. Siswa mendengarkan

Waktu 10’

penjelasan

2. Kegiatan Inti 2. Kegiatan Inti a. Guru menjelaskan dan a. Siswa mendengarkan mendemonstrasikan pengertian melihat penjelasan guru. perbandingan
b. Selanjutnya guru memantapkan

dan 60’

b. Siswa mengerjakan soal yang

pemahaman siswa, guru memberikan beberapa contoh soal dan siswa dibimbing untuk menyelesaikan soal atau diskusi dengan teman sebangku.
c. Guru meminta beberapa orang

diberikan guru. Siswa yang menemukan kesulitan atau yang belum paham diberikan kesempatan bertanya dan guru berkeliling mengamati aktifitas siswa.
c. Siswa

siswa mengerjakan soal di papan tulis dan siswa lain memberikan tanggapan. Guru mengarahkan jawaban yang benar.

yang ditunjuk guru maju untuk mengerjakan soal di papan tulis.

3. Kegiatan Penutup 3. Kegiatan Penutup a. Guru membimbing siswa a. Siswa merangkum merangkum materi pelajaran yang disampaikan. yang disampaikan. b. Guru memberikan sebagai tugas rumah. latihan diberikan guru.

materi 10’

b. Siswa mencatat latihan yang

46

47

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->