Silabus & Rencana Pembelajaran Sekolah Mata Pelajaran Kelas/semester No 4. Materi Adaptasi A.

Cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan
y

: HSKS Sby : IPA : V/ganjil Indikator

Alokasi Waktu : 1x180 menit Standar Kompetensi : Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan Kegiatan Pembelajaran  Menyapa dengan kalimat pembangkit semangat dan yel2 HSKS.  Berdoa bersama dan absensi siswa - Tutor memberikan contoh gambar2 hewan dengan beragam morfologi yang khas dan meminta mengelompokkan berdasarkan fungsinya. - Tutor menjelaskan bahwa morfologi yang khas tersebut adalah bentuk adaptasi untuk memperoleh makanan maupun untuk melindungi diri - Mememahami adaptasi hewan-hewan dalam memperoleh makanan misalnya y Kupu-kupu : alat penghisap nektar yang panjang (probosis) y Lebah : mempunyai bentuk mulut penjilat y Harimau : gigi taring tajam untuk mengoyak makanan y Katak : lidah panjang untuk mengankap serangga - Memahami adaptasi hewan-hewaan dalam melindungi diri dari musuh misalnya y Bunglon : merubah warna kulit y Walang daun : menyerupai daun y Kalajengking,kelabang : memiliki sengat  Games : bermain lempar bola kertas, dimulai dari tutor menyampaikan pertanyaan berkaitan dengan materi lalu secara tiba2 melempar bola pada salah satu siswa,siswa yang mendapat bola harus segera menjawab,lalu siswa tsb membuat pertanyaan utk temannya, berlanjut seterusnya. Yang tidak bias menjawab mendapat hukuman sesuai kesepakatan. Penilaiaan Bentuk Tes Instrumen - Tes tulis - Modul - Tanya - Soal2 jawab - Games lempar bola kertas Sumber Belajar Modul Buku Beberapa contoh tumbuhan Gambar2 hewan dan tumbuhan

Mampu memberikan contoh cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan melindungi diri dari musuhnya

-

-

Memahami bahwa bentuk penyesuaian diri tumbuhan berbeda-beda y Pohon jati merontokkan atau menggugurkan daunnya y Kaktus bentuk daun duri untuk mengurangi penguapan. batang kaktus menyimpan air. Mengerjakan soal2 latihan. Berdoa bersama. - - - Tutor memberikan gambar tumbuhan yang hidup dari berbagai macam iklim/kondisi lingkungan yang berbeda. dan siswa diminta menyebutkan cirri-ciri adaptasi tumbuhan. y Teratai Daun berbentuk lebar dan tipis. batangnya memiliki rongga udara Tutor membawa beberapa tumbuhan dan siswa diminta untuk menjelaskan ciri khusus untuk melindungi dirinya. Cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan lingkugan y Mampu menyebutkan cara tumbuhan beradaptasi dengan lingkungannya - - y Mampu mendeskripsikan ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya. Tutor member umpan balik dengan bertanya jawab dengan siswa tentang fungsi adaptasi yang dilakukan tumbuhan. lalu menyanyi sayonara .B. Tutor memberikan pesan motivasi pada siswa.

warna. nilon. Sifat benda o Mengidentifikasi beberapa jenis sifat bahan berdasarkan struktur penyusunnya. . .Kertas benang penyusunnya .Tes tulis . misalnya: bahan talitemali.Soal2 . kekerasan.Air beban yang memiliki berat berbedda2 untuk mengetahui . faktor2 yang seperti bentuk. untaian kabel kecil pada .Ember dengan sifatnya. o Menyimpulkan dari hasil percobaan bahwa ada hubungan antara jenis penyusun bahan dengan sifatnya.Modul . Materi : HSKS Sby : IPA : V/ganjil Indikator   Alokasi Waktu : 1 x180 menit Standar Kompetensi : Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunnya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses Penilaiaan Sumber Kegiatan Pembelajaran Belajar Bentuk Tes Instrumen Menyapa dengan kalimat pembangkit semangat dan . Melakukan beberapa percobaan : Benda dan sifatnya A.Semen y Struktur pilinan . o Mengidentifikasi bahanbahan yang akan diuji kekuataannya. Perubahan sifat o Mengumpulkan data benda dan tentang sifat benda.Buku Berdoa bersama dan absensi siswa jawab . .Silabus & Rencana Pembelajaran Sekolah Mata Pelajaran Kelas/semester No 5.Korek y Struktur lurus api Melakukan percobaan : masing2 tali digantungi dengan .Benang Mengetahui bahan penyusun tali temali kasur .Modul yel2 HSKS.Tali kawat.Praktiku Tutor membawa beberapa tali dan meminta siswa .Es batu bahwa ada hubungan antara jenis penyusun bahan .Perform m .Tali y Benang : Benang jahit. o Membandingkan kekuatan beberapa jenis bahan yang diuji. tambang Membandingkan kekuatan dari berbagai macam bahan . benang kasur. misalnya berbagai jenis benang/kertas.Lilin y Struktur anyaman . tambang . .Kawat (kuat dan lentur) kabel Mengelompokkan tali temali berdasarkan struktur .pengadu Tutor mengajak siswa senam untuk peregangan (senam k seluruh tubuh dan senam muka) Bernyanyi sedang apa dengan bersahut2an. mempengaruhin kelenturan.Benang mendeskripsikan bahan dan mengelompokkan ances jahit kegunaannya berdasarkan fungsinya. benang nilon rafia y Tambang atau tali : Tambang plastik. Siswa mengidentifikasi sifat benda sebelum mengalami perubahan.Ijuk y Serat : Senar.Senar kabel listrik . o Memberi contoh penggunaan berbagai jenis bahan berdasarkan strukturnya. - - -   - B. ijuk.Tanya .

menyanyi sayonara«.) .Siswa diminta menyebutkan faktor2 yang dapat menyebabkan perubahan (pemanasan. . o Mengidentifikasi benda yang dapat dan yang tidak dapat kembali ke wujud semula setelah mengalami suatu proses. o Mengidentifikasi faktor yang menyebabkan perubahan pada benda.Siswa diminta mengidentifikasi benda yang dapat dan yang tidak dapat kembali ke wujud semula setelah mengalami proses. o Mendeskripsikan sifat benda sesudah mengalami perubahan sebagai hasil suatu proses. dll. pembusukan. y Membakar kertas y Melelehkan lilin y Mengaduk semen y Membekukan air .Siswa mengidentifikasi sifat benda setelah mengalami perubahan .Latihan soal2 dan dikoreksi bersama  Tutor menyampaikan pesan dan motivasi  Berdoa bersama. .ya dan bau sebelum mengalami perubahan. perkaratan. pendinginan.

Tes tulis .Tanya . .  Berdoa bersama dan pulang sambil menyanyikan lagu sayonara.Soal2 jawab . .Tutor mengadakan tanya jawab dengan siswa mengidentifikasi alat2 berkaitan panca indera. fungsi. .Mengerjakan soal2 di modul dan dari buku lain.Modul . .Tutor memberikan gambar2 rangka manusia dan meminta siswa menyebutkan fungsinya. serta pemeliharaannya Kegiatan Pembelajaran Penilaiaan Bentuk Tes Instrumen . Panca Indera -  Menyapa dengan kalimat pembangkit semangat dan Mampu menjelaskan yel2 HSKS.Tutor menyiapkan beberapa bahan untuk percobaan kepekaan .Mengerjakan soal2 di modul dan dari buku lain  Tutor mengajak siswa menyanyi sedang apa  Siswa menceritakan tentang pengalaman yang berkesan. indera manusia.Buku Garam Gula Kopi Asam Es batu Ember Sendok Air hangat B. dan pemeliharaannya.Siswa mendeskripsikan bagian. Rangka : HSKS Sby : IPA : IV/ganjil Indikator Alokasi Waktu : 1 x 180 menit Standar Kompetensi : Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya.Siswa menyebutkan penyakit2 yang berhubungan dengan alat indera dan bagaimana cara memelihara alat indera. Mampu . Materi Tubuh kita A.Modul .  Tutor memberikan cerita yang menarik dan memotivasi siswa.Praktiku . . rangka manusia.Performan m ces Sumber Belajar .  Berdoa bersama dan absensi siswa dan pemeliharaannya . cara kerja alat indera menyebutkan fungsinya dan kepekaannya.Silabus & Rencana Pembelajaran Sekolah Mata Pelajaran Kelas/semester No 1.Siswa menyebutkan penyekit2 yang berkaitan dengan tulang dan rangka dan bagaimana cara memeliharanya .

Batang  D. daun Tutor membawa berbagai jenis daun dan siswa diminta .modul yel2 HSKS. . batang basah. . gantung.bebera melakukan percobaan dengan menggunakan pacar cina pa jenis mendiskusikan fungsi2 batang. Akar : HSKS Sby : IPA : IV/ganjil Indikator  Mampu mendeskripsikan struktur dan fungsi tumbuhan  Alokasi Waktu : 1x180 menit Standar Kompetensi : Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya Penilaiaan Sumber Belajar Bentuk Tes Instrumen Menyapa dengan kalimat pembangkit semangat dan .air tunggang. Bagian lain tumbuhan (bunga dan biji)   C.buku .perform m .pewarn siswa diminta mendeskripsikan penggolongan batang a (batang berkayu. batang rumput) .Silabus & Rencana Pembelajaran Sekolah Mata Pelajaran Kelas/semester No 2.praktiku Tutor menunjukkan gambar macam2 akar dan meminta .ember tutor menjelaskan fungsi dari berbagai jenis akar (akar . Materi Bagian2 tumbuhan dan fungsinya A. Tutor menjelaskan buah sebagai pelindung dari biji yang merupakan bakal tumbuhan baru Mengerjakan soal2 Tutor memberikan pesan motivasi Berdoa bersama dan pulang Kegiatan Pembelajaran B.tanya .modul .tes tulis .bunga menggambar daun dan mendeskripsikannya. nafas) . Daun . .tanama n pacar siswa mendeskripsikan strukturnya dan menyebutkan cina fungsinya.buku Berdoa bersama dan absensi siswa jawab . serabut.kertas Tutor menjelaskan fungsi daun gambar Tutor mengajak siswa melakukan senam muka dan bernyanyi bersama Siswa diminta mendeskripsikan bagian bagian bunga beserta fungsi masing2 bagian.

Siswa memberikan contoh hewan yang mengalami metamorphosis dan hewan yang tidak mengalami metamorphosis  Tutor meminta siswa bercerita tentang hewan peliharaannya Penilaiaan Bentuk Tes Instrumen Sumber Belajar .Silabus & Rencana Pembelajaran Sekolah Mata Pelajaran Kelas/semester No 3 Materi Penggolongan. dan pemakan segalanya Mendeskripsikan urutan daur hidup beberapa hewan secara sederhana Alokasi Waktu : 1x180 menit Standar Kompetensi : Kegiatan Pembelajaran  Menyapa dengan kalimat pembangkit semangat dan yel2 HSKS.Tutor menjelaskan daur hidup hewan baik yang tanpa metamorphosis maupun dengan metamorphosis .Tutor menunjukkan gambar2 hewan dan meminta siswa menggolongkan berdasarkan makanannya.Modul .Buku Guntin gan gambar hewan 2 Double tip Kertas manila - - . Menggolongkan hewan : HSKS Sby : IPA : IV/ganjil Indikator mampu menggolongkan hewan yang pemakan tumbuhan. daur hidup hewan dan lingkungan A. pemakan daging.  Berdoa bersama dan absensi siswa .  Menyanyi sedang apa bersahut2an .