Cara Pembuatan Kaca

Kaca adalah material yang dapat dibentuk pada temperatur di atas 2300 °F atau 1261 °C. Untuk menghindari pengkristalan harus melewati proses pengkristalan secepat mungkin. Komposisi kaca adalah sebagai berikut 1. pasir silika 2. sodium oksida 3. kalsium oksida / kapur Namun ribuan campuran kimia yang berbeda dapat digunakan untuk membuat kaca. Kaca, umumnya, mengandung: formers, fluxes, dan stabilizers. • Formers merupakan persentase terbesar dari campuran. Untuk kaca sodakapur-silika, former-nya adalah silika dalam bentuk pasir. Flux menurunkan temperatur hingga suhu di mana former akan mencair.Soda dan Kalium (Kalium karbonat), keduanya adalah alkali, merupakan flux yang umum dipakai. Kaca Kalium sedikit lebih rapat daripada Kaca Soda. • Stabilizers membuat kaca kuat dan tahan air. Kalsium karbonat, sering disebut calcined limestone, adalah suatu stabilizer. Tanpa stabilizer, air dan kelembaban “menyerang” dan melarutkan kaca. Kaca yang kekurangan kapur biasa disebut waterglass. Dari hasil pengolahan tersebut terdapat beberapa jenis kaca yang dapat dibuat dan telah banyak beredar di pasaran. Jenis-jenis kaca yang ada di pasaran antara lain kaca polos, kaca darkgrey, kaca esta, kaca cermin dan kaca sunblast pada umumnya. Dari berbagai jenis tersebut dapat digunakan pada beberapa fungsi dalam arsitektur rumah. Kaca polos dapat digunakan untuk kaca jendela untuk mendapatkan cahaya yang cukup dan menghemat energi. Kaca darkgrey dapat digunakan untuk kamar yang membutuhkan privacy, dapat divariasikan dengan cermin brown atau black maupun cermin grey. Kaca esta dapat digunakan untuk kamar mandi atau kitchen set untuk lemari piring dan gelas. atau dapat menggunakan kaca sunblast sebagai penggati kaca esta. Kaca cermin dapat digunakan untuk kamar mandi atau meja rias. dapat ditambahkan dengan lampu untuk mempercantik serta memberi kesan luas terhadap ruangan sempit.

Chip dimasak didalam digester untuk memisahkan serat kayu (bahan yang diunakan untuk membuat kertas) dengan lignin. log disimpan ditempat penampungan beberapa bulan sebelum diolah dengan tujuan untuk melunakan log dan menjaga kesinambungan bahan baku 2. bagian ini berfung si untuk meramu bahan baku seperti: menambahkan pewarna untuk kertas (dye). Untuk lebih mengenal kertas yang kita gunakan mari kita pelajari proses pembuatan kertas. 4. Kayu dipotong . atau untuk membungkus gorengan barangkali. Cara kerja press part ini adalah. Chip yang sesuai ukuran diambil dan yang tidak sesuai diproses ulang. proses pemasakan ini ada dua macam yaitu Chemical Pulping Process dan Mechanical pulping Process. Kayu diambil dari hutan produksi kemudian dipotong . dlln.Proses Pembuatan Kertas Kita semua tentu sering menggunakan kertas untuk berbagai kepentingan. menambahkan zat retensi. bahan kimia dan air) Dari stock preparation sebelum masuk ke headbox dibersihkan dulu dengan alat yang disebut cleaner.pori diantara serat kayu). Kertas yang sering kita gunaka itu biasanya terbuat dari kayu yang diolah dengan teknologi modern sehingga sampai ketangan kita. menambahkan filler (untuk mengisi pori . Hasilnya masuk ke bagaian pengering (dryer). Pulp ini yang diolah menjadi kertas pada mesin kertas (paper machine). Satu roll bagian atas di beri . membaca. headbox berfungsi untuk membentuk lembaran kertas (membentuk formasi) diatas fourdinier table. Press part berfungsi untuk membuang air dari web sehingga kadar padatnya mencapai 50 %. Proses Pembuatan Kertas (Paper machine) Sebelum masuk keareal paper machine pulp diolah dulu pada bagian stock preparation. Kadar padatnya sekitar 20 %. Hasil dari digester ini disebut pulp (bubur kertas). Bahan yang keluar dari bagian ini di sebut stock 9campuran pulp. Kayu dibuang kulitnya dengan mesin atau dikenal dengan istilah De . baik untuk menulis. Proses Pembuatan Kertas (pulp) 1. Fourdinier berfungsi untuk membuang air yang berada dalam stock (dewatering).potong menjadi ukuran kecil (chip) dengan mesin chipping.potong atau lebih dikenal dengan log. Dari cleaner stock masuk ke headbox. Hasil yang keluar disebut dengan web (kertas basah). Kertas masuk diantara dua roll yang berputar.Barker 3.

tekanan sehingga air keluar dari web.potong sesuai ukuran dan dikirim ke konsumen. karena kerja dryer tidak terlalu berat (air sudah dibuang 30 %). Hasilnya digulung di pop reel sehingga berbentuk gulungan kertas yang besar (paper roll). .Dryer berfungsi untuk mengeringkan web sehingga kadar airnya mencapai 6 %. Bagian ini dapat menghemat energi. Paper roll ini yang dipotong .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful