P. 1
Microsoft Word Materi

Microsoft Word Materi

|Views: 399|Likes:
Published by Desy Anjas Sari

More info:

Published by: Desy Anjas Sari on Aug 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/31/2013

pdf

text

original

Microsoft Word

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas-

Microsoft Word

Pengembang

Microsoft

Versi rilis terbaru

14.0.4760.1000 (2010) / Juni 15, 2010; 12 bulan yang lalu

Sistem operasi

Microsoft Windows, Mac OS X

Jenis

Pengolah kata

Lisensi

Perangkat Lunak Tak Bebas

Situs web

http://office.microsoft.com/word

Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983),Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.

Daftar isi
[sembunyikan]

1 Sejarah

o

1.1 Tahun 1990-1995

2 Fitur Unggulan 3 Lihat pula 4 Pranala luar

Sejarah Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodiedari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai. Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar. Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya. Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.

Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan. Tahun 1990-1995 Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata.

Fitur Unggulan 
       

AutoCorrect MailMerge Autopage Index Macro Auto Formating HTML editor Booklet layout Wysiwyg Mendukung format XML dan ODF (Word 2010)

A. Sejarah Singkat Microsoft Word Microsoft Word adalah aplikasi sebuah program pengolah kata (word processor) yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Program ini biasanya digunakan para pemakai komputer untuk kegiatan tulismenulis. Seperti pembuatan surat, proposal, artikel, brosur, booklet, dan lain-lain dengan aneka font (huruf) dan layout yang tersedia. Kita juga dapat membuat naskah ilmiah dengan rumus-rumus matematika, fisika maupun kimia dan mendesain sebuah dokumen dengan variasi gambar yang unik dan sangat lengkap. Selain, Microsoft Word, ada beberapa jenis word processor yang popular dan sudah beredar di masyarakat diantaranya : WordStar (WS), WordPerfect (WP), AmiPro, WordPad, dan lain-lain. Microsoft Word sebagai program pengolah kata memberikan fasilitas-fasilitas yang lebih familiar dibandingkan dengan pengolah kata lainnya. Program pengolah kata Microsoft Word telah mengeluarkan versi 1.0. sampai 6.0. untuk versi DOS. Kemudian, seiring dengan kemajuan perusahaan pembuatnyya, Microsoft Coorporation telah mengeluarkan 12 versi Microsoft Word, yaitu versi 95, 97, 2000, 2002, 2003, dan 2007. B. Cara Mengaktifkan Microsoft Word Kita dapat memulai atau menjalankan program aplikasi Microsoft Word dengan menggunakan langkah berikut : 1. Pilih dan Klik tombol Start 2. Pilih menu program 3. Kemudian, pilih dan klik program Microsoft Word 4. Tunggu sampai jendela program aplikasi Word ditampilkan Atau kita juga bisa mengklik mouse kiri sebanyak 2 x shortcut microsoft word pada dekstop C. Mengenal Layar Kerja Microsoft Word 1. Ikon Kontrol Menu (Control Menu Ikon) Digunakan untuk mengontrol jendela yang sedang aktif. Letaknya dipojok kiri paling atas sebelah baris judul. 2. Baris Judul (Title Bar) Adalah informasi berisi nama file dan nama program yang aktif atau sedang dikerjakan dalam Microsoft Word.

3. Tombol Ukuran (Sizzing Button) Digunakan untuk menentukan besar tampilan layar jendela word. Letaknya disebelah ujung kanan pada baris judul. Macam-macam tombol ukuran : a. Minimize Button : Untuk memperkecil ukuran jendela word b. Maximize Button : Untuk memperbesar ukuran jendela word c. Restore Button : Untuk mengembalikan jendela ke ukuran semula d. Close/Exit Button : Untuk menutup jendela dan mengakhiri program word 5. Baris Toolbar (Tool bar) Adalah kumpulan perintah dalam bentuk ikon-ikon yang berisi tool atau alat untuk mempermudah menyelesaikan dokumen. Fungsi utama Toolbar adalah mempercepat akses kesejumlah perintah yang sering dipakai. Untuk menggunakan Toolbar, klik salah satu icon yang mewakili perintah yang kita inginkan. Bila ikon tampak tertekan ke dalam, berarti ia sedang diaktifkan. Untuk menonaktifkannya, kita tinggal menekan ikon tersebut sekali lagi. Secara default, toolbar di Ms. Word ada dua yaitu Toolbar Standar dan Formating. a. Toolbar Standar Berisikan beberapa ikon untuk mengerjakan operasi standar, seperti menyimpan, membuka, mencetak dokumen, dan sebagainya. Biasanya, akan lebih cepat dengan mengklik sebuah tombol pada toolbar dari pada memilih perintah pada suatu menu. Toolbar Standar dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan mengklik View > Toolbar > Standar. b. Toolbar Formating Berisikan ikon untuk mem-format obyek-obyek pada dokumen. Obyek tersebut bisa berupa gambar, tabel, atau text dan sebagainya. Toolbar formatting bisa juga digunakan untuk memilih berbagai jenis huruf dan ukurannya. Toolbar formatting dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan memilih View ð Toolbar ð Formating. 6. Rulers Adalah mistar tabulasi yang terdapat pada bagian atas atau samping kiri dokumen. Mistar atau ruler ini berguna sebagai indikator lebar dan tinggi halaman dokumen berikut margin-nya. Untuk` Ruler horizontal, berfungsi juga sebagai alat pengaturan tabulasi dan indentasi. Ruler ini bisa ditampilkan dan juga bisa dihilangkan. Caranya, Klik View + Ruler.

7. Area Pengetikan Adalah tempat kita untuk mengetik atu mambuat dokumen. Kita dapat memulai mengetik teks pada posisi keberadaan kursor, dan setelah itu kursor secara otomatis bergerak ke arah kanan dengan jarak satu karakter 8. Kursor Berbentuk garis vertikal yang berkedip-kedip. Setiap karakter yang kita ketik akan muncul pada posisi kursor ini. Panah atas : Memindahkan satu baris ke atas Panah bawah : Memindahkan satu baris ke bawah Panah kiri : Memindahkan satu karakter ke kiri Panah kanan : Memindahkan satu karakter ke kanan Home : Memindahkan ke awal baris pengetikan End : Memindahkan ke akhir baris pengetikan Ctrl+Home : Memindahkan ke awal dokumen Ctrl+End : Memindahkan ke akhir dokumen Ctrl+panah atas : Memindahkan ke awal paragraf sebelumnya Ctrl+panah bawah : Memindahkan ke awal paragraf selanjutnya Ctrl+panah kiri : Memindahkan ke awal kata sebelumnya Ctrl+panah kanan : Memindahkan ke awal kata berikutnya 9. Task Pane Merupakan jendela yang ditampilkan di sebelah kanan dokumen dan membantu ketika mengedit dokumen.Jendela task pane akan ditampilann secara otomatisn sesuai dengan pekerjaan yang sedang dilakukan. 10. Scroll Bar Adalah papan navigasi untu menggulung layar dokumen, baik secara vertikal maupun horizontal. Bisa juga menggeser lembar dokumen ke kekiri atau ke kanan . Scroll bar yang digunakan untuk menggulung secara vertikal dikenal dengan nama Vertical Scroll bar dan untuk menggeser ke kiri atau ke kanan, disebut Horizontal Scrool bar. Cara menampilkan atau menyembunyikan Scrool Bar, Klik Tools ð Option ð View ð Beri tanda centang pada Horizontal Scroll bar ataupun Vertical Scroll bar ð Klik OK

11. Office Assistant Merupakan ikon untuk menampilkan menu batuan (help) dari suatu program aplikasi. Biasanya ditampilkan dalam bentuk gambar animasi yang menarik Untuk mengubah tampilan Office Asistant, ikuti langkah-langkah berikut : a. Posisikan pointer mouse pada gambar office asisten, lalu kili kanan 1x b. Pada kotak percakapan office asisten, pilih dan klik tombol option c. Muncul tampilan kotak dialog office asisten d. Klik tab Gallery e. Untuk memilih bentuk tampilan Office Assisant, klik tombol perintah Next atau back f. Klik OK jika tampilan sudah sesuai dengan keinginan kita 12. Tampilan Pilihan Layar (Tombol View) Digunakan untuk mengubah tampilan jendela dokumen dengan cepat (Normal, Web Layout, Print Layout, Outline, atau Reading). 13. Status Bar Adalah baris informasi pada posisi paling bawah dokumen. Status bar ini memberikan informasi mengenai jumlah halaman, halaman yang aktif dan sebagainya.

SEJARAH MICROSOFT OFFICE WORD ±

Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai. Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar. Word memiliki konsep ³What You See Is What You Get´, atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya. Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya. Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan. Tahun 1990-1995 Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata. (Sumber: id.wikipedia.org)

MEMULAI MICROSOFT WORD ± [kembali ke daftar isi]

Untuk memulai menjalankan program microsoft word? Silakan ikuti langkah-langkah berikut : 1. Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows. 2. Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih 3. Microsoft Office Word 2007. Unsur-unsur utama Layar Ms Word. 1. Judul Windows Baris Judul Menampilkan nama file dan aplikasi Microsoft Word, nama file sebelum dirubah adalah Document1, Document2 dan seterusnya. Pada pojok kanan sebelahnya window terdapat button minimize, maximize dan menutup aplikasi word. 2. Office Button Digunakan untuk : Membuat file baru Membuka file Menyimpan file Mencetak Keluar dari word Disebelah kanan office button terdapat button yang digunakan untuk menyimpan, Undo, Redo dan Customize Quick Access Toolbar. 3. Customize Quick Access Toolbar Digunakan untuk menampilkan button2 yang diinginkan untuk tampil pada taskbar, sebagai contoh jika kita klik button open dan new document, akan muncul button tersebut pada taskbar. Sebagai tips, tampilkan button yang sering anda gunakan untuk mempercepat pengerjaan. 4. Setiap menu yang aktif (yang kita Klik) akan memunculkan toolbar dibawahnya. Menu

5. Toolbar Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar yang berbentuk tombol) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program. 6. Kursor Kursor atau Insertion Point merupakan indikator tempat dimana teks akan muncul jika kita akan mengetik. Posisi ini perlu diperhatikan karena Ms Word menggunakannya sebagai dasar dalam melakukan suatu pekerjaan yang kita perintahkan. 7. Penggulung Teks Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar vertical dan horizontal.

8. Memasukkan Teks Setelah mengenal dasar-dasar layar Word, teks dapat langsung dimasukkan. Ada beberapa hal yang perlu diketahui: * Tab digunakan untuk mengidentasi pada baris pertama. * Word secara otomatis akan memulai baris baru sewaktu teks mencapai tepi kanan halaman. * Apabila terjadi kesalahan mengetik tekan Backspace untuk menghapusnya. * Tekan enter untuk menambah baris kosong. * Titik Sisip (kursor) Digunakan untuk memulai memasukkan teks. * Penunjuk Mouse bergerak dilayar sewaktu mouse digerakkan. Penunjuk ini tampak dalam bentuk huruf I atau panah. 9. Memperbaiki Teks Ketika suatu dokumen dibuat, seringkali perlu memindahkan titik sisip untuk menambah atau menghapus teks di lokasi yang berbeda. Caranya sebagai berikut : 9.1 Menggunakan Mouse Geser pointer mouse yang berbentuk I-beam ke posisi yang anda kehendaki pada area teks dan klik mouse. Jika posisi yang anda tuju tidak tampak, perlu menggulung ke lokasi yang diinginkan, gunakan panah atas dan bawah untuk naik atau turun satu baris. Gunakan panah double atas dan bawah (dibawah toolbar vertical) untuk naik atau turun satu halaman. 9.2 Menggunakan Keyboard Jika anda menggunakan tombol pada numeric keypad, pastikan bahwa NUM LOCK dalam keadaan off. Perhatikan tabel berikut ini.
Perpindahan Satu karakter ke kiri Satu karakter ke kanan Satu baris ke atas Satu baris ke bawah Ke akhir baris Ke awal baris Naik satu layar Ke bawah satu layar Akhir dokumen Awal dokumen End Home Page Up Page Down Ctrl + End Ctrl + Home Perintah

10. Menyimpan Dokumen Untuk menyimpan dokumen klik office button kemudian pilih Save atau klik button save pada Toolbar atau bisa langsung menggunakan keyword dengan menekan Ctrl + S dan akan muncul sebuah dialog, Kemudian pilihlah lokasi file (directory) pada bagian Save in:, ketiklah nama file pada bagian File name, kemudian tekan tombol Save. Sebagai latihan berilah nama pada file yang sudah diketik dengan nama Lat1.doc 11. Menutup Dokumen Bila sudah selesai mengerjakan suatu dokumen dan sudah selesai menyimpannya, mungkin perlu menutup dokumen dan setelah itu mengerjakan dokumen lain. Klik office button dan pilih Close. 12. Membuka Dokumen Untuk membuka dokumen klik office button dan pilih Open, Word akan menampilkan dialog box, kemudian Anda carilah directory dan Folder Yang menampung file yang akan dibuka pada bagian Look in lalu klik file yang akan dibuka kemudian tekan button Open maka file anda akan ditampilkan dilayar Word. Sebagai latihan, bukalah kembali file Lat1.doc yang sudah dibuat tadi.

MEMBUAT NASKAH PADA MICROSOFT WORD 2007 ± [kembali ke daftar isi]

A. Memulai Pembuatan Naskah ± [kembali ke daftar isi]
y y y

Aktifkan lembar kerja Microsoft Word Aturlah Margin lembar kerja Ketiklah naskah yang diinginkan

B. Setting / Mengatur Halaman Microsoft Word ± [kembali ke daftar isi] 1. Klik Page Layout a. Klik Tab Margin b. Pilih bentuk margin yang diinginkan c. Jika tidak ada ukuran yang cocok, klik di Custom Margin dan tentukan: * Top : Jarak antara sisi atas kertas dengan teks/naskah. * Bottom : Jarak antara sisi bawah kertas dengan teks/naskah. * Left : Jarak antara sisi kiri kertas dengan sisi kiri naskah. * Right : Jarak antara sisi kanan kertas dengan sisi kanan naskah. * Gutter : Jarak spasi tambahan pada margin kiri yang ditujukan sebagai tempat penjilidan. * Gutter Position : Letak gutter. * Orientation : Pengaturan arah cetakan halaman dengan Portrait (memanjang) dan Landscape (melebar). * Preview : Tampilan layar Word. 2. a. Paper tentukan Size inginkan.

Klik

di

SIZE,

kemudian

ukuran

kertas

yang

di

b. Jika tidak ada Contoh : A4, Legal, dll.

yang

sesuai

klik

di

More

Paper

Size

C. Tata Cara Penulisan Microsoft Word 2007 ± [kembali ke daftar isi]
y y y y y y y y y y

Untuk pengetikan huruf besar di awal kata atau kalimat, tekanlah tombol Shift bersamaan dengan tombol huruf awal kata (jika Caps Lock tidak hidup) Untuk pengetikan naskah dalam huruf besar semua, tekan tombol Caps Lock. Untuk menghapus kata atau kalimat sebelah kiri tekan tombol Backspace. Untuk menghapus kata atau kalimat sebelah kanan tekan tombol Delete. Untuk menurunkan kursor ke baris berikutnya tekan tombol Enter. Untuk masuk ke paragraph baru tekan tombol Tab. Untuk memberikan spasi pada suatu kata atau kalimat tekan tombol Spacing. Untuk menuju ke awal kalimat teks tekan tombol Home. Untuk menuju ke akhir kalimat teks tekan tombol End. Untuk mengaktifkan tombol angka keyboard sebelah kanan tekan tombol Num Lock.

D. Pengaturan Perataan Teks Microsoft Word - [kembali ke daftar isi] Untuk meratakan teks, pilih salah satu bentuk perataan yang diinginkan: Align Left (Ctrl + L) : Perataan teks sebelah kiri. Center (Ctrl + E) : Perataan teks di tengah. Align Right (Ctrl + R) : Perataan teks sebelah kanan. Justify (Ctrl + J) : Perataan teks sebelah kiri dan kanan

MENGEDIT NASKAH PADA MICROSOFT WORD 2007 ± [kembali ke daftar isi]

A. Membuat Block Pada Teks ± [kembali ke daftar isi]
y y

Menggunakan Keyboard, tempatkan kursor pada awal kata / kalimat yang akan diblock Tekan tombol Shift sambil menekan tanda panah ( > ) ke awal kata / kalimat.

Atau bisa menggunakan Mouse
y y y

Klik kiri tanpa dilepas (drag ) pada awal kata / kalimat yang akan diblock Seret penunjuk mouse hingga ke akhir kata / kalimat yang akan diblock Lepas klik mouse tersebut

Untuk menghilangkan tanda block di teks klik di sembarang tempat dalam jendela dokumen. B. Mengcopy Kata / Kalimat ± [kembali ke daftar isi]
y y

Block kata / kalimat yang akan di-copy Klik icon Copy atau dengan tombol Ctrl + C

y y

Letakkan kursor pada tempat yang akan diletakkan hasil copy-an Klik icon Paste atau dengan tombol Ctrl + V

C. Memindahkan Kata / Kalimat ± [kembali ke daftar isi]
y y y y

Block kata / kalimat yang akan dipindahkan Klik klik icon Cut atau dengan tombol Ctrl + X Letakkan kursor pada tempat yang ingin dipindahkan. Klik icon paste atau dengan tombol Ctrl + V

D. Membatalkan Perintah ± [kembali ke daftar isi] Apabila dalam pengetikan tidak sengaja melakukan kesalahan, baik dalam pengeditan, pemformatan dan lain sebagainya maka gunakan: Undo (Ctrl + Z) : Membatalkan pengeditan. Redo (Ctrl + Y) : Membatalkan pembatalan pengeditan E. Change Case 1. Blok kalimat / kata 2. Klik menu Home ± Change Case
y y y y y

yang

[kembali ingin

ke dirubah

daftar isi] format hurufnya.

Sentence case : Mengubah kalimat pada teks dengan diawali huruf besar. lowercase : Mengubah kata atau kalimat dengan huruf kecil. UPPERCASE : Mengubah kata atau kalimat dengan huruf besar. Title Case : Mengubah setiap awal kata dengan huruf besar. tONGLE cASE : Mengubah setiap awal kata dengan huruf kecil

F. Find, Replace, 1. Find (Mencari)
y y y y

and

Go

To

-

[kembali

ke

daftar

isi]

Klik icon Find atau tekan tombol Ctrl + F Ketik kata yang akan dicari di kotak Find What Klik Find Next untuk mencari Tutup jendela tampilan ( X ) Find and Replace

2. Replace (Mengganti)
y y y y y

Klik icon Replace atau tekan tombol Ctrl + H Ketik kata yang ada pada dokumen yang ingin diganti di kotak Find What Ketik kata pengganti di kotak Replace With Klik Replace All (Untuk mengganti semua kata) atau Replace (untuk mengganti satu kata saja) Tutup jendela tampilan Find and Replace

3. Go To (Menuju Ke Halaman Tertentu)
y y y

Klik icon Go To atau tekan tombol Ctrl + G Ketik angka atau nomor halaman yang dituju pada Enter Page Number. Lalu klik Next

PEMFORMATAN NASKAH PADA MICROSOFT WORD 2007 ± [kembali ke daftar isi]

A. Mengatur Paragraf dan Spasi ± [kembali ke daftar isi]
y y y y

Klik icon Paragraph Klik Indent and Spacing Pada Spacing tentukan berapa spasi yang diinginkan Klik Ok.

Atau dengan cara Blok kalimat yang ingin Tekan tombol o Untuk 1 spasi tekan Ctrl o Untuk 1½ spasi tekan Ctrl + o Untuk 2 spasi tekan Ctrl + 2 (Double) B. Bullets 1. Bullets
y y y y y y

lain diatur + 5

: paragrafnya kombinasi: 1 (Single) (1,5 lines)

and

Numbering

±

[kembali

ke

daftar

isi]

Blok atau tandai bagian naskah yang ingin dibuat Bullets. Klik tab Home klik icon bullet Untuk memilih jenis bullet klik tanda panak ke bawah, klik bullet yang anda harapkan. Selain itu juga bisa memilih alternatif Bulleted yang lain dengan mengklik Define New Bullet. Klik Character, lalu pilih jenis Bulleted yang Anda inginkan. Klik OK

2. Numbered
y y y y y y

Blok atau tandai bagian naskah yang ingin dibuat numbered. Klik tab Home klik icon numbered Untuk memilih jenis bullet klik tanda panak ke bawah, klik bullet yang anda harapkan. Selain itu juga bisa memilih alternatif Bulleted yang lain dengan mengklik Define New Bullet. Klik Character, lalu pilih jenis Bulleted yang Anda inginkan. Klik OK

C. 1. Dari Page * * * *

Shading ± [kembali Membuat tab Page Layout klik ikon Border : Membuat garis Setting : Memilih bentuk Style : Memilih bentuk garis Color : Memilih warna garis Width : Memilih ketebalan garis Borders and

ke page bingkai bingkai bingkai bingkai bingkai

daftar

isi] Border borders halaman. halaman. halaman. halaman. halaman.

* *Options Klik OK

Art :

:

Memilih Memberikan

jenis pilihan pada

bingkai jarak

halaman. bingkai.

2. Membuat Columns Klik tab Page Layout * Klik icon Columns * Tentukan jumlah kolom yang kalian inginkan * Jika tidak ada yang sesuai klik di More Coloums, kemudian tentukan jumlah kolom. Number of columns : Menentukan jumlah kolom. Width : Menentukan lebar kolom Preview : Melihat tampilan sementara * Klik OK 3. Membuat Drop Cap * Klik tab insert * Klik di Icon Drop Cap * Pilih Dropped atau In Margin * Seandainya bentuknya tidak sesuai klik di Drop Cap Options * Tentukan pengaturannya : Position : Pilih letak teks yang diinginkan. Font : Pilih jenis huruf. Lines to drop : Tentukan jumlah baris tinggi drop cap. Distance from text : Memodifikasi jarak drop cap dengan teks * Klik OK D. Menyisipkan Nomor Halaman Ms. Word 2007 ± [Kembali ke daftar isi] Untuk dapat menyisipkan nomor di setiap lembar atau halaman pada microsoft word 2007, silakan ikuti langkah-langkah berikut :
y y y y

Klik tab Insert Klik icon Page Number Klik tanda panah kebawah dan tentukan posisi number Jika tidak ada yang sesuai, klik di Format Page Number

Format : Memodifikasikan format nomor halaman. * Number format : Memilih format nomor halaman. * Page numbering : Mengatur urutan nomor halaman. - Continue from previous section : Penomoran halaman secara berurutan mulai dari awal hingga akhir. - Start At : Pengaturan nomor halaman awal E. Membuat Header dan Footer Ms. Word 2007 ± [Kembali ke daftar isi]
y y y

Klik di icon Header atau Footer Klik tanda panah ke bawah dan tentukan posisi Header Isikan catatan atas pada kolom Header dan catatan bawah pada kolom Footer

y

Klik Close

F. Menyisipkan Teks Word Art Pada Ms. Word 2007 ± [Kembali ke daftar isi]
y y y

Klik di icon WrdArt Klik tanda panah kebawah dan pilih disain WordArt. Edit WordArt Text: Ketik teks pada kotak teks.

* Font : Memilih jenis huruf. * Size : Memilih ukuran huruf. * B (Bold) : Teks WordArt cetak tebal. * I (Italic) : teks WordArt cetak miring
y Klik OKG. Menyisipkan Gambar Pada Microsoft Word 2007 - [Kembali ke daftar isi]
y y y y y y y

Klik icon ClipArt Pada pane tugas Insert ClipArt, klik Clip Organizer dan pilih gambar yang ada. Klik perintah Copy dan tutup jendela Microsoft Clip Organizer Klik perintah Paste Memasukkan gambar dari File Klik Icon Picture Pilih file gambar yang ada Klik tombol Insert

MEMBUAT TABEL PADA MICROSOFT WORD 2007 [Kembali ke daftar isi]

A. Membuat Tabel Word [Kembali ke daftar isi] => Klik tab Insert Klik icon Table => Klik tanda panah kebawah dan tentukan jumlah baris dan kolom yang dibutuhkan.

Jika tidak ada bentuk kolom yang sesuai, klik Insert Table o Table size : Ukuran table. * Number of columns : Tentukan jumlah kolom. * Number of rows : Tentukan jumlah baris o AutoFit behavior : Pengepasan tabel otomatis. o AutoFormat : Memilih bentuk format tabel. => OK B. Fasilitas Pengolahan Tabel ± [Kembali ke daftar isi] Dari Menu Tab pilih :
y y y

Draw Table : Menggambar kotak tabel. Insert : Menyisip tabel, kolom, baris atau sel. Delete : Menghapus tabel, kolom, baris atau sel.

y y y y y y y y y y y y

Select : Memilih tabel, kolom, baris atau sel. Merge Cells : Menggabungkan sel. Split Cells : Membagi sel. Split Table : Membagi tabel. Table AutoFormat : Memilih format tabel. Auto Fit : Mengepas kolom / baris otomatis. Heading Rows Repeat : Mengulangi judul tabel ke tabel halaman berikutnya. Convert : Mengubah jenis penulisan teks menjadi tabel atau sebaliknya. Sort : Mengurutkan data tabel. Formula : Operasi perhitungan data tabel. Hide Gridlines : Menyembunyikan garis bantu tabel. Table Properties : Memodifikasikan tabel, kolom, baris atau sel

C. Cara Menggunakan Formula Pada Microsoft Word 2007 ± [Kembali ke daftar isi]
y y y y

Letakkan kursor pada sel yang akan diisi rumus Klik tab Layout Klik di icon Formula Isikan kotak Formula dengan

Keterangan : o =Product(Left) Untuk mengalikan semua bilangan yang ada sebelah kiri o =Product(Right) Untuk mengalikan semua bilangan yang ada sebelah kanan o =Product(Above) Untuk mengalikan semua bilangan yang ada diatasnya o =Sum(Left) Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada sebelah kiri o =Sum(Right) Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada sebelah kanan o =Sum(Above) Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada atasnya
y

Klik OK

CARA MENGGUNAKAN AUTOSHAPES [Kembali ke daftar isi]

a. Membuat AutoShapes
y y y y y

Klik tab Insert Klik icon Shapes. Klik tanda panah kebawah. Pilih bentuk yang diinginkan. Letakkan penunjuk mouse diawal gambar. lalu drag (seret) sesuai dengan keinginan, lalu lepas drag-nya.

b. Memasukkan Teks pada AutoShapes
y y

Klik gambar AutoShape yang ingin diisi teks di dalamnya Klik icon Text Box

y y

Klik pointer pada gambar AutoShape yang ingin diisi tulisan di dalamnya Ketikkan Teks yang diinginkan dalam kotak tersebut

Atau
y y y

Klik kanan gambar AutoShape yang ingin diisi teks di dalamnya Klik Add Text Ketikkan Teks yang diinginkan dalam kotak tersebut

RUMUS MICROSOFT WORD [Kembali ke daftar isi]

A. Membuat Typesetting Matematis
y y y y y

Klik tab Insert Klik icon Equation Klik tanda panah kebawah dan pilih jenis Equation yang anda inginkan Jika tidak ada yang cocok klik di Insert New Equation Ketik Equation yang anda inginkan Jika telah selesai klik sembarang tempat dalam lembaran kerja

B. Subscript (Pangkat bawah) dan Superscript (Pangkat Atas) Pada Microsoft Word 2007
y y y

Blok huruf atau kalimat yang akan dijadikan subscript atau superscript Klik tab Insert dan klik icon Subscript atau Superscript Dapat juga dengan mtekan tombol kombinasi:

o Ctrl + = atau klik icon (untuk subscript / huruf agak kecil dan kebawah sedikit) o Ctrl + Shift + = atau klik icon (untuk superscript / huruf agak kecil dan sedikit ke atas)

PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA ( MICROSOFT WORD 2003 ) Mengenal Tampilan Word

Tampilan Word Title Bar Menu Bar

Keterangan berfungsi untuk menampilkan nama dokumen yang sedang aktif di jendela word. merupakan tempat untuk menampilkan menu-menu yang memuat daftar perintahperintah word. merupakan komponen jendela untuk memuat tombol-tombol perintah. Setiap tombol mewakili sebuah perintah yang terdapat di Menu. berfungsi untuk menunjukkan ukuran sebenarnya dari halaman dokumen yang sedang dikerjakan baik secara horizontal maupun vertikal. terdiri dari 3 buah tombol, tombol - , berfungsi untuk memperkecil tampilan jendela

Toolbar Mistar Horizontal & Vertikal

Kontrol Jendela tombol , berfungsi untuk memperbesar tampilan jendela

tombol X , berfungsi untuk menutup jendela Kursor Scroll Bar Vertikal & Horizontal Status Bar menunjukkan halaman dokumen yanmg sedang aktif.

berfungsi untuk menggeser halaman dokumen yang ditampilkan

berfungsi menampilkan informasi yang berhubungan dengan dokumen yang sedang dikerjakan. merupakan jendela kecil yang terdapat pada aplikasi office yang memuat daftardaftar perintah yang biasa digunakan. Task Pane akan ditampilkan jika kita menjalankan perintah New, Search, Office clipboard, Clip Art, Task Pane.

Task Pane

Menu Bar Menu File : berisi perintah-perintah yang berhubungan dengan pengaturan file-file dokumen.

Nama Perintah New Open Close Save Save As Save as Web Page File Search Permission Versions Web Page Preview Page Setup

Tombol di Keyboard Ctrl + N Ctrl + O Alt + F4 Ctrl + S F12

Fungsi Perintah untuk membuat dokumen baru. Perintah untuk membuka dokumen yang sudah ada. Perintah untuk menutup dokumen. Perintah untuk menyimpan dokumen yang sudah ada. Perintah untuk menyimpan dokumen yang belum diberi nama atau mengganti file dokumen yang akan disimpan. Perintah untuk menyimpan file/dokumen dalam bentuk web. Perintah untuk mencari dokumen. Perintah untuk pengaturan hak akses terhadap dokumen yang dibuat. Perintah untuk menampilkan tanggal, waktu, dan nama orang yang merekam dengan menggunakan versi yang disediakan oleh Ms. Word. Perintah untuk menampilkan dokumen dalam bentuk halaman web. Perintah untuk mengatur ukuran kertas. Perintah untuk menampilkan hasil dokumen yang telah dibuat sebelum di print / cetak. Perintah untuk mencetak dokumen. Perintah untuk mengirim dokumen ke media lain dalam bentuk Email (Email Recipient, Email Recipient (for review), Email Recipient (as attachment), Ms. Power point, Bluetooth, dsb. Perintah untuk menampilkan informasi tentang dokumen yang sedang aktif. Perintah untuk mengakhiri program.

Alt + FG Alt + FH Alt + FM Alt + FR

Alt + FB Alt + FU

Print Preview Ctrl + F2 Print Ctrl + P

Send To

Alt + FD

Properties Exit

Alt + FI Alt + F4

Menu Edit : berisi perintah-perintah untuk melakukan pengeditan dokumen. Nama Perintah Undo / Undo Typing Redo Repeat Typing Cut Copy Office Clipboard Paste Paste Spesial Paste as Hyperlink Clear Tombol di Keyboard Ctrl + Z Ctrl + Y Ctrl + Y Ctrl + X Ctrl + C Fungsi

Perintah untuk membatalkan perintah terakhir. Perintah untuk membatalkan perintah undo. Perintah untuk mengulangi perintah terakhir. Perintah untuk mengopi teks dengan menghapus teks yang dicopy. Perintah untuk mengopi teks tanpa menghapus teks yang di copy.

Alt + EB Ctrl + V Alt + ES Alt + EH

Perintah untuk menampilkan task pane clipboard. Perintah untuk menyalin teks yang sudah di copy. Perintah untuk menyalin teks dengan berbagai macam tipe teks. Perintah untuk menyalin teks dengan bentuk teks hyperlink. Perintah untuk menghapus teks atau gambar yang salah atau yang tidak diinginkan. Perintah untuk memilih semua teks (yang sudah di tulis) yang terdapat di dokumen. Perintah mencari teks atau kata yang terdapat di dokumen. Perintah untuk mengganti teks. Perintah untuk berpindah halaman, baris, kolom, objek, footnote, endnote, bookmark, comment, table, dsb. Perintah untuk membuat hubungan dengan file / dokumen lain. Perintah untuk mengedit objek.

Del

Select All Find Replace Go To Links Object

Ctrl + A Ctrl + F Ctrl + H Ctrl + G Alt + EK Alt + EO

Menu View : berisi perintah-perintah untuk mengatur apa saja yang ditampilkan dijendela word dan mengatur bagaimana tampilan sebuah dokumen. Nama Perintah Normal Web Lay Out Tombol di Keyboard Alt + Ctrl + N Alt + VW Fungsi Perintah untuk menampilkan layar dokumen dalam bentuk normal. Perintah untuk menampilkan layar dokumen dalam bentuk Web Lay Out. Perintah untuk menampilkan layar dokumen dalam bentuk Print Lay Out. Perintah untuk menampilkan layar dokumen dalam bentuk Reading Lay Out. Perintah untuk menampilkan layar dokumen dalam bentuk Outline. Perintah untuk menampilkan jendela Task Pane. Perintah untuk menampilkan dan menyembunyikan Toolbar. Perintah untuk menampilkan dan menyembunyikan ruler / penggaris / mistar. Perintah untuk menampilkan document map ( peta dokumen yang memberitahukan tentang posisi dan letak dokumen. Perintah untuk menambahkan tampilan layar dokumen dalam bentuk thumbnails. Perintah untuk menambahkan dan menampilkan teks diatas (header) maupun dibawah (footer) dokumen , biasanya digunakan untuk menambahkan nomor halaman di dokumen. Perintah untuk menambahkan catatan kaki di dokumen. Perintah untuk menambahkan markup / komentar pada dokumen. Perintah untuk menampilkan dokumen dalam satu layar penuh Perintah untuk menentukan ukuran tampilan yang akan ditampilkan dalam layar.

Print Lay Out Reading Lay out Outline Task Pane Toolbars Ruler Document Map Thumbnails

Alt + VP

Alt + VR Alt + Ctrl + O Ctrl + F1 Alt + VT Alt + VL

Alt + VD

Alt + VB

Header and Footer Footnotes Markup Full screen Zoom

Alt + VH

Alt + VF Alt + VA Alt + VU Alt + VZ

Menu Insert : berisi perintah-perintah untuk menambahkan sesuatu kedalam dokumen.
Nama Perintah Break Page Numbers Date and Time AutoText Field Symbol Comment Tombol di Keyboard Alt + IB Alt + IU Alt + IT Alt + IA Alt + IF Alt + IS Alt + IM Fungsi

Perintah untuk menentukan jenis perpindahan, yaitu perpindahan halaman, kolom , teks. Perintah untuk menambahkan nomor halaman dokumen. Perintah untuk menambahkan tanggal dan waktu di dokumen. Perintah untuk menambahkan text yang disediakan oleh Ms. Word. Perintah untuk menambahkan field-field yang disediakan oleh Ms. Word. Perintah untuk menambahkan symbol yang disediakan oleh Ms. Word. Perintah untuk menambahkan Comment pada text yang dipilih. Perintah untuk menambahkan referensi pada text seperti catatan kaki (footnote), caption, cross reference, index and tables.

Reference

Alt + IN

Web Component

Alt + IW

Perintah untuk menambahkan komponen web.

Perintah untuk menambahkan picture (gambar) kedalam dokumen, seperti : 1. 2. 3. Picture Alt + IP 4. 5. 6. Clipt Art : menambahkan gambar dasar yang dimiliki oleh Ms.Word ke dalam dokumen aktif. From file : menambahkan gambar dari file yang ada di komputer ke dalam dokumen aktif. From Scanner or camera : menambahkan gambar dari scanner atau kamera ke dalam dokumen aktif. New drawing. AutoShapes. WordArt : menambahkan teks yang mengandung seni kedalam dokumen aktif. 7. Organization Chart : menambahkan gambar organisasi diagram yang ke dalam dokumen aktif. 8. Chart : menambahkan gambar diagram yang ke dalam dokumen aktif. Diagram Text box File Alt + IG Alt + IX Alt + IL Perintah untuk menambahkan diagram yang disediankan oleh Ms.Word ke dalam dokumen. Perintah untuk menambahkan text didalam sebuah kotak (text box). Perintah untuk menambahkan file lain berupa text/gambar secara keseluruhan didalam dokumen. Perintah untuk menambahkan object berupa object file lain ke dalam dokumen. Apabila kita mengklik object tersebut maka akan ditampilkan isi dari object tersebut. Perintah untuk memberikan nama pada teks, sehingga pada saat bookmark di panggil maka akan langsung menunjuk pada teks yang dituju Perintah untuk menambahkan link (hubungan) dengan file / program lain.

Object

Alt + IO

Bookmark

Alt + IK

Hyperlink

Ctrl + II

Menu Format : berisi perintah-perintah untuk mengatur format sebuah dokumen.
Nama Perintah Tombol di Keyboard Alt + OF Alt + OP Perintah untuk mengatur jenis huruf. Perintah untuk mengatur indentasi, paragraf, spasi, pemotongan baris, dan halaman pada dokumen. Digunakan untuk menampilkan atau menghilangkan karakter berbutir (Bullets) dan pemberian nomor (Numbering) dalam suatu paragraf. Fungsi

Font Paragraph Bullets and Numbering Borders and Shading Column Tabs Drop Cap Text Direction

Alt + ON

Alt + OB

Perintah untuk memberikan bingkai dan arsiran di dokumen.

Alt + OC Alt + OT Alt + OD Alt + OX

Perintah untuk membuat / menambahkan kolom. Perintah untuk menentukan batas tabulasi. Perintah untuk memberikan efek drop cap / perintah untuk mengatur tampilan huruf pertama pada teks. Perintah untuk mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang sudah kita buat. Perintah untuk merubah huruf menjadi kecil atau kecil. Terdiri dari : 1. 2. Sentence Case : berfungsi untuk merubah huruf pertama teks menjadi huruf besar. Contoh : Teknologi informasi dan komunikasi. lowercase : berfungsi untuk merubah huruf pertama teks menjadi huruf kecil. Contoh : teknologi informasi dan komunikasi. UPPERCASE : berfungsi untuk merubah semua huruf menjadi besar semua. Contoh : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI. Title Case : berfungsi untuk merubah huruf teks sesuai dengan aturan dalam pembuatan judul. Contoh : Teknologi Informasi dan Komunikasi. tOGGLE cASE : berfungsi untuk merubah huruf besar menjadi kecil dan huruf kecil menjadi besar . Contoh : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI , teknologi informasi dan komunikasi.

Change Case

Shift + F3

1. 2. 3.

Background Theme Frames AutoFormat Styles and Formatting Reveal Formatting Insert Text Box

Alt + OK Alt + OH Alt + OR Alt + OA

Perintah untuk memberikan efek warna pada latar belakang (background) dokumen. Perintah untuk memberikan efek tema (theme) pada latar belakang dokumen. Perintah untuk membuat tabel dalam bentuk frame. Perintah untuk merubah format dokumen menjadi bentuk general document, letter (surat), email.

Alt + OS

Perintah untuk merubah styles dan format tulisan.

Shift + F1

Perintah untuk menampilkan task pane reveal formatting, yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks. Perintah untuk menambahkan teks didalam kotak.

Alt + OO

Menu Tools : berisi perintah-perintah tools yang dimiliki oleh word.
Nama Perintah Tombol di Keyboard F7 Alt + click Alt + TL Alt + T Alt + TW Fungsi

Speling and grammar Research Language Word Count AutoSummarize

Perintah untuk memeriksa teks apakah sudah sesuai dengan ejaan dalam bahasa inggris. Perintah untuk memperbaiki teks secara otomatis. Perintah untuk memilih bahasa yang diinginkan. Perintah untuk menghitung jumlah halaman, kata, karakter, paragraf dan baris. Perintah untuk merangkum point-point secara otomatis dalam dokumen. Perintah untuk mengubah perintah keyboard / mouse dengan suara menggunakan bahasa yang dikenal dan dimengerti oleh Ms. Word. Perintah untuk melakukan sharing dokumen dengan orang lain menggunakan internet. Perintah untuk menampilkan fasilitas track change.

Speech

Alt + TH

Shared Workspace Track Changes Compare and Merge Document Protect Document

Alt + TK Ctrl + Shift + E

Alt + TD

Perintah untuk membandingkan dan menggabungkan dokumen.

Alt + TP

Perintah untuk melindungi dokumen agar aman dari pengubahan didalam dokumen. Perintah untuk melakukan kolaborasi dengan para pengguna internet, misalnya : diskusi atau netmeeting Perintah untuk membuat surat secara massal. Terdiri dari : 1. Mail merge : berfungsi untuk menggabungkan surat. Show mail merge toolbar : berfungsi untuk menampilkan toolbar mail merge. Envelopes and labels : berfungsi untuk membuat amplop dan memberikan label di dalam dokumen aktif. Letter wizard : berfungsi untuk membuat surat dengan menggunakan wizard.

Online Collaboration

Alt + TN

Letters and Mailings

Alt + TE 1. 2. 3.

Macro Template and Add-Ins

Alt + TM Alt + TI

Perintah untuk membuat macro. Perintah untuk membuat template. Perintah untuk membuat autocorrect options atau perintah untuk melakukan koreksi terhadap teks. Perintah untuk menambah toolbar dan perintah-perintah yang ada di toolbar. Perintah untuk melakukan pengaturan terhadap program Ms. Word.

AutoCorrect options

Alt + TA

Customize Options

Alt + TC Alt + TO

Menu Table : berisi perintah-perintah yang digunakan pada saat kita bekerja dengan sebuah tabel.
Nama Perintah Draw Table Insert Tombol di Keyboard Alt + AW Alt + AI Fungsi Perintah untuk menggambar / membuat tabel Perintah untuk digunakan untuk menambahkan tabel, kolom, baris dan sel di tabel. Perintah untuk menghapus tabel (delete table), menghapus kolom (delete columns), menghapus baris (delete rows), menghapus sel (delete cells). Perintah untuk memilih tabel, kolom, baris dan sel. Perintah untuk menggabungkan beberapa sel yang dipilih. Perintah untuk membagi sel menjadi beberapa bagian sel. Perintah untuk membagi tabel menjadi beberapa tabel. Perintah untuk memilih jenis format tabel yang di sediakan oleh Ms. Word. Perintah untuk menentukan lebar kolom secara otomatis disesuaikan dengan ukuran jendelanya. Perintah untuk mengulangi menampilkan atau menyembunyikan format khusus pada bagian judul (baris paling atas). Perintah untuk melakukan konversi (mengubah) dari teks ke tabel maupun dari tabel ke teks. Perintah untuk mensortir dan mengurutkan data di tabel dari A-Z (sort ascending) dan mengurutkan data di tabel dari Z-A (sort descending). Perintah untuk memberikan formula (digunakan untuk melakukan perhitungan) di tabel. Perintah untuk menyembunyikan garis bantu (hide gridlines) dan menampilkan garis Bantu (show gridlines). Perintah untuk menampilkan dan merubah properties (keterangan) tabel, kolom, baris dan sel.

Delete Select Merge Cells Split Cells Split Table Table AutoFormat AutoFit Heading Rows Repeat Convert

Alt + AD Alt + AC Alt + AM Alt + AP Alt + AT Alt + AF

Alt + AH

Alt + AH

Alt + AV

Sort

Alt + AS

Formula

Alt + AO

Hide Gridlines

Alt + AG

Table Properties

Alt + AR

Menu Window : berisi perintah-perintah untuk mengatur tampilan jendela Ms. Word. Nama Perintah Tombol di Keyboard Alt + WN Fungsi Perintah untuk membuka jendela baru dengan memperlihatkan dokumen yang sama. Perintah untuk menampilkan dan menyusun semua jendela yang aktif agar bisa dilihat semua. Perintah untuk menggabungkan dokumen-dokumen Ms. Word yang sedang di buka /aktif. Perintah untuk membagi jendela ms. Word menjadi dua bagian.

New Window

Arrange All Compare Side By Side with Ms. Word Split

Alt + WA

Alt + WB

Alt + WS

Menu Help : berisi perintah-perintah untuk menampilkan bantuan Nama Perintah Microsoft Office word help Show the office assistant Microsoft Office Online Contact Us Tombol di Keyboard F1 Fungsi Perintah untuk menampilkan fasilitas pertolongan (help) yang dimiliki oleh Ms. Word. Perintah untuk menampilkan dan menyembunyikan office assistant. Perintah untuk koneksi ke website Ms. Word secara online melalui media internet. Perintah untuk menampilkan penjelasan dari produk Ms. Word yang kita gunakan. Perintah untuk menampilkan fasilitas pertolongan WordPerfect ( WordPerfect help). Perintah untuk melakukan cek terhadap produk Ms. Word yang digunakan apakah sudah update. Perintah untuk mendeteksi dan memperbaiki kesalahan secara otomatis di Ms. Word. Perintah untuk mengaktifkan produk Ms. Word.\ Perintah untuk menampilkan pilihan fasilitas (service options) untuk customer (pelanggan) yang menggunakan Ms. Word. Perintah untuk menampilkan informasi mengenai program Ms. Word yang sedang digunakan.

Alt + HO

Alt + HM

Alt + HC

WordPerfect Help

Alt + HP

Check for updates

Alt + HK

Detect and Repair Active product Customer Feedback Options About Microsoft Office Word

Alt + HR Alt + HV Alt + HF

Alt + HA

SubMenu : adalah menu tambahan yang terdapat pada sebuah menu.

Menu Pop-Up : adalah menu yang muncul apabila kita mengklik kanan di dokumen atau jendela word.

Pengertian Hardware (perangkat keras) Komputer
November 17, 2008Posted in: Basic Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesianya disebut juga dengan nama perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah. Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi : 1. input divice (unit masukan) 2. Process device (unit Pemrosesan) 3. Output device (unit keluaran) 4. Backing Storage ( unit penyimpanan) 5. Periferal ( unit tambahan) komponen dasar komputer yang terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape.

Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card. 1. Unit Masukan ( Input Device ) Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu : ‡ Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner. ‡ Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk. Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu : a. Keyboard Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

keyboard qwerty

Jenis-Jenis Keyboard : 1.) QWERTY 2.) DVORAK 3.) KLOCKENBERG Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu : 1. typewriter key 2. numeric key 3. function key 4. special function key. b. Mouse Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.

perangkat mouse Mouse Wireless

c. Touchpad Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.

Touch Pad

Touch Pad Track Ball

Pointing Stick d. Light Pen Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

perangkat Light Pen

e. Joy Stick dan Games Paddle Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

Gambar Joy Stick dan Paddle Games f. Barcode Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.

Barcode Reader

contoh barcode Gambar Barcode

g. Scanner Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.

Scanner Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa. h. Kamera Digital Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.

kamera digital

i. Mikropon dan Headphone Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.

headphone j. Graphics Pads Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X ± Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.

2. Process device (unit Pemrosesan) Power Supplay Lower supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan).

RAM (Random Access Memory) ± Memory RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi. pengertian ram lebih detail klik di sini

Kartu grafis (unit keluaran) Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer. Beberapa kartu grafis menawarkan fungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor untuk penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire, dan menghubungkan menuju beberapa layar. Beberapa perusahaan yang membuat kartu grafis terkenal antara lain adalah ATI, Matrox, dan NVIDIA.

Prosesor (unit pemprosesan) Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda, pengertian prosesor <± lengkap klik di sini

Motherboard (unit pemprosesan) Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata mobo. Pada motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan. Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.

3. Output device ( Unit keluaran ) Monitor monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).

Printer Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet. klik di sini ±> pengertian printer lebih detail

Speaker Sepaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.

4. Backing Storage ( unit penyimpanan) Harddisk (HDD) Harddisk bisa juga disebut Harddisk drive (HDD) atau hard drive (HD), Harddisk adalah sebuah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder, di dalam harddisk berisi piringan magnetis. Harddisk pertama kali diciptakan oleh salah satu insinyur IBM, ia adalah Reynold Johnson pada tahun 1956. Harddisk yang juga dikenal dengan nama piringan keras ini pertama kali terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki atau 0,6 meter, dengan kecepatan putaran mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung. Dalam perkembangannya harddisk ukuran fiskiknya menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Harddisk saat juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun kabel lain yang mendukung.

5. Periferal (unit tambahan) Contoh perangkat keras komputer yang termasuk dalam unit tambahan atau periferal antara lain Modem pengertian Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses ³menumpangkan´ data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal Analog, klik di sini untuk pengertian modem lebih detail

kartu suara Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3: - Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer. - Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Ratarata, sekarang sudah menggunakan PCI - Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire

referensi: rudihd.wordpress.com, id.wikipedia.org

KELOMPOK : NAMA : - ATIKA AGUSTINA - DESI ANJAS SARI - POPPY NOVYANTIE - SEVINA HARINTY

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->