P. 1
KESPRO REMAJA

KESPRO REMAJA

|Views: 268|Likes:

More info:

Published by: Rosanna Yasmine Tanaya on Aug 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/28/2014

pdf

text

original

KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA

SIE KESGA BID BINKESMAS DINAS KESEHATAN KABUPATEN LEBAK 2009

DEFINISI KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA
€ Kesehatan

: Keadaan sejahtera dari fisik, mental dan sosial yang memungkinkan orang hidup produktif € Reproduksi ( re = kembali , produksi = membuat/menghasilkan ) : proses kehidupan manusia dalam menghasilkan keturunan demi kelestarian hidupnya € Remaja : Masa peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa

KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA Suatu kondisi sehat yg men yangkut sistem. Tujuan yaitu Remaja memiliki informasi yg benar ttg kespro shg diharapkan memiliki sikap & tingkah laku yg bertanggung jawab mengenai reproduksi. . fungsi & pro ses reproduksi yg dimiliki oleh remaja.

bagi remaja wanita saat mulainya segala bentuk pembatasan .MASA REMAJA € € € Masa Remaja : Masa transisi yang unik dan ditandai oleh berbagai perubahan fisik emosi dan psikis Terjadi perubahan fisik secara cepat yang tidak seimbang dengan perubahan kejiwaan Dalam lingkungan sosial tertentu : bagi remaja pria merupakan saat diperolehnya kebebasan.

Ciri perkembangan Remaja dibagi 3 tahap Masa Remaja Awal ( 10-13Th ) Masa Remaja Tengah ( 14-16 Th ) Masa Remaja Akhir ( 17-19 Th ) .

PEMBAGIAN MASA REMAJA Masa Remaja Awal (10 ± 13 tahun) Ciri khas :  Lebih dekat dengan teman sebaya  Ingin bebas  Lebih banyak memperhatikan keadaan tubuhnya dan mulai berpikir abstrak 1) .

MASA REMAJA TENGAH (14-16 TAHUN) Mencari identitas diri € Timbulnya keinginan untuk kencan € Mempunyai rasa cinta yang mendalam € Mengembangkan kemampuan berpikir abstrak € Berkhayal tentang aktivitas seks € .

MASA REMAJA AKHIR (17-19 TAHUN) € € € € € Pengungkapan kebebasan diri Lebih selektif dalam mencari teman sebaya Mempunyai citra jasmani dirinya Dapat mewujudkan rasa cinta Mampu berpikir abstrak .

Suara berubah Payudara/buah dada jakun. Payudara/ membesar Tumbuh rambut pada kelamin. Tumbuh rambut didaerah kelamin. ketiak dan dada pubis dan ketiak Tumbuh kumis jambang dan jenggot Tubuh bertambah berat dan tinggi .PERBEDAAN FISIK ANTARA REMAJA LAKI-LAKI DAN REMAJA PEREMPUAN REMAJA LAKI-LAKI LAKIPertumbuhan penis dan kantung zakar Ereksi dan ejakulasi Badan berotot Mulai Berjerawat REMAJA PEREMPUAN Pertumbuhan rahim dan vagina Menstruasi pertama Pinggul melebar Mulai tumbuh jerawat Tumbuh jakun.

PERBEDAAN TANDA AWAL KEMATANGAN SEKSUAL ANTARA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN Remaja laki-laki sudah dapat melakukan fungsi reproduksi bila telah mengalami mimpi basah (Pollutio) € Mimpi basah = peristiwa ejakulasi pada saat tidur € Remaja perempuan sudah dapat melakukan fungsi reproduksi bila telah mengalami menstruasi / haid € .

ALAT REPRODUKSI LAKI-LAKI .

. Kepala/Glans penis merupakan bagian ujung penis yg ditutupi lipatan kulit/preputium.Alat reproduksi Laki-laki Bagian Luar : € Penis : berfungsi sebagai alat senggama dan sebagai saluran untuk pengeluaran sperma dan air kencing. € Skrotum : Kantong kulit yg melindungi testis. € Buah zakar (testis) : berjumlah 2 buah untuk memproduksi spermatozoa. diluar rongga panggul. Testis berada dlm skrotum. berwarna gelap dan berlipat-lipat.

Saat air mani keluar secara otomatis katup untuk air kencing menutup. € Saluran kencing (Urethra) : jalan bagi air kencing dan air mani menuju lubang di ujung glans. Vesikula seminalis dan beberapa kelenjar lainnya : menghasilkan cairan mani (semen) yg berguna untuk memberikan makanan pada sperma. . € Kelenjar prostat.Bagian Dalam : € Saluran Sperma (Vas deferens) : saluran yg menyalurkan sperma dari testis menuju ke urethra/saluran kencing.

€ . dan merupakan salah satu cara alami berejakulasi. sering pada saat mimpi tentang hubungan seks. terjadi secara periodik. € Mereka yg sudah menikah jarang mengalami mimpi basah karena teratur mengeluarkannya melalui hubungan seksual dengan pasangan/isteri. berkisar setiap 2-3 minggu. € Ini merupakan pengalaman yg normal.Mimpi basah Adalah peristiwa keluarnya sperma saat tidur.

ALAT REPRODUKSI WANITA .

VAGINA. CERVIX. VULVA. FALLOPIAN TUBES FIMBRIE UTERUS. .ORGAN REPRODUKSI WANITA € € € € € € OVARY FOLLICLES.

sakit perut. Pada remaja perempuan ditandai dengan menstruasi pertama yang disebut menarche. .Sistem reproduksi baru berfungsi ketika organ reproduksi sudah ¶matang·. Menjelang menstruasi biasanya diawali dengan munculnya gejala antara lain timbulnya jerawat. mules. dan biasanya emosi tidak stabil. sakit pinggang. sedangkan pada remaja lakilaki ditandai dengan mimpi basah.

€ Siklus menstuasi berbeda satu dengan lainnya. Dinding rahim sendiri berfungsi untuk tempat menempelnya sel telur sebelum dibuahi oleh sperma. pada umumnya berkisar antara 20-35 hari dan lama menstruasi umumnya 5-7 hari.MENSTRUASI Adalah proses peluruhan lapisan dalam / endometrium pada dinding rahim yang banyak mengandung pembuluh darah. € .

PROSES TERJADINYA KEHAMILAN .

pd 1/3 DISTAL ovum .KONSEPSI ekornya sperma ia potong di depan pintu Ovum. rahim ovary KONSEPSI.

ovary NIDASI Setelah KONSEPSI 22 22 KONSEPSI 8 hari .NIDASI Foto zigote dengan mikroskop elektron 9 bulan 10 hari adalah lama kehamilan.

KEHAMILAN DAN PERSALINAN € Kehamilan adalah proses yang terjadi setelah pertemuan antara sel telur perempuan dengan sperma laki-laki .

CIRI-CIRI KEHAMILAN Haid berhenti Rasa mual dan muntah Payudara membesar Rahim membesar sehingga menimbulkan rasa sering ingin BAK Warna kulit sekitar putting susu bertambah gelap Muncul garis gelap dari arah pusar ke kemaluan .

CIRI-CIRI KEHAMILAN .

RISIKO HAMIL PADA USIA REMAJA (dibawah 20 tahun) Kehamilan dibawah usia 20 tahun berisiko karena perkembangan fisik belum sempurna (panggul belum optimal) dan berbagai risiko kehamilan (keracunan kehamilan / eklampsi) berakibat kematian. Dari hasil penelitian kehamilan usia muda lebih sering menimbulkan kanker leher rahim. .

. kemandulan. infeksi rahim.Pengguguran kandungan (aborsi) yg mengakibatkan kerusakan rahim. . perdarahan. komplikasi dan kematian.Akibat dari kehamilan pada remaja yg belum menikah Akibatnya : -Terjadi putus sekolah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->