P. 1
Proposal Manajemen Iso

Proposal Manajemen Iso

|Views: 296|Likes:
Published by Supiyadi Abu Salaam

More info:

Published by: Supiyadi Abu Salaam on Aug 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/22/2015

pdf

text

original

Proposal Program Peningkatan Manajemen Mutu ISO SMK RSBI

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Pada era globalisasi ini, Pendidikan di Indonesia tengah

menyesuaikan dengan laju perkembangan pendidikan pada skala internasional. Pendidikan yang merubah isi program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) yang “berbasis waktu” menjadi kinerja lembaga diklat yang “berbasis kompetensi”. Guna meningkatkan efektifitas, sekolah benar-benar sangat

membutuhkan sistem pengelolaan yang kooperatif antara pusat dan daerah, yang melibatkan juga peran serta aktif Dunia Usaha/Industri (DU/DI) dalam membangun / meningkatkan mutu diklat dengan : a.
b.

Mengembangkan dan mengimplementasikan standar kompetensi, Memotivasi Dunia Usaha /Industri (DU/DI) dalam mengambil peran besar dalam pendidikan dan pelatihan khususnya pada ranah keterampilan. Untuk mengintegrasikan semua proses didalam suatu organisasi

baik dalam sekolah yang telah berpredikat Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) ataupun organisasi lainnya diperlukan suatu standar Internasional untuk sistem manajemen kualitas yang disebut dengan ISO, dibutuhkan Sistem Manajemen yang didukung dengan penggunaan Sumber Daya yang dimiliki organisasi untuk mencapai sasaran. Sebagai standar dalam pelaksanaan dan pengendalian proses dari organisasi baik profit maupun non profit guna memberikan pelayanan terbaiknya kepada pelanggan. Oleh sebab itu organisasi
SMK Negeri 2 Kisaran Jl. Besar Sei Renggas No. 1 Kisaran – Asahan Telp. (0623) 347666 Fax. (0623) 44962

1

Dengan demikian dibutuhkan sekolah / lembaga diklat yang bisa mengakomodasi pemelajaran keterampilan – keterampilan baku (standard) berskala Internasional dengan membekali siswa dengan pendidikan dan SMK Negeri 2 Kisaran Jl.Proposal Program Peningkatan Manajemen Mutu ISO SMK RSBI harus mampu melakukan identifikasi kebutuhan dan harapan pelanggannya sehingga produk yang dihasilkan dapat diterima dengan baik oleh pelanggannya. kita bergerak menuju sebuah dunia yang memungkinkan sebagian besar perdagangan menjadi tak terbatas layaknya internet. Sehingga aset utama setiap negara adalah keterampilan warga negaranya. data serta dokumen terstruktur dengan baik. (0623) 347666 Fax. 1 Kisaran – Asahan Telp. Pelaksanaan Manajemen Mutu yang diterapkan pada lembaga pendidikan khususnya sekolah sangat membantu dalam hal peningkatan kualitas pendidikan khususnya sumber daya manusia yang mampu bersaing pada pasar kerja nasional ataupun internasional seperti halnya persaingan dalam pasar AFTA dan AFLA Dengan berlakunya AFTA dan AFLA secara tak terelakan. Ekonomi global sebagai salah satu prediksi utamanya. pengambilan kebijakan dan sasaran serta pencapaiannya. maka akan menghasilkan peningkatan profesionalisme sumber daya yang dimiliki oleh pihak sekolah khususnya. menunjukkan struktur. peranan dan tanggung jawab personil. Suatu organisasi atau lembaga pendidikan bila disinkronkan dengan Sistem Manajemen Mutu. Pendekatan Sistem Manajemen Mutu memberikan manfaat yang sangat besar bagi sekolah baik dalam hal pemenuhan kebutuhan sekolah dan prosesnya. Besar Sei Renggas No. penerapan sistem dapat dipelihara dan ditingkatkan pada masa yang akan datang. (0623) 44962 2 .

Salah satu contoh konkrit yang telah dilaksanakan di SMK Negeri 2 Kisaran yakni mengenai Proses Belajar Mengajar. Sehubungan dengan hal tersebut Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kisaran merupakan lembaga pendidikan dan latihan yang mendapat pembinaan sebagai Rintisan Sekolah bertaraf Internasional. Pengembangan kurikulum dengan pendekatan berbasis kompetensi merupakan upaya peningkatan relevansi pemelajaran dengan kompetensi yang terdapat di dunia kerja dan berkesinambungan sesuai dengan Sistem Manajamen Mutu yang diterapkan di SMK Negeri 2 Kisaran. Pengembangan dan kurikulum dengan berbasis luas dan mendasar (BBC) mengutamakan pemberian berkembang berkelanjutan. Oleh karena itu membutuhkan revolusi informasi teknologi. Besar Sei Renggas No. (0623) 347666 Fax. agar semua orang dapat menikmati keuntungan bersama dari potensi SDM yang memenuhi persyaratan kerja skala Internasional.Proposal Program Peningkatan Manajemen Mutu ISO SMK RSBI keterampilan yang berbasis kompetensi berbasis dan berpedoman kepada Sistem Manajemen Mutu (ISO). maka hanya akan membentuk kelas bawah kita yang miskin dan menganggur belajar untuk bebarengan mengimbangi dengan revolusi ketertinggalan dengan pendidikan skala Internasional. SMK Negeri 2 Kisaran Jl. (0623) 44962 3 . Proses Pemelajaran yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Kisaran pada saat ini menggunakan Kurikulum pada Tingkat satuan bekal Pendidikan pada siswa ( KTSP dapat ). Dengan pendidikan yang belum memenuhi Standar minimal penyelenggaraan pendidikan. 1 Kisaran – Asahan Telp.

dan selain itu diharapkan dapat mencapai kesinambungan proses Managerial yang sesuai dengan Sistem pada SMK Negeri 2 Kisaran diantaranya : 1. Besar Sei Renggas No. 1 Kisaran – Asahan Telp. 4. (0623) 347666 Fax. Menuju tercapainya kompetensi global dalam hal: meng-akses sumber daya. (0623) 44962 4 . 5. 2. menyelenggarakan proses yang berorientasi pada mutu kompetensi.Proposal Program Peningkatan Manajemen Mutu ISO SMK RSBI B. Membimbing siswa melalui tugas – tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahap pemelajaran. Menyelenggarakan pendidikan kooperatif dengan pendekatan penyelenggaraan program diklat di subsektor industri. SMK Negeri 2 Kisaran Jl. Tujuan Tujuan dari Penyusunan proposal ini adalah untuk mendapatkan Bantuan Program Peningkatan Manajemen Mutu ISO SMK RSBI dari Bapak Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara di Medan. Memberikan pendekatan praktik yang terbaik ( Best Practice ) yang sistematis untuk pencapaian manajemen mutu. 6. serta meng-akses kesempatan kerja. Membantu siswa dalam merencanakan proses belajar. Menerapkan sistem dokumentasi yang efektif melalui mekanisme dengan sistem audit internal dan tinjauan manajemen secara berkelanjutan. 3.

Proposal Program Peningkatan Manajemen Mutu ISO SMK RSBI 7. Setiap personel memiliki tanggung jawab. propinsi dan nasional. Menumbuh kembangkan inovasi dan kreatifitas dalam mencapai tujuan – tujuan pendidikan C. Memberikan proses pemelajaran kepada staf atau seluruh personel dengan metode pelatihan yang sistematis melalui prosedur dan instruksi yang lebih baik. Sebagai alat bantu untuk mengukur produktifitas dan kinerja SDM pada masing – masing bagian. 9. 1 Kisaran – Asahan Telp. SMK Negeri 2 Kisaran Jl. (0623) 347666 Fax. Meningkatkan tanggung jawab terhadap kinerja masing – masing personel.  Meningkatkan Citra Sekolah di tingkat kabupaten. (0623) 44962 5 . Sasaran Dengan adanya Bantuan Program Peningkatan Manajemen Mutu ISO SMK RSBI dapat diharapkan dan dapat mencapai sasaran didik diantaranya :  Meningkatkan Kepercayaan kepuasan peserta dalam hal pelayanan. Besar Sei Renggas No. Sebagai pemicu motivasi pimpinan untuk menilai kinerja karena adanya sasaran mutu yang secara berkelanjutan dipantau dan diukur serta dibandingkan dengan kinerja yang lainnya. 8. Meningkatkan partisipasi dan peningkatan secara terus     menerus pada masing – masing bagian. wewenang dan kompetensi yang jelas dibidang tugasnya dalam melaksanakan aktifitas di sekolah.

1. berbudi pekerti dan berbudaya dalam kebhinekaan “ 2. (0623) 347666 Fax. (0623) 44962 . MISI Setelah menerima dan memperhatikan masukan – masukan dari berbagai pihak yang berkepentingan dan memberikan ruang serta peluang untuk perubahan dan penyesuaian sesuai 6 dengan SMK Negeri 2 Kisaran Jl. VISI DAN MISI I. mengingat prosedur sistem manajemen mutu telah diterapkan serta fasilitas dan perangkat pemelajaran telah memenuhi standar kwalitas lulusan SMK Negeri 2 Kisaran sehingga mampu menyamakan keududukan dengan sekolah lainnya yang lebih dahulu berdiri dan memperoleh predikat Sekolah Bertaraf Internasional BAB II VISI DAN MISI SEKOLAH serta tamatannya dapat bersaing ditingkat Nasional dan Internasional.Proposal Program Peningkatan Manajemen Mutu ISO SMK RSBI  Diharapkan para peserta didik terutama siswa pada setiap Program Keahlian dapat melakukan terobosan atau inovasi dalam Kegiatan Belajar Mengajar secara maksimal dan lebih baik lagi. VISI DAN MISI DINAS DINAS PENDIDIKAN KAB. mandiri. 1 Kisaran – Asahan Telp. Besar Sei Renggas No. ASAHAN VISI Visi Dinas Pendidikan Kabupaten : “ Asahan dirumuskan dan ditetapkan sebagai berikut Membangun bersama masyarakat Asahan untuk mewujudkan SDM yang bermutu.

II. VISI VISI DAN MISI SMK NEGERI 2 KISARAN “ Menghasilkan sumber daya manusia yang siap bersaing pada pasar kerja lokal. Besar Sei Renggas No. aktivitas kepemudaan. keolahragaan. pendidikan luar sekolah.   Menyiapkan peserta didik menjadi tenaga kerja yang mandiri. seni dan budaya. Strategi Sekolah SMK Negeri 2 Kisaran Jl. (0623) 44962 7 .  Melaksanakan inovasi kurikulum muatan lokal untuk relevansi ( link and match)  Meningkatkan pelaksanaan pendidikan budi pekerti. regional. nasional dan internasional “. 1 Kisaran – Asahan Telp. (0623) 347666 Fax.Proposal Program Peningkatan Manajemen Mutu ISO SMK RSBI perkembangan lingkungan strategis maka misi Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Asahan antara lain sebagai berikut :    Meningkatkan pemerataan dan perluasaan kesempatan belajar Mewujudkan peningkatan mutu pendidikan berbasis sekolah Meningkatkan pembinaan dan pengembangan profesionalisme guru/tenaga pendidikan. Menyiapkan peserta didik yang mampu mengembangkan sikap profesional. MISI   Menyiapkan peserta didik menjadi tenaga kerja yang siap kerja Menyiapkan peserta didik menjadi tenaga kerja tingkat menengah yang produktif. A.

Strukturisasi pada setiap bidang untuk mencapai tujuan dengan cara yang paling efektif dan efisien. 6. (0623) 44962 . 8. 3. Jumlah dan kualitas guru pengajar tercukupi sesuai dengan kebutuhan kurikulum. 8 SMK Negeri 2 Kisaran Jl. 4. Penyelenggaraan Proses Kegiatan Belajar Mengajar yang bermutu. agar diperoleh gambaran obyektif tentang keterserapan lulusan di lapangan kerja. Sistem penelusuran dan pemasaran tamatan berjalan dengan baik. Proeses Kegiatan Belajar Mengajar yang bermutu di dukung oleh fasilitas dan bahan ajar yang memadai dan berkecukupan. Terciptanya wawasan wiyata mandala di sekolah. baik di sekolah maupun di industri sesuai dengan Sistem Manajemen Mutu yang telah diterapkan pada sekolah. 1 Kisaran – Asahan Telp. (0623) 347666 Fax. 7. Penetapan suatu visi yang jelas untuk masa mendatang. Kerjasama dengan Institusi Pasangan ( IP ) selalu meningkat dalam rangka mengembangkan program pendidikan SMK yang selalu berorientasi lapangan kerja ( Industri ). sehingga suasana belajar tumbuh kondusif. maka telah ditetapkan Strategi Pendidikan di SMK Negeri 2 Kisaran sebagai berikut : 1. Sistem Penerimaan Siswa Baru berhasil mendapatkan siswa baru yang berkwalitas sesuai dengan prosedur yang telah diterapkan. Terciptanya inovasi dan kreatifitas dalam mencapai tujuan yang diharapkan.Proposal Program Peningkatan Manajemen Mutu ISO SMK RSBI Berdasarkan Visi dan Misi Sekolah tersebut diatas. aman dan nyaman bagi seluruh warganya. 5. Besar Sei Renggas No. 9. 2. 10.

Adanya suasana belajar yang kondusif dan dinamis yang – terobosan / inovasi baru didalam terlihat dari semangat belajar siswa yang tinggi. (0623) 44962 9 . 5. efektif dan efisien. 2. 1 Kisaran – Asahan Telp.Proposal Program Peningkatan Manajemen Mutu ISO SMK RSBI 11. (0623) 347666 Fax. 7. Unit Produksi di sekolah selalu tumbuh dan berkembang sebagai wahana pemelajaran yang berbasis produksi. Data / Informasi yang dibutuhkan dapat tersaji dengan baik yang menunjang proses pemelajaran secara relevan. Kondisi Sekolah Yang Diharapkan Berbagai upaya menuju Peningkatan Mutu Proses dan Hasil Pendidikan di SMK Negeri 2 Kisaran telah ditempuh. Hasil dari semua upaya tersebut adalah tercapainya kondisi ideal sekolah yang berciri antara lain : 1. Tercukupinya buku / modul dan fasilitas belajar siswa / guru. B. 6. efektif dan efisien. 4. Proses belajar mengajar berlangsung tertib dan teratur yang terlihat dari kedisiplinan para guru / pegawai dalam melaksanakan tugasnya. Produktifitas warga sekolah terselenggara dengan baik. sesuai dengan tuntutan minimal kurikulum yang berlaku khususnya Program Diklat Matematika dan Bahasa Inggris. Terciptanya semangat berolah raga bagi warga sekolah. terobosan melaksanakan proses pemelajaran dalam hal penyajian materi yang lebih relevan. Terciptanya 3. SMK Negeri 2 Kisaran Jl. Besar Sei Renggas No.

Penampilan lingkungan sekolah yang indah. Tantangan nyata. BAB III ANALISIS SITUASI SEKOLAH A. Penggunaan Biaya dan sumber – sumber daya lainnya dapat dioptimalkan. Setiap bagian dalam organisasi sekolah selalu memberikan pelayanan yang prima terhadap semua pihak. Identifikasi tantangan nyata sekolah yang diuraikan dalam proposal ini. Proyeksi jumlah kelas maksimal terjadi pada Tahun Pelajaran 2007/2008. Besar Sei Renggas No. hanya akan difokuskan pada kondisi fasilitas sekolah dan sistem manajemen sekolah. (0623) 347666 Fax. Sementara tantangan nyata sekolah secara menyeluruh dapat dilihat pada Lampiran 2. 12. Identifikasi Tantangan Nyata Sekolah. perlu memberdayakan bangunan yang telah ada dan menambah lokal belajar baru untuk mengantisipasinya. 1.Proposal Program Peningkatan Manajemen Mutu ISO SMK RSBI 8. 10. (0623) 44962 10 . Tingginya rasa kekeluargaan dan keramah tamahan diantara warga sekolah. Tercapainya kinerja yang diharapkan dan sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan sebelumnya. 9. SMK Negeri 2 Kisaran Jl. 1 Kisaran – Asahan Telp. 11. tenang dan aman. sehingga memungkinkan siswa untuk belajar secara optimal. asri dan rapi.

Besar Sei Renggas No. Belum tersedianya Audio Visual yang memadai dan Minimnya Media Pemelajaran ( Buku Panduan ) sebagai Penunjang Utama Pemelajaran yang dimiliki sekolah. Tantangan nyata. Mulai Tahun Pelajaran 2006/2007 SMK Negeri 2 Kisaran telah membuka Program Keahlian baru yakni Teknik Komputer Jaringan. Tantangan nyata perlu diadakan banyak penambahan fasilitas – fasilitas berupa peralatan praktek yang relevan. perlu melaksanakan dengan sosialisasi tujuan yang kepada telah bagian – bagian dalam sistem sehingga pelaksanaan prosedur dapat dicapai sesuai ditetapkan. 11 SMK Negeri 2 Kisaran Jl. Minimnya sumber – sumber daya dan informasi yang diperlukan untuk mendukung operasional dan pemantauan proses. perlunya penambahan dan pengadaan sarana olah raga dan kelengkapan fasilitas pendukungnya. perlu menambah sumber – sumber daya dan informasi yang diperlukan guna mendukung opeasional dan pemantauan proses di sekolah. 6. Tantangan mutu nyata. Tantangan nyata. perlu menambah Audio Visual dan Media Pemelajaran ( Buku Panduan ) guru maupun siswa. (0623) 347666 Fax. Tantangan nyata. 3. Minimnya fasilitas pengembangan bakat minat siswa dan minimya sarana olah raga di lingkungan sekolah. 4. Masih terdapat beberapa bagian yang kurang maksimal dalam melaksanakan prosedur Sistem Manajamen Mutu. 5.Proposal Program Peningkatan Manajemen Mutu ISO SMK RSBI 2. 1 Kisaran – Asahan Telp. (0623) 44962 .

Proposal Program Peningkatan Manajemen Mutu ISO SMK RSBI B. (0623) 347666 Fax. (0623) 44962 12 . Selengkapnya lihat pada halaman berikut : SMK Negeri 2 Kisaran Jl. Besar Sei Renggas No. maka Analisis SWOT juga dikhususkan untuk menyoroti fasilitas dan sistem manajemen sekolah saja. Analisis SWOT Fasilitas Sekolah Sebagaimana uraian Tantangan Nyata Sekolah. 1 Kisaran – Asahan Telp.

Otomotif. Gbr.)  Kondisi ruang belajar sebagian besar mengalami rusak sedang. Tek. Kayu.  Sarana praktek belum sebanding dengan jumlah siswa  Peralatan praktek siswa Program Diklat Adaptif Hasil Analisis Eksternal Opportunities (+) = O  Dinas / Instansi dalam lingkungan Pemkab Asahan sering mengadakan kegiatan di SMK Negeri 2 Kisaran  Adanya pesanan produk dan layanan jasa dari instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten  Kepala – Kepala SMK se – Kab. Tek. Pemesinan.Proposal Program Peningkatan Manajemen Mutu ISO SMK RSBI Strengths = S (+ ) Internal  Ruang belajar dan sarana olahraga yang telah ada  Peralatan praktek untuk Program Keahlian Tek. Teknik Konst. Komputer Jaringan. akibat aus. SMK Negeri 2 Kisaran Jl. proposal program yang telah ada agar optimal peningkatan manajemen fungsinya mutu ISO SMK RSBI  Mengadakan kerjasama dengan DU/DI atau Instansi lain yang telah memiliki peralatan praktek yang lebih lengkap  Memanfaatkan Sumber Daya yang ada dimasyarakat untuk menyelenggarakan system pendidikan yang berbasis kompetensi. Agribisnis Perikanan. Tek. Besar Sei Renggas No. Bangunan telah memadai  Media Pemelajaran telah ada  Sekolah berpredikat RSBI  Sistem Manajemen berpedoman pada Prosedur Manajemen Mutu ISO 9001:2000  Telah memperoleh Sertifikat ISO 9001 : 2000 Weaknesses = W ( . (0623) 347666 Fax. Asahan telah membuka diri untuk saling menerima produk hasil sekolah yang dapat Strategi yang perlu dilaksanakan adalah :  Mengintensifikan perawatan fasilitas sekolah. 1 Kisaran – Asahan Telp. (0623) 44962 13 . serta meningkatkan use factor alat  Mengajukan Proposal Program Peningkatan Manajemen Mutu ISO SMK RSBI  Mengadakan Sosialisasi pada setiap bagian sehingga informasi dan data dapat tersaji dengan baik dan lebih efektif dan efisien tetapi masih dalam koridor system SO Strategis WO Strategis manajemen persekolahan  Mengintensifkan  Mengajukan perawatan fasilitas sekolah yang berlaku.

Proposal Program Peningkatan Manajemen Mutu ISO SMK RSBI dimanfaatkan untuk sekolahnya masing – masing. peralatan dan Media Pemelajaran yang menunjang pemelajaran SMK WT Strategis  Mengadakan kerjasama dengan Instansi yang telah memiliki peralatan lengkap  Meningkatkan hubungan SMK dengan DU/DI diluar negeri agar dapat meningkatkan mutu pendidikan berstandar Nasional/Internasional SMK Negeri 2 Kisaran Jl. (0623) 347666 Fax. 1 Kisaran – Asahan Telp.  Mengoptimalkan prosedur manajemen mutu pada setiap bagian Treats = T (+)  Peralatan pendidikan selalu berubah dan berkembang seiring dengan perkembangan zaman ST Strategis  Mengkoleksi brosur tentang fasilitas. Besar Sei Renggas No. (0623) 44962 14 .

Tabel 2. mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. cakap. (0623) 347666 Fax. 15 SMK Negeri 2 Kisaran Jl. relevan. Besar Sei Renggas No. Rencana Sumber Dana Dana yang diperlukan untuk membiayai program Peningkatan Manajemen Mutu ISO SMK RSBI berasal dari Bapak Kepala Dinas Pendikan Propinsi Sumatera Utara di Medan. efisien dan sesuai dengan standar kompetensi Nasional yang serta sesuai dengan Tujuan Pendidikan mengembangkan kemampuan serta berfungsi membentuk watak dan peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan berakhlak mulia. (0623) 44962 . Daftar Pengadaan Peralatan Yang Diusulkan ( terlampir ) B. 1 Kisaran – Asahan Telp. kreatif.Proposal Program Peningkatan Manajemen Mutu ISO SMK RSBI BAB IV RENCANA PENGGUNAAN DAN SUMBER DANA A. Daftar Kebutuhan Pengadaan Peralatan Program Peningkatan Manajemen Mutu ISO SMK RSBI yang diajukan dalam proposal ini adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas sumber daya yang ada sehingga penyediaan informasi dan data lebih efektif. Maka dalam penyusunannya ini yang menjadi pertimbangan utama adalah ketersediaan anggaran yang ada pada proyek. Guna mendukung pengembangan SMK yang saat ini telah ada disekolah. sehat berilmu.

(0623) 44962 16 .Proposal Program Peningkatan Manajemen Mutu ISO SMK RSBI SMK Negeri 2 Kisaran Jl. 1 Kisaran – Asahan Telp. Besar Sei Renggas No. (0623) 347666 Fax.

1 Kisaran – Asahan Telp. terutama Instansi Pembina SMK. Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara maupun Pemerintah Pusat. Amin Demikian proposal ini kami sampaikan kehadapan Bapak. Upaya pemenuhan dan pembenahan fasilitas sekolah saat ini memerlukan biaya yang sangat besar. sangat membutuhkan dukungan dalam pembenahan fasilitas penunjang Pemelajaran. kiranya proposal yang sederhana ini mendapat perhatian dan pertimbangan dari Bapak Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara di Medan. (0623) 347666 Fax. (0623) 44962 . oleh karenanya diperlukan partisipasi semua pihak. sebagaimana yang tergambar dalam upaya mewujudkan visi sekolah. baik di Pemerintah Kabupaten. Semoga segala usaha dan amal baik kita dalam rangka memajukan pendidikan senantiasa mendapat ridho dan pahala yang setimpal dari Allah SWT.Proposal Program Peningkatan Manajemen Mutu ISO SMK RSBI BAB V PENUTUP Seiring dengan perkembangan SMK Negeri 2 Kisaran dari tahun ke tahun. Sementara itu kemampuan pengelola sekolah dalam menggerakkan partisipasi masyarakat masih sangat terbatas. semoga mendapat perhatian dan selanjutnya kami 17 mohon SMK Negeri 2 Kisaran Jl. Akhirnya kami sangat berharap. Peningkatan efektifitas dan efisiensi sumber daya yang ada dan berkaitan dengan manajemen mutu sekolah sangat diperlukan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi dunia pendidikan sehingga pendidikan yang ada di Kabupaten Asahan umumnya dan di SMK Negeri 2 Kisaran khususnya dapat terselenggara dengan baik menuju kepada Sekolah bertaraf internasional. Besar Sei Renggas No.

Besar Sei Renggas No. (0623) 44962 18 . SMK Negeri 2 Kisaran Jl. (0623) 347666 Fax.Proposal Program Peningkatan Manajemen Mutu ISO SMK RSBI bimbingan dan arahan dari Bapak demi kemajuan pendidikan di Kabupaten Asahan umumnya dan khususnya di SMK Negeri 2 Kisaran. 1 Kisaran – Asahan Telp. atas perhatian Bapak kami ucapkan terima kasih.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->