P. 1
Notepad++ Untuk Menulis Artikel Blog

Notepad++ Untuk Menulis Artikel Blog

|Views: 62|Likes:
Published by piringanhitam

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: piringanhitam on Aug 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/04/2011

pdf

text

original

Notepad++ Untuk Menulis Artikel Blog

Penulis : Dinar Febuary 2009 Kita tentu sudah mengenal Notepad, aplikasi pengolah kata minimalis bawaan Windows. Namun bagaimana dengan Notepad++ (Notepad Plus Plus), apa kelebihan yang ditawarkan aplikasi ini dibandingkan Notepad? Notepad Plus Plus adalah aplikasi alternatif selain Notepad, atau bisa juga dikatakan persilangan Notepad dan Wordpad yang ditujukan ke arah programmer, namun juga bisa digunakan bagi pengguna biasa. Notepad Plus Plus juga memiliki beberapa perbedaan mencolok dibandingkan Notepad atau WordPad, di antaranya yaitu: Dukungan untuk tab, sehingga pengguna bisa mengelola dokumen yang berbeda secara bersamaan, penomoran baris dari isi dokumen yang sedang dibuka, antarmuka yang jauh lebih sederhana, dan beberapa kelebihan lain. Selain beberapa bahasa pemrograman yang bisa dikenali oleh aplikasi ini, Notepad++ juga mendukung beberapa bahasa, di antaranya adalah Bahasa Indonesia.

Saya menggunakan Notepad++ tidak hanya untuk penulisan artikel blog ini, tetapi juga saya gunakan dalam mengedit theme WordPress, template Blogger, PHP, CSS, HTML dan lain-lain. Sampai saat artikel ini diposting, versi terbaru yaitu Notepad++ 5.8.7. Pada versi terbaru ini banyak sekali perubahan yang lebih baik dan semakin menambah nyaman memakainya. Maka jika masih memakai versi lama, segera download Notepad++ terbaru.

Kelebihan dan cara memakai Notepad++
Beberapa kelebihan atau keunggulannya dan cara pemakain program Notepad Plus Plus sebagai berikut:

Menulis artikel
Dalam menulis artikel hal yang paling menonjol untuk diunggulkan adalah lebih mudah untuk mengetahui jumlah kata tertentu. Hal ini sangat berkaitan dengan tips SEO. Salah satu teknik SEO meletakkan keyword (kata kunci) menyebar dalam setiap paragrap dalam penulisan konten. Penulisan keyword website atau blog jangan sampai terlalu sering diulang, karena bisa dianggap spam. Akan tetapi juga jangan terlalu sedikit, agar kekuatan keyword dalam konten benar-benar mendukung keyword website. Untuk mengetahui perkiraan jumlah masing-masing keyword, klik ganda pada kata tersebut atau cukup di block. Maka semua kata yang sama akan berwarna menjadi hijau. Sehingga lebih

mudah dalam mengetahui jumlah dan penyebaran kata tertentu, khususnya kata-kata yang termasuk keyword.

Copy paste artikel dari internet
Saat copy paste postingan atau artikel dari internet, kemudian dipindah ke Office Word, seringkali susunan barisnya kacau, dan terkadang sebagian kata terpotong dengan tidak benar saat ganti baris. Maka membiasakan copy paste artikel dari internet melalui Notepad++ terlebih dahulu, setelah di edit, baru kemudian di copas ke Microsoft Office Word. Kata atau kalimat yang dalam satu paragrap pada Notepad++ saat aktif (di klik) akan berbeda warnanya. Sehingga memudahkan untuk mengetahui antar paragrap yang satu dengan lainnya. Untuk meletakkan kursor di akhir baris tekan tombol keybord End. Jika paragraf terdiri dari beberapa baris, tekan End sekali lagi, maka kursor akan berada pada akhir paragrap.

Suport bahasa pemrograman
Penulisan script atau kode-kode pemrograman pada Notepad memiliki warna yang berbeda-beda, termasuk deklarasi tag atau variabel-variabelnya. Dengan warna yang berbeda lebih memudahkan dalam mengontrol setiap kode pemrograman, tentunya untuk menghindari error.

Buka banyak file dalam satu window (jendela)
Membuka beberapa file sekaligus dalam satu window, menjadi beberapa tab. Hal ini memudahkan untuk berpindah-pindah tab (file) antara yang satu dengan lainnya. Sedangkan Notepad bawaan Microsoft Windows setiap file dengan satu jendela.

Notepad++ Portable
Program Notepad++ sudah tersedia yang portable. Salah satu fitur yang sangat memudahkan kemanapun kita berpergian dan memakai komputer orang lain yang tidak terinstall program ini maka tetap bisa memakai Notepad++. Semua flashdisk saya juga selalu berisi Notepad++ Portable. Sehingga kegiatan blogging, penulisan artikel tutorial untuk konten blog tetap berjalan.

Tips setting Notepad++
Agar tulisan yang panjang tidak melebihi ukuran layar (screen), maka silahkan di setting Word wrap, caranya klik View di Menubar, kemudian pilih Word wrap.

Jika sudah memakai program Notepad++ tapi masih versi lama, segera download yang terbaru, dan rasakan bedanya Dalam mendesain website atau blog, saya terbiasa menggunakan program Notepad++. Mulai dari edit theme WordPress, meliputi file CSS dan PHP. Atau ketika edit template Blogger yang berekstensi .xml. Mencoba-coba kode html dan Javascript (js) untuk website. Dalam pemasangan kode adsense dalam prosesnya saya menggunakan program yang dapat di download gratis ini, diuji coba memakai WordPress secara offline. Saya pernah juga memadukan penulisan di program Notepad++ dengan Microsoft Office Excel saat edit subtitle film dengan extensi file .srt ternyata hasilnya luar biasa. Kesimpulan: menggunakan program Notepad++ untuk membuat artikel website, edit theme WordPress, edit template Blogger, dan bermacam-macam bahasa pemrograman seperti html, css, php, js, java, C++, python dan masih banyak yang lainnya. Dengan demikian software Notepad+ + sangat membantu pekerjaan dalam bermacam kondisi menjadi lebih mudah dan praktis. Maaf dan terima kasih, semoga bermanfaat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->