Cara Pemasangan Hotspot

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat hotspot: 1. Koneksi Interenet Unlimited, kalau limited sih bisa, tp kalau pemakaian dibatasi malah bisa2 kita tidak bisa tenang dalam berinternet karena harus memikirkan kuota yg ada ( bisa speedy office unlimited, ISP local menggunakan jaringan wireless, GPRS/3G) 2. Akses Point ( bisa menggukan USB wifi adapter, merk TP LINK WN322G adalah paling murah setau saya karena bisa dijadikan usb wifi penerima sinyal dan akses point mode, seharga 250rban«Bisa juga pake Radio Akses Point + router kalau bisa..merknya, mulai edimax, minitar, linksys dll tergantung budget anda ) 3. Komputer Server minim P2 ( khusus untuk koneksi dari ISP local yg bersistem dial vpn karena koneksi harus dipanggil dari computer tidak bisa langsng ke akses point router«jadi kalau koneksi rumah hotpsot 24jam computer juga harus nyala 24jam, beda kalau pake koneksi ADSL karena dari modem adsl bisa langsung ke akses point tanpa ada computer yg menyala..) 4. Laptop ( ini wajib hukumnya untuk melihat apakah hotspot yg kita buat berhasil apa tidak ) 1. Setup Hotspot Mikrotik Paling mudah menurut saya bisa menggunakan Mikrotik, ada fasilitas IP ±Hotspot. Hotspot disini tidak harus berupa WiFi, tetapi jaringnan kebel-pun bisa anda setup jadi seperti Hotspot. Setiap pengguna yang ingin login harus memasukan user/password ketika pertama kali browsing. Misal seperti tampil digambar berikut, misal pertama kali user yang akan mengakses situs tertentu akan di redirect ke halaman login. Tampilan Login saat Browsing Langkah mudah setup Hotspot Mikrotik : 1. Pertama masuk ek router dengan WINBOX Misal kita mempunyai 2 Interface : Up yang ke Internet LAN yang ke LAN (akan disetup jadi Hotspot) 2. Winbox : Pilih Menu IP -> Hotspot 3. Hotspot : Pilih tab Server ->Hotspot Setup 4. Selanjutnya Ikuti Langkah berikut : Step By Step : 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Pilih ethernet Seting IP Seting DHCP IP pool (batasan IP untuk DHCP) Sertifikat (none saja) SMTP Biarkan 0.0.0.0 saja DNS sesuaikan dengan DNS anda, atau tanyakan ISP anda DNS name untuk Hotspot Anda, bisa juga anda Kosongi -> OK

Untuk IP, DNS silahkan sesuaikan dengan paramater IP yang ada di tempat anda.

Karyawan. Akan saya coba tunjukan caranya. mensetup salah satu profil.2. Setelah selesai anda bisa mengupload lagi dan mengecek. Dalam captur gambar saya membuat beberapa profil berbeda misalnya : Mahasiswa. Menambah Menambah User baru seraca Pilih : IP -> Tulis Nama User dan Password mudah Hospot User bisa dilakukan -> User dengan -> baru cara + 3. Dosen. Lebih jauh. x1k/y1k : Rate (TX rate/ RX rate misal : 128k/1024k) x2k/y2k : Burst Rate (misal : 256k/2048k) x3k/y3k : Burst Threshold (misal : 160k/1280k) x5/y5 : Burst Time (dalam detik misal : 60/60) P : Prioritas (nilai 1-8). Pejabat dan Tamu. apakah sudah bekerja dengan benar atau belum. 256k/128k : Uplaod 256kbps dan download 128 kbps 3.DIKUTIP DARI : http://mirnamigi. misalnya ada 2 profil user VIP dan Biasa. Modifikasi Halaman Login Yang bisa anda lakukan untuk merubah tampilan Login adalah dengan memodifikasi file. 1 adalah prioritas utama x6k/y6k : Minimum rate: (i. misal : 1. Salah satu file yang bisa dimodifikasi adalah login.blogspot. Penambahan User baru WINBOX : IP -> User -> Hotspot User Name : Isikan nama user Password : Password User Profile : Pilih profile dari user yang akan dibuat OK dan Lihat hasilnya di List user yang ada. Setup profil dilakukan dengan cara : Winbox : IP -> Hotspot -> User Profil -> HotspotUser Profil : General -> Nama Profil (misal : Mahasiswa) -> Rate Limit (tx/rx) -> OK Buat User profil mikrotik hotspot Pada ³Rate Limit´ bisa anda isikan misal dengan beberapa cara (nilai bisa anda sesuaikan sesuai kebijakan IT ditempat anda ).e 32k/256k) Burst time dan Limit di Mikrotik b. meskipun sama-sama menggunakan fasilitas Hotspot. . 128 k : Upload dan download 128 kbps 2. x1k/y1k x2k/y2k x3k/y3k x5/y5 P x6k/y6k -> Cara yang paling bagus Menurut saya. a. Nama dan setingan dari profil bisa anda tentukan sendiri. Dimana VIP bisa memperoleh kecepatan akses yang lebih dari user bisa. Menambah User dengan Profil Berbeda Dalam Mikrotik hospot memberikan kemudahan kita untuk men-setup user dengan profil yang berbeda. Ambil file menggunakan FTP ke Mikrotik anda.html sebelumnya saya sarankan untuk membackup dulu file tersebut sebelum melakukan perubahan.com 4.

pada address bar browser masukkan ip gateway komputer (biasa nya default dari router 192. Untuk mengkonfigurasi router ini sangatlah mudah.1) . Berikut langkah-langkahnya : Setting IP WAN & LAN ambil segelas capucino atau softdrink beserta cemilan ( untuk yang ini gak harus) Hidupkan Router Linksys WRT54G.168. Untuk konfigurasi WRT54H ini tidaklah terlalu sulit. Pada baguan Network Setup. Dengan menggunakan kabel UTP yang telah disediakan (UTP Straight kabel) colok kabel tersebut ke komputer atau notebook sedangkan di pada Router di colok ke port LAN. default user dan password : admin Di bagian internet Connection Type pilih sesuai dengan koneksi yang digunakan ( tergantung ISP): DHCP atau Static.1. Netmask. mungkin kalau kita harus menyediakan server pc maka cost yang harus kita sediakan akan lebih mahal. Lalu lihat IP yang didapat oleh komputer/notebook. Adapun langkah-langkahnya :Jika Anda memilih DHCP disable maka anda harus memasukkan IP.CARA SETTING HOTSPOT LINKSYS WRT45G Posted in 11:48 CARA SETTING HOTSPOT LINKSYS WRT45G Linksys WRT54G merupakan Broadband Router yang dilengkapi dengan wireless b/g. umumnya yang berkonseksikan "broadband internet accses". Linksys WRT54G dapat kita jadikan sebagai server gateway untuk koneksi Internet yang kita miliki. Set IP pada komputer/notebook menjadi DHCP dan biasanya akan mendapat IP otomatis dari Router. dengan menggunakan browser. Kemudian muncul window yang meminta agar memasukkan password akses. WRT54G dapat dijadikan sebagai server gateway untuk koneksi internet anda. Settingan LAN bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan atau keinginan . Gateway dan DNS secara manual untuk setiap klien.

kita apakah static atau DHCP. Time Zonenya pilihlah GMT+7 untuk indonesia dan kemudian bisa di save. Setting Wireless masuk ke Menu Wireless Pilihan Wireless network mode pilih aja Mixed. Netmask. silahkan gunakan Key 1. Gateway dan DNS secara manual. kecuali bila di sekitar tempat kita banyak wifi/hotspot yang bisa menggangu koneksi (dari pengalaman nich perangkat ini jauhkan dari perangkat indovision karena sering mengganggu) kemudian Save Setting. sampai disini maka Router dah siap digunakan untuk koneksi Internet. kalau kita pilih statik maka kita harus mengisi IP Address. CARA SETTING HOTSPOT MENGGUNAKAN LINKSYS WIRELESS-G MODEL WRT54G Posted in 16:20 . namun kebiasaannya banyak yang memilih WEP yang 64 bit. Save Setting maka sekarang Wireless Router sudah rede untuk digunakan baik menggunakan kabel maupun wireless serta wireless yang sudah memiliki security/ pengaman. agar koneksi Wireless aman. akan muncul 4 key untuk akses password wifi anda. tinggal kabel UTP dari perangkat yang terkoneksi ke internet kita colok ke port WAN. Cara konfigurasinya Security Wireless : pilih Menu Wireless kemudian security mode pilih WEP untuk default transmite key pilih 1 ( boleh juga yang lain ) WEP Encryption pilih 64 bits dengan 10 hex digits ketik passphrase dan klik generate. alamat. lalu Save Setting. lalu SSID tulis sesuai kemauan kita ( bisa nickname. maka kita tinggal memasang security. Apabila kita memiliki Server lainnya di dalam jaringan LAN dari Router ini dan kita ingin agar Server tersebut bisa diremote dari luar jaringan tersebut. maka kita bisa mengaktifkan fungsi DMZ ataupun porrt forwarding.Tipe security bisa kita gunakan WEP atau WPA. nama atau apapun itu) Wireless Channel dipilih default. ( kalau kita memilih defaul transmitenya = 1).

1. . Untuk mengkonfigurasi router ini sangatlah mudah.Nah sampai disini.pilih Menu Wireless . akan muncul form password untuk akses ke routernya. Jika Anda memilih DHCP disable maka anda harus memasukkan IP. .Setting IP pada komputer/laptop anda menjadi DHCP agar lebih mudah. .Pada internet Connection Type nya silahkan dipilih : DHCP atau Static.cek ip. . beberapa perangkat wifi penerima yang tidak support. . Berikut langkah-langkahnya : Pertama ³Setting IP WAN & LAN´ : . defaultnya http://192. . Untuk SSID Sebaiknya menggunakan Huruf Kecil Semua. default user/pass : admin . ini tergantug ISP yang Anda gunakan. yang laen terserah Anda. Kedua ³Settingan WIFI´ : . . .Siapkan/nyalakan Router Linksys WRT54G anda.lalu masuk ke settingan Network Setup.wireless network mode sebaiknya dipilih Mixed agar support ke tipe wifi b dan g . Settingan LAN sesuai keinginan anda atau biarkan saja untuk default.ganti SSID sesuai kemauan Anda.Nah. . Netmask. umumnya yang berkonseksikan ³broadband internet accses´.1/ .168.lalu Save Setting.Sambungkan kabel data (UTP Straight kabel) ke port LAN komputer/Laptop Anda. Client yang menggunakan kabel sudah dapat terkoneksi ke internet.untuk Time Zonenya pilih GMT+7 untuk indonesia.buka browser anda dan masukkan ip gateway komputer anda tadi. Gateway dan DNS secara manual untuk setiap klien. WRT54G dapat dijadikan sebagai server gateway untuk koneksi internet anda. netmask dan gateway yang diterima komputer anda. dan ganti spasi dengan garis bawah untuk mencegah. .Linksys WRT54G merupakan Broadband Router yang dilengkapi dengan wireless b/g.

Cara konfigurasinya : . Tidak terlalu sulit khan ???? Berikut beberapa Gambar Panduan konfigurasi diatas : . namun untuk lebih universal pilih saja WEP yang 64 bit.Nah sampai disini.pilh Menu Wireless ± Wireless Security. sebaiknya anda memasang security pada wifi anda.masukkan passphrase dan klik generate. .pilih default transmite key = 1 . . untuk hal ini bisa anda ganti dengan channel yang belum terpakai.wireless Channel silahkan dipilih default aja. Untuk mengamankan koneksi WIFI anda.Nah koneksi WIFI anda sekarang sudah Secure (dalam artian memiliki password dan terenkripsi).pilih WEP Encryption = 64 bits10 hex digits . . silahkan gunakan Key 1. Tipe security anda bisa berupa WEP atau WPA.lalu Save Setting . (karena anda memilih defaul transmitenya = 1).pilih security mode = WEP . Client yang menggunakan kable & WIFI sudah dapat terkoneksi ke internet. Maka akan tercipta 4 key untuk akses password wifi anda.. kecuali ditempat anda terdapat wifi/hotspot lain Nah. . Cukup itu saja konfigurasi dasarnya.lalu pilih Save Setting.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful