KERANGKA ACUAN KERJA (KAK

)
Kegiatan Pengendalian Kerusakan Tanah Untuk Produksi Biomassa

TAHUN ANGGARAN 2010

Bidang Pemerintahan : Perangkat Daerah : Program : Kegiatan : Lokasi Kegiatan : Sumber Dana : Nomor DPA SKPD :

Bidang Lingkungan Hidup Badan Lingkungan Hidup Pengendalian Pencemaran dan Perusakan Lingkungan Hidup Pengendalian Kerusakan Tanah Untuk Produksi Biomassa Kota Bontang APBD Kota Bontang 1.08.1.08.01.16.23.5.2

BADAN LINGKUNGAN HIDUP KOTA BONTANG

Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

sejumlah 15 titik pada tiga kawasan berdasarkan Pemanfaatan Lahan Pertanian Hortikultura serta Sebaran Lokasi Reboisasi dan Penghijauan binaan Dinas Perikanan. Hasil Yang Diharapkan Tersedianya data kondisi dan status keruskan tanah guna untuk penetapan kondisi tanah dan status kerusakan tanah di lahan pertanian Kota Bontang B.novapdf. Kelautan dan Pertanian Kota Bontang (Terlampir). PENDAHULUAN 1. Sifat dasar tanah ini menentukan kemampuan tanah dalam menyediakan air dan unsur hara yang cukup bagi kehidupan (pertumbuhan dan perkembangan) tumbuhan. Kerusakan tanah untuk produksi biomassa dapat disebabkan oleh sifat alami tanah. Tujuan dan Dasar Tujuan adalah sebagai pedoman bagi Walikota untuk menentukan kondisi dan status kerusakan tanah untuk produksi biomassa Kota Bontang berdasarkan kriteria baku kerusakan tanah nasional. Latar Belakang Penetapan status kerusakan tanah untuk produksi biomassa perlu dilakukan sebagai salah satu upaya pengendalian kerusakan tanah. Kriteria baku yang digunakan untuk menentukan status kerusakan tanah untuk produksi biomassa didasarkan pada parameter kunci sifat dasar tanah. Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.com) . LOKASI Lokasi yang direncanakan untuk dikaji dan selanjutnya ditetapkan kondisi dan status kerusakan tanah berdasarkan hasil pengukuran kriteria baku kerusakan tanah untuk produksi biomassa adalah di wilayah Kota Bontang. dapat pula disebabkan oleh kegiatan manusia yang menyebabkan tanah tersebut terganggu/rusak hingga tidak mampu lagi berfungsi sebagai media untuk produksi biomassa secara normal.KERANGKA ACUAN KERJA Pengendalian Kerusakan Tanah Untuk Produksi Biomassa Badan Lingkungan Hidup Kota Bontang Tahun Anggaran 2010 A. yang mencakup sifat fisik. 3. Tata cara pengukuran kriteria baku kerusakan tanah untuk produksi biomassa ini hanya berlaku untuk pengukuran kerusakan tanah karena tindakan manusia di areal produksi biomassa maupun karena adanya kegiatan lain di luar areal produksi biomassa yang dapat berdampak terhadap terjadinya kerusakan tanah untuk produksi biomassa. Dengan mengetahui sifat dasar suatu tanah maka dapat ditentukan status kerusakan tanah untuk produksi biomassa. sifat kimiawi dan sifat biologi tanah. 2.

data kependudukan dan sosial ekonomi masyarakat. TATA CARA PENGUKURAN 1. Jumlah Mikroba Tanah. Daya Hantar Listrik. Ketebalan Solum. Identifikasi Kondisi Awal Tanah Identifikasi kondisi awal tanah dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui areal yang berpotensi mengalami kerusakan. potensi sumber kerusakan tanah yang bersifat alami. Nilai Redoks. Evaluasi untuk menentukan status kerusakan tanah. topografi. yang meliputi : Erosi. kimia. seperti citra satelit. dan biologi tanah sesuai dengan parameter yang terdapat dalam kriteria baku kerusakan tanah. mencakup pengamatan lapangan maupun analisis laboratorium terhadap sifat fisik. 3. 2. Analisis Sifat Dasar Tanah a. Identifikasi kondisi awal tanah dilakukan dengan: a. dan akibat kegiatan manusia). data dan informasi dituangkan di dalam peta dasar skala minimal 1:100. foto udara. Komposisi Fraksi. B. Derajat Pelulusan Air. menghimpun data sekunder yang terkait dengan kondisi iklim. Identifikasi dilakukan untuk mengetahui areal yang berpotensi mengalami kerusakan. menghimpun data sekunder untuk informasi awal sifat-sifat dasar tanah yang terkait dengan parameter kerusakan tanah. dilakukan melalui inventarisasi data sekunder dan/atau data primer (termasuk data iklim. dilakukan dengan cara membandingkan antara hasil analisis sifat dasar tanah dengan kriteria baku kerusakan tanah. c.C. METODOLOGI PENDEKATAN RUANG LINGKUP Ruang lingkup tata cara pengukuran kriteria baku kerusakan tanah meliputi: 1.com) . Pengamatan dan Pengambilan Contoh Tanah. Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.000. menghimpun data sekunder lain yang dapat mendukung penetapan kondisi tanah. tutupan lahan. jika memungkinkan peta tersebut didigitasi sehingga menjadi peta-peta tematik tunggal. Analisis sifat-sifat dasar tanah. topografi. penggunaan tanah. dan b. Identifikasi kondisi awal tanah. d. Kebatuan Permukaan. Peta tanah dan peta lahan kritis. pH Tanah. Analisis Contoh Tanah Parameter Tanah Untuk di Lahan kering sebagaimana ketentuan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 7 Tahun 2006 tentang tentang Tata Cara Pengukuran Kriteria Baku Kerusakan Tanah untuk Produksi Biomassa. b. dan potensi sumber kerusakan. Porositas Total. Berat Isi.

2. Tenaga Pendukung Tenaga Operator IT ( mengerti digitasi pemetaan ) Surveyor / Petugas Pengambil Sampling Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www. Konservasi Vegetasi 4) Bidang Mikrobiologi Tanah Magister (S2) Pertanian/Kehutanan berpengalaman (10 tahun) di bidang Ilmu Tanah. D. Tim Pelaksana Kegiatan a. Dalam melakukan pekerjaannya Penyedia Jasa wajib melakukan diskusi dan konsultasi secara instensif dengan Badan Lingkungan Hidup Kota Bontang. Fisika Tanah dan Klasifikasi Tanah 3) Bidang Konservasi Tanah Magister (S2) Pertanian/Kehutanan berpengalaman (10 tahun) di bidang Konservasi Tanah dan Air.novapdf. Laboratorium Laboratorium adalah Laboratorium Tanah yang telah mengikuti Program Uji Keakuratan Data Analisa dengan Hasil Laboratorium merujuk pada Standar Nasional Indonesia. Waktu Pelaksanaan Kegiatan Pekerjaan ini dijadwalkan selama 60 (enam puluh) hari kalender sebagaimana jadwal kegiatan terlampir dengan terlebih dahulu penyedia jasa membuat skedule kegiatan. b. c. Kesuburan Tanah dan Perencanaan Pengembangan Wilayah 2) Bidang Fisika Tanah Magister (S2) Pertanian/Kehutanan berpengalaman (12 tahun) di bidang Ilmu Tanah. Koordinasi dan Mekanisme Pelaksanaan Kegiatan Penyedia Jasa akan bertanggung jawab kepada Pemerintah Kota Bontang.C. selanjutnya dilakukan evaluasi. analisis sifat dasar tanah. Evaluasi ini bertujuan untuk menentukan rusak tidaknya suatu lokasi tanah berdasarkan kriteria baku kerusakan tanah. Tenaga Ahli 1) Bidang Kesuburan Tanah . Magister (S2) Pertanian/Kehutanan berpengalaman (12 tahun) di bidang Ilmu Tanah. Mikro Tanah dan Kimia Tanah. JASA LABORATORIUM DAN TENAGA ANALISIS YANG DIBUTUHKAN 1. 3.com) . dalam hal ini Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Bontang melalui Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan. Evaluasi Untuk Penetapan Status Kerusakan Tanah Setelah dilakukan identifikasi kondisi awal tanah. Sistem Informasi Geografis.

PEMBERI TUGAS DAN PEMBIAYAAN 1.000. K o t a B o n t a n g T e l p . PENUTUP Demikian Kerangka Acuan ini dibuat untuk dijadikan Pedoman Pelaksanaan Pekerjaan.novapdf. Pembiayaan Pekerjaan Belanja Jasa dan Analisis Kondisi Tanah dan Status Kerusakan Tanah pada Kegiatan Pengendalian Kerusakan Tanah Untuk Produksi Biomassa dari APBD Kota Bontang Tahun Anggaran 2010 dengan Pagu Rp. H. Pemberi Tugas adalah Pengguna Anggaran Kegiatan Pengendalian Kerusakan Tanah Untuk Produksi Biomassa. 19631206 199403 1 010 Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www. Menyetujui.00 termasuk Pajak (PPh dan PPn) G. Batasan kegiatan.Laporan Pendahuluan (5 eksemplar) Berisikan data baku dan informasi dasar berdasarkan kemajuan pekerjaan serta metode analisis . Ali Akbar NIP.com) . 19561228 198603 2 004 Ir. 3. Alamat Pemberi Tugas : Badan Lingkungan Hidup Kota Bontang. 165. Ening Widiastuti Pembina Utama Muda NIP.E. Maret 2010 Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan.000. Ir. 2. Jl. Laporan Akhir (20 eksemplar) Laporan akhir disampaikan dalam bentuk laporan secara lengkap dengan disertai Peta Dasar Status dan Kondisi Kerusakan Tanah 1: 50. Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Bontang Selaku Pengguna Anggaran Bontang.000. F. Ir. ( 0 5 4 8 ) 2 3 0 1 0 . PELAPORAN DAN PEMBAHASAN . Juanda. Metodologi Tata Cara Pengukuran dan Identifikasi Kondisi Awal Tanah beserta hasil Analisis Sifat Dasar Tanah yang diserahkan setelah 45 (empat puluh lima) hari sejak diterimanya SPMK dan dipresentasikan. Gambaran Umum Kegiatan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful