TUGAS KULIAH ROFESI VII PT ASTRA ARGO LESTARI TBK

Disusun oleh : BAYU WIDIYATMOKO NIM : I8108039

PROGRAM STUDI D3 TEKNIK MESIN PRODUKSI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2011

perusahaan induk perusahaan.000 hektar.6655.co. Kemudian pada tahun 1997. mendirikan sebuah unit usaha pertanian untuk mengembangkan perkebunan ubi kayu seluas 2.co. Company Profile PT Astra Agro Lestari Tbk PT Astra Agro Lestari Tbk merupakan anak cabang dari astra international yang bergerak dibidang agribusiness PT Astra Agro Lestari Tbk merupakan satu –satunya anak cabang astra internasional yang bergerak di bidang agribusiness ( perkebunan). PT Astra Agro Niaga merger dengan PT Suryaraya Bahtera dan berubah nama menjadi PT Astra Agro Lestari. nama anak perusahaan diubah menjadi PT Astra Agro Niaga. Kemudian.000 hektar perkebunan kelapa sawit di propinsi Riau. perusahaan itu berubah menjadi perkebunan karet. Pada tanggal 3 Oktober 1988. . Pada tahun 1989. Sejarah PT Astra Agro Lestari Tbk Sejarah PT Astra Agro Lestari Tbk dapat ditelusuri kembali ke sekitar 30 tahun yang lalu saat PT Astra International.astra-agro.6555 (Hunting) (021) 461.id www. 461. Alamat Head Office Phone Fax E-mail Website produck : : : : : : Jl. ia memutuskan untuk menjelajah ke bisnis tahun 1984 dengan mengakuisisi PT Tunggal Perkasa Plantations. Puloayang Raya Blok OR-I Pulogadung Industrial District Jakarta 13930 (021) 461. PT Astra International membuat kelapa sawit unit bisnis sebagai entitas baru dengan nama PT Suryaraya Cakrawala.6677 investor@astra-agro. yang memiliki total luas 15.id CPO dan KPO b. Melihat prospek yang bagus bisnis kelapa sawit.a.

800. Pabrik pengolahan Perusahaan dan anak perusahaan memiliki kapasitas produksi 940 ton tandan buah per jam dan 600 ton kernel per hari dan 300 ton minyak sawit mentah (CPO) per hari. PT Mamuang. yang kemudian merger dan bernama Bursa Efek Indonesia. Pengolahan Kelapa Sawit Menjadi CPO Dan PKO PT Astra Agro Lestari Tbk merupakan panghasil CPO ( Crude Palm Oil ) dan KPO ( kernel Palm Oil) yang merupakan bahan dasar untuk pembuatan minyak goring. Para karyawan tetap total Perseroan per akhir tahun 2010 adalah 24. sabun.081 orang. PT Kimia Tirta Utama. PT Astra Agro Lestari menjadi perusahaan publik dengan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya. Sumatera. PT Astra Agro Lestari Tbk saat ini mengelola area perkebunan sebesar 263. Pada penawaran umum perdana (IPO). Pada akhir perdagangan terakhir di BEI tahun terakhir. harga saham Perseroan tercatat sebesar Rp 26. perlengkapan kosmetik. PT Letawa. PT Perkebunan Lembah Bhakti. PT Lestari Tani Teladan dan PT Bhadra Cemerlang.000 saham kepada masyarakat dengan harga Rp 1. c. PT Suryaraya Lestari. PT Sari Aditya Loka. PT Pasangkayu.200 per saham. Perkebunan anak perusahaan dan pabrik berlokasi di Jawa. Perseroan berhasil mengubah perusahaan kelapa sawit menjadi kesempatan emas untuk mengembangkan bisnis kelapa sawit sebagai bisnis minyak sawit sejak itu telah terus bertambah. PT Bhadra Sukses. Sebagai salah satu produsen utama minyak kelapa sawit.281 hektar.Pada tanggal 9 Desember 1997. termasuk kedua (petani) inti dan perkebunan plasma di Sumatera. PT Eka Dura Indonesia. PT Sawit Asahan Indah. PT Tunggal Perkasa Plantations. dan pupuk. Deskripsi Bisnis PT Astra Agro Lestari Tbk PT Astra Agro Lestari Tbk adalah perusahaan minyak Indonesia yang berbasis di perusahaan perkebunan kelapa sawit. 4059-hektar perkebunan kelapa sawit minyaknya terletak di Kalimantan Selatan dan pabrik minyak goreng berlokasi di Sumatera Utara. Kalimantan dan Sulawesi. margarine.550 per saham. Kalimantan dan Sulawesi dengan usia rata-rata adalah 14 tahun. Adapun cara pengolahan kelapa sawit tersebut ini adalah : . PT Karya Tanah Subur. Indonesia. Anak perusahaan meliputi PT Sari Lembah Subur. Perusahaan menawarkan 125.

1. Proses Pengolahan Kelapa Sawit Menjadi CPO Pengolahan buah Kelapa Sawit di awali dengan proses pemanenan Buah Kelapa Sawit.5-25% buah luar atau 2 Kurang matang Mentah Tidak ada tandan buah yg berwarna hijau atau hitam Tingkat kematangan Sangat mentah . hal ini bertujuan agar memudahkan dalam proses penurunan buah. Cara Pemanenan Kelapa Sawit harus dilakukan dengan baik sesuai dengan standar yang telah ditentukan hal ini bertujuan agar pohon yang telah dipanen tidak terganggu produktifitasnya atau bahkan lebih meningkat dibandingkan sebelumnya. No Fase buah Fraksi buah Jumlah berondolan yang jatuh 00 1 Mentah 0 1 %-12. perlakuan ini dapat meningkatkan unsur hara yang dibutuhkan Tanaman sehingga diharapkan dapat meningkatkan produksi buah. Proses pemanenan diawali dengan pemotongan pelepah daun yang menyangga buah. Untuk memperoleh Hasil produksi (CPO) dengan kualitas yang baik serta dengan Rendemen minyak yang tinggi. Kemudian buah yang telah dipanen dilakukan pemotongan tandan buah dekat pangkal.5 % buah luar atau 0-1 berondolan/kg tandan membrondol 2 1 12. Pemanenan dilakukan berdasarkan Kriteria Panen (tandan matang panen ) yaitu dapat dilihat dari jumlah berondolan yang telah jatuh ditanah sedikitnya ada 5 buah yang lepas/jatuh (brondolan) dari tandan yang beratnya kurang dari 10 kg atau sedikitnya ada 10 buah yang lepas dari tandan. Berondolan yang jatuh dikumpulkan dalam karung dan tandan buah segaar (TBS) selanjutnya di angkut menuju tempat pengumpulan hasil (TPH) untuk selanjutnya ditimbang dan diangkut menuju pabrik pengolahan Kelapa Sawit. hal ini dilakukan untuk mengurangi beban timbangan Kelapa Sawit. Selanjutnya pelepah tersebut disusun rapi ditengah gawangan dan dipotong menjadi dua bagian.

Penimbangan bertujuan untuk mengetahui berat muatan (TBS) yang diangkut sehingga memudahkan dalam perhitungan atau pembayaran hasil panen serta memudahkan untuk proses pengolahan selanjutnya. Proses selanjutnya tandan buah segar yang telah disortasi kemudian diangkut menggunakan lori menuju tempat perebusan (Sterilizer).berondolan/kg tandan 25 % dari buah luar membrondol Matang 2 3 4 3 Lewat 5 25-50 % buah luar membrondol 50-75 % buah luar membrondol 75-100% buah luar membrondol 100 % buah luar membrondol dan sebagian berbau busuk Matang Matang Lewat matang (ranum) Lewat matang (busuk) Pengangkutan Tandan Buah Segar (TBS) menuju pabrik pengolahan kelapa sawit dilakukan dengan menggunakan alat transportasi berupa Truk atau Traktor. Sistem satu puncak (Single Peak) adalah sistem perebusan yang mempunyai satu puncak akibat tindakan pembuangan dan pemasukan uap yang tidak merubah bentuk pola perebusan selama proses peerebusan satu siklus. Sistem dua puncak adalah jumlah puncak yang terbentuk selama proses perebusan berjumlah dua puncak akibat tindakan pembuangan uap dan pemasukan uap kemudian dilanjutkan dengan pemasukan. Fraksi dengan kualitas yang diinginkan adalah fraksi 2 dan 3 karena pada fraksi tersebut tingkat rendemen minyak yang dihasilkan maksimum sedangkan kandungan Asam Lemak Bebas (free fatty acid) minimum. . TBS yang telah ditimbang kemudian di periksa atau disortir terlebih dahulu tingkat kematangan buah menurut fraksi fraksinya. Sistem dua puncak (double Peak) dan Sistem tiga puncak (Triple Peak). Dalam tahap ini terdapat tiga cara perebusan TBS yaitu Sistem satu puncak (Single Peak). Sebelum masuk kedalam Loading Ramp. TBS ditimbang terlebih dahulu.

dilanjutkan dengan pemasukan uap. Pemipilan dilakukan dengan membanting buah dalam drum putar dengan kecepatan putaran 23-25 rpm.penahanan dan pembuangan uap selama perebusan satu siklus. Adapun tujuan dari proses perebusan adalah menonaktifkan enzim lipase yang dapat menstimulir pembekuan freefatty acid dan mempermudah perontokan buah pada tresher. Perebusan juga dapat mengurangi kadar air dari inti sehingga mempermudah pelepasan inti dari cangkang. Puncak pertama tekanan sampai 1. Untuk memudahkan proses pelumatan .8 – 3.0 Kg/cm2 dan puncak ketiga tekanan sampai 2. Digester terdiri dari tabung silinder yang berdiri tegak yang di dalamnya dipasang pisau-pisau pengaduk sebanyak 6 tingkat yang diikatkan pada pros dan digerakkan oleh motor listrik. selain itu proses perebusan juga bertujuan untuk memudahkan ekstraksi minyak pada proses pengempaan. puncak kedua tekanan sampai 2. penahanan dan pembuangan uap selama proses perebusan satu siklus. Buah yang terpisah akan jatuh melalui kisi-kisi dan ditampung oleh Fruit elevator dan dibawa dengan Distributing Conveyor untuk didistribusikan keunit-unit Digester. buah yang telah direbus di angkut dengan dua cara yaitu pertama. Cara yang kedua adalah dengan menggunakan Happering yang kemudian diangkut dengan elevator (Auto Fedder). Perebusan dengan sistem 3 peak (tiga puncak tekanan). Sedangkan sistem tiga puncak adalah jumlah puncak yang terbentuk selama perebusan berjumlah tiga sebagai akibat dari tindakan pemasukan uap.0 Kg/cm2. Di dalam digester buah diaduk dan dilumat untuk memudahkan daging buah terpisah dari biji. Pada proses ini tandan buah segar yang telah direbus kemudian dirontokkan atau dipisahkan dari janjangnya.5 Kg/cm2. Pada proses ini. dengan menggunakan Hoisting crane dan di tuang ke dalam thresher melalui hooper yang berfungsi untuk menampung buah rebus. Tahapan selanjutnya adalah proses pemipilan atau pelepasan buah dari tandan. pembuangan uap.

Setelah massa buah dari proses pengadukan selesai kemudian dimasukan ke dalam alat pengepresan (screw press). Massa yang keluar dari digester diperas dalam screw press pada tekanan 50-60 bar dengan menggunakan air pembilas screw press suhu 90-95 C sebanyak 7 % TBS dengan hasil minyak kasar yang viscositasnya tinggi. serabut dan bahan-bahan lain yang masih mengandung minyak dan dapat dikembalikan ke digester. . Pengepresan berfungsi untuk memisahkan minyak kasar dari daging buah (pericarp). Di dalam oil tank juga terjadi pemanasan (75-80°C) dengan tujuan untuk mengurangi kadar air. Tingkat atas memakai saringan ukuran 20 mesh. Di dalam COT suhu dipertahankan 90-95°C agar kualitas minyak yang terbentuk tetap baik. Tahap selanjutnya minyak dimasukkan kedalam Tanki Klarifikasi (Clarifier Tank). Dari pengepresan tersebut akan diperoleh minyak kasar dan ampas serta biji. Minyak kasar yang dihasilkan kemudian ditampung sementara kedalam Oil Tank. Proses pengadukan/ pelumatan berlangsung selama 30 menit. Pada tahapan ini dihasilkan dua jenis bahan yaitu Crude oil dan Slude . Minyak kasar yang dihasilkan kemudian disaring menggunakan Vibrating screen. sedangkan tingkat bawah memakai saringan 40 mesh. prinsip dari proses pemurnian minyak di dalam tangki pemisah adalah melakukan pemisahan bahan berdasarkan berat jenis bahan sehingga campuran minyak kasar dapat terpisah dari air. Penyaringan bertujuan untuk memisahkan beberapa bahan asing seperti pasir. Minyak yang telah disaring kemudian ditampung kedalam Crude Oil Tank (COT).diperlukan panas 90-95 C yang diberikan dengan cara menginjeksikan uap 3 kg/cm2 langsung atau melalui mantel. Vibrating screen terdiri dari 2 tingkat saringan dengan luas permukaan 2 m2 .

Slude yang dihasilkan dari Clarifier tank kemudian di alirkan ke dalam Decanter. Pada pengolahan kelapa sawit menjadi PKO setelah proses pengepresan maka terjadi pemisahan antara minyak sawit dengan kernel. dengan kecepatan perputarannya 7500 rpm. Heavy phase dan Solid. Kotoran dan air yang memiliki densitas yang besar akan berada pada bagian yang luar (dinding bowl). Di sini minyak disemprot dengan menggunakan nozzle sehingga campuran minyak dan air tersebut akan pecah. Proses awalnya sama seperti pengolahan kelapa sawit menjadi CPO. dimana minyak yang memiliki tekanan uap lebih rendah dari air akan turun ke bawah dan kemudian dialirkan ke storage tank. Hal ini akan mempermudah pemisahan air dalam minyak. sabut dan ampasnya. . hal ini bertujuan agar kualitas CPO yang dihasilkan tetap terjamin sampai tiba waktunya pengiriman. Di dalam purifier dilakukan pemurnian untuk mengurangi kadar kotoran dan kadar air yang terdapat pada minyak berdasarkan atas perbedaan densitas dengan menggunakan gaya sentrifugal. Kotoran dan air yang melekat pada dinding diblowdown ke saluran pembuangan untuk dibawa ke Fat Pit. minyak dipompakan ke vacuum drier. Minyak yang keluar dari purifier masih mengandung air. Proses Pengolahan Kelapa Sawit Menjadi PKO Palm kernel Oil (PKO) adalah minyak yang dihasilkan dari inti sawit. Di dalam alat ini terjadi pemisahan antara Light phase. sedangkan minyak yang mempunyai densitas lebih kecil bergerak ke arah poros dan keluar melalui sudu-sudu untuk dialirkan ke vacuum drier. maka untuk mengurangi kadar air tersebut. 2. Solid atau padatan yang dihasilkan akan diolah menjadi pupuk atau bahan penimbun.Minyak kemudian dimurnikan dalam Purifier. Light phase yang dihasilkan kemudian akan di alirkan kembali ke dalam crude oil tank sedangkan Heavy phase akan di tampung dalam bak penampungan (Fat Pit).Suhu simpan dalam Storage Tank dipertahankan sntara 45-55°C.

24 jam agar kadar air turun sekitar 21% menjadi4%. Cara lain untuk memisahkan inti dengan cangkang adalah dengan menggunakan Hydro clay bath yaitu pemisahan dengan memanfaatkan lumpur atau tanah liat. Biji tertampung pada Nut Silo yang dialiri dengan udara panas antara 60 – 80°C selama 18. Masa cangkang bercampur inti dialirkan masuk ke dalam Hydro Cyclone untuk memisahkan antara inti dengan cangkang dengan menggunakan prinsip perbedaan massa. Masa biji pecah dimasukkan dalam Dry Seperator (Proses pemisahan debu dan cangkang halus) untuk memisahkan cangkang halus. Otomotif 4 Wheelers Toyota Daihatsu Isuzu Nissan Diesel Trucks Lexus Peugeot BMW 2 Wheelers Honda Component Others AstraWorld Astra menyediakan lengkap mobil kualitas dan produk-produk sepeda motor untuk konsumen Indonesia. Selanjutnya guna memisahkan kotoran. Sebelum biji masuk ke dalam Nut Craker terlebih dahulu diproses di dalam Nut Grading Drum untuk dapat dipisahkan ukuran besar kecilnya biji yang disesuaikan dengan fraksi yang telah ditentukan. 60°C dan 70°C dalam waktu 14-16jam. sebelum diangkut dengan truk ke pabrik pemproses berikutnya. maka dialirkan melalui Winnowing Kernel (Kernel Storage). Pemisahan terjadi akibat perbedaaan berat dan gaya isap blower. biji utuh dengan cangkang/inti. Pada Depericaper terjadi proses pemisahan fibre dan biji. Cangkang yang terpisah kemudian digunakan sebagai bahan bakar boiler. sehingga Press Cake terurai dan memudahkan proses pemisahan menuju depericarper.Biji yang masih bercampur dengan ampas dan serabut kemudian diangkut menggunakan Cake breaker conveyor yang dipanaskan dengan uap air agar sebagian kandungan air dapat diperkecil. Nut kemudian dialirkan ke Nut Craker sebagai alat pemecah. Inti kemudian dialirkan masuk ke dalam Kernel Drier untuk proses pengeringan sampai kadar airnya mencapai 7 % dengan tingkat pengeringan 50°C. posisi pasar Astra terkemuka diperkuat pada setiap langkah dari .

Daihatsu. Nissan Diesel. Daido Steel. Dalam bisnis komponen otomotif. Nippon Gasket. Isuzu. GS Yuasa. setelah penjualan dan operasi pelayanan. distribusi yang luas dan setelah jaringan layanan purna jual. dukungan Pembiayaan melalui Astra Credit Companies (ACC). distribusi. Financial Astra memiliki sejumlah unit usaha yang menyediakan berbagai produk keuangan berkualitas tinggi dan layanan yang mendukung bisnis otomotif dan penjualan alat berat. Akebono. menyediakan produk dengan harga yang terjangkau. pada saat yang tepat dan pada harga yang tepat. Mahle. . Nittan Valve. kemitraan internasional dengan Toyota. Astra juga terlibat dalam perbankan ritel melalui kepemilikan sahamnya di PT Bank Permata Tbk. Aisin Takaoka. Kayaba. model produksi terbukti desain. pembiayaan. Denso.rantai nilai produksi melalui kepemilikan langsung manufaktur. bisnis otomotif Astra bergantung pada hubungan kerja yang kuat dengan prinsipal. Toyota Astra Finance (TA Finance) dan Federal International Finance (FIF) menyediakan pelanggan dengan kesempatan untuk mendapatkan produk yang tepat. Peugeot. Toyoda Gosei dan DIC Corporation. didukung oleh kemampuan produksi untuk memenuhi permintaan pasar. Astra memiliki kemitraan dengan perusahaan terkenal seperti Aisin Seiki. anak perusahaan asuransi dan afiliasi serta melalui jaringan pemasok berkualitas. dan tentu saja profil tinggi untuk kami kualitas produk. Keihin. dan keunggulan pemasaran. BMW di segmen mobil dan dengan Honda di segmen motor menyediakan perusahaan-perusahaan Astra Group dengan akses ke teknologi terbaru.

dan 12 kantor perwakilan. PT Pamapersada Nusantara (PAMA). UT memelihara kontak yang baik dengan klien untuk memastikan penjualan terbaik dan layanan purna jual. seperti peralatan kehutanan Valmet.Construction Machinery UT unit Mesin Konstruksi adalah penyedia terkemuka berbagai produk untuk pertambangan. dan industri agribisnis. menyediakan baris lengkap jasa rekondisi. Mining Contractor Anak perusahaan UT. 15 kantor situs-dukungan. beroperasi sebagai kontraktor penambangan dan menyediakan jasa pertambangan kelas dunia untuk klien. Bomag vibratory roller. Dengan 18 kantor cabang. konstruksi. kehutanan. yang memiliki cadangan sebesar 16 juta ton batubara . crane hidrolik Tadano. Lini produk tersebut termasuk konstruksi Komatsu dan peralatan pertambangan dan merek terkenal lainnya. Mining Di sektor pertambangan Dasa Eka Jasatama (DEJ) mengoperasikan tambang batubara di Kalimantan Selatan. UT melengkapi alat berat yang mendukung dengan remanufaktur pusat di Jakarta. PAMA kompetensi dalam kegiatan pertambangan batubara telah terbukti dalam sejumlah tambang ukuran menengah sampai besar di Sumatera dan Kalimantan. Balikpapan dan Pekanbaru dan Sangatta. Nissan Diesel dan truk Scania berat.

Astragraphia memiliki 77 titik layanan di 22 kantor cabang di seluruh Indonesia . Kapasitas produksi saat DEJ adalah 3 juta ton per tahun. Astragraphia memiliki dua unit bisnis memuji. Bisnis inti dari AGDS adalah solusi dokumen. solusi bisnis. PT Astra Graphia Tbk (AG). AG Dokumen Solusi (AGDS) menyediakan produk dan jasa dalam beberapa bidang usaha. dengan menyediakan layananlayanan berikut. Production System Business (PSB).300 kkal kualitas. Kalimantan Tengah. dan Fuji Xerox Global Services. dengan potensi cadangan 40 juta ton batubara dari 6. implementasi ERP seperti SAP dan Oracle.700 kcal. yang dimiliki oleh Astra. Printer Channel Business (PCB) . Office Product Business (OPB). integrasi sistem. Astragraphia (AGDS) yang menyediakan solusi dokumen dan anak perusahaan. dan Jasa Outsourcing IT. AGIT menyediakan layanan dan solusi terpadu dalam bidang infrastruktur teknologi informasi. Untuk menjaga standar pelayanan yang sangat baik kepada klien. Astragraphia Teknologi Informasi (AGIT) yang menawarkan solusi teknologi informasi dan komunikasi. PT Tuah Turangga Agung mengelola sebuah tambang batubara di Kapuas.berkualitas tinggi dengan kalori 6. adalah salah satu penyedia Solusi Dokumen dan Solusi TI jasa di Indonesia.

Astra aktif berpartisipasi dalam pengembangan infrastruktur strategis nasional. jalan tol. General Infrastructure Di sektor Infrastruktur. Oleh karena itu. PT Astratel Nusantara (Astratel) dan PT Intertel Nusaperdana (Intertel). PT Marga Trans Nusantara (MTN). PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja). operator air bersih. Astra memiliki dua anak perusahaan. Bisnis ini dikelola oleh PT Astratel Nusantara dan PT Intertel Nusaperdana (Umum Infrastruktur sektor) dan juga kelompok PT Serasi Autoraya atau SERA (Logistik Rantai Nilai sektor). Intertel Astratel dan berfokus pada usaha sebagai berikut. ekspansi bisnis di sektor ini kepentingan nasional tetap menjadi prioritas untuk Astra. 1. PT Toyo Fuji Logistic Indonesia (TFLI) dan Gresik Distribusi PT Terminal (GDT) . marshalling halaman dan operator tangki tertutup untuk minyak melalui PT Marga Mandalasakti (MMS).

yang menyediakan jasa angkutan berikut. Logistik Harmoni.2. . . Astra memiliki satu anak perusahaan. dan Jasa Taksi (Taxi Orenz). transportasi sistem manajemen (TRAC-Astra Rent a Car dan TRAC Driver Services). digunakan penjualan mobil (Mobil88 dan ibid). Logistik Serasi. dan TREMO). Logistic Value Chain Dalam bisnis Rantai Nilai Logistik. . . Kontributor utama Perusahaan Logistik Rantai Nilai Divisi pada tahun 2009 adalah SERA. . jasa logistik (Toyofuji Serasi Indonesia. . PT Serasi Autoraya (SERA).