P. 1
Pengertian Masyarakat Madani

Pengertian Masyarakat Madani

|Views: 777|Likes:
Published by sulispotter

More info:

Published by: sulispotter on Aug 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/07/2013

pdf

text

original

Pengertian Masyarakat Madani Masyarakat Madani Bahasa Arab Secara Etimologi

-Masyarakat Madani Masyarakat madani adalah suatu masyarakat ideal yang didalamnya hidup manusia-manusia partisipan yang masing-masing diakui sebagai warga dengan kedudukan yang serba serta dan sama dalam soal pembagian hak dan kewajiban. Masyarakat madani (almujtama al-madani) adalah masyarakat bermoral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dan stabilitas masyarakat, dimana masyarkat memiliki motivasi dan inisiatif indivudual. Masyarakat madani adalah masyarakat yang secara umum memiki ciri-ciri berbudaya, berperadaban, demokratis, dan berkeadilan. Masyarakat madani adalah masyarakat masyarakat yang berperadaban(ber- madaniyah ), karena tunduk dan patuh pada ajaran kepatuhan yang dinyatakan dalam supermasi hukum dan peraturan. -Masyarakat Madani Dalam Sejarah Masyarakat Saba Mereka adalah masyarakat di masa Nabi Sulaiman. Masyarakat Madinah Masyarakat yang ada setelah terjadi traktat, perjanjian Madinah antara Rasulullah saw beserta umat Islam dengan penduduk Madinah yang beragama Yahudi dan Watsani.

b. Konsep Masyarakat Madani Konsep masyarakat madani mengacu pada model ideal kehidupan masyarakat madinah pada zaman Nabi Muhammad saw, yang berdasarkan pada suatu konstitusi yang bernama piagam Madinah, maka karekteristik masyarakat madani diukur dengan piagam madinah yang berjumlah 47 pasal.

Karakteristik Mayarakat Madani Bertuhan Damai Tolong-menolong Toleran Keseimbangan antara hak dan kewajiban sosial. Berperadaban tinggi Berakhlak mulia

c. Peran Umat Islam Dalam Mewujudkan Masyarakat Madani QS 3 (Ali Imran : 110) Allah SWT menyatakan bahwa umat Islam adalah umat yang terbaik dari semua kelompok umat manusia yang Allah ciptakan Kandungan Dalam Surat Ali Imran : 110 Diantara aspek kebaikan umat Islam itu adalah keunggulan kualitas SDM-nya di banding dengan umat non-Islam. Keunggulan yang dimaksud adalah sifatnya yang normatif, potensial, dan bukan riil. Realitas dari norma tersebut bergantung pada kemampuan umat Islam itu sendiri untuk memanfaatkan norma atau potensi yang dimilikinya.

Peran Umat Islam Melakukan pembenahan kedalam tubuh umat untuk menghapus kemiskinan, Menciptakan keadilan sosial dan demokrasi, Merangsang kemajuan intelektual, Mewujudkan tatanan sosial-politik yang demokratis dan sistem ekonomi yang adil.

D. Kesejahteraan Umat Kegiatan Sosial Berlandaskan Tauhid Kegiatan Ekonomi

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->