RENCANA PELAKSANAAN PELAJARAN ( RPP 1 ) Sekolah Kelas/Semester Mata Pelajaran Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : SMP

Negeri 2 Bobotsari IX / 1 ( Gasal) ) IPA Memahami berbagai sistem dalam kehidupan seharihari. : 1.1. Mendiskrisikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan. : 1. Mendiskripsikan karateristik macam-macam organ penyusun system ekskresi pada manusia. 2. Mendiskripsikan fungsi alat-alat ekskresi pada manusia. 3. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada system eskresi yang biasa di jumpai dalam kehidupan sehari-hari. 4. Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ system ekskresi : 4 x 40 menit ( 4 jampel)

Alokasi Waktu A.

B

Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu 1. Menjelaskan macam alat-alat eksresi pada manusia 2. Menyebutkan fungsi alat-alat eksresi pada manusia 3. Menyebutkan kelainan dan penyakit pada system ekskresi 4. Menyebutkan usaha-usaha yang di lakukan untuk menjaga kesehatan organ sistem ekskresi. Materi Pelajaran 1. Macam-macam alat ekskresi pada manusia 2. Fungsi alat-alat ekskresi pada manusia 3. Kelaianan dan penyakit ekskresi pada manusia 4. Usaha-usaha yang di lakukan untuk menjaga kesehatan organ sistem ekskresi. Metode Pembelajaran 1. Model. 2. Metode : : : : DI Kooperatif learning Diskusi , Tanya jawab Pengamatan

C.

D.

Langkah-langkah 1. Pertemuan 1 dan 2 ( 4 x 40 ‘) a. Kegiatan pendahuluan * Motivasi : Menanyakan pada peserta didik apakah semua zat yang masuk ke dalam tubuh kita bermanfaat bagi kita. (Arahkan jawaban siswa : ada zat-zat sisa yang harus dibuang) * Pengetahuan prasarat : Mengapa zat sisa itu harus dibuang ( arahkan jawaban siswa : jika tidak dibuang akan menjadi racun bagi tubuh kita) - zat- zat sisa yang harus dibuang dari tubuh yaitu CO2 dan H2O sisa pernapasan, sisa-sisa pencernaan, sisa perombakan zat-zat dalam tubuh garam-garam mineral yang berlebihan. b. Kegiatan Inti  Guru membagi siswa dalam kelompok – kelompok  Guru meminta siswa untuk mengamati charta organ-organ tubuh yang berfungsi dalam sistem ekskresi.  Guru meminta siswa mengerjakan LKS yang di buat oleh guru ( tentang bagian-bagian alat ekskresi dan fungsinya)

Tes Isian Jelaskan fungsi sistem ekskresi yang di miliki oleh manusia ! Score : 9 c. Teknik Penilaian : . .Tes uraian . Buku siswa yang relevan 2. Sumber Belajar 1.Tes tertulis . jantung c. Buku refrensi Penilaian 1. Charta 3. F. Contoh Instrumen a. Tugas membuat tulisan tentang salah satu penyakit yang berhubungan dengan sistem ekskresi dan upaya mengatasinya. Organ ekskresi bentuknya mirip kacang-kacangan berwarna merah adalah … a.Tugas kelompok 3. c.E. Kegiatan Penutup Peserta didik memprestasikan hasil kerja kelompok Memberi penghargaan pada kelompok dengan kinerja yang baik  Membimbing siswa dalam merangkum pelajaran  Uji Kompetensi lisan • Organ apakah yang bentuknya seperti kacang merah dan berwarna merah maron ? • Memberi tugas kepada kelompok untuk membuat tulisan tentang salah satu penyakit yang berhubungan dengan sistem ekskresi dan upaya mengatasinya. Bentuk Instrumen . ginjal b. hati score : 2 b.Tes isian . paru-paru d. Tes Pilihan Ganda 1.Penugasan 2.

Perhatikan gambar ! Sebutkan dan Jelaskan fungsi bagian ginjal seperti gambar sebelah kanan .

.Pd. 131267286 R. 131854090 .Mengetahui Kepala Sekolah Bobotsari. Juli 2008 Guru Mata Pelajaran Amtorunajah.Alexander Herry W.S. S.Pd. NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PELAJARAN ( RPP 3 ) Sekolah Kelas/Semester Mata Pelajaran Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : SMP Negeri 2 Bobotsari IX/1 (satu) IPA Memahami berbagai sistem dalam kehidupan seharihari. 2. dan ketika siswa yang bersangkutan menoleh. Mndekripsikan bagian organ dan/atau organ pada otak dan fungsinya Pertemuan ke dua Peserta didik dapat : 3. C. . Kegiatan pendahuluan * Motivasi Guru memanggil salah seaorang siswa.Cooperatif learning (CL) 2.3. Menunjukkan bagian organ dan/atau organ penyusun sistem saraf pada manusia 2. * Prasarat Pengetahuan : B. Pertemuan Pertama ( 2 x 40’ ) a. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada alat indera yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatanya. Guru mengajak siswa mendiskusikan peristiwa tersebut dengan mengajukan pertanyaan misalnya mengapa temannya menoleh ketika dipanggil? Siapa yang memerintah otot lehernya agar menoleh dan seterusnya. guru meminta siswa lain memperhatikan peristiwa tersebut. : 1. Mendekripsikan bagian sel saraf dan fungsinya 4. dan sel saraf dalam sistem koordinasi.Direct Instruction (DI) . : 1. Membuat kliping tentang penyakit pada alat indera yang biasa di jumpai dalam Kehidupan sehari-hari Materi Ajar Sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubunganya dengan kesehatan Model dan Metode Pembelajaran 1. Menunjukkan bagian-bagian alat indera dan fungsinya. fungsi sumsum tulang belakang. 4. Mendiskripsikan sisitem Koordinasi dan alat indra pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan. D. Mendiskripsikan fungsi otak. Tujuan Pembelajaran Pertemuan Pertama Peserta didik dapat : 1. Menunjukkan pada model mata bagian iris dan pupil dan menjelaskan fungsinya Pertemuan ke tiga Peserta didik dapat : 2. Menyebutkan bagian organ bagian dan/atau organ penyusun sistem saraf pada manusia. Mendeskripsikan fungsi bagian organ dan/atau organ penyusun telinga 6. Diskusi diarahkan sehingga siswa memahami bahwa peristiwa dapat berlangsung karena ada sistem saraf di dalam tubuh siswa itu. Model : . : 2 x 40 menit ( 4 jampel) Alokasi Waktu A. 3. Metode : CTL Langkah-langkah Kegiatan : I.

Guru memberikan informasi tentang bagian-bagian sel saraf dengan mempelihatkan gambr beserta fungsi dari tiap bagiannya. Pertemuan ke dua ( 2 x 40’ ) a.Guru menempel charta/gambar berbagai alat indera dan nama-nama bagian tiap alat indera secara acak.Guru mengawali pelajaran dengan menempel charta/gambar/turso sistem saraf. . Kegiatan Penutup .Macam-macam alat indera dan fungsinya .Fungsi sel-sel reseptor b.Guru memberikan pelatihan lanjutan pada siswa untuk menentukan fungsi dari bagian penyusun sistem saraf bedasarkan referensi yang dibaca ( buku siswa ) II. Kegiatan Inti . dingin. . Kegiatan Penutup . dan tekanan ? (Arahkan jawaban siswa pada organ/indera bias mendeteksi rangsang karena ada sel-sel reseptor ) * Prasarat Pengetahuan .Guru meminta siswa membuat bagan sistem saraf pada manusia .Dalam tubuh terdapat sistem-sistem yang saling bekerjasama dan saling mempengaruhi. Kegiatan Inti .Guru memperbaiki jawaban siswa yang masih salah . c. Kegiatan Inti . Kegiatan Pendahuluan * Motivasi Mengapa telinga dapat mendeteksi adanya getaran ? Mengapa mata kita dapat mendektesi adanya cahaya ? Mengapa kulit kita dapat mendektesi adanya sentuhan. panas . III. .Guru memperbaiki jawaban siswa yang masih salah .Guru memimpin diskusi kelas untuk membahas arah jalannya rangsang yang dapat menghasilkan gerakkan.Guru meminta perwakilan siswa menentukan bagian organ penyusun sistem sistem saraf pada gambar. * Guru menyampaikan tujuan pembelajaran b. Kegiatan pendahuluan * Motivasi Guru mengajukan pertanyaan : Bagaimana pesan dapat sampai dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh yang lainnya * Prasarat Pengetahuan Guru meminta salah satu siswa bagian penyusun saraf pada manusia * Guru menyampaikan tujuan pembelaajaran b. .Guru meminta siswa lain mengulang kembali .Guru membimbing siswa membuat bagan saraf pada manusia c.Guru meminta salah satu siswa mengulang kembali penjelasan guru .Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembahasan .Guru meminta siswa berpasangan mendiskusikan arah jalannya rangsang yang dapat menghasilkan gerakan (gerak biasa dan gerak refleks) . Pertemuan ke Tiga ( 1 x 40 ‘ ) a. .Guru menugaskan kepada siswa untuk mencari informasi tentang alat indera dan bagian-bagiannya melalui studi refrensi.Guru meminta siswa secara berpasangan menentukan bagian organ penyusun sistem saraf berdasarkan referensi. Sistem tersebut dikendalikan oleh otak sebagai sistem koordinasi.

inti sel. inti sel. neurit b. dendrite. dendrite d. Buku refrensi lainnya c. c. Sumber Belajar a. Buku Paket Biologi b. menghubungkan sel saraf yang satu dengan yang lainnya d. sel schwan. Otak kecil berfungsi untuk mengatur … a. E. Contoh Instrumen 1. Perhatikan gambar sel saraf berikut ! 2 1 3 4 Bagian yang ditunjukan berturut-turut adalah … a. Deskripsikan fungsi otak besar ! . neurit. sumsum tulang belakang 3. neurit.Tes Tertulis : . 1 dan 2 c. sel schwan. sel schwan. Bagian otak yang berfungsi mengatur kecepatan pernapasan adalah … a. inti sel. Charta/turso Penilaian Untuk Pertemuan 1 dan 2 1.Guru meminta siswa memasangkan nama –nama bagian tiap alat indera yang sesuai berdasarkan studi reperensi yang telah dilakukan siswa. Kegiatan Penutup . suhu tubuh 4. getaran mata d.Guru menegaskan kepada siswa secara berkelompok membuat kliping tentang penyakit pada sistem saraf dan alat indera yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. dendrite. sel schwan 2. sumsum lanjutan b. dendrit. denyut jantung b. Bentuk Instrumen - F. keseimbangan c. meneruskan rangsangan ke badan sel c. 3 dan 4 b. otak kecil d. Teknik Penilaian 2. inti sel.Uraian 3. 2 dan 3 d. : . Perhatikan gambar sistem saraf dibawah ini ! Bagian otak kecil dan sumsum lanjutan ditandai dengan nomor a. Fungsi neurit pada sel saraf adalah … a. otak besar c. neurit c. mengolah rangsangan dan menenggapinya b. meneruskan rangsang dari badan sel saraf 6.Pilihan Ganda . 4 dan 1 2.Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran .

b. Bentuk : . Teknik penilaian 2. 4.Uji petik kerja . 1.Penugasan : .Tes unjuk kerja . Rubrik uji petik kerja No. Aspek Ketepatan menunjukkan bagian indera Mendiskripsikan fungsi bagian yang ditunjuk dengan benar Jumlah b. tunjukkan dan deskripsikan fungsi bagian pupil dan retina. 2. Dengan menggunakan model mata. 1. 2. 3. Aspek Relevansi materi dengan hasil karya siswa Ketepatan penjelasan gambar Kerapian dan kebersihan Jumlah Skor 4 3 3 10 Skor 5 5 10 Perhatikan gambar amati charta dan jelaskan masing – masing fungsinya ? GAMBAR SISTEM SARAF Tambahan Informasi : . Contoh Instrumen a.Tugas rumah 3.Pertemuan 3 1. Skoring a. Buatlah kliping tentang penyakit pada alat indera yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Rubrik tugas kliping No.

Lebih kurang 20. Saraf motorik membawa sinyal dari otak ke otot-otot untuk membuat tubuh bergerak. dan organ-organ sensor lainnya.000 saraf melintas di seluruh tubuh. TAMBAHAN INFORMASI FUNGSI OTAK SEBELAH KANAN DAN OTAK SEBELAH KIRI. yaitu sensorik membawa pesan –pesan keotak dari mata. dan sisanya berupa jaringan saraf si seluruh tubuh adalah sistem kedua yang disebut sistem saraf perifer Sistem saraf ferifer memiliki 2 tife saraf. . Sistem ini memiliki 2 bagian utama Otak dan Saraf spinal membentuk sistem sarf pusat. telinga. kulit.

CHARTA ALAT INDERA .

Alexander Herry W. NIP. NIP. 131267286 R.S. 131854090 . Juli 2008 Guru Mata Pelajaran Amtorunajah.Pd.Pd.. S.Mengetahui Kepala Sekolah Bobotsari.

Kegiatan Pendahuluan Motivasi dan apresiasi * Mengajukan pertanyaan : Mengapa makhluk hidup dapat menghasilkan keturunan (arahkan jawaban siswa pada : karena memiliki kemampuan untuk berkembangbiak). Kegiatan Penutup . Mendiskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia. Menuliskan arikel tentang cara penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi melalui surat kabar/media masa/madding sekolah 4. Materi Pembelajaran Organ penyusun sistem reproduksi pada manusia Metode Pembelajaran 1. 2. Metode Langkah-langkah Kegiatan 1.Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok dan anggota masing-masing kelompok mengkomunikasikan hasil pengamatan dari charta.(alat reproduksi pria dan wanita) .RENCANA PELAKSANAAN PELAJARAN ( RPP 3 ) Sekolah Kelas/Semester Mata Pelajaran Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : SMP Negeri 2 Bobotsari IX/1 (satu) IPA Memahami berbagai sistem dalam kehidupan seharihari. : 1. 3. Menyebutkan macam-macam organ penyusun. D. Menulis artikel tentang cara penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi melalui surat kabar/ media masa/madding sekolah. Menyebutkan 4 macam organ penyusun sistem organ reproduksi pada wanita. Kegiatan Inti .2.Guru menanggapi jawaban siswa dan memberikan informasi yang benar. Membuat laporan pentingnya menjaga kesehatan sistem organ reproduksi 7. Menyebutkan 2 macam organ penyusun sistem organ reproduksi pada pria 2. Model : Direc instruction (DI) Kooperatif learning : Diskusi kelompok B. C. 2. Tujuan Pembelajaran 1. Menyebutkan 2 jenis penyakit yang sering menyerang sistem organ reproduksi. c. : 1. Mendiskripsikan fungsi organ penyusun sistem reproduksi pada pria 4. Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi : 4 x 40 ‘ ( 4 jampel ) Alokasi Waktu A. Menuliskan artikel tentang cara penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi. Mendiskripsikan fungsi sistem reproduksi pada manusia 3. Pertemuan Pertama a. sistem reproduksi pada manusia 2. Prasarat pengetahuan * Apakah yang di maksud reproduksi ? * Apakah tujuan makhluk hidup melakukan reproduksi b. 6.

Bentuk Instrumen * Isian dan PG * Tugas Rumah * Angket c. oviduct d. Pertemuan ke Dua a.Guru bersama siswa membuat kesimpulan dari hasil pengamatan 2. b.Guru bersama siswa melakukan diskusi kelas dari hasil pengamatan pada charta . Sumber Belajar a. uterus 2. Teknik Penilaian * Tes tertulis * Penugasan b. ovarium c. Kegiatan Pendahuluan Motivasi dan Apresiasi Secara klasikal guru memberikan pertanyaan pada siswa fungsi dari organ tersebut. Salah satu organ yang menyusun sistem reproduksi pada laki-laki adalah … a. testis b. . Alat peraga/ charta / Turso F. uterus d. testis b. Kegiatan Inti • Melalui diskusi kelas guru memberikan materi tentang fungsi dari bagian-bagian organ reproduksi pria dan wanita.. Kunci : Skor : Contoh soal Penugasan : Buatlah tulisan tenta penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi. Bagian alat kelamin jantan yang menghasilkan sperma di sebut … a. • Guru memberikan latihan soal tentang reproduksi E. siswa di minta untuk menyebutkan nama organ tersebut. tuba fallopi Kunci : …… Skor : Contoh soal uraian : Jelaskan fungsi uterus yang terdapat dalam sistem reproduksi wanita. Penialaian Hasil Belajar a. ovarium c. Buku Refrensi c. Prasarat pengetahuan Guru menunjukkan gambar / charta organ reproduksi. Buku Paket Biologi b. Contoh Instrument Contoh tes PG 1. Kegiatan Penutup • Guru menugaskan siswa berdiskusi untuk mencari informasi tentag cara penularan dan pencegahan penyakit organ reproduksi dari media cetak / surat kabar atau melalui informasi dari puskesmas atau rumah sakit. • Menberikan informasi penyakit/ kelainan yang sering terjadi c.

Charta 1 : ORGAN REPRODUKSI WANITA BAGIAN DALAM ORGAN REPRODUKSI LAKI-LAKI Charta 2 : .

BERBAGAI PENYAKIT PADA ORGAN REPRODUKSI DAN Kanker Rahim dari Stadium 1 sampai dengan Stadium 4 PENYAKIT KELAMIN Beberapa contoh Penyakit Kelamin 1. Spilis : .

Juli 2008 Guru Mata Pelajaran Amtorunajah. NIP.S. Gonore Herves pada vagina Herves pada penis Mengetahui Kepala Sekolah Bobotsari. NIP. 131854090 .Pada Payudara Pada kelamin wanita Pada kelamin pria Penyakit spilis yang dapat menyebabkan kebutaan 2. Herves : Herves pada penis 3. 131267286 R.Alexander Herry W. S.Pd..Pd.

4.1. Perkembangbiakan Metode Pembelajaran 1. Materi Pembelajaran : 1.Apa yang terasa olehmu jika udara panas ? ( Arahkankan jawaban siswa pada : mengeluarkan banyak keringat dan terasa haus) . Pertemuan 1 ( 2 x 40 ‘ ) a. 2.RENCANA PELAKSANAAN PELAJARAN ( RPP 4 ) Sekolah Kelas/Semester Mata Pelajaran Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : SMP Negeri 2 Bobotsari IX/1 (satu) IPA Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup. Mendiskripsikan hubungan interspesifik (antar populasi dengan seleksi alam. Mengaitkan perilaku adaftasi hewan tertentu dilingkungannya dengan kelangsungan hidup.Diskusi . DI 2. : 1. Seleksi alam 3. Langkah Kegiatan : 1. 2. Adaptasi 2.Cooperative Learning. Menjelaskan cara ikan air laut beradaptasi terhadap kadar garam 3. jika udara terasa dingin? (Arahkan jawaban siswa pada : mengenakan pakaian yang tebal) Lanjutkan pada pertanyaan : .Apa yang kamu lakukan untuk menghindari kekuarangan cairan karena udara yang panas ? Prasarat Pengetahuan : Ciri hidup apakah yang ditanyakan pada contoh tersebut? (Kemampuan menyesuaiakan diri dengan lingkungan/adaptasi) . Metode : . : 2 x 40 menit ( 4 jampel) Alokasi Waktu A. C. Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu 1. 3. seleksi alam. Model : . Mendiskripsikan cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan. Memprediksikan punahnya beberapa jenis makhluk hidup akibat seleksi alam hubungannya dengan kemampuan yang dimiliki. Menyebutkan cara hewan kutub beradaptasi terhadap musim dingin 2. Menjelaskan peran perkembangbiakan bagi kelangsungan hidup. dan perkembangbiakan. Pendahuluan : Motivasi : Apa yang kamu lakukan. Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi.Diskusi informasi B. D. 2. Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan makhluk hidup. 2. Menjelaskan peristiwa seleksi alam yang terjadi pada burung finch. . Menjelaskan sebab punahnya badak bercula satu 4.

adaptasi pada kelangsungan hidup burung Finch. Guru mengajukan pertanyaan : Kupu-kupu manakah yang lebih dulu dimangsa oleh pemangsanya.Kemukakan tentang tujuan pembelajaran . . Contoh Instrumen F.Guru memberikan informasi tentang pengertian seleksi alam. Sumber Belajar : 1. Kegiatan Pendahuluan : Motivasi Mengapa manusia dari zaman dahulu sampai saat ini tetap ada ? (Arahkan jawaban siswa pada : berkembangbiak) Prasarat Pengetahuan : Apakah tujuan makhluk hidup berkembangbiak b. . Buku Refrensi lainnya Penilaian Pertemuan 1 a.Guru memberikan tugas rumah untuk pelatihan lanjutan Pertemuan ke dua ( 1 x 40’ ) a.Guru meminta tiap kelompok untuk melakukan studi refrensi tentang contohcontoh adaftasi makhluk hidup. Kegiatan Penutup : . .Guru memberikan tugas rumah sebagai pelatihan lanjutan. .Guru menjelaskan tentang seleksi alam.Guru menugaskan siswa membuat table cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan. E. c. Buku Paket Biologi 2.Guru membimbing siswa untuk melakukan diskusi kelas. Mengapa ? Prasarat Pengetahuan : Apa yang akan terjadi pada kupu-kupu koran jika keadaan itu berlangsung terus (kupu-kupu tersebut akan punah) b.Guru meminta siswa secara berpasangan melakukan studi referensi tentang caracara perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan. . c. faktor-faktor yang menjadi penyeleksi. Kegiatan Inti : .Guru meminta siswa melengkapi ide tentang perkembangbiakan pada tumbuhan atau hewan.Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran . Bentuk : Pilihan Ganda c.b.Guru membimbing siswa melengkapi peta ide. c. Teknik : Tes tertulis b.Guru memberikan informasi tentang macam-macam adaftasi pada makhluk hidup .Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran . Pertemuan ke tiga ( 2 x 40’) a. Kegiatan Inti : . Kegiatan Penutup . Kegiatan pendahuluan : Motivasi : Memperlihatkan tempelan kupu-kupu dari kertas Koran dan kupu-kupu dari kertas warna lain di atas kertas koran. Kegiatan Inti : . .

3. estivasi 2.Pd. Contoh Instrumen : 1. 131854090 . Bentuk : . Bentuk : Uraian c. banyak minum. Contoh Instrumen a. banyak mengeluarkan urine yang encer b. menghasilkan keturunan yang lebih baik c. katak mengalami metamorfosis dalam hidupnya d. adaptasi d. banyak minum dan banyak mengeluarkan urine yang encer c.Pd. Jelaskan peristiwa seleksi alam pada burung finch Pertemuan 3 a. Setiap makhluk hidup perlu menyesuaikan diri dengan lingkungannya agar dapat … a. bersaing dengan makhluk hidup yang lainnya d. Cara adaptasi ikan air laut terhadap kadar garam yang tinggi adalah … a. bertahan hidup dan tetap lestari 4. reproduksi c. S.Tes tertulis . 131267286 R. NIP.. rayap memakan kembali kulit kelupasan tubuhnya. Untuk menjaga kelangsungan hidupnya.1. Buatlah tabel cara perkembangbiakan pada hewan dan tumbuhan Mengetahui Kepala Sekolah Bobotsari.Uraian .Alexander Herry W. Teknik : Tes tertulis b. sedikit minum. sedikit minum. banyak hewan kutub di musim dingin melakukan … a. Badak bercula satu hamper punah karena selain hanitatnya rusak juga disebabkan … 2. dan sedikit mengeluarkan urine yang pekat d. Juli 2008 Guru Mata Pelajaran Amtorunajah. berubahnya warna tubuh bunglon sesuai dengan lingkungannya c.Tugas rumah c.Penugasan b.S. Pernyataan berikut ini yang tidak berhubungan dengan adaptasi makhluk hidup adalah … a. hibernasi b. dan sedikit mengeluarkan urine yang pekat Pertemuan 2 a. memperoleh makanan yang lebih banyak b. NIP. kupu-kupu memiliki tipe mulut pengisap b. Jelaskan peran perkembangbiakan pada makhluk hidup b. Teknik : .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful