MOTTO DAN PERSEMBAHAN

1. Ingatlah bahwa apa yang hari ini tak mau anda mulai mengerjakannya, besok pun belum tentu anda mau mengerjakannya. 2. Belajar tanpa pikiran adalah berjalan yang merugikan, pikiran tanpa belajar adalah bahaya.

Tugas akhir ini ku persembahkan untuk : 1. Suami dan anak tercinta yang selalu membantu dan mendukung perkuliahan sampai saat pembuatan tugas akhir ini. 2. Teman-teman seperjuangan.

Amin. Bapak/Ibu Tutor di Pokjas Rembang. Wassalamu¶alaikum Wr. Puji syukur senantiasa penulis panjatkan kehadirat Alloh SWT. Penulis berharap semoga sekripsi ini dapat bermanfaat bagi penulis dan dapat memberikan nilai tambah bagi pembaca. ucapan terimakasih yang tiada terhingga di tujukan kepada : 1. Bapak Sutopo. 5. selaku tutor pembimbing 2 yang dengan penuh ketekunannya dan sabar. 3. Wb.KATA PENGANTAR Bismillahirrahmanirrokhim. Tuban. Skripsi ini di susun dalam rangka memenuhi salah satu persyaratan yang di wajibkan dalam menempuh jenjang pendidikan jenjang SI Pendidikan Anak Usia Dini dengan harapan bisa menjadi sumbangan bagi dunia pendidikan utamanya pada jenjang Pendidikan Taman Kanak-kanak. bimbingan dan kepercayaan dari berbagai pihak. 2011 Penulis . berkat rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan penyusunan skripsi dengan judul Pengangkatan Kemampuan Berbicara. 2. Wb. 4. Penulis menyadari bahwa tugas akhir ini tidak akan tersusun tanpa bantuan. Bapak/Ibu dosen UNIROW TUBAN yang telah member bekal ilmu. Oleh karena itu. melalui metoden menyanyi dengan media lagu anak pada anak kelompok B TK Pertiwi I Dresi Kulon Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang tahun pelajaran 2010/2011. Rektor UNIROW TUBAN beserta jajarannya yang telah menyediakan berbagai macam fasilitas dan pelayanan serta dapat menyelesaikan skripsi ini. Assalamu¶alaikum Wr.

ABSTRAKSI SUWARSI. Pemberian tugas. . dan Dokumentasi. Pada saat inilah menyanyi seyogyanya mulai di kenal pada anak. Observasi. Pembimbing Kata Kunci : Drs. tetapi juga kesiapan mental sosial dan emosional. Usia Prasekolah merupakan usia efektif untuk mengembangkan potensi yang di miliki anak-anak. Subyek penelitian adalah murid TK Pertiwi Kelompok B semester pertama tahun 2010/2011 yang berjumlah 20 anak. Dengan hal ini hasil penelitian pertama atau siklus pertama dan siklus ke dua mengalami peningkatan dari 75% menjadi 100%. Adapun tujuan penulis melaksanakan kegiatan perbaikan pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui metode menyanyi dengan media lagu anak di lingkungan sekolah TK. : Kemampuan Berbicara dengan Nyanyian Lagu Anak. Oleh karena itu pelaksanaanya harus di lakukan secara menarik dan berfariasi. Siswa dan Lembar Observasi Guru. Upaya mengembangkan berbagai potensi yang di miliki anak-anak dengan cara melalui media menyanyi lagu anak di harapkan tidak hanya berkaitan dengan kemampuan berbicara saja. tahun pelajaran 2010/2011. Agar data yang di peroleh tidak bias (menyimpang dari sebenarnya) maka penulis menggunakan prosedur pengumpulan data sebagai berikut : Metode Tanya-jawab. Instrument yang di gunakan dalam peneliti ini adalah Rencana Kegiatan Mingguan (RKM). Rencana Kegiatan Harian (RKH) Lembar Observasi . 2009 : Peningkatan kemampuan berbicara melalui metode menyanyi dengan media lagu anak. Pada anak kelompok TK Pertiwi I Dresi Kulon Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang.

3. Menirukan kembali urutan kata ( latihan pendengaran ). 4. 5. Guru hendaknya mampu memberikan pengajaran yang bersifat Individual atau kelompok. Berbicara tentang kejadian di sekitar secara sederhana. Menjawab pertanyaan tentang isi nyanyian. Mengenalkan kata-kata yang menunjukan posisi. B. Guru hendaknya harus kreatif. . Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah di laksanakan melalui beberapa tindakan siklus I dan II dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah di lakukan dapat di simpulkan bahwa melalui menyanyi dengan lagu-lagu anak dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak TK.BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A. 2. 2. Saran-saran Jika Guru ingin mengajarkan peningkatan kemampuan berbicara maka harus mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut : 1. Adapun penelitian ini dapat di simpulkan sebagai berikut : 1. Bebicara lancer dengan menyanyikan beberapa lagu anak.

DAFTAR PUSTAKA 1. Azas-azas Mengayati Bumi Aksara. AT Mahmud. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1995. 4. 1989. 1995 . Dikdaktik. Pedoman Penilaian. Jakarta. Nasution. Pustaka Nada I. 3. Kumpulan Lagu Anak-anak. MA. Pedoman Guru Bidang Pengembangan Kemampuan Berbahsa di TK. Jakarta. S. 1995. 1988. Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-kanak. Jakarta. Dr. Jakarta. Jakarta. 5. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Depdikbud. Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-kanak. 2. Prof. Garis-garis Besar Program Kegiatan Belajar. Penerbit PT Gramedia.

DOKUMEN TK PERTIWI DRESI KULON KECAMATAN KALIORI KABUPATEN REMBANG .

DOKUMEN TK PERTIWI DRESI KULON KECAMATAN KALIORI KABUPATEN REMBANG .

18) Mendengar cerita teman -Berbaris -Berdoa dan salam -Teman maju cerita aktifitas Bangun tidur sampai tidur lagi -Bercakap-cakap akibat malas gosok gigi -Menyanyi setiap pagi hari -Memperkenalkan anak dengan huruf dan buah apa yang di awali Dengan huruf a (apel) -Menggambar buah kesukaan anak apa -Anak membawa botol aqua diisi biji-bijian atau kerikil -Mencuci tangan.Kegiatan inti ± 60 menit -Akibat malas gosok gigi (keg.SATUAN KEGIATAN HARIAN Kelompok : B Hari/Tanggal Indikator Semester : I Minggu I Kegiatan Pembelajaran Alat Peraga/Sumber belajar -Langsung Tema : Diri Sendiri Penilaian Perkembangan anak didik Surya Jum¶at 22-7.12) -Menggambar bebas (Seni.1) -Membuat alat musik dari botol dan biji-bijian III.Istirahat ± 30 menit IV.bermain -Tanya jawab Mendengarkan teman cerita -Sikat gigi dan odol Feri Joni Cantik -Kartu huruf -Kuas dan kerayon Satria -Botol aqua Diva -Langsung Huda .2011 I.21) Menanggapi cerita teman II.10) -Bermain kartu huruf (Bhs.Pembukaan ± 30 menit -Pemberian tugas (SP.Penutup ± 30 menit -Bercakap-cakap(SP.

Mengetahui Dresi kulon 22 juli 2011 Guru Taman kanak-kanak Kepala Taman kanak-kanak Sri Robaniyatun 196301011983032018 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful