Pengertian / Arti Definisi Wawasan Nusantara Yang merupakan Cara Pandang Bangsa Indonesia - belajar Ilmu PPkn / PMP

di Internet
Thu, 26/10/2006 - 11:52am ² godam64 Wawasan Nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungan sekitarnya berdasarkan ide nasionalnya yang berlandaskan pancasila dan UUD 1945 (UndangUndang Dasar 1945) yang merupakan aspirasi bangsa Indonesia yang merdeka, berdaulat, bermartabat serta menjiawai tata hidup dalam mencapai tujuan perjuangan nasional. Wawasan Nusantara telah diterima dan disahkan sebagai konsepsi politik kewarganegaraan yang termaktub / tercantum dalam dasar-dasar berikut ini : - Ketetapan MPR Nomor IV/MPR/1973 tanggal 22 maret 1973 - TAP MPR Nomor IV/MPR/1978 tanggal 22 maret 1978 tentang GBHN - TAP MPR nomor II/MPR/1983 tanggal 12 Maret 1983 Ruang lingkup dan cakupan wawasan nusantara dalam TAP MPR '83 dalam mencapat tujuan pembangunan nasionsal : - Kesatuan Politik - Kesatuan Ekonomi - Kesatuan Sosial Budaya - Kesatuan Pertahanan Keamanan

dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat. c. Kehidupan perekonomian di seluruh wilayah Nusantara merupakan satu kesatuan ekonomi yang diselenggarakan sebagai usaha bersama atas asas kekeluargaan dan ditujukan bagi sebesarbesar kemakmuran rakyat. wadah. perdamaian abadi. Bahwa secara psikologis. g. dalam arti : . dan mengarahkan bangsa menuju tujuannya. 2. dan keadilan sosial melalui politik luar negeri bebas aktif serta diabdikan pada kepentingan nasional. Bahwa bangsa Indonesia yang hidup berdampingan dengan bangsa lain ikut menciptakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan. 3. Bahwa bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan berbicara dalam berbagai bahasa daerah serta memeluk dan meyakini berbagai agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa harus merupakan satu kesatuan bangsa yang bulat dalam arti yang seluas-luasnya. Pengertian Wawasan Nusantara Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia diri dan lingkungannya. B. ruang hidup. Isi Wawasan Nusantara Wawasan Nusantara mencakup : 1. Bahwa Pancasila adalah satu-satunya falsafah serta ideologi bangsa dan negara yang melandasi. dan setanah air. Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu Kesatuan Ekonomi. Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Sosial dan Budaya. Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Politik.A. dalam arti : a. b. Bahwa seluruh Kepulauan Nusantara merupakan satu kesatuan sistem hukum dalam arti bahwa hanya ada satu hukum nasional yang mengabdi kepada kepentingan nasional. Bahwa kebulatan wilayah nasional dengan segala isi dan kekayaannya merupakan satu kesatuan wilayah. serta mempunyai tekad dalam mencapai cita-cita bangsa. e. berbangsa. c. sebangsa. Bahwa kehidupan politik di seluruh wilayah Nusantara merupakan satu kesatuan politik yang diselenggarakan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. dan bahwa keperluan hidup sehari-hari harus tersedia merata di seluruh wilayah tanah air. d. dan kesatuan matra seluruh bangsa serta menjadi modal dan milik bersama bangsa. senasib sepenanggungan. tanpa meninggalkan ciri khas yang dimiliki oleh daerah dalam pengembangan kehidupan ekonominya. membimbing. dalam arti : a. f. b. Bahwa kekayaan wilayah Nusantara baik potensial maupun efektif adalah modal dan milik bersama bangsa. Tingkat perkembangan ekonomi harus serasi dan seimbang di seluruh daerah. dan bernegara. bangsa Indonesia harus merasa satu.

perikehidupan bangsa harus merupakan kehidupan bangsa yang serasi dengan terdapatnya tingkat kemajuan masyarakat yang sama. yang hasil-hasilnya dapat dinikmati oleh bangsa. . Bahwa masyarakat Indonesia adalah satu. 4. dalam arti : a.a. dengan tidak menolak nilai ± nilai budaya lain yang tidak bertentangan dengan nilai budaya bangsa. merata dan seimbang. Bahwa tiap-tiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam rangka pembelaan negara dan bangsa. sedangkan corak ragam budaya yang ada menggambarkan kekayaan budaya bangsa yang menjadi modal dan landasan pengembangan budaya bangsa seluruhnya. Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Pertahanan Keamanan. b. Bahwa budaya Indonesia pada hakikatnya adalah satu. b. Bahwa ancaman terhadap satu pulau atau satu daerah pada hakekatnya merupakan ancaman terhadap seluruh bangsa dan negara. serta adanya keselarasan kehidupan yang sesuai dengan tingkat kemajuan bangsa.

Wawasan nusantara yang biasa disingkat wasantara berasala dari kata wawas (atau dari kata induk mawas)yang mempunyai arti pandang. Wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonsia tentang diri dan lingkungan sekitarnya berdasarkan ide nasionalnya yang berlandaskan pancasila dan UUD 1945 yang merupakan aspirasi bangsa Indonsia yang merdeka dan berdaulat untuk mencapai tujuan nasional. langkah. Definisi menurut Prof.Nusa merupakan isitilah jawa kuno yang mempunyai arti pulau. Sedangkan defini sebagai bangsa Indonesia yang notabene adalah negara kepulauan. Sebenarnya masih banyak definisi-definisi lain yang samar-samar hampir sama. berbangsa. Sedangkan nusantara berasal dari dua kata yaitu nusa dan antara. Jika diperluas dapat diartikan sebagai kepulauan yang saling terikat satu sama lain. Jadi wawasan nusantara secara arti kata adalah cara pandang suatu bangsa berkepulaun dalam menyikapi permasalahan-permasalahan dalam kehidupannya dengan kondisi beraneka ragam (itu adalah defini versi saya).Was Usman Wawasan Nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai Negara kepulauan dengan semua aspek yang beragam. Wawasan Nusantara yang merupakan wawasan nasional yang bersumber pada Pancasila dan berdasarkan UUD 1945adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelengarakan kehidupanbermasyarakat. Wawasan berarti suatu cara pandang/lihat.Antara mengandung makna ada sesuatu yang diapit. tapi akan saya berikan 4 kunci pokok dari wawasan nusantara yaitu : . Adapula definisi menurut orang-orang/lembaga terkemuka antara lain : 1. Definisi resminya menurut Ketetapan MPR Tahun 1993 dan 1998 tentang GBHN.Nusantara berarti pulau yang mengapit. Jadi.wawasan adalah suatu cara menyikapi dengan dasar yang tertentu sebagai acuan. Definisi menurut Kelompok Kerja LEMHANAS Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional. Dengan memberikan akhiran -an maka akan mempunyai tambahan arti cara. 2. menyikapi. dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional. Kata pandang tidak selamanya dihubungkan dengan panca indera penglihatan tapi dapat diperluas menjadi respon. Dr. melihat.

dan dasar negara berkedudukan sebagai landasan idiil 2. Arah pandang wawasan nusantara ke luar. > bertujuan untuk menjamin kepentingan nasional (tujuan nasional dan cita-cita nasional) dalam dunia internasional. Wawasan nusantara bisa dianalogikan sebagai ijtihad dimana wawasan nusantara menjelaskan/mengatur tentang permasalahan-permasalahan yang belum diatur dalam Al-quran dan Al-hadist. -Perairan Pedalaman adalah wilayah sebelah dalam daratan atau sebelah dalam dari garis pangkal -Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) adalah suatu wilayah laut tidak boleh melebihi 200 mil dari garis pangkal.Arah pandang ke dalam ini menitikberatkan pada aspek internal dalam tubuh NKRI. wawasan nusantara berisi tentang hal-hal yang belum diatur oleh undang-undang dasar dan bersifat melengkapi. Ketahanan nasional sebagai konsepsi nasional sebagai kebijakan nasional. dan Landas Kontinen. Perairan Pedalaman. 1. Kedudukan wawasan nusantara sebagai wawasan nasional bangsa Indonesia adalah : 1. bangsa Indonesia memiliki Laut Teritorial. konservasi dan pengelolaan sumber daya alam di perairan. Arah pandang wawasan nusantara terbagi menjadi dua. Salah satu contoh yang diatur dalam wawasan nusantara adalah tentang tata cara mengenai hukum laut.Di dalam kawasan ZEE. ZEE. 3. Pancasila sebagai falsafah.cara pandang. Sesuai dengan hukum laut internasional.Sehingga permasalahanpermasalah seperti disintegrasi bangsa dalam bentuk apapun dapat dicegah dan diatasi sedini mungkin. ideolgi. Arah pandang wawasan nusantara ke dalam > bertujuan menjamin perwujudan persatuan kesatuan dalam segenap aspek kehidupan nasional. 2. . Wawasan nusantara tidak akan bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945. 1. eksploitasi. tentang diri dan lingkungan. Realisasi aspirasi bangsa sebgai kesepakatan bersama dalam mencapai cita-cita dan tujuan nasional 2. UUD 1945 sebagai landasan konstitusi negara.Persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan dalam segala aspek kehidupan manusia. secara garis besar sebgaia negara kepulauan. negara tersebut memiliki hak kedaulatan untuk keperluan eksplorasi. -Laut Teritorial adalah suatu wilayah laut yang lebarnya tidak melebihi 12 mil diukur dari garis pangkal (garis air surut terendah sepanjang pantai). berdasar pancasila dan UUD 1945 dan mencapai tujuan nasional Lanjut ke permasalah selanjutnya tentang keberadaan wawasan nusantara. berkedudukan sebagai landasan visional 4. Wawasan nusantara sebagai visi nasional. Ada 2 hal penting yang harus ada dalam wawasan nusantara yaitu . berkedudukan sebagai landasan operasional.

budaya. laut. dan udara di atasnya sebagai satu kesatuan politik.Pengertian Wawasan Nusantara Wawasan Nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap rakyat.Sebagai kita ketahui bahwa bangsa Indonenesia terdiri dari beberapa pulau. ekonomi. social. dan untuk menyatukannya bukanlah suatu tindakan yang mudah. Wawasan Nusantara telah diterima dan di sahkan sebagai konsepsi politik kewrganegaraan yang termaktup/tercantum dalam dasar-dasar beikut ini: y y y Ketetapan MPR Nomor IV/MPR/1973 tanggal 22 Maret I973 TAP MPR Nomor IV/MPR/1978 tanggal 22 Maret 1978 tentang GBHN TAP MPR Nomor II/MPR/1983 tanggal 12 Maret 1983 Ruang lingkup dan cakupan wawasan nusantara dalam TAP MPR 83 dalam mencatat tujuan pembangunan nasional: y y y y Kesatuan politik Kesatuan ekonomi Kesatuan social budaya Kesatuan pertahanan keamana Wawasan Nusantara merupakan sebuah alat yang menyatukan semua kepulauan yang ada di Indonesia. bangsa dan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang meliputi darat. Setelah Deklarasi Djuanda itu terjadi yang sudah melahirkan konsep Wawasan Nusantara. laut Nusantara bukan lagi sebgai pemisah akan tetapi sebagai . dan pertahanan keamanan.

Konvensi huku laut 1982 (United Nation Convention on Law of the Se)memasukkan konsep archipelagic state sebagai konsep hokum internasianal. Perancis. seperti: Thailand. ide Negara kepulauan mendapatkan pengakuan internasional.pemersatu bangsa Indonesia yang disikapi sebagai wilayah kedaulatan yang mutlak Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tetapi cukup banyak juga Negara yang tidak mempunyai wawasan. . Ketahanan nasional itu akan dapat meningkat apabila da pembangunan yang meningkat pula dala koridor wasantara. Latar Belakang dan Terbentuknya Wawasan Nusantara Perdana Mentri Djuanda pada tanggal 13 Desember tahun 1957 melalui suatu deklarasi memperkenalkan konsep Wawasan Nusantara. Myanmar dan sebagainya. Indonesia wawasan nasionalnya adalah wawasan nusantara yang disingkat wasantara. Jelaslah disini bahwa wawantara adalah pengejawantahan falsafah pancasila dan UUD 45 dalam wadah Negara Republik Indonesia. Wasantara adalah cara pandang bangsa Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 45 tentang diri dan lingkunganya dalam eksitensinya yang sarwa nusantara dan penekananya dalam mengekspresikan diri sebagai bangsa Indonesia di tengah-tengah lingkj\unganya yang sarwa nusantara itu.Hal ini merupakan tonggak penting dalam sejarah perjuangan Indonesia dalam menjadikan konsepsi Wawasan Nusantara sebagai perwujudan dari Negara kepulauan Indonesia. yang menetapkan bahwa bangsa Indonesia merupakan sebuah Negara Selanjutnya melalui konsep yang dikenalkan dengan sebutan Deklarasi Djuanda. Kelengakapan dan keutuhan pelaksanaan wasantara akan terwujud dalam terselanggaranya ketahanan nasional Indonesia yang harus senantiasa ditigkatkan sesuai dengan tuntutan zaman.

4/Prp/1960 yang dalam konferensi Hukum Laut III terus diperjuangkan dan berujung pada penerimaan UNCLOS 1982 pada 10 Desember 1982. tetapi sebagai laut pedalaman yang temasuk sebagai kawasan laut territorial dari suatu Negara kepulauan.disamping itu mengenai garis batas Indonesia.Perjuangan Perdana Mentri Djuanda ini.Semua laut dalam diantara pulau-pulau atau di tengah kepulauan Indonesia sudah tidak dapat dihitung lagi sebagai laut internasional. Hanya dengan konsep penetapan batas laut wilayah sejauh 12 mil saja akan mebuat adanya bagian laut bebas dalam pulau-pulau Indonesia yang dapat diinterpretasikan sebagai laut bebas. maupun zona ekonomi eksklusif juga telah dapat diselaisaikan pada era Menlu Moctar Kusumaatmadja. Sebagai mana diketahui. Pemerintah Indonesia sendiri tak pelu menunggu waktu yanh terlalu lama untuk meratifikasi Konvensi tersebut melalui UU No 17 tahun 1984. dilanjudkan oleh Mentri Luar Moctar Kusumaatmadja yang mampu mengartikulasikan konsepsi Wawasan Nusantara sebagai prinsip-prinsip dasar yang dapat mempersatrukan Negara RI melalui konsepsi Wawasan Nusantara ini. baik laut wilayah. pamor Indonesia meningkatkarena konsepsi ini merupakn salah satu terobosan penting khususnya dalam hokum Internasional. Konsepsi politik kewilayahan ini dimulai dengan UU No. Dengan konsepsi Negara kepulauan maka kelemahan itu behasil ditutupi. . Indonesia memperjuangkan konsepsi Wawasan Nusantara sebagai argument untuk mempersatukan pulau-pulau yang tersebar dari ujung Sumatera sampai Irian Jaya (Papua). landas kontinen.

Meskipun demikian.Lebih kurang sejak tahun 1969 sampai tahun 1982 ada sekitar 18 persetujuan menyangkut batas dengan Negara lain yang berhasil ditandatangani. tidak ada yang dapat membantah kebesaran Indonesia apabila dipandang sebagai satu kasatuan dalam Wawasaan Nusantara. nilai-nilai luhur bansa seperti Wawasan Nusantra tersebut tidak dapat membawa Indonesia keluar dari ketetpurukan.Bahkan ada pendapat yang mengatakan bahwa persatuan dan kesatuan bangsa dengan menerima konsepsi ini sebenarnya tidak mengakar kuat. seiring daengan perubahan gaopolitis dan perkembangan teknologi informasi. Alasannya adalah karena adanya dominasi salah satu suku terhadap suku-suku lain.Indonesia bukan hanya pulau Jawa. . lahir sejalan dengan tumbuhnya bangsa Indonesia.Indonesia dalah Negara kepulauan yang memiliki arti strategis secara geopolitis bai di kawasan regional maupun internasianal. Wawasan Nusantara sebagai suatu tatanan nilai pemersatu bangsa. Apabila kita bernostalgia. Dalih persatuan dan kesatuan yang dianggap Jawa sentris ini akhirnya menumbuhkan api dalam sekam yang melemahkan jati diri bangsa Indonesia. Sumatera. dapat diperdebatkan bahwa kepemimpinan mantan Presiden Soeharto yang ototarian mempunyai pengaruh besar kepada penerimaan Wawasan Nusantara sebagai alat pemersatu bangsa.Sehingga banyak pihak yang mengambil kesimpulan bahwa di era globalisasi sekarang ini. Pada masa dasawarsa 1980-an. Ide nation building yang dicita-citakan melalui Pancasila akhirnya mengalami dekadensi nilai. Irian ataupun Bali semata-mata.Secara geografis posisi Indonesia yang diapit oleh dua benua dan dua samudra menjadi suatu mozaik yang utuh apabila diberi kerangka konsepsi Wawasan Nusantara. Sulawesi.

Keadan ini dilukiskan oleh filsuf Thoreau yaitu ketika ada sekelompok orang-orang di saat Revolusi Amerika. yang seraya mencela tindakan dan kebijaksanan pemerintah terdahulu.Akhirnya konsepsi Wawasan Nusantara pun tak luput menjadi salah satu kambing hitam kegagalan orde baru.Pada awal era reformasi tahun 1998. telah mengambil keuntungan dari keadaan tersebut untuk lepas dari dosa masa lalunya .Padahal sebagian dari orang-orang tersebut adalah mereka yang paling menikmati hasil pembangunan pada orde baru dan bahkan pendukung kuat nilai-nilai tersebut. semua pihak berlomba-lomba berbalik menyerang nialai-nilai yang ada dianggap sacral pada masa orde baru.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful