P. 1
Kerajaan Kediri

Kerajaan Kediri

|Views: 186|Likes:
Published by Lydia Anggraeini

More info:

Published by: Lydia Anggraeini on Aug 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/27/2015

pdf

text

original

1.

Kerajaan Kediri Terbentuk akibat terbaginya kerajaan Medan Kamulan pada akhir masa pemerintahan Raja Airlangga, untuk menghindari perang saudara. Maka muncullah kerajaan Kediri (panjalu) dengan ibukota daha (dahanapura), diperintah oleh Jayawarsa dan kerajaan Jenggala dengan ibukota kahuripan, yang diperintah oleh Jayanegara. Pada umumnya, wiliyah kekuasan kerajaan Kediri meliputi Madiun dan daerah bagian Barat Kerajaan Medan Kamulan dengan kota Daha berada di tepi sungai Brantas. a. Sumber sejarah y Prasasti 1. Prasasti sirah keting (1104M), yang berisi tentand pemberian tanah kepada rakyat desa oleh raja Jayawarsa. 2. Prasasti yang ditemukan di Tulungagung dan Kertosono berisi masalah keagamaan, diperkirakan berasal dari raja Bameswara (1117-1130 M). 3. Prasasti Ngantang (1135 M), yang menyebutkan tentang raja Jayabayayang memberikan hadiah kepada rakyat Desa Ngantang sebidang tanah yang bebas dari pajak. 4. Prasasti Jaring (1181 M) dari raja Gandra yang memuat tentang sejumlah nama-nama hewan seperti kebo waruga dan tikus Jinada. 5. Prasasti Kamulan (1194 M), berisi pada masa Raja Kertajaya, Kediri berhasil mengalahkan musuh yang telah memusuhi istana di katang-katang. y Berita Asing Berasal dari pedagang-pedagang Cina, seperti kronik Cina bernama Chu fan chi karangan Chu ju kua (1220 M). Buku ini banyak mengambil cerita dari buku ling wai tai ta (1778 M) karangan chui ik fei. Keduanya menerangkan tentang kerajaan Kediri pada abad ke-12 dan ke-13 M. b. Kehidupan Politik 1. Raja Jayawarsa Memerintah pada tahun 1104 M di ketahui dari prasasti Sirah Keting. Pada masa pemerintahannya dia memberikan hadiah kepada rakyat desa sebagai tanda penghargaan, karena rakyat desa telah berjasa kepada raja. 2. Raja Bameswara Memerintah pada tahun 1117-1130 M melalui prasasti yang ditemukan di daerah Tulung Agung dan Kertosono 3. Raja Jayabaya Memerintah pada tahun 1135-1157 Mmerupakan raj terkemuka dari kerajaan Kediri, karena di bawah pimpinannyakerajaan Kediri mencapai kejayaannya serta terjadi perluasan daerah kekuasaan. Hal ini dibuktikan dengan Prasasti Ngantang yang berisi tulisan Pangjalu Jayati (Kediri menang). Hal ini mengilhami pujangga Empu Sedah dan Empu Panulu yang menulis kitab Bharatayuda. Perang Bharatayuda merupakan perang saudara antara Pandawa dan Kurawa. Perang tersebut menjadi inspirasi isi kitab Bharatayuda yang menceritakan perang saudara antara kerajaan Kediri dan Kerajaan Jenggala. Oleh karena itu, di bawah pemerintahaan Jayabaya, kerajaan Kediri dan kerajaan Jenggal berhasil dipersatukan lagi.berhasil dipersatukan lagi.

kestabilan kerajaan menurun. 6. dikumpulkan dalam sebuah kitab Jongko Joyoboyo. Mengetahui hal ini. Di antaranya Empu Dharmaja mengarang Smaradhana. Raja Kertajaya Memerintah pada tahun 1190-1222 M yang merupakan raja terakhir dari kerajaan Kediri. dan seni sastra mengalami perkembangan yang sangat pesat. Kemudian kedua pasukan bertemu di dekat Ganter (1222 M). Dikenal juga dengan sebutan Dandang Gendis. Nemun Kertajaya berhasil meloloskan diri. Bahkan masa pemerintahannya juga dikenal cerita-cerita panji seperti panji semirang. Kekuasaan Kerajaan Kediri berakhir dn menjadi daerah bawahan kerajaan Tumapel. Dalam ramalannya Jayabaya menyebutkan beberapa hal seperti ratu adil yang akan dating memerintah Indonesia. Selama masa pemerintahanya. Pertempuran itu dimenangkan oleh Tumapel. Sama halnya dengan Ken Arok dengan didukung oleh kaum Brahmana. yaitu penggunaan nama hewan dalam kepangkatan seperti nama gajah. Disebabkan karena Kertajaya mempunyai maksud mengurangi hak-hak kaum Brahmana. kebo. Raja Sameswara dan Raja Aryeswara Tidak dapat diketahui karena tiak ditemukan prasasti. tikus. Selain itu. 7. Sehingga kaum Brahmana lari dan meminta bentuan ke Tumapel yang saat out dipimpin oleh Ken Arok. 5. Raja Kertajaya mempersiapkan pasukan untuk menyerang Tumapel. Jayabaya juga terkenal sebagai ahli nujum atau ahli ramal. Ramalanramalannya.4. . Raja Kameswara Memerintah pada tahun 1182-1185 M. Raja Gandra Memerintah pada tahun 1181 M dapat diketahui dari Prasasti Jaring.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->