P. 1
Laporan Ke Makam Bung Karno

Laporan Ke Makam Bung Karno

|Views: 2,482|Likes:
Published by rejotangan

More info:

Published by: rejotangan on Aug 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/03/2013

pdf

text

original

LAPORAN KARYA WISATA KE MAKAM BUNG KARNO PERPUSTAKAAN BUNG KARNO SEBAGAI SARANA PEMBANGUNAN PENGETAHUAN KOTA BLITAR

27 JUNI 2011

OLEH ERNA MASRUROH NIS. 4044

UPTD SMA NEGERI 1 REJOTANGAN Jl. RAYA BUNTARAN REJOTANGAN TELP. (0355) 395611 TULUNGAGUNG 2010 - 2011

Tri Ratna S.HALAMAN PENGESAHAN Laporan karyawisata ke makam Bung Karano dengan pokok bahasan perpustakaan Bung Karno sebagai sarana pengembangan pengetahuan MI telah di sahkan di Rejotangan pada tanggal 30 JULI 2011 oleh : Pembina I Pembina II Dra. 19540323 1983031011 .196808151990012001 Kepala SMA Negri 1 Rejotangan Drs.Pd NIP. Siti Nafiah NIP.Pd NIP.19660107 1996012001 Dra. M. Rusmadi.

MOTTO Sedikit pengetahuan yang digunakan untuk berkarya sungguh lebih berharga dari pada pengetahuan yang disimpan saja .

Fotri. Prasti. Ayahanda tercinta ( KASERI ) dan ibunda terssayang ( MUSIYEM ). Kakak. saat aku jatuh kalian selalu siap menopangku. terimakasih atas tawa dan candanya. terimakasih atas cinta. Karya wisata ini penulis persembahan untuk orangorang terkasih : 1. Terimakasih atas cintanya. terimakasih kalian selalu ada saat aku buuh. 3.orang yang selalu menemaniku menapaki setiap jengkel hidup ini. kak Nurul. dan doanya yang selalu menyertai langkahku. bimbingan 7. . 4. Anis. 6.canda dan kesal juga. 2. terimakasih atas doanya. yang selalu mewarnai hari-hariku dengan tawa. Kepada Bapak Ibu pembina yang senantiasa memberikan ilmu. nasehat. Keponakan-keponakanku. 8. Untuk orang-orang terkasih yang memberi dorongan semangat dan kehangatan yang menjadi kekuatan dalam diriku. untuk terhangat Eyang Misri. Almamater ku SMA Negeri 1 Rejotangan yang memberikan kesempatan.PERSEMBAHAN Apalah arti diriku tanpa orang. mbak Nur.kak Nur. mas Hari. 5. kak Hari. Heny. Jemy.Kakaku terasayang. Iyan yang selalu memberi tawa dengan kepolosan jiwa yang meneduhkan hatiku untuk simungil ( Afgan ) sayang terimakasih untuk senyumanya. dukungan.

selaku wali Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Rejotangan. 5. oleh karena itu saran dan kritik penulis harapkan untuk kesempurnaan Tugas Akhir ini di waktu yang akan datang. Bapak Ibu Guru Bidang Studi Bahasa Indonesia dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) 4. Dalam kesempatan ini ucapan terimakasih penulis sampaikan kepada : 1. Rusmadi. 3. dorongan dan semangat serta bantuan sehingga Tugas Akhir ini dapat diselesaikan. Dalam penulisan Tugas Akhir ini masih jauh dari kesempurnaan. Kedua orang tua penulis yang senantiasa memberikan dukungan. Diharapkan Tugas Akhir ini dapat bermanfaat bagi perkembangan dan kemajuan pendidikan terutama dalam Pendidikan Menengah Keatas. Dalam penulisan Laporan banyak bantuan yang diperoleh baik berupa tenaga. Teman – teman serta semua pihak yang telah membantu penulis dalam memberikan saran dan masukan dalam penulisan Tugas Akhir.Pd. Drs. M. Dra. serta materi dari berbagai pihak.KATA PENGANTAR Penulis panjatkan puji syukur kehadirat alloh swt atas limpahan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Tugas Akhir (TA) dengan judul : “Perpustakaan Bung Karno sebagai Sarana Pengembangan Pengetahuan” karena di sana memiliki nilai sejarah dan menambah pengetahuan. 2. selaku Wali Kelas. pikiran. Juli 2011 Penulis . Tulungagung. Siti Nafi’ah.

........................................................... 3.............................................................................................................. HALAMAN PERSEMBAHAN ......................... DAFTAR ISI ... 2...............................................5 Tempat – tempat Wisata Makam Bung Karno .................................................................................................................... 3.......................................................................2 Wawancara ..... 3..................1 Pengertian Kepustakaan ......3 Tujuan ............... BAB II KAJIAN PUSTAKA 2.................1 Observasi ...........................1 Keadaan Perpustakaan Bung Karno .......................................3 Latar Belakang Didirikan Perpustakaan Bung Karno ..... HALAMAN PENGESAHAN ............................2 Rumusan Masalah .................................... 1............................................ Kondisi....................................................................................... HALAMAN MOTTO . KATA PENGANTAR ..............3 Dokumentasi .............. 2...... 2...... ABSTRAK ........................................2 Hasil Observasi ...........1 Latar Belakang ...................................... 1.......... BAB I PENDAHULUAN 1.........2 Perpustakaan Bung Karno (Situasi............................................................. 2.......... 3.................................... Buku) ........................DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL ................4 Waktu dan Tempat Pengambilan Data ...........................................................................................5 Studi Pustaka . .................................... 4......4 Jenis – jenis Buku di Perpustakaan Bung Karno .............................................................................................. BAB III METODE 3.............. BAB IV PEMBAHASAN 4........................

.2 Saran .... 5........................................................BAB V PENUTUP 5........... LAMPIRAN ..........................................1 Kesimpulan ...........................................

NIS : 4044. Perpustakaan Bung Karno sangatlah banyak manfaatnya yaitu penulis bisa membaca macam – macam buku seperti buku karya – karya Bung Karno dan lain – lain. Dengan adanya kegiatan ini siswa dapat berlatih membuat Karya Tulis dan juga kegiatan ini dapat membuat siswa lebih memahami tentang cara membuat Karya Tulis. Wawancara adalah tehnik untuk mengumpulkan informasi melalui komunikasi langsung dengan responding. Karya Wisata Program Studi Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Rejotangan. Maka dari itu penulis mengadakan observasi di Perpustakaan Bung Karno. Kesimpulan : Makam Bung Karno digunakan sebagai tepat wisata dan juga bisa untuk menambah pengetahuan dan memiliki nilai sejarah. Dalam wawancara ini penulis mengajukan pertanyaan kepada petugas perpustakaan Bung Karno. (1) Apa latar belakang didirikan perpustakaan Bung Karno ? (2) Apa manfaat perpustakaan Bung Karno ? (3) Bagaimana situasi dan kondisi Perpustakaan Bung Karno ?. Tri Ratna .ABSTRAK Erna Masruroh. Rumusan Masalah : Yaitu. Terutama di Perpustakaan Bung Karno bisa untuk menambah pengetahuan dan tempat untuk mencari informasi. Pengembangan Latar Belakang : Siswa peserta didik merupakan salah satu faktor terpenting dalam dunia pendidikan disamping sarana dan prasarana pendidika serta lingkungan sekitar tempat tinggal. Perpustakan Bung Karno. Metode : Observasi (pengamatan) digunakan untuk memperoleh data perpustakaan Bung Karno.Pd Kata Kunci : Observasi. 2011. Pembimbing I Pembimbing II : Dra. Observasi adalah tehnik atau cara untuk mengamati suatu keadaan atau suatu kegiatan. S. : Muhammad Hasan. Maka dari itu sekolah mempunyai program untuk syarat mengiktui Ujian Nasional. . Judul : Perpustakaan Bung Karno Sebagai Sarana Pengembangan Pengetahuan.

Dengan adanya kegiatan ini. Maka dari itu penulis mengadakan observasi di Perpustakaan Bung Karno Blitar.BAB I PENDAHULUAN 1.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang di atas.1 Latar Belakang Siswa (peserta didik) merupakan salah satu faktor terpenting dalam dunia pendidikan disamping sarana dan prasarana pendidikan serta lingkungan sekitar tempat tinggal. Adapun masalah yang dapat dirumuskan adalah sebagai berikut : 1. siswa dapat berlatih membuat Karya Tulis. Kegiatan ini juga dapat membuat siswa lebih memahami tentang cara membuat Karya Tulis yang selama ini juga diberi bimbingna kepada Bapak / Ibu Guru. ketrampilan maupun pengembangan sumber daya manusia secara efektif dan efisien. Penulis memilih tempat pengamatan itu di Perpustakaan Bung Karno karena dekat dengan rumah dan menambah pengetahuan. merupakan sarana pengembangan potensi diri siswa. Maka dari itu sekolah mempunyai program untuk pembuatan Karya Tulis.2. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal. 1. Karya Tulis tersebut nanti berguna sebagai syarat untuk mengikuti Ujian Nasional (UN). kepribadian. penulis telah mencatat masalah – masalah yang akan dibahas dalam pengamatan Perpustakaan Bung Karno. Pembuatan Karya Tulis ini kami laksanakan karena adanya Program Sekolah (Prosek) yang wajib dilaksanakan oleh masing – masing siswa.1 Apa latar belakang didirikan Perpustakaan Bung Karno ? . baik potensi intelektual.

Untuk refreshing b.2 Tujuan Khusus a. Untuk mengetahui jenis – jenis buku yang ada di Perpustakaan Bung Karno.3.3 Tujuan 1.2.1 Tujuan Umum a. Melaksanakan Program Sekolah (PROSEK) b.3. Mendapat pengalaman nyata.2. 1.3 Apa manfaat Perpustakaan Bung Karno ? Bagaimana situasi dan kondisi Perpustakaan Bung Karno ? 1. .1.2 1.

sejarah. konsep. Secara umum pengertian perpustakaan adalah suatu ruangan atau gedung yang berisi buku-buku koleksi agama. dan pemikiran-pemikiran Bung Karno adalah kekayaan intelektual yang menjadi aset negara dan sejajar dengan pemikiran ahli dan ideologi yang berkembang di dunia.BAB II KAJIAN PUSTAKA 2. o Karno.2 Latar Belakang didirikannya perpustakaan Bung Karno 1. Perpustakaan juga bisa memberi kemudahan dan digunakan secara kontinu oleh pemakainya sebagai informasi. Aspek Ideologi Ide. beliau semasa hidupnya adalah penulis yang sangat produktif dengan ide dan pemikiran yang brilyan. 2. dan Bung Karno. gagasan. 2. 3. Aspek Empiris .1 Pengertian Perpustakaan Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan istilah perpustakaan. Perpustakaan juga dapat membantu mereka untuk lebih menghayati tugasnya masing-masing dilingkungan pendidikan sehingga semakin dapat berperan dan sekaligus dari perpustakaan itu mereka juga memperoleh hiburan yang sehat. o Aspek Historis Kota Blitar sangat akrab dengan semangat kepahlawanan melalui Perpustakaan adalah bidang yang sangat akrab dengan Bung keberadaan Aryo Blitar. politik bahkan novel dan cerita-cerita lucu yang disusun dan diatur sedemikian rupa sehingga mudah sekali dicari dan dipergunakan apabila sewaktu-waktu diperlukan untuk pembaca. Sudanco Supriyadi.

tetapi dibawah di bagi dua. Dan sebelum memasuki perpustakaan barang-barang seperti tas. Ruangan yang tempatnya didalam itu cuma buku-buku Bung karno dan beberapa foto-foto Bung karno dan di dalam ruangan itu penulis juga bisa menonton film. agama. Jenis buku diperpustakaan Bung karno ruang sebelah kanan berisi buku-buku karya Bungkarno maupun karya-karya para penulis nasional bahkan internasional tentang pemikiran politik. dan internasional. bersih dan juga sangat ketat.3 Perpustakaan Bung Karno (Situasi. Situasinya lebih nyaman diperpustakaan bagian atas karena disana ber AC. o Keberadaan Perpustakaan Proklamator Bung Karno memenuhi kebutuhan intelektual segenap lapisan masyarakat untuk melanjutkan perjuangan bangsa dalam mewujudkan cita-citanya di masa mendatang. 2. sejarah. buku) Situasi perpustakaan Bung Karno sangat nyaman. jaket harus dititipkan ke petugas. nasional. dan buku-bukunya lebih banyak dari pada perpustakaan yang dibawah ada juga kami bisa browsing internet juga. lantai atas ber AC dan buku-bukunya umum ada buku politik. gagasan dan ide serta perjalanan hidup Bungkarno sebagai presiden pertama maupun sebagai diri .4 Jenis Buku-Buku di perpustakaan Bung Karno.o Pembangunan Perpustakaan Proklamator Bung Karno melengkapi keberadaan makam Bung Karno yang berkembang menjadi objek wisata tingkat regional. kamus-kamus dan bahkan bukubuku cerita sedangkan yang lantai bawah tempatnya hampir sama. Keadaan perpustakaan Bung Karno sangat nyaman untuk membaca buku dan mencari informasi-informasi. Perpustakaan Bung Karno ada 2 lantai. kondisi. Gedung UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno diresmikan oleh Presiden RI Megawati Sukarnoputri pada tanggal 3 Juli 2004 di Kota Blitar. 2.

Selanjutnya ada ornamen di tembok berupa relief perjalanan hidup Bung karno dari masa muda. Dan sebelah kiri ada Musium yang didalamnya ada koleksi non buku dan lukisan Hidup Bung Karno. Tempat-tempat dikawasan wisata makam Bung Karno yaitu pertama Taman yang membentang dibagian utara cungkup makam Bung Karno merupakan perpaduan yang serasi antara susunan batu-batu alam dan tanaman hias serta pohon peneduh mengelilingi pagar. 2. masa perjuangan serta masa tuanya yang membentang di tepi kolam dari perpustakaan kearah pintu gapura makam Bung Karno. Tempat gong Perdamaian Dunia berada di sebelah barat perpustakaan Bung Karno disisi utara bagian atas Amphiteater.5 Beberapa Tempat dikawasan Wisata makam Bung Karno. Selanjutnya makam Bung Karno tempat Berziarah. Yang kedua pintu gerbang pertama wisatawan dapat berfoto bersama patung bung Karno yang sedang duduk sambil membaca buku atau dapat langsung menuju Perpustakaan Bung Karno.pribadi. . Didalam perpustakaan Bungkarno juga ada miniatur pesawat yang berhubungan dengan langsung dengan presiden Bung Karno tetapi yang paling berhubungan adalah pesawat “selawah” yang diberi masyarakat Aceh. Dan ada juga Gong perdamaian Dunia yang merupakan satu-satunya “Sarana Persaudaraan dan pemersatu umat manusia” kota Blitar mendapat kepercayaan sebagai salah satu tempat Gong perdamaian diletakkan. Dan disamping belakang ada tempat pembelajaran yang sangat luas.

3. Cara ini lebih mudah dan sering digunakan oleh setiap orang.4 Waktu dan Pengambilan Data Observasi ini dilakukan pada saat pengamatan di Makam Bung Karno Blitar Jalan Raya Ir. Dokumen – dokumen tersebut antara lainnya adalah photo. Buku lainnya. Alat observasi yang digunakan dalam pengamatan ini adalah foto digital dan checklis yang disertai dengan keterangan pengamatan. 3.2 Wawancara Wawancara adalah teknik untuk mengumpulkan informasi melalui komunikasi langsung dengan responden. Pertanyaan yang diajukan berkaitan dengan situasi dan pengembangan perustakaan Bung Karno.5 Studi Pustaka Tehnik dilakukan dengan cara informasi dari Buku Panduan yang diberi di Wisata Bung Karno. 3. Dalam kegiatan observasi (pengamatan) harus dibantu dengan alat observasi. brosur dan sebagainya yang diakses di internet. buku – buku sejarah Bung Karno. Observasi adalah teknik atau cara untuk mengamati suatu keadan atau suatu kegiatan. Soekarno yaitu pada tanggal 19 Juni 2011.BAB III METODE 3.3 Dokumentasi Dokumentasi dalam penulisan Tugas Akhir ini berupa dokumen – dokumen yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Dalam wawancara ini penulis mengajukan beberapa pertanyaan kepada petugas perpustakaan Bung Karno. .1 Observasi (Pengamatan) Observasi digunakan untuk memperoleh data perpustakaan Bung Karno. 3.

dan buku – buku karya Bung Karno dan sejarah Bung Karno. 4. Dan bahkan ada hal menarik yaitu lukisan Bung Karno yang bila dilihat dengan cermat dari samping tepat di dada lukisan ada denyut nadi seperti halnya manusia hidup. astronomi. Di Perpustakaan Bung Karno sangat nyaman dan lengkap untuk kita mencari informasi dan menambah pengetahuan dan memiliki nilai sejarah. Gagasan dan ide serta perjalanan hidup Bung Karno sebagai presiden pertama maupun sebagai diri sendiri. ternyata Perpustakaan Bung Karno yang ada di Blitar terdapat buku – buku sejarah politik.BAB IV PEMBAHASAN 4. kimia bahkan buku – buku cerita atau novel sudah lengkap. agama. foto – foto Bung Karno. agama. Perpustakaan Bung Karno ruang sebelah kiri berisi koleksi non buku. Di Perpustakaan Bung Karno buku – bukunya sangat sudah lengkap karena sudah ada buku – buku sejarah.2 Hasil Observasi Berdasarkan hasil pengamatan di Perpustakaan Bung Karno yang berada di Kota Blitar Jalan Ir. Di dalam Perpustakaan Bung Karno juga banyak karya – karya Bung Karno. berupa foto – foto dan lukisan sejarah Bung Karno. biologi. Sedangkan di Perpustakaan Bung Karno ruang sebelah kanan berupa buku – buku karya Bung Karno maupu karya – karya penulis nasional bahkan internasional tentang pemikiran politik. Bahkan di dalam Perpustakaan juga ada salah . biologi.1 Keadaan Perpustakaan Bung Karno Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara. kimia. kamus – kamus. politik. Soekarno sangat nyaman dan memiliki nilai sejarah.

satu miniatur pesawat yang berhubungan langsung dengan Bung Karno. Pesawat itu atas pemberian dari masyarakat Aceh. .

Dan petugas staff yang ada di Perpustakaan Bung Karno janganlah memasang wajah yang sombong dan kejam. pemikiaran politik. Kesimpulan dan saran diperoleh dari paparan data – data pengamatan dan pembahasan. 5. Terutama di Perpustakaan Bung Karno sangatlah banyak manfaatnya yaitu penulis bisa membaca macam – macam buku – buku yaitu Buku Karya Karno.2 Saran Seharusnya buku – buku yang ada di dalam Perpustakaan Bung Karno itu lebih banyak buku – buku Karya Bung Karno dibandingkan buku umum. . sejarah. 5. karya para penulis nasional.1 Kesimpulan Makam Bung Karno digunakan sebagai tempat wisata dan juga bisa untuk menambah pengetahuan dan memiliki nilai sejarah.BAB V PENUTUP Pada Bab Penutup ini akan diuraikan tentang (1) Kesimpulan (2) Saran. agama bahkan perjalanan hidup Bung Karno sebagai presiden pertama. Seharusnya petugas staff itu memasang wajah yang murah senyum agar para wisatawan berani bertanya – tanya sejarah Makam Bung Karno dan asal mula berdirinya Perpustakaan Bung Karno dan berdirinya museum.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->