P. 1
Ayat-Ayat Tentang Akhlak

Ayat-Ayat Tentang Akhlak

|Views: 4,031|Likes:
Published by Nanang Qasim

More info:

Published by: Nanang Qasim on Aug 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/01/2014

pdf

text

original

                

     
123. dan kepunyaan Allah-lah apa yang ghaib di langit dan di bumi dan kepada-Nya-lah dikembalikan urusan-urusan semuanya, Maka sembahlah Dia, dan bertawakkallah kepadaNya. dan sekali-kali Tuhanmu tidak lalai dari apa yang kamu kerjakan.(Huud)

               
7. dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".(Ibrahim)

                     
13. dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar".

                      
18. dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.(Luqman)

kasihilah mereka keduanya.(Al Israa)            107. dan Tiadalah Kami mengutus kamu. Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya[726]. . sembahlah Allah. sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil". dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku. melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam. kemudian bertobatlah kepada-Nya. dan kepada Tsamud (kami utus) saudara mereka shaleh. (Al Anbiyaa)                                      61. Sesungguhnya Tuhanku Amat dekat (rahmat-Nya) lagi memperkenankan (doa hamba-Nya). Shaleh berkata: "Hai kaumku.                      24. karena itu mohonlah ampunan-Nya."(Huud) [726] Maksudnya: manusia dijadikan penghuni dunia untuk menguasai dan memakmurkan dunia. sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia.

(QS Al-Qalam)     4. .(Al Qashash)                   41.                                     77. dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat. Sesungguhnya usaha kamu memang berbeda-beda. (QS Al-Lail)    10. telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi. dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan[1578]. dan Sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung. kepadamu. supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi.(Ar rum)      4.(QS Al-Balad) [1578] Yang dimaksud dengan dua jalan ialah jalan kebajikan dan jalan kejahatan. agar mereka kembali (ke jalan yang benar). dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik.

dengan tidak sengaja. kesalahan Adam a. Dia mempunyai Al asmaaul husna (nama-nama yang baik).(QS Al-Isra' [17]: 14).(QS Thaaha)                                 . dan durhakalah Adam kepada Tuhan dan sesatlah ia[949]. Maka keduanya memakan dari buah pohon itu. Dialah Allah. cukuplah dirimu sendiri pada waktu ini sebagai penghisab terhadapmu". tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia.(QS Thaha) [949] Yang dimaksud dengan durhaka di sini ialah melanggar larangan Allah karena lupa. sebagaimana disebutkan dalam ayat 115 surat ini. meskipun tidak begitu besar menurut ukuran manusia biasa sudah dinamai durhaka dan sesat. dan untuk menjadi teladan bagi orang besar dan pemimpin-pemimpin agar menjauhi perbuatan-perbuatan yang terlarang Bagaimanapun kecilnya. lalu nampaklah bagi keduanya auratauratnya dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun (yang ada di) surga. dan yang dimaksud dengan sesat ialah mengikuti apa yang dibisikkan syaitan. 8.         14.s.           8.s. dan jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya).(QS Asy- Syams [91]: 7-8).        7. karena tingginya martabat Adam a. Maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya. "Bacalah kitabmu.                  121.

Jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahi nikmat. mereka tidak meminta kepada orang secara mendesak. Dia akan memperlihatkan kepadamu tandatanda kebesaran-Nya. Dan apabila aku sakit. Dan tidak ada sesuatu pun kecuali bertasbih (menyucikan Allah) sambil memuji-Nya (QS Al-Isra' [17]: 44). dan Katakanlah: "Segala puji bagi Allah. dan Allah Dialah yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji. dan bukan (jalan) mereka yang sesat (QS Al-Fatihah [1]: 7). Hai manusia. mereka tidak dapat (berusaha) di bumi. Maka kamu akan mengetahuinya. kecuali (dari) hamba-hamba Allah yang terpilih (QS Ash-Shaffat [37]: 159-160).273. (Berinfaqlah) kepada orang-orang fakir yang terikat (oleh jihad) di jalan Allah. Dan para malaikat menyucikan sambil memuji Tuhan mereka (QS Asy-Syura [42]: 5). orang yang tidak tahu menyangka mereka orang Kaya karena memelihara diri dari minta-minta. dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah). akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka (QS Al-Ahzab [33]: 36).( Al-Baqarah)               15. Dialah yang menyembuhkanku (QS Asy-Syu'ara' [26]: 80). apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan. Tidak sedikit ayat Al-Quran yang memerintahkan manusia untuk menjadikan Allah sebagai "wakil". Maka Sesungguhnya Allah Maha Mengatahui. Guntur menyucikan (Tuhan) sambil memuji-Nya (QS Ar-Ra'd [13]: 13). kamulah yang berkehendak kepada Allah. kamu kenal mereka dengan melihat sifat-sifatnya. dan Tuhanmu tiada lalai dari apa yang kamu kerjakan". .(Fathir)                 93. bukan jalan orang yang dimurkai. Dan tidak wajar bagi lelaki Mukmin. tidak pula bagi wanita Mukmin. Misalnya firman-Nya dalam QS Al-Muzzammil (73): 9: Allah mengetahui dan kamu sekalian tidak mengetahui (QS Al-Baqarah: 216).(An Naml) Mahasuci Allah dan segala sifat yang mereka sifatkan kepada-Nya.

serta berlapang dada. ketika kamu menanggalkan pakaian (luar)-mu di tengah hari... janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum kamu meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya (QS An-Nur [24]: 27). (di hadapannya saat beliau diam) sebagaimana (kerasnya) suara sebagian kamu terhadap sebagian yang lain.. walaupun mereka amat membutuhkan (QS Al-Hasyr [59]: 9). seperti panggilan sebagian kamu kepada sebagian (yang lain) (QS An-Nur [24]: 63). (QS An-Nur [24): 58). Hai orang-orang yang beriman. (QS Al-Hujurat [49]: 2). dan hendaklah mereka memaafkan. Hai orang-orang yang beriman.. Apakah kamu tidak ingin Allah mengampuni kamu? Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS An-Nur [24]: 22). serta harus berisi perkataan yang benar. Setiap ucapan memerintahkan. haruslah ucapan yang baik. Al-Quran Ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia (QS A1-Baqarah [2]: 83). dan orang-orang yang belum balig di antara kamu meminta izin kepada kamu tiga kali (yaitu waktu) sebelum shalat subuh. Janganlah kamu jadikan panggilan (nama) Rasul di antara kamu. Apa saja yang kamu tebang dari pohon (kurma) atau . Dan katakanlah perkataan yang benar (QS Al-Ahzab [33]: 70). bahkan juga dianjurkan agar dijawab dengan salam yang lebih baik (QS An-Nisa' [4]: 86). Bahkan lebih tepat jika kita berbicara sesuai dengan keadaan dan kedudukan mitra bicara. orang-orang miskin dan orang-orang yang berhijrah dijalan Allah. Mereka mengutamakan orang lain daripada diri mereka sendiri. dan sesudah shalat isya . Janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kamu bersumpah bahwa mereka tidak akan memberi bantuan kepada kaum kerabat(-nya).Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik daripada sedekah yang disertai dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima) (QS Al-Baqarah [2]: 263). Salam yang diucapkan itu wajib dijawab dengan salam yang serupa. hendaklah budak-budak lelaki dan wanita yang kamu miliki.

. maka itu semua adalah atas izin Allah . Kami tidak menciptakan langit dan bumi serta yang berada di antara keduanya. semua yang ada di langit dan di bumi semuanya (sebagai rahmat) dari-Nya (QS Al-Jatsiyah [45]: 13).kamu biarkan tumbuh. kecuali dengan (tujuan) yang hak dan pada waktu yang ditentukan (QS Al-Ahqaf [46]: 3). Mahasuci Allah yang menjadikan (binatang) ini mudah bagi kami. . sedangkan kami sendiri tidak mempunyai kemampuan untuk itu (QS Az-Zukhruf [43]: 13) Dan Dia (Allah) menundukkan untuk kamu. berdiri di atas pokoknya. (QS Al-Hasyr [59]: 5)..

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->