< > Diagram Batang Pada diagram batang terdapat 2 sumbu, yaitu horizontal untuk menyatakan data yang dikumpulkan, dan

sumbu vertical untuk menyatakan jumlah dari masing-masing data. Diagram batang biasanya digunakan menggambarkan data diskrit (data cacahan). Diagram batang dibedakan ke dalam 2 jenis yaitu : Diagram batang horizontal dan Diagram batang vertikal. Cara membaca diagram batang : 1. Lihatlah pada sumbu yang horizontal, untuk mengetahui data apa yang ditampilkan 2. Untuk melihat jumlah data tersebut, tariklah garis sejajar dari diagram batang itu ke sumbu vertikal yang menyajikan jumlah data masing-masing. Berikut beberapa contoh dari diagram batang :

< > Diagram Garis Diagram garis biasanya digunakan untuk menyajikan data statistik yang diperoleh berdasarkan pengamatan dari waktu ke waktu secara berurutan. Misalnya, jumlah mahasiswa baru setiap tahun, perkembangan berat badan bayi setiap bulan, dan suhu badan pasien setiap jam. Seperti halnya diagram batang, diagram garis pun memiliki sistem sumbu datar(horizontal) dan sumbu

Salah satu contoh ketika kita melihat buku peta bumi yang terdapat peta daerah/ pulau dengan mencantumkan gambar-gambar kelapa.tegak(vertikal) yang saling berpotongan tegak lurus. Dalam pembuatan diagram peta menggunakan peta geografis tempat data terjadi. Diagram ini melukiskan keadaan di hubungan dengan tempat kejadian. jagung. Contoh diagram garis : < > Diagram Peta Diagram peta juga biasa disebut dengan kartogram. dan lain-lain. kuda. Sumbu mendatar biasanya menyatakan jenis data. Contoh diagram peta : . Sedangkan sumbu tegak menyatakan frekuensi data. sapi. misalnya waktu dan berat.

terlebih dahulu ditentukan besarnya persentase tiap objek terhadap keseluruhan data dan besarnya sudut pusat sektor lingkaran.< > Diagram Lingkaran Diagram lingkaran adalah penyajian data statistik dengan menggunakan gambar yang berbentuk lingkaran. Contoh diagram lingkaran : . Bagian-bagian dari daerah lingkaran menunjukkan bagian-bagian atau persen dari keseluruhan. Untuk membuat diagram lingkaran.

< > Diagram Lambang Diagram ini sering digunakan untuk mendapatkan gambaran kasar suatu hal dan sebagai alat visual bagi orang awam. Setiap satuan jumlah tertentu dibuat oleh symbol sesuai dengan macam datanya. Contoh diagram lambang : . Kesulitan yang dihadapi pada diagram lambing ini adalah ketika menggambarkan bagian simbol untuk suatu hal yang tidak penuh.

< > Diagram Pencar Untuk kumpulan data yang terdiri atas 2 variabel dengan nilai kuantitatif. Contoh Diagram pencar : . diagramnya dapat dibuat dalam sistem sumbu koordinat dan gambarnya akan merupakan kumpulan titik-titik yang terpencar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful