RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP

)

Sekolah Kelas / Semester Mata Pelajaran Alokasi Waktu

: SMK Negeri 55 Jakarta : XII (Dua belas) / Semester I : FISIKA : 4 X 45 menit (2 pertemuan)

Standar Kompetensi 1. Menerapkan getaran, gelombang, dan bunyi

Kompetensi Dasar 1.1 Memahami konsep dan prinsip–prinsip gejala gelombang secara umum Indikator 1.Menjelaskan pengertian getaran (C2; Kecakapan sosial) 2.Menyebutkan contoh dan medium getaran (C1; Kecakapan sosial) 3.Menjelaskan frekuensi dan periode getaran (C2; Kecakapan sosial) 4.Menjelaskan gaya pemulihan getaran (C2; Kecakapan sosial) 5.Menjelaskan persamaan getaran (C2; Kecakapan sosial) 6.Menjelaskan energi getaran (C2; Kecakapan sosial) 7.Menerapkan perhitungan berkaitan dengan getaran (C3; Kecakapan akademik) Karakter Bangsa 1. Senang membaca 2.Toleran 3.Mandiri 4.Rasa ingin tahu 5.Peduli lingkungan Kewirausahaan 1. Mandiri

A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat: 1. Menjelaskan pengertian getaran 2.Menyebutkan contoh getaran

Model : - - Cooperative Learning STAD (Student Achievement Division) ( .Frekuensi dan Periode Getaran 3.Energi Getaran C.Menjelaskan gaya pemulihan getaran 5. Metode Pembelajaran 1. usaha dan energi Cek Prasyarat :  Prasyarat pengetahuan: − − − . Kompetensi Dasar dan Indikator Pembelajaran Penyampaian manfaat materi yang dipelajari Penyampaian metode yang digunakan Matematika : Operasi variabel.Menjelaskan frekuensi dan periode getaran 4.Ceramah . PERTEMUAN PERTAMA a.Gaya pemulihan 4. Kegiatan Pendahuluan  Motivasi dan Apersepsi: − − − − − − Peserta didik diajak untuk siap menghadapi pelajaran Berdoa bersama. Definisi Getaran Harmonis 2. memohon dimudahkan dalam memperoleh ilmu Cek kehadiran Penyampaian Standar Kompetensi.Menjelaskan persamaan dan energi getaran 6.3. Materi Pembelajaran 1.Diskusi kelompok D. Trigonometri dasar Fisika : Gerak melingkar.Demontrasi . Langkah-langkah Kegiatan 1. Metode : .Observasi . gaya.Menerapkan perhitungan getaran B.Praktikum 2.Persamaan Getaran 5.

Kegiatan Inti Eksplorasi    Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. guru dapat langsung memberikan bimbingan. π (rad) = . Sebutkan simbol dan satuan gaya ! b.. B = . ϴ = ω. Peserta didik memperhatikan penjelasan mengenai pengertian getaran gelombang yang disampaikan oleh guru.. Jika AB = CD.° 4.. C = . Kegiatan Penutup  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dan individu yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik..1. 2.  Elaborasi  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.. Sebutkan sinus sudut-sudut istimewa ! 3..... frekuensi dan periode getaran (soalnya sama dengan contoh soal) Seluuruh peserta didik menjawab pertanyaan guru pada secarik kertas yang telah diberi identitas Guru mengoreksi dan menilai jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum... 5. maka A = .       c. Konfirmasi  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perumusan untuk mendapatkan persamaan gaya pegas.. mengisi kolom yang kosong dan mendiskusikan pengertian getaran. . Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar.... frekuansi dan periode getaran Guru memberikan soal menentukan persamaan gaya pegas. D = .. frekuensi dan periode getaran Guru memberikan contoh soal mengenai persamaan gaya pegas. Tiap kelompok terdiri dari 4 peserta didik Tiap kelompok diberi sebuah bandul dengan seutas tali dan sebuah neraca pegas serta dua lembar kerja Peserta didik (dibimbing oleh guru) mempraktikan intruksi pada lembarkerja...

Kegiatan Inti Eksplorasi   Prasyarat pengetahuan: − − − Guru membimbing peserta didik dalam tugas kelompok (kelompoknya sama dengan kelompok pada pertemuan sebelumnya). 2.. Arc sin ½ = . Tiap kelompok mendiskusikan kegiatan kelompok 3 Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.  Guru memberikan tugas rumah (Tugas 1. Sebutkan beberapa variabel pada getaran ! 3. kursi dan membersihkannya 2. Sebutkan rumus energi kinetik dan energi potensial b. PERTEMUAN KEDUA a. Trigonometri dasar Fisika : variabel pada getaran harmonis.. Peserta didik membereskan perangkat belajar. meja.  Elaborasi  Konfirmasi . Kegiatan Pendahuluan  Motivasi dan Apersepsi: − − − − − Peserta didik diajak untuk siap menghadapi pelajaran Berdoa bersama. 2 dan 3). memohon dimudahkan dalam memperoleh ilmu Cek kehadiran Penyampaian manfaat materi yang dipelajari Penyampaian metode yang digunakan Matematika : Operasi variabel. energi mekanik Cek Prasyarat : 1.

 Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. Jakarta: 2008 4. Peserta didik memperhatikan penjelasan mengenai persamaan dan energi getaran yang disampaikan oleh guru. Buku ‘Bimbingan Pemantapan Fisika’. Penilaian Hasil Belajar a. Guru memberikan contoh soal mengenai persamaan dan energi getaran Seluruh peserta didik menjawab pertanyaan guru pada secarik kertas yang telah diberi identitas Guru mengoreksi dan menilai jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Direktorat Pembinaan SMK. Endarko. Internet dan multimedia 5. kursi dan membersihkannya   E. Kegiatan Penutup  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dan individu yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. Peserta didik membereskan perangkat belajar. Bandung: 2000 2. Yrama Widya. bandul) F. guru dapat langsung memberikan bimbingan. Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal (diambil dari soal ulangan). Buku ‘Fisika Kelompok Teknologi dan Kesehatan’. Teknik Penilaian: - Tes tertulis Tes lisan Non Tes (observasi) . meja. Sumber Belajar/Media 1. Buku ‘Fisika untuk SMK’. dkk. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar. Jakarta: 2010 3. Alat praktik (pegas/neraca pegas. Sudirman.     c. Erlangga. Ketut Lasmi.

Bentuk Instrumen: − − − − Tes PG Tes isian Tes uraian Instrumen observasi LAMPIRAN I MATERI PEMBELAJARAN A.b. Getaran Harmonis Berikut ini adalah contoh-contoh sistem yang melakukan getaran. .

Bila bandul tersebut disimpangkan dari posisi vertikalnya. Benda yang bergetar seringkali disebut juga melakukan gerakan harmonis sederhana. Pada gerakan berulang itu yang dimaksud dengan satu getaran lengkap adalah gerakan dari suatu titik awal kembali ke titik awal tadi. Secara matematis dirumuskan : .1. kemudian dilepaskan. Balok dikatakan bergetar y m F 2. Sistem pegas-massa Perhatikan balok bermassa m yang dikaitkan pada ujung pegas yang digantungkan secara vertikal. maka balok tersebut akan melakukan gerakan naik-turun-naikturun berulang-ulang. Jumlah pengulangan atau getaran lengkap yang terjadi tiap satuan waktu dinamakan frekuensi getaran (simbolnya f). Bila balok m ditarik ke bawah. yaitu gerakan yang berulang-ulang dan disebut sebagai gerakan periodik. θ l m F Dari dua contoh tadi dapat disimpulkan bahwa getaran adalah suatu gerakan yang khas. menyimpang ke kanan dan ke kiri secara berulang-ulang dan bandul dikatakan bergetar. Jadi dapat disimpulkan bahwa Getaran harmonis sederhana adalah gerak bolak balik yang melewati suatu titik kesetimbangan B. Frekuensi dan Periode Getaran Salah satu besaran yang sering dipakai untuk menggambarkan karakter sebuah getaran adalah frekuensi. maka penggaris akan berayun. Sistem bandul fisis Perhatikan sekarang bandul yang digantungkan pada sebuah paku.

Heinrich Hertz).13 kg Soal 3: . bahkan getaran/jam. mengikuti nama fisikawan Jerman. Berapakah massa balok yang harus dikaitkan agar sistem bergetar dengan frekuensi 10 Hz? f = 1 2π k m f 2 = 1 k 12 k 2 ( ) = 2 m (2π ) 4π 2 m m= k 4π 2 f 2 =0. maka untuk pegas T = 2π l m dan untuk bandul T = 2π g k Soal 1: Terjadi 4 getaran dalam 5 detik. Simbolnya T dan satuannya adalah detik. Berapa frekuansi dan periodenya ? (f = 4/5 Hz dan T = 5/4 s) Soal 2: Sebuah balok dikaitkan pada sebuah pegas yang konstanta pegasnya 5 N/cm. Jadi getaran dengan frekuensi 200 Hz menyatakan bahwa dalam satu sekon terjadi 200 getaran lengkap. Bila satuan waktunya dinyatakan dalam sekon maka didapatkan satuan getaran/sekon atau sering juga dinamakan siklus/sekon dan 1 getaran/sekon = 1 siklus/sekon { 1Hz (Hertz. Untuk pegas yang digetarkan : f = 1 2π k m K = konstanta pegas (N/m) m = massa benda yang terikat pada pegas (kg) Untuk bandul sederhana seperti di atas : f = 1 2π g l g = percepatan gravitasi (m/s2) l = panjang tali bandul (m) Besaran lain yang sangat erat kaitannya dengan frekuansi adalah periode. Perumusannya adalah : T = t/n atau T = 1/f Karena T = 1/f.f = n/t n = jumlah getaran t = waktu Satuan frekuansi dapat berupa getaran/menit. Periode merupakan kebalikan dari frekuensi.

1 f = 2π g l f 2 = 1 g 12 g 2 ( ) = 2 l (2π ) 4π 2 l l= g 4π 2 f 2 =6. Hitunglah panjang tali tersebut! Penyelesaian: Bila dalam 5 menit (=300 s) terjadi 600 getaran lengkap.1 kg digantungkan pada sebuah tali dan diayunkan. Ternyata dalam waktu 5 menit jumlah ayunan (getaran lengkap) yang terjadi adalah 600 kali. Ini berarti bahwa frekuensi getaran adalah f = 2 Hz. Persamaan Getaran b) F = ky = 20. maka dalam 1 detik terjadi (600/300) = 2 getaran lengkap. tentukanlah : a) Tetapan pegas b) gaya pemulihan Jawab : a) k = F/y = mg/y = 20 N/m D.0. sehingga pegas panjangnya menjadi 35 cm.3 cm C.Sebuah bola yang massanya 0. Gaya Pemulihan Untuk pegas : F = ky Untuk bandul : F = mg sinθ θ = sudut penyimpangan (°) m = massa beban (kg) Soal 4 : Sebuah pegas tergantung vertical dan ujung yang bebas digantungi beban 100 gram.1 = 2 N y = simpangan (m) = jarak terhadap kesetimbangan F = gaya pemulih (N) A y θ θ Simpangan : y = A sin θ y = A sin ωt A = amplitude (m) . Jika beban ditarik 10 cm ke bawah dan harga g = 10 m/s2.

Kecepatan : v = ωA cos ωt Percepatan : a = .1 joule LAMPIRAN 2 . Jika simpangannya sama dengan setengah simpangan maksimumnya.ω2y Sudut fasa : θ = ωt = 2π Fasa : t T ϕ= Soal 5 : t α = T 360 Ο Sebuah bandul berayun. berapakah sudut fasenya ? Jawab : y = ½A = A sin θ θ = 30° E. tentukan energy potensialnya ! Jawab : Ep = ½ky2 = 0. Energi Getaran Energi potensial : Ep = ½ky2 Epmax = ½kA2 Energi Kinetik : Ek = ½mv2 Ekmax = ½kA2 setimbang Energi Mekanik : Em = Ep + Ek pada titik satuannya Joule pada titik terendah Soal 6 : Pada soal no 4.

KEGIATAN KELOMPOK KEGIATAN 1 (MENGHITUNG FREKUENSI BANDUL SEDERHANA) -Ikatkanlah penghapus karet pada seutas tali/benang -Gantungkan ujung tali yang lain pada sebuah gantungan atau paku -Simpangkan penghapus tersebut sekitar 30 derajat -Hitunglah getaran lengkap yang terjadi dalam 1 menit [gunakan jam henti (stopwatch)] -Berapa Hz frekuensi getaran tadi? -Ulangi rangkaian kegiatan di atas dengan menggantungkan beban lain. dan simpulkan yang saudara peroleh! KEGIATAN 3 (MENJELASKAN PERUBAHAN ENERGI GETARAN) Dari simulasi gambar bandul sederhana yang menunjukkan perubahan energi potensial dan energi kinetisnya yang sudah didapat. Apakah terjadi perubahan frekuensi? -Panjangkan tali/benang penggantung menjadi 2 kalinya kemudian ulangi rangkaian kegiatan di atas! Apakah sekarang terjadi perubahan frekuensi? -Diskusikan hasil yang Anda dapat dalam kelompok KEGIATAN 2 (MENENTUKAN KONSTANTA PEGAS) Jalannya percobaan: -Berikanlah suatu pengait pada sebuah balok -Timbang massa balok beserta pengait itu -Kaitkan balok tadi pada sebuah pegas -Gantungkan sistem pegas secara vertikal -Beri simpangan pada balok dengan menarik/menekan balok -Lepaskan tarikan atau tekanan dan catat dengan stopwatch waktu untuk melakukan 5 getaran lengkap -Berapa Hz frekuensi yang didapat? -Ulangi langkah-langkah tadi dengan pegas yang sama. diskusikanlah tentang sifat perubahan energy dari hasil simulasi tersebut! LAMPIRAN 3 TUGAS . namun massa balok yang berbeda.

Tugas 2 1. pegas A yang mempunyai k = 50 N/cm atau pegas B yang mempunyai k = 5 N/cm? Diskusikan masalah ini dalam kelompok Tugas 3 Carilah di internet simulasi gambar bandul sederhana yang menunjukkan perubahan energi potensial dan energi kinetisnya dan ceritakan tentang sifat perubahan tersebut dari hasil simulasi tersebut! LAMPIRAN 4 SOAL ULANGAN HARIAN 1. Sebuah pegas mempunyai konstanta pegas 15 N/cm. jelaskan apa artinya! 3. Carilah dari buku-buku atau internet satuan dari konstanta pegas! 2. Pegas manakah yang lebih ”keras”.Tugas 1 Carilah lagi 2 contoh sistem yang melakukan getaran. Sebuah bandul terdiri dari tali yang panjangnya 50 cm digantungibeban yang . dan peragakan getarannya.

pegas menyimpang 1 cm dari posisi kesetimbangannya. Pilihlah jawaban yang benar! Pada benda yang bergetar harmonik.5 sekon dan amplitudo 6 cm. kecepatannya maksimum sedangkan percepatannya minimum d. kecepatan dan percepatannya minimum c. Carilah posisi bola tersebut 2 sekon sejak saat awal tadi! 9. Di manakah benda berada setelah 0. Sebuah bandul sederhana yang massa bebannya 25 gram dan panjang talinya 50 cm diberi simpangan = 10o. Apakah hasilnya tergantung pada massa beban yang digantungkan? 2. perioda dan frekuensi getaran 7. mengapa bandul dengan tali yang pendek bergetar dengan frekuensi yang lebih besar! Bila panjang tali bandul kedua adalah setengah panjang tali bandul pertama. gaya pada saat simpangan maksimum! c. 10 Hz d. 50 Hz e. kecepatannya nol. kecepatan dan percepatannya maksimum b. Jelaskan.25 kg digantungkan pada sebuah pegas vertikal. Pada saat awal. Di manakah benda tersebut mempunyai kecepatan yang besarnya setengah kecepatan maksimum? 8. Sebuah benda bergetar harmonik dengan amplitudo 10 cm.75 kg? 5. energi totalnya maksimum 6. benda ada pada posisi x = 0. Berapakah simpangan pegas ketika energi potensial elastisnya 20 joule? 10. apakah frekuensi bandul kedua adalah dua kali frekuensi bandul pertama? 4. Hitunglah frekuensi dan perioda ayunan bandul tersebut. Ketika pegas vertikal digantungi beban bermassa 1 kg. Benda bergetar menurut persamaan y=10 sin 628t cm. 100 Hz .massanya 100 gram. dengan t adalah waktu dalam sekon. Berapakah frekuensi dan perioda getaran yang terjadi bila beban yang digantungkan bermassa 0.5 sekon danamplitudo 4 cm. pada simpangan maksimum. Perhatikan dua buah bandul sederhana dengan panjang tali yang berbeda. sehingga pegas bertambah panjang dengan 5 cm. amplitudo simpangan getaran! b. Sebuah benda yang massanya 0. Bila percepatangravitasi g = 10 m/s2. Frekuensi getaran tersebut adalah: a.8 sekon? Berapa kecepatannya saat itu? 3. hitunglah: a. Sebuah bola bergetar harmonik dengan perioda 1. a. Pada saat awal bola itu melewati titik kesetimbangannya dengan arah vertikal ke atas. dan percepatannya maksimum e. 400 Hz c. Pegas-massa itu diganggu hingga bergetar. Sebuah benda bergerak harmonik dengan perioda 0. 200 Hz b.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful