P. 1
Tindakan, Motif, Dan Prinsip Ekonomi

Tindakan, Motif, Dan Prinsip Ekonomi

|Views: 1,016|Likes:
Published by lanyla

More info:

Published by: lanyla on Aug 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/26/2012

pdf

text

original

  

TindakanEkonomi Motif Ekonomi Prinsip Ekonomi

Segala kegiatan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhannya Segala usaha manusia untuk memenuhi kebutu-han yang tidak terbatas dengan pertimbangan yang baik berdasarkan skala prioritas untuk mencapai kemakmuran Segala tindakan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan yang selalu dilandasi oleh motif ekonomi dan dilaksanakan berdasarkan prinsip ekonomi .

Macam-macam Tindakan Ekonomi Tindakan Rasional Tindakan Irasional ySetiap tindakan ySetiap tindakan yang dilandasi oleh pilihan yang paling baik dan menguntungkan menurut perkiraan menguntungkan tapi kenyataanya malah merugikan .

Menabung untuk masa depan 4.Contoh Tindakan Ekonomi Tindakan Rasional 1. 3. . Menebang kayu sembarangan Mencari ikan dengan racun / dinamit 2. Menyusun skala prioritas 3. Tindakan Irasional Membeli barang yang jaraknya sangat jauh dibandingkan dengan yang dekat padahal selisih harga sedikit. Bekerja untuk memenuhi kebutuhan dengan cara yang baik 2. Ke sekolah naik angkot dari pada naik taksi 1.

Inggris ) : Alasan Alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan Tindakan Ekonomi .* Motus ( Bhs. Latin ) : Penggerak / Pendorong / Dorongan Motive ( Bhs.

.oPedoman dalam melakukan tindakan ekonomi dimana di dalamnya terkandung asas dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

MACAM-MACAM PRINSIP EKONOMI BESERTA CONTOH ‡ Prinsip Ekonomi Bagi Produsen ± ± ± ± Menghasilkan barang yang berkualitas Menekan biaya produksi serendah mungkin Mencari keuntungan maksimal Menghasilkan barang yang diminati dan selalu dicari oleh konsumen ‡ Prinsip Ekonomi Bagi Distributor ± Menyalurkan barang dan jasa pada konsumen tepat waktu ± Memeratakan hasil produksi ke daerah-daerah yang memerlukan ± Membuat harga barang stabil atau tidak mengalami gejolak ‡ Prinsip Ekonomi Bagi Konsumen ± ± ± ± Mendapatkan kepuasan semaksimal mungkin Terpenuhinya kebutuhan hidup Terhindar dari sifat konsumtif Mendapatkan barang yang bermutu dengan harga murah .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->