P. 1
5-ideologi

5-ideologi

|Views: 241|Likes:
Published by medhita

More info:

Published by: medhita on Aug 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/06/2014

pdf

text

original

IDEOLOGI

Pengertian Ideologi
Idea = gagasan Logos = Ilmu / pengetahuan Ilmu yang mempelajari tentang ide atau gagasan tentang manusia 1. Antoine Destutt de Tracy : Ilmu tentang fikiran manusia yang mampu menunjukkan jalan yang benar menuju masa depan / merupakan bagian dari Filsafat yang mendasari ilmu pendidikan, etika, politik dan lain-lain. 2. David E. Apter : Ideologi mencakup lebih dari sekedar doktrin 3. Soerjanto Puspowardoyo : keseluruhan sistem gagasan atau ide yang secara normatif berfungsi sebagai persepsi, landasan dan orientasi tingkah laku individu dan masyarakat yang terarah ketujuan tertentu.

Dalam pengertian sebagai ´kesadaran palsuµ ini. tepatnya sebuah penjelasan yang palsu guna melayani kepentingan kelas borjuis.4. 5. Alfian: Ideologi adalah pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam tentang bagaimana cara yang sebaiknya. . yaitu secara moral dianggap benar dan adil. mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi kehidupan. Marx dan Engels : Ideologi adalah sebuah doktrin palsu. ideologi berarti ´kesadaran yang menyembunyikan hubungan riil orang-orang dengan dunia merekaµ.

falsafah hidup bangsa. . 7. Gramsci : Ideologi sebagai lebih dari sekadar sistem ide. Ia lebih mengedapankan ideologi organik yang bersifat historis (historically organic ideologies). yang berupa seperangkat tata nilai yang dicita-citakan dan akan direalisasika dalam kehidupan berkelompok. Soerjanto Puspowardoyo Ideologi adalah keseluruhan sistem gagasan atau ide yang secara normatif berfungsi sebagai persepsi. SH : Pandangan hidup bangsa. yaitu ideologi yang diperlukan dalam kondisi sosial tertentu. Prof. Padmo Wahyono. landasan dan orientasi tingkah laku individu dan masyarakat yang terarah ke tujuan tertentu 8.6.

Lahir dan tumbuh ² kembangnya suatu ideologi : Diyakini kebenaran untuk Hidup bersama Dicantumkan dalam Konstitusi negara diakui adanya nilai-nilai dasar IDEOLOGI NEGARA Dirumuskan dalam Deklarasi negara Tumbuh kembangnya Di dalam masyarakat Dijabarkan dalam Berbagai kehidupan Konsep-konsep abstrak (inkrimental) Pertama Kedua Hasil olah fikir para cendiawan .

 Ideologi bukan sekedar pengetahuan teoritis belaka.Hakekat Ideologi  Ideologi menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan umat manusia.  Ideologi satu pilihan yang jelas menuntut komitmen untuk mewujudkannya. tetapi merupakan sesuatu yang dihayati menjadi suatu keyakinan. .Semakin mendalam kesadaran Ideologi seseorang berarti semakin tinggi pula rasa komitmennya untuk melaksanakannya.

Sebagai pedoman untuk mengambil kebijakan dan prilaku publik 4. Alat komunikasi simbolis antara pemimpin dan yang dipimpin.Fungsi Ideologi Menurut Carlton Clymer Rodee : 1. Memberi arti akan keberadaan manusia serta menjadi arah dan tujuan bagi kemajuan masyarakat . 2. 3. Mempersatukan rakyat suatu negara atau pengikut suatu gerakan yang berusaha mengubah dasar negara.

nilai-nilai dalam ideologi tidak dipaksakan dari luar digali dari masyarakat itu sendiri. Contoh : Pancasila b. artinya nilai-nilai dan cita-cita yang terkandung dalam ideologi merupakan cita-cita dari pencetus ideologi tersebut. Ideologi terbuka : suatu sistim pemikiran yang terbuka. . misalnya Ideologi komunis oleh Karl Marx. mengambil yang bersifat positif dari ideologi yang ada. Ideologi tertutup : sistim pemikiran yang tertutup.Sifat Ideologi a.

.Pancasila sebagai Ideologi Nasional  Para pendiri bangsa menginginkan Pancasila sebagai dasar negara yang sekaligus sebagai Ideologi nasional.  Nilai dan fungsi filsafat Pancasila telah ada jauh sebelum Indonesia merdeka  Secara melembaga dan formal kedudukan dan fungsi Pancasila ditingkatkan dari filsafat hidup menjadi filsafat negara.

Sebagai perekat bangsa dan mampu mengikat menjadi satu kesatuan yang utuh. pengaruh . Sebagai filter atas berbagai negatif fenomena modernitas. Sebagai pedoman bagi rakyat Indonesia dalam menghadapi perkembangan masyarakat di era globalisasi 3. 2.Tiga alasan kenapa Pancasila masih dibutuhkan : 1.

 Pancasila senantiasa mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. sebagai .  Nilai-nilai Pancasila tidak boleh berubah. namun pelaksanaannya disesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan nyata yang kita hadapi dalam setiap kurun waktu. ilmu pengetahuan dan teknologi  Gagasan pertama mengenai pancasila ideologi terbuka muncul tahun1985.Pancasila sebagai Ideologi terbuka:  Pancasila senantiasa mampu berinteraksi secara dinamis.

2. yang berubah adalah nilai operasionalnya . Nilai Instrumental : yang dijabarkan dalam . kebijkasanaan. Nilai praksis : Bersifat abstrak/implisit yang terkandung dalam sikap dan prilaku manusia sehari-hari . Nilai dasar (intrinsik) : nilai yang diinginkan oleh semua manusia . peraturan perundang-undangan. kerjasama. hukum positif lainnya. kerukunan. 3.nilai yang tidak berubah( yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 ). menghormati. .Pancasila bersifat fleksibel karena mengandung nilai nilai : 1.

3.Dimensi Ideologi terbuka DR. 2. Dimensi Ideologisme : mengandung idealisme. Dimensi realitas : berasal dari nilai riil yang hidup dalam masyarakat. yang memberi harapan tentang masa depan yang lebih baik. Alfian : 1. Dimensi fleksibelitas : memiliki keluwesan untuk mengembangkan pemikiran-pemikiran baru yang relevan tentang dirinya tanpa menghilangkan jati diri. . bukan angan-angan.

 Nilai bersifat abstrak dan tidak dapat disentuh oleh Panca indera. benar. yang menyadarkan manusia tentang harkat dan martabatnya. .Pancasila IKIP Malang : nilai sesuatu yang berharga dan berguna. bijaksana dan apa yang berguna.  Menurut Lab.yang memperkaya batin.Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma Pembangunan  Nilai = Value = sesuatu dikatakan mempunyai nilai apabila ia berguna/benar/indah/baik/religus.  Menurut kamus Ilmiah :nilai adalah ide tentang apa yang baik.

Macam-macam nilai : Harorld Lasweel : 1. Keadilan(rechtschapnheid) . kekayaan(wealth) 4. kekuasaan ( power ) 2. Kasih sayang (affection) 6. pendidikan/penerangan(enlighmen) 3. Keterampilan (skill) 5. Kejujuran(rectitude) 7.

statis. tertutup.Menurut Karl W Deutsch ‡ Nilai keamanan(scurity) ‡ Nilai kebebasan (Liberty) ‡ Deliar Noor membedakan nilai dari aspek tradisional dan modern: ‡ Nilai Tradisional : tidak menjaga waktu. orientasi pada masa lalu. fanatik.agama). kesetiaan primordial (suku. famili. dan tidak lugas .

terbuka Orientasi pada masa depan Status karena prestasi Keterikatan pada lingkungan yang lebih luas ‡ Pergaulan Internasional ‡ Masyarakat bersifat lugas .toleran.Ciri-ciri nilai pada masyarakat modern (Deliar Noor): ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Menjaga waktu Dinamis.

bila dilanggar timbul rasa malu dan bersalah:  Orang yang taat beragama merasa bersalah jika melanggar salah satu norma  Orang tua yang menyesatkan anaknya  Nilai dominan : nilai yang diangap lebih penting dari nilai lainnya.Dua pandangan tentang nilai :  Nilai objektif : nilai yang ada pada objek itu sendiri  Nilai subjektif : nilai yang bergantung pada penangkapan dan perasaan orang lain. .  Perbedaan nilai berdasarkan cirinya :  Nilai yang mendarah daging (internalized value) Nilai yang telah menjadi kepribadian.

metodemetode.. pola. prinsip dasar atau cara memecahkan masalah . nilai-nilai. ‡ Cara pandang. contoh.Khun : asumsi teoritis yang umum yang merupakan sumber hukum.Pengertian Paradigma pembangunan ‡ Bahasa Inggris : model. metoda serta cara penerapan dalam Ilmu pengetahuan. ‡ Bahasa Indonesia : gugusan sistim pemikiran ‡ Thomas S.

ramah. .  Pancasila dalam paradigma pembangunan menjadi suatu kebutuhan sebagai pendorong semangat.pola berfikir supaya untuk melaksanakan perubahan yang direncanakan guna mewujudkan cita-cita kehidupan masyarakat menuju hari esok yang lebih baik.Paradigma pembangunan adalah:  Suatu model. acuan. nilai dan tujuan yang ingin dicapai di setiap program pembangunan negara kesatuan RI.metode. pemgorganisasian. Kepribadian bangsa Indonesia yang religius .  Pancasila adalah sebuah paradigma karena dijadikan sebagai landasan.pelaksanaan dan pengawasan.kekeluargaan.musyawarah dan solidaritas yang tinggi akan mewarnai pembangunan nasional baik perencanaan.

.  Melaksanakan kewajiban beragama sesuai dengan agama/keyakinan masing-masing. Sikap dan prilaku yang menjunjung nilai-nilai ketuhanan.  Tidak mengganggu dan memaksakan suatu agama dan kepercayaan kepada orang lain. seperti :  Pemberontakan PKI Madiun  Pemberontakan G 30 S PKI Sikap positif yang harus dimiliki dan ditunjukan oleh bangsa Indonesia adalah: 1.  Kerjasama dan tolong menolong dengan pemeluk agama lain sesuai situasi dan kondisi dilingkungan masing-masing.Menampilkan Sikap positif terhadap Pancasila sebagai Ideologi terbuka  Pancasila telah mengalami banyak tantangan.

2. Sikap dan prilaku menjunjung nilai kemanusiaan: Memperlakukan orang lain sesuai harkat dan martabatnya Mengakui persamaan derajat sebagai makhluk Tuhan Adanya sikap tenggang rasa pada orang lain Sikap suka membantu orang lain yang membutuhkan. .

Rela berkorban ntuk kepentingan bangsa dan negara Cinta tanah air dan bangsa Mengembangkan rasa persatuan berdasarkan Bhinneka Tunggal Ika Meningkatkan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa. .3. Sikap dan prilaku menjunjung nilai persatuan.

Mempercayakan wakil-wakil rakyat terpilih untuk melaksanakan tugasnya dengan baik .4. Mengakui setiap WN memiliki hak dan kewajiban yang sama. Sikap dan prilaku menjunjung nilai Permusyawaratan dan perwakilan Mengutamakan musyawarah mufakat Tidak memkasakan kehendak/ mengintimidasi dan barbuat anarchis.

. Menunjukan sikap gotong royong dan kekeluargaan Tidak merugikan orang lain/ lingkungan Suka kerja keras dan dapat memecahkan masalah Terampil dalam berbagai kegiatan untuk memajukan bangsa.5. Sikap dan prilaku menjunjung nilai keadilan sosial.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->