Cara Membuat Laptop Anda Menjadi HotSpot ( Windows XP

)

Selama ini kita hanya menggunakan wifi di laptop hanya untuk menerima sinyal wifi yang dipancarkan dari hotspot.. tapi siapa sangka jika sebenarnya laptop kita bisa dijadikan Hotspot« Untuk windows vista dan windows seven bisa menggunakan program yang namanya Connectify, program ini full gratis dan cara penggunaanya sangat gampang. trus bagaimana dengan windows XP, karena proram ini tidak mendukung untuk Xp. So.. kita dapat melakukan seting manual untuk membuat hotspot di laptop kita« Cekidot«.( with picture) Pertama : Buka Network Conections ( strart > control panel > Network conections )

(klik pada gambar untuk memperbesar)

cari Wireless Network Connection dan klik kanan kemudian pilih properties

pilih tab wireless networks dan klik tombol Advance pada menu advance pilih yang ´ computer to computer ( ad hoc ) network only´ dan klik close .

pada wireless network key: Network Authentication : Open Data Encription : Disable jika jaringan wifinya ingin di beri password maka pada data Encription pilih : WEP dan hilangkan tanda ¥ pada ´ the key is provided«« dst ´ dan kemudian masukan password pada network key. kemudian klik tombol µAdd. kemudian klik .Klik pada gambar untuk memperbesar kembali lagi ke tab µwireless networks¶ .¶ pada bagian bawah Kemudian pada Tab ³association´ masukan network name ( bisa apa saja ) ini digunakan sebagai nama wifinya nanti..

jika belum restart komputernya.ok. pada saat ini jaringan wifi anda sudah siap dan dengan koneksi internetnya. koneksi wifinya masih bisa digunakan untuk bermain game secara LAN ( Ex. pilih properti ( sebagai contoh saya menggunakan modem ) Pilih pada tab ´ Advance´ kemudian beri tanda ¥ pada ´ allow other network user to« dst´ dan klik ok. Tambahan : bagaimana jika tidak mempunyai koneksi internet. pada bagian ini jaringan wifi sudah terpancarkan dengan nama wifi yang kita buat. Kedua : share koneksi internet langkah selanjuntya yaitu buka kembali Network Connection. klik kanan pada koneksi internet yang digunakan. jangan berkecil hati. sebelumnya buat jaringan LAN . game CS ).

lalu aku berfikir secara peer to peer network menggunkan kabel LAN (Local Area Network).menggunakan Wifi. (waduh lebay amat). Sumber: http://www. Akhirnya kucoba-coba peer to peer network menggunakan Wireless (wii). 2009 ² syariffauzi Ini pertama kalinya aku menulis tentang jaringan (padahal nga ngerti sama sekali tentang jaringan he« he«). ternyata tidak terlalu sulit carana hampir hampir-mirip dengan menyetting jaringan dengan menggunakan kabel LAN langsung ke TKP: Pertama-tama kita buat dulu wireless network name (kalo ga ngerti inggris artinya nama jaringan wireless) milik kita. Langsung ajah suatu ketika aku pengen memindah data yang berkisar 7 Gb lebih (yang pengen ku copy sebenarnya PES 2009). pengen menggunakan flashdisk tapi paling besar hanya punya fd 2 Gb dan ga bisa langsung dicopy soalna semua filenya terdapat dalam satu file. pake salah satu laptop saja dengan cara sebagai berikut: .. kalau dibagi menggunkan winrar terlalu kelamaan.windowscraze. pada suatu ketika di suatu rumah yang sangat sederhana«. dan ternyata eh ternyata aku ga punya kabelnya wakakkakakakaka«« Waduh gimana ini padahal aku pengen sekali punya game PES 2009.com/tipstricks/Cara-Membuat-Laptop-Anda-Menjadi-HotSpotWindows-XP MENGHUBUNGKAN 2 LAPTOP MELALUI (VIA) WIRELESS (WII) SECARA PEER TO PEER NETWORK MENGGUNKAN WINDOWS XP May 5.

saya menggunakan Intel R Proset/wireless kemudian klik ³Add´. sekarang kamu udah menyelesaikan tahap pertama pembuatan ´wireless network name´ sekarang kita pilih profil pada Intel R Proset/wireless dan conneksikan nama wireless yang kita buat tadi. lalu klik next. dan akan timbul pada gambar dibawah ini: Isi profile name dan wireless network name (SSID) dengan nama yang sama terserah kamu. apabila terdapat atau ditemukan nama wireless yang kita buat tadi pada laptop yang satunya . tunggu beberapa saat. akktifkan wireless pada laptop yang ingin disambungkan. pilih operating mode dengan ³device to device (add hoc) Connect directly to other computer´. kemudian klik OK.Buka wireless network connection seperti gambar dibawah ini.

2´ ³192. buka control panel/network conection/ kemudian klik kanan pada icon wireless network connection kemudian klik properties dan akan timbul pada gambar dibawah: Klik tulisan internet protocol TCP/IP pada kolom yang tersedia.255.1´ ´255.168. .255.168.0.168. seperti halnya dalam setting IP pada local area network.255.0.168.0´ ³192. salah satunya harus menjadi ´server´ dan satunya menjadi ´client´.0.1 ±t´ atau ³ping 192.2 ±t´ kalau terkoneksi akan tampil pada gambar dibawah ini.0´ ³dikosongkan´ kemudian untuk mengetahui terkoneksi atau tidaknya antara kedua laptop dengan cara masuki ³run´ ketikkan ³ping 192.0. tapi hal ini belum selesai.0.2´ ´255.168. karena kita perlu menetukan IP pada masing-masing laptop. kemudian klik properties seperti pada gambar yang sudah diwarnai merah isi untuk server ip address subnet mask default gateway untuk client ip address subnet mask default gateway ³192.langsung coneksikan sehingga kedua laptop terkoneksi.255.

1 jika berhasil anda akan langsung masuk kedalam folder yang sudah di share. . nah sekarang supaya laptop client bisa mengakses folder share yang telah dibuat pada di laptop server dengan cara masuk ke ³run´ketikkan IP server seperti berikut \\192.Nah sekarang kedua laptop bisa saling share. kemudian klik properties. atau masuk ke my network places.0. sekian dari saya««. dan kemudian pilih bar share seperti pada gambar dibawah: Conteng pada : ´share this folder on network´ dan ´allow network users to change my file´ sehingga bisa memudahkan mengcopy paste file yang ingin dikirim.168. cara mensharenya carana sebagai berikut : kita gunakan server sebagai media share dengan cara klik kanan pada folder di laptop server.