P. 1
5.1 BAB4 Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab Mts.

5.1 BAB4 Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab Mts.

5.0

|Views: 1,342|Likes:
Published by Khoirun Ni'mah

More info:

Published by: Khoirun Ni'mah on Aug 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/27/2013

pdf

text

original

Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab Mts.

BAB IV KEGIATAN BELAJAR 3 PENYUSUNAN INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK KALAM ( BERBICARA)

A. Kompetensi Dasar Mendeskripsikan penyusunan instrumen penilaian aspek kalam (berbicara)

B. Materi Pokok 1. Konsep Kegiatan Kalam (berbicara) 2. Aspek yang dinilai dalam Kalam (berbicara) 3. Memetakan SK dan KD Untuk Menentukan Jenis Penilaian 4. Menyusun Instrumen Tes Untuk Penilaian Aspek Kalam (berbicara)

C. Uraian Materi 1. Kegiatan Berbicara Berbicara adalah kegiatan mengungkapkan pikiran melalui lisan kepada orang lain atau audiens. Keterampilan ini membutuhkan penguasaan berbahasa aktif agar dengan mudah mengkonstruksi pengetahuan bahasa untuk dapat digunakan mengkomunikasikan ide kepada orang lain. Tidak mudah bagi seseorang melakukan kegiatan berbicara ini karena membutuhkan spontanitas dalam mengeluarkan ide sekaligus menggunakan bahasa asing. Ini dapat dilakukan apabila memiliki keterampilan yang baik dan latihan yang cukup lama. Berbicara merupakan keterampilan yang sangat komplek yang mempersyaratkan penggunaan berbagai ketarampilan secara simultan. Kemampuan tersebut meliputi, a. Pelafalan (mencakup ciri-ciri segmentalPusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kemenag

60

dan d. ide. Misalnya : 1) Ceritakanlah kegiatanmu sehari-hari di rumah sepulang dari sekolah! 2) Ketika anda berangkat dari rumah ke sekolah apa yang anda lihat dan rasakan! 3) Apakah tadi anda menonton televisi? Ceritakan apa yang ada saksikan! 4) Apakah anda menonton anda menceritakannya? Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kemenag pertandingan bola kemarin? Dapatkah 61 . perasaan. yaitu yang paling dasar san sederhana sampai pada bentuk tes yang komplek dan sulit. Bercerita Singkat Bercerita singkat dapat dilakukan dengan menceritakan kejadian yang baru saja dialami. gagasan . Pemahaman ( kemampuan merespon terhadap suatu ujaran secara baik). Untuk mengukur kemampuan siswa berbicara. Kelancaran. d. disaksikan. di dengar atau hal-hal yang ingin dilalukan. Aspek yang dinilai dalam Berbicara a. perasaan melainkan juga mampu melakukan komunikasi secara pragmatik dengan memperhatikan ide budaya dan sosial yang berlaku dalam masyarakat. pikiran dan kemampuan memahami ujaran mitra tutur. Artinya. dari banyak cara yang yang dikembangkan oleh guru sesuai dengan tingkat siswa. siswa bukan saja mampu mengkomunikasi gagasan. Tata bahasa. Tujuan tes kemampuan berbicara adalah mengukur kemampuan siswa dalam menggunakan bahasa Arab sebagai alat komunikasi lisan. c. b.Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab Mts. Kosa kata. Kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan mengkomunikasikan ide. vokal dan konsonal serta pola tekanan dan intonasi. Lebih ideal lagi apabila kemampuan berbicara tersebut diletakkan dalam konteks sosio-kultural. 2.

Menceritakan kembali Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kemenag 62 .Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab Mts. bagaimana supaya dapat trampil dalam profesi yang dimaksud. 5) Apa rencana kegiatan anda pada liburan nanti? Coba ceritakan! b. Rangsangan konteks sederhana misalnya: ‫اﺣﺘﻔﺎل ﻧﺰول اﻟﻘﺮأن ﺳﻴﻌﻘﺪ ﰲ ﻣﺪرﺳﺘﻨﺎ، ﻣﺎ رأﻳﻚ ﻋﻦ اﻟﻮﻗﺖ اﳌﻄﺎﺑﻖ ﳍﺬا‬ ‫اﻹﺣﺘﻔﺎل؟‬ Rangsangan konteks yang membutuhkan penggunaan kosa kata yang banyak misalnya: ‫اﺣﺘﻔﺎل ﻧﺰول اﻟﻘﺮأن ﺳﻴﻌﻘﺪ ﰲ ﻣﺪرﺳﺘﻨﺎ، ﻣﺎ رأﻳﻚ ﻋﻦ اﻟﱪاﻣﺞ اﳌﻄﺎﺑﻘﺔ ﳍﺬا‬ ‫اﻹﺣﺘﻔﺎل؟‬ Rangsangan konteks tersebut dapat juga di perluas sesuai dengan kedalaman tes yang dibutuhkan. diberikan rangsangan pada kegiatan apa saja yang dilakukan profesi tersebut. Misalnya apabila hendak menguji penguasaan siswa terhadap profesi. mulai dari konteks yang sederhana yang membutuhkan sedikit penggunaan kosa kata sampai pada konteks yang lebih luas yang membutuhkan penguasaan kosa kata yang banyak. Rangsangan Konteks Komunikasi Rangsangan konteks komunikasi dapat dibuat melalui bentuk penggalian opini terhadap suatu konteks. Contoh: ‫ﻣﺪرﺳﺔ: ﻳﺎ ﻋﺎﺋﺸﺔ، ﲰﻌﺖ أﻧﻚ ﺗﺮﻳﺪ ان ﺗﻜﻮﱐ ﻃﺒﻴﺒﺔ ﰲ ﻳﻮم اﻟﻐﺪ؟ ﻫﻞ ﻋﺮﻓﺖ‬ ‫ﻣﺎ ﻋﻤﻠﻬﺎ واي ﻋﻠﻢ ﻻ ﺑﺪ ان ﺗﻌﻠﻤﻴﻪ و ﺗﺪﻗﻘﻴﻪ ﻣﻦ ﻗﺒﻞ؟‬ c.

‫اﻟﻘﺮآن‬ .(‫ﻓﻘﺎل ﳏﻤﺪ : )ﻣﺎ أﻧﺎ ﺑِﻘﺎرئ‬ ‫ﺎ‬‫ﻪ ﻛﺎن أُﻣﻴ‬‫ﻷَﻧ‬  ِ  ِْ ّ َ (! ‫ﻓَﻀﻤﻪ ﺟﱪﻳﻞ ﺿﻤﺎ ﺷﺪﻳْﺪا، ﻓﻘﺎل: )اِﻗْﺮأ‬ Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kemenag ِ ِ ِ ‫ﱂ ﻳﻌﺮف اﻟﻘﺮاءة وﻻ اﻟﻜﺘَﺎﺑﺔ‬ ْ َ 63 .Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab Mts. Kegiatan menceritakan kembali sebagai salah satu bentuk tes kemampuan berbicara. Setelah itu siswa diminta menceritakan kembali wacana yang diperdengarkan dengan bahasa sendiri. maupun melalui bantuan tape recorder. Cara melakukannya. Misalnya diperdengarkan wacana sebagai berikut: !‫اﺳﺘﻤﻊ اﻟﻨﺺ اﻷﰐ‬ ‫ﻧﺰول اﻟﻘﺮآن اﻟﻜﺮﱘ‬ ‫اﻟﻘﺮآن ﻛﻼَم اﷲ اﻟﺬي ﻧﺰﻟﻪ ﻋﻠﻰ رﺳﻮﻟﻪ ﳏﻤﺪ ﺻﻠﻰ اﷲ ﻋﻠﻴﻪ وﺳﻠﻢ‬  ِ ِ ِ ‫ﺪ ﰲ ﻏﺎر ﺣﺮاء‬‫ﻛﺎن ﳏﻤﺪ ﺻﻠّﻰ اﷲُ ﻋﻠﻴﻪ وﺳﻠّﻢ ﻳَـﺘَـﻌﺒ‬ ٌّ َ َ َ َ َُ ِ ‫وﻟَﻤﺎ ﺑَـﻠَﻎ 04 )أرﺑﻌِﲔ( ﺳﻨَﺔ ﻧَـﺰل ﻋﻠﻴﻪ ﺟﱪﻳﻞ ﺑِﺎﻟﻮﺣﻲ ﺑﺄول ﻣﺎ ﻧﺰل ﻣﻦ‬ ََ  َ َ َ ُ . guru memperdengarkan wacana baik secara langsung. : ‫ﻴﻠَﺔ اﻟﺴﺎﺑِﻌﺔ ﻋﺸﺮة ﻣﻦ رﻣﻀﺎن ، ﻛﻤﺎ ﻗﺎَل اﷲ‬‫ﻛﺎن ذَﻟﻚ ﰲ اﻟﻠ‬ ‫و‬  ْ َ ََ     ) 185 : ‫( اﻟﺒﻘﺮة‬ ِ (! ‫ﻧﺰل ﺟﱪﻳﻞ ﻋﻠﻰ ﳏﻤﺪ وﻗﺎل ﻟﻪ : )اِﻗْـﺮأ‬  َ َ َِ .

Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab Mts. Berbicara bebas Yang dimaksud dengan berbicara bebas disini adalah suatu kegiatan tes kemampuan berbicara yang menuntut siswa menceritakan topik-topik tertentu secara bebas. misalnya di sekolah. ‫اﻷن ﻧﺘﺤﺪث ﻋﻦ اﳌﺮاﻓﻖ اﻟﻌﺎﻣﺔ ﰲ ﻣﺪرﺳﺘﻨﺎ، اﻧﻈﺮوا اﱃ اﳌﺮاﻓﻖ اﻟﻌﺎﻣﺔ اﳌﻮﺟﻮدة‬ !‫ﰲ ﻣﺪرﺳﺘﻨﺎ ﰒ ﻟﻜﻞ واﺣﺪ ﻣﻨﻜﻢ ﻳﺘﺤﺪث ﻋﻨﻬﺎ‬ Sesudah para siswa selesai melihat dan memperhatikan tentang sarana umum dilingkungan sekolah. َِ . ﲢﺪث ﻋﻦ اﳌﺮاﻓﻖ اﻟﻌﺎﻣﺔ ﰲ ﻣﺪرﺳﺘﻨﺎ‬ Bercerita bebas dapat dimodifikasi dalam bentuk: 1) Wawancara Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kemenag 64 . Topik-topik itu dapat disiapkan oleh guru disesuaikan dengan tema pembelajaran dan tingkat kemampuan siswa. Misalnya: tentang ketersediaan sarana umum rumah tinggal siswa. anggota keluarga mereka. (‫ﻓﻘﺎل ﳏﻤﺪ : )ﻣﺎ أﻧﺎ ﺑِﻘﺎرئ‬  ِ :‫ﺎﻟِﺜﺔ ﻗﺎل ﺟﱪﻳْﻞ ﻟِﻤﺤﻤﺪ ص م‬‫وﺑﻌﺪ اﻟْﻤﺮة اﻟﺜ‬  َ ْ                          !‫اﻟﺴﺆال: ﻋﱪ ﻋﻤﺎ ﲰﻌﺖ ﻣﻦ اﻟﻨﺺ اﻟﺴﺎﺑﻖ ﺑﺎﻟﻠﻐﺘﻚ اﳋﺎﺻﺔ‬ d. !‫ﺗﻔﻀﻞ ﻳﺎ اﲪﺪ. masing-masing siswa diminta untuk menceritakannya menurut pendapatnya sendiri.

Shaum dsb. Desain pembelajarannya dapat dilakukan dengan meminta siswa untuk mempersiapkan teks pidato tentang tema tertentu misalnya memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Materi yang diwawancarakan disesuaikan dengan tema pembelajaran dan tingkat kemampuan siswa dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan singkat. Kondisi ini dibutuhkan agar siswa yang hendak diuji tidak merasa tertekan sehingga dia dapat mengeluarkan keterampilannya secara alamiah. 2) Pidato Pidato dapat dijadikan alat mengukur kemampuan berbicara siswa. guru dapat menyesuaikan dengan tuntutan kurikulum dan tema-tema yang terdapat di dalamnya. dimana dalam cerita tersebut siswa diminta untuk berpidato. 3) Diskusi Diskusi selain sebagai alat mengukur berbicara dapat juga dijadikan alat mengukur keterampilan siswa dalam berargumentasi. Dalam kegiatan wawancara seorang guru yang ingin menguji siswa seyogianya menciptakan susana yang rileks dan tenang.Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab Mts. dan tidak terkesan diinterogasi. Kondisi tertekan dapat menyebabkan siswa gugup menjawab pertanyaan-pertanyaan sehingga tes tidak dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kemenag 65 . Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Wawancara merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berbicara siswa dalam bahasa Arab. Nuzul Qur’an. Untuk mengukur kedalaman dari pengukuran keterampilan yang diinginkan. Dapat juga dalam bentuk simulasi dan drama.

Tahap berikutnya gambar berseri yang diberi nomor urut. peta dan diagram dapat digunakan mengukur kemampuan berbicara. kemudian guru mengajukan pertanyaan tentang berbagai fakta yang terdapat dalam gambar tersebut. Tahap selanjutnya. Untuk menguji keterampilan siswa dalam berbicara. siswa diminta menceritakannya dalam bentuk kalimat. maka perlu difokuskan pada aspek-aspek apa saja yang akan diujikan. Untuk mengukur kemampuan berbicara melalui gambar. e. Tahap awal siswa diminta menceritakan fakta (objek) yang terdapat dalam gambar.Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab Mts. guru dapat meminta siswa menceritakan kronologis gambar tesebut. Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kemenag 66 . siswa diminta menceritakan keseluruhan peristiwa yang terdapat dalam gambar berseri tersebut. misalnya aspek kelancaran berbicara. kebenaran menggunakan bahasa. antara satu gambar dengan lainnya mempunyai keterkaitan. Berbicara dengan Rangsangan Gambar Gambar. Agar diskusi ini dapat dijadikan sebagai alat mengukur keterampilan berbicara. Dalam diskusi ini siswa diminta mengemukakan pendapat dan mempertahankannnya secara kritis dan logis. Gambar-gambar yang dimaksud dapat berupa satu gambar yang menceritakan satu kegiatan. guru dapat menyediakan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi pembelajaran. keberanian dan keruntutan cara berpikir.

ا ر‬ √ 67 Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kemenag . guru telah selesai menjelaskan tentang Mubtada dan Khabar. Berbicara Mengungkapkan 2. kemudian siswa diminta untuk menyimpulkannya dan menceritakan kesimpulannya secara lisan. 3. Kelas VII Intrumen Penilaian Non Tes Tes SK 2. kesimpulan dari teks yang didengar atau yang dibaca. Memetakan SK dan KD Untuk Menentukan Jenis Penilaian Aspek Berbicara MTs. Contoh: Gambar : 1 Gambar: 2 f.1 KD Melakukan dialog sederhana tentang ‫ا رف .Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab Mts. Membuat khulashah/ringkasan Membuat khulasoh dapat dilakukan dengan meminta siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari. apakah dari materi yang telah diajarkan. Misalnya.

ا ان‬ ‫ا‬‫ا‬ paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan rumah.3 Menyampaikan informasi secara lisan atau dialog dalam kalimat sederhana tentang: sederhana tentang ‫ ا طت ا‬‫ ا طت ا ر‬‫ا‬ jam/pukul berapa.1 Melakukan dialog sederhana tentang Mengungkapkan ‫ ا طت ا‬‫ ا طت ا ر‬‫ا‬ pikiran.Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab Mts. keluarga dan alamat tempat tinggal Kls VIII Instrumen Penilaian Non Tes Tes SK 2. perasaan dan pengalaman secara 2.1 Melakukan dialog sederhana tentang √ √ Mengungkapkan ‫ة . perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah 2.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang: lisan dalam bentuk ‫ة .1 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang: ‫ا رف .ا ان‬ ‫ا‬‫ا‬ pikiran. pikiran. kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah √ √ Kelas IX Aspek Berbicara Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kemenag 68 .ا ر‬ √ 2. perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan 2. Berbicara KD 2. Berbicara 2.

Tes lisan 69 Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kemenag .3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang: ‫ظ‬ ‫–ا‬ ‫ظ ا‬ ‫لا‬ – ‫ا‬ ‫و‬ ‫ا‬ ‫ا‬ √ √ 2. Melakukan dialog sederhana tentang : Mengungkapka ‫–ا ظ‬ ‫– لا ظ ا‬ ‫ا‬ ‫و‬ ‫ا‬ n pikiran.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang : paparan atau dialog ‫–ا ظ‬ ‫– لا ظ ا‬ ‫ا‬ ‫و‬ ‫ا‬ sederhana ‫ا‬ tentang berwisata 1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata. frase atau kalimat) tentang: Instrumen Penilaian Tes Non Tes √ Memahami informasi lisan ‫–ا ظ‬ ‫– لا ظ ا‬ ‫ا‬ ‫و‬ ‫ا‬ melalui ‫ا‬ kegiatan mendengarkan dalam bentuk 1. Menyimak KD 1.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam dalam bentuk kalimat sederhana tentang: paparan atau dialog ‫–ا ظ‬ ‫– لا ظ ا‬ ‫ا‬ ‫و‬ ‫ا‬ sederhana ‫ا‬ tentang berwisata √ 4. Menyusun Instrumen Tes Untuk Penilaian Aspek Berbicara/Kalam a. ‫ا‬ perasaan dan pengalaman secara lisan 2. SK 1.Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab Mts.1. Berbicara 2.

أﻳﻦ ﻧﺰل اﻟﻘﺮآن ﻷول ﻣﺮة ﻋﻠﻰ ﳏﻤﺪ ﺻﻠﻰ اﷲ ﻋﻠﻴﻪ وﺳﻠﻢ ؟‬    ‫3. Soal ‫1. ﻣﺎذا ﻃﻠَﺐ ﺟﱪﻳﻞ ﻣﻦ ﳏﻤﺪ ﰲ ﻏﺎر ﺣﺮاء ؟‬ َ ْ ّ ‫ﺎ.Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab Mts. perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang upacara-upacara keagamaan KD 1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau Kls Materi /S mt ‫ا‬ IX/ ‫ت‬ ‫ا‬ 1 Indikato r Soal Mengun gkapkan gagasa tentang hari besar Islam Bent No. ﻣﺎ ﻣﻌﲏ ﻧﺰول اﻟﻘﺮأن‬ ِ ‫2. Berbicara Mengungkapk an pikiran. ﻣﻦ ﻧَـﺰل ﻋﻠﻰ ﳏﻤﺪ ص م ﺑِﺎﻟﻮﺣﻲ ؟‬ ََ ّ ِ ِ ‫4.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang: ‫تا‬ ‫ا‬ Kls Materi /S mt ‫ا‬ IX/ ‫ت‬ ‫ا‬ 1 Indikato Bentu r Soal k Soal Mengun gkapkan gagasa tentang hari besar Islam Lisan (terstr uktur) No. No Tes perbuatan (unjuk kerja) SK 2. ﻣﺎ ﻣﻌﲎ ذﻟﻚ ؟‬‫5. 1) Wawancara No SK 2. ﻛﺎن ﳏﻤﺪ ص م أُﻣﻴ‬  ّ b. uk Soa Soal l Perf 45 orma nce Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kemenag 70 . perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk KD 1. Berbicara Mengungkapkan pikiran.

............. paparan atau dialog sederhana tentang upacaraupacara keagamaan dialog sederhana tentang: ‫تا‬ ‫ا‬ Soal: Ceritakanlah bagaimana pendapatmu tentang hikmah dari salah satu kegiatan peringatan hari besar Islam ! Penilaian Keterampilan Pidato Nama : .................. Ya Tidak Skor yang dicapai Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kemenag 71 .Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab Mts....... No 1 2 3 4 5 6 7 Berdiri tegak Memandang ke arah hadirin Pronounciation baik Sistematika baik Mimik baik Intonasi baik Penyampaian gagasan jelas Deskripsi Kelas: .................

berbahasa karena dalam pengetahuan kemampuan dengan orang lain.Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab Mts. Buatlah skenario wawancara dengan temanmu dalam kelompok kemudian tentukan topik yang akan diwawancarakan. 2. f. Tujuan komunikasi. Bercerita bebas. Berbicara dengan rangsangan gambar dan. Buatlah instrumen untuk menilai kegiatan wawancara tersebut! Diskusikan hasilnya ! Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kemenag 72 . Skor maksimum 7 D. d. Untuk mengukur melalui. e. b. yakni menceritakan hal-hal yang dilihat. Latihan/Tugas 1. Bercerita singkat. Menceritakan kembali teks yang dibaca atau didengar. c. hal dapat dilakukan dengan wawancara. yakni dengan mengemukakan keadaan kemudian siswa menceritakan opininya terhadap keadaan tersebut. Membuat khulasah atau ringkasan. a. pidato dan diskusi. 3. Tentukan siapa yang menjadi pewancara . Rangkuman Berbicara adalah kegiatan mengungkapkan pikiran secara lisan kepada orang lain atau audiens. 4. dan yang akan dilaksanakan. Berbicara merupakan kegiatan produktif dalam berbicara seseorang harus tes berbicara mengkonstruksi bahasa agar dapat digunakan sebagai alat berkomunikasi adalah untuk mengukur siswa dalam menggunakan bahasa Arab sebagai alat ketermpilan berbicara dapat dilakukan dialami. Adapun instrumen yang dapat digunakan dalam menguji keterampilan berbicara adalah tes dan non tes.rangsangan konteks. nara sumber dan pengamat. E.

kemudian siswa menceritakan pokok-pokok pikiran dalam teks. Kemampuan mengungkapkan pikiran kepada orang melalui lisan.. F.. Kemampuan meyakinkan orang lain atas kebenaran suatu pemikiran. Merangsang siswa dengan peristiwa-peristiwa agar mereka lebih mudah faham. hal ini dapat dilakukan dengan . Menceritakan pokok-pokok pikiran kepada audiens . untuk 4. a. Menceritakan kembali dapat dijadikan sebagai cara menguji keterampilan berbicara siswa. Berbicara menurut situasi aktual. 3.Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab Mts. Pilihlan jawaban yang dianggap benar di bawah ini ! 1. d... disaksikan. d. Mengungkapkan ide kepada orang lain agar mereka dapat memahami.. Tes Mandiri A. Memberikan konteks kepada siswa kemudian dirangsang mengajukan opininya. Menceritakan kejadian yang baaru saja dialami. c.. Meminta siswa mengutarakan isi teks sebelum dipelajari. a. Memberikan teks atau memperdengarkannya. c. Meminta siswa memilih pokok-pokok pikiran dalam teks. a. b. Menceritakan peristiwa menurut kronologis kejadiannya. a... Menceritakan pengalaman-pengalaman siswa yang telah lalu. Mengukur keterampilan berbicara dengan cara bercerita singkat dapat dilakukan dengan . b.. Menghubungkan pengalamannya dengan pengetahuan bahasanya. Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kemenag 73 . c.. d. Yang dimaksud dengan rangsangan konteks komunikasi adalah . Memilih isu-isu aktual sebagai bahan pembelajaran. b.. 2. b.. didengan atau ingin dilakukan. Keterampilan berbicara adalah . c.

Menulis resume teks yang diberikan. performance A. d. Product c.. 5. dan dengan apa dilakukan cara pengujiannya? 5. Jelaskan tujuan pengujian keterampilan berbicara pada siswa ! Jelaskan contoh tes untuk menguji kebenaran pelafalan ! Bagaimana cara menguji keterampilan berbicara dalam aspek menceritakan gambar ? Apa yang dimaksud dengan menguji keterampilan berbicara dalam aspek berbicara bebas. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar ! 1.. Tertulis b. Instrumen yang digunakan dalam menguji keterampilan berbicara adalah . 4. 3. a. Pengamatan d. Bagaimana membuat tes sederhana untuk menguji keterampilan berbicara? Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kemenag 74 . 2..Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab Mts.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->