PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA

‡ BENARKAH IDEOLOGI PANCASILA KITA SUDAH BENAR-BENAR TERBUKA DALAM BIDANG EKONOMI , HANKAM ,SOSBUD.AGAMA DAN POLITIK ?

S. .Hornby Ideologi adalah seperangkat gagasan yang membentuk landasan teori ekonomi dan politik yang di pegang oleh seseorang atau sekelompok orang .MAKNA PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA ‡ Pengertian Ideologi ‡ Menurut A.

‡ Menurut Gunawan Ideologi adalah seperangkat ide asasi tentang manusia dan seluruh realitas yang dijadikan pedoman dan cita-cita .

‡ Menurut Franz Magnis-suseno pengertian Ideologi dibagi menjadi dua : -Ideologi tertutup -ideologi terbuka .

cita suatu kelompok orang untuk mengubah dan memperbaruhi masyarakat .‡ CIRI-CIRI IDEOLOGI TERTUTUP DAN TERBUKA ‡ Ideologi tertutup : .yang diajukan dgn mutlak .atas nama ideologi dibenarkan pengorbananpengorbanan yang dibebankan pada masyarakat -bukan hanya berisi nilai-nilai dan cita cita tertentu melainkan juga tuntutan-tuntutan konkret dan operasional yang keras .merupakan cita.

melainkan diambil dan digali dari moral dan budaya masyarakat sendiri .tapi hasil musyawarah mufakat Nilai-nilai yang bersifat dasar tidak langsung operasional .bukan hasil keyakinan ideologis sekelompok orang .‡ Ciri-ciri Ideologi terbuka : -nilai-nilai dan cita-cita tidak dapat dipaksakan dari luar .

keyakinan.seperti bidang politik.ide.sosial .dan kepercayaan yang bersifat sistimatis mengarah tingkah laku seseorang dalam berbagai bidang kehidupan .termasuk hukum dan pertahanan .budaya dan keagamaan .‡ Pengertian ideologi secara umum adalah : ‡ Kumpulan gagasan.

dimensi idealisme artinya : ‡ Nilai dasar yang ada mengandung idealisme yang memberi harapan tentang masa depan yang lebih baik ‡ 3. dimensi realitas artinya nilai yang ada di dalam ideologi bersumber dari budaya dan pengalaman sejarah bangsa ‡ 2. dimensi fleksibel : ‡ Memiliki keluwesan yang relevan dengan ideologi yang bersangkutan .‡ Kekuatan ideologi menurut Alfian ada 3 dimensi yaitu : ‡ 1.

‡ Fungsi ideologi bagi suatu bangsa : ‡ -membantu memahami dan menyikapi kehidupan sekitarnya ‡ -menyatukan masyarakat dan mengukuhkan persatuan dan kesatuan ‡ Menggalang tekad identitas bangsa ‡ Membimbing dan menggarahkan bangsa ‡ Mewujudkan cita-cita ‡ Membuka wawasan dan pendidikan bagi seseorang untuk memahami dan menghayati norma yang berlaku .

hari . Nilai dasar artinya tidak dapat berubah karena tertuang dalam pembukaan UUD 1945 ‡ Nilai instrumen artinya : nilai-nilai yang dijabarkan lebih lanjut dalam bentuk UUD 1945 dan peraturan perundangan lainnya ‡ Nilai praktis artinya nialai yang dijabarkan dalam bentuk tingkah laku dan perbuatan se hari.‡ Fleksibilitas ideologi pancasila mengandung nilai nilai :‡ -.

‡ Moerdiono menyebutkan faktor pendorong pemikiran Ideologi Pancasila adalah : ‡ -dinamika bangsa indonesia yang berkembang amat cepat ‡ Runtuhnya ideologi tertutup marxisme leninisme ‡ Pengalaman sejarah politik bangsa indonesia ‡ Tekad bangsa indonesia untuk menjadikan pancasila sebagai satu satunya asas dalam kehidupan .

PROSES PERUMUSAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA PEMBENTUKAN BPUPKI -janji perdana menteri KAISO 7-9-1944 -Pembentukan BPUPKI 29 APRIL 1945. PIAGAM JAKARTA -Tgl 22 juni 1945 PENGESAHAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA -tgl 10 juli 1945 .

pasal-pasal undang-Undang Dasar 1945 .PROSES PERSIDANGAN BPUPKI 29MEI SAMPAI 1 JUNI 1945 ‡ TUGAS BPUPKI ‡ melakukan sidang 2 kali berkaitan dengan penyusunan dan pengesahan Dasar Negara ‡ SIDANG pertama 29mei -1 juni 1945 membahas tentang Dasar Negara ‡ SIDANG kedua 10 -17 juli membahas tentang : -pernyataan indonesia merdeka -pembukaan yang di dalamnya terkandung pancasila .

Perikebangsaan (b) perikemanusiaan (c) periketuhanan (d) perikerakyatan (e) kesejahteraan rakyat . Moh.3 tokoh penyusun dan penggagas pancasila 1.Yamin (29 MEI 1945) (a).

Prof.Soepomo (29 mei 1945) (a).2.persatuan (b) kekeluargaan (c) keseimbangan lahir dan bati (d) musyawarah (e) keadilan rakyat .Dr.

Soekarno (3mei 1945) ‡ (a) kebangsaan Indonesia ‡ (b) Internasionalisme atau perikemanusiaan ‡ (c) mufakat atau demokrasi ‡ (d) kesejahteraan sosial ‡ (e) ketuhanan yang berkebudayaan .3.Ir.

‡ PENGESAHAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA oleh PPKI yang menghasilkan : 1. membentuk komite Nasional Indonesia .memilih presiden dan wakil presiden 3.mengesahkan UUD 1945 dengan jalan -menetapkan Piagam jakarta dengan beberapa perubahan sebagai Pembukaan Uud negara RI -menetapkan rancangan hukum dasar negara 2.

VVIII/MPR /1998 artinya pancasila adalah dasar negara RI yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 ‡ PANCASIAL SEBAGAI DASAR NEGARA ‡ artinya dasar dalam pembuatan norma fundamental baik tertulis maupun tidak .‡ PANCASILA SEBAGAI PANDANGAN HIDUP artinya pancasila dijadikan pandangan hidup bangsa indonesia yang rumusannya mencerminkan jiwa dan kepribadian bangsa indonesia ‡ PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA (TAP .MPR RI NO.

yang berasal dari nilai kultural atau budaya bangsa itu sendiri NILAI INSTRUMENTAL artinya pelaksanaan umum nilai-nilai dasar yang berwujud norma sosial atau norma hukum yang bisa mengikuti perkembangan zaman NILAI PRAKTIS artinya nilai yang dilaksanakan dalam kenyataan .Nilai-nilai pancasila pancasila sebagai sumber nilai Pengertian nilai NILAI DASAR artinya asas-asas yang diterima sebagai dalil yang mutlak.

sosial dan relegius .material estetis.perjuangan dalam mencapai kemerdekaan yang kesemuanya dijabarkan dalam isi pancasila itu sendiri .‡ NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA -di dalam Pancasila terkandung nilai nilai ke hidupan berbangsa yang ideal.

PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PEMBANGUNAN .