1.

Akibat/Dampak Langsung Dan Tidak Langsung Penyalahgunaan Narkoba Pada Kehidupan & Kesehatan Manusia
Fri, 14/03/2008 - 5:03pm ² godam64

Narkotika dan obat terlarang serta zat adiktif / psikotropika dapat menyebabkan efek dan dampak negatif bagi pemakainya. Danmpak yang negatif itu sudah pasti merugikan dan sangat buruk efeknya bagi kesehatan mental dan fisik. Meskipun demikian terkadang beberapa jenis obat masih dipakai dalam dunia kedokteran, namun hanya diberikan bagi pasien-pasien tertentu, bukan untuk dikonsumsi secara umum dan bebas oleh masyarakat. Oleh karena itu obat dan narkotik yang disalahgunakan dapat menimbulkan berbagai akibat yang beraneka ragam. A. Dampak Tidak Langsung Narkoba Yang Disalahgunakan 1. Akan banyak uang yang dibutuhkan untuk penyembuhan dan perawatan kesehatan pecandu jika tubuhnya rusak digerogoti zat beracun. 2. Dikucilkan dalam masyarakat dan pergaulan orang baik-baik. Selain itu biasanya tukang candu narkoba akan bersikap anti sosial. 3. Keluarga akan malu besar karena punya anggota keluarga yang memakai zat terlarang. 4. Kesempatan belajar hilang dan mungkin dapat dikeluarkan dari sekolah atau perguruan tinggi alias DO / drop out. 5. Tidak dipercaya lagi oleh orang lain karena umumnya pecandu narkoba akan gemar berbohong dan melakukan tindak kriminal. 6. Dosa akan terus bertambah karena lupa akan kewajiban Tuhan serta menjalani kehidupan yang dilarang oleh ajaran agamanya. 7. Bisa dijebloskan ke dalam tembok derita / penjara yang sangat menyiksa lahir batin. Biasanya setelah seorang pecandu sembuh dan sudah sadar dari mimpi-mimpinya maka ia baru akan menyesali semua perbuatannya yang bodoh dan banyak waktu serta kesempatan yang hilang tanpa disadarinya. Terlebih jika sadarnya ketika berada di penjara. Segala caci-maki dan kutukan akan dilontarkan kepada benda haram tersebut, namun semua telah terlambat dan berakhir tanpa bisa berbuat apa-apa. B. Dampak Langsung Narkoba Bagi Jasmani / Tubuh Manusia 1. Gangguan pada jantung 2. Gangguan pada hemoprosik 3. Gangguan pada traktur urinarius 4. Gangguan pada otak 5. Gangguan pada tulang 6. Gangguan pada pembuluh darah 7. Gangguan pada endorin 8. Gangguan pada kulit

2. 3. Bibirnya menjadi kehitam-hitaman. 2. Hepatitis. teman dan masyarakat atau kegagalan dalam mencoba berhenti memakai narkoba.Dampak Negatif Narkoba dan Zat Adiktif Dampak narkoba. Berat badannya akan turun secara drastis. Gangguan pada paru-paru 11. Menyebabkan melakukan tindak kejehatan. Matanya akan terlihat cekung dan merah. Gangguan pada sistem pencernaan 12. Menyebabkan gangguan jiwa berat / psikotik. emosi. Herpes. f. Mukanya pucat. Buang air besar dan kecil kurang lancar. 13. maupun perilaku pemakainya. Menyebabkan bunuh diri 4. Dapat terinfeksi penyakit menular berbahaya seperti HIV AIDS. e. memang sangatlah berbahaya bagi manusia. Dampak narkoba terhadap fisik Pemakai narkoba akan mengalami gangguan-gangguan fisik sebagai berikut: a. TBC. akan tetapi semua itu tidak benar. jika disalahgunakan. Sembelit atau sakit perut tanpa alasan yang jelas. 1. Menyebabkan depresi mental. (NARKOBA: narkotika berbahaya). Gangguan pada sistem syaraf 10. c. dll. Dampak Langsung Narkoba Bagi Kejiwaan / Mental Manusia 1. Dan banyak dampak lainnya yang merugikan badan manusia. C.9. Namun orang normal yang depresi dapat menjadi pemakai narkoba karena mereka berpikir bahwa narkoba dapat mengatasi dan melupakan masalah dirinya. kekerasan dan pengrusakan. d. dan obat/bahan Narkoba bisa merusak kesehatan manusia baik secara fisik. Efek depresi bisa ditimbulkan akibat kecaman keluarga. . Tangannya dipenuhi bintik-bintik merah. g. b.

c. menjauh dari keluarga f. Dengan demikian asap rokok dapat dikatakan zat pencemar udara. Jika ditegur atau dimarahi. Tar merupakan kumpulan berbagai zat kimia yang berasal dari daun tembakau sendiri. sekolah. Walaupun tidak merokok tetapi mereka ikut mengisap asap rokok . atau kamar mandi j. Perlu diketahui bahwa kadar tar dalam rokok merupakan zat perangsang timbulnya kanker dalam tubuh. mengaluarkan keringat berlebihan p. gudang. takut akan air k. seperti di kamar tidur. sering melupakan tanggung jawab c. Kehilangan nafsu makan. juga membahayakan pada orangorang sekitarnya.2. Asap rokok mengandung racun misalnya: 1. jarang mengerjakan tugas-tugas rutinnya d. Sangat sensitif dan mudah bosan. d. Nikotin : adalah zat yang terdapat pada daun tembakau yang dapat menyebabkan rasa ketagihan. b. bersikap manipulatif m. kloset. sering menguap o. sering menyendiri i. sering berbohong dan ingkar janji dengan berbagai macam alasan n. Tidak kurang 1. malas b. Emosinya tidak stabil. Tar : merupakan komponen dalam asap rokok yang tinggal sebagai sisa sesudah dihilangkan nikotin dan tetesan-tetesan cairannya. Mengapa dapat terjadi demikian ? asap rokok mengandung bahan kimia yang berbahaya. 2. orang seperti itu disebut sebagai perokok pasif ( diam). Selain membahayakan penisapnya. maupun yang ditambahkan pada tembakau dalam proses pertanian dan industri rokok. mencuri uang di rumah. pemakai akan menunjukkan sikap membangkang. Dampak narkoba terhadap perilaku Pemakai narkoba akan menunjukkan perilaku negatif sebagai berikut: a. sering mengalami mimpi buruk q. menggadaikan barang-barang berharga di rumah h. 3. Dampak narkoba terhadap emosi Pemakai narkoba akan mengalami perubahan emosi sebagai berikut: a.000 bahan kimia yang ada pada asap rokok. Mengalami nyeri kepala r. ataupun tempat pekerjaan g. Mengalami nyeri/ngilu di sendi-sendi tubuhnya DAMPAK NEGATIFNYA MEROKOK Rokok dapat menimbulkan asap yang berbau tidak sedap. Asap rokok menyebabkan sesak napas dan batuk-batuk. Nikotn merupakan zat yang berbahaya karena dapat menyebabkan . batuk dan pilek berkepanjangan l. menunjukan sikap tidak peduli e. menghabiskan waktu ditempat-tempat sepi dan gelap.

memperkosa. misalnya mencuri. Bahaya yang lainnya adalah akan menyebabkan penyempitan jaringan pembuluh darah. DAMPAK NEGATIF ZAT PSIKOTROPIKA Zat psikotropika sebenarnya obat yang dapat mempengaruhi pikiran dan system saraf. Orang yang banyak minum alcohol akan mabuk sehingga tidak peka akan keadaan sekitarnya. dan obat halusinogen: o Obat stimulan ( obat perangsang ) adalah obat yang merangsang system saraf sehingga orang yang merasakan lebih pwecaya diri dan selalu waspada contoh obat ini adalah. Karbon monoksida dapat menyingkirkan oksigen (O2 ) dalam tubuh. ‡ Hambatan pembentukan trombosit merusak susum tulang sehingga dapat menyebabkan pendarahan. hati. tubuh menjadi kekurangan cairan (dehidrasi ) kekurangan cairan dalam jumlah banyak. obat depresan. opium. Selain itu alcohol juga menyebabkan pelebaran pembuluh darah pada kulit ‡ Alcohol mengganggu kemampuan ginjal untuk menyerap cairan. darah merah). dan kekurangan sel darah putih . Berdasarkan fungsinya obat psikotropika dibedakan menjadi tiga yaitu obat stimulan. ‡ Alcohol mengganggu system saraf. mariyuana . mudah menguap dan mudah terbakar. Zat psiktropika yang ada dalam tumbuhan seperti ganja. Menghisap rokok sama saja dengan mengisap nikotin. dan bahkan membunuh. Alcohol mudah dimetabolisme oleh tubuh sehingga cepat menimbulkan ketagihan atau kecanduan bagi peminumnya alcohol selain itu alcohol dapat merugikan orang lain. merampok. minuman keras mengandung alcohol (etanol) merupakan cairan yang bening tidak berwarna. Alcohol diperoleh dari proses fermentasi karbohidrat. Alcohol juga membahayakan bagi kesehatan. Ia akan berkata tanpa kesadaran sehingga perkataanya tidak masuk akal untuk diajak berkomunikasi ‡ Gangguan metabolisme tubuh yang berdampak pada kegagalan jantung atau kelainan jantung hal itu disebabkan karena lemak tertimbun pada pembuluh darah arteri sehingga dapat menghambat aliran darah dan kerja jantung meningkat . kafein nikotin dan kokain . Sekarang makin banyak ragam zat psikotropika karena banyak dibuat manusia. gas karbon monoksida yang terdapat dalam asaprokok dapat menyebabkan ganguan terhadap haemoglobin (Hb. Akibatnya . karbon monoksida : merupakan gas beracun yang tidak berbau sama sekali. 3. atau kurang makan. anemia. ‡ Dapat menyebabkan kerusakan susunan syarafyang mengendalikan aliran darah sehingga menimbulkan warna kemerahan pada kulit. Nikotin menaikkan tekanan darah dan mempercepat denyut jantung hingga pekerjaan jantung menjadi berat. Orang yang kecanduaan alcohol sering melakukan tindakan criminal. Tentu saja. dan kokain sejak digunakan sejak dahulu. beberapa bahaya alcohol diuraikan sebagai berikut ini. MINUMAN KERAS DAN DAMPAK NEGATIFNYA Minuman keras juga menganggu kesehatan.terhentinya pernapasan. ‡ Meningkatkan kerentaan infeksi karena kerusakan saluran napas. ‡ Dapat merusak hati dalam jangka panjang mengakibatan kegagalan fungsi hati dan kanker.

Anak usia 8 tahun sudah memakai ganja. Namun penggunan kokain hanya sementara biasanya diikuti dengan perasan tertekan dan takut (depresi). 3. penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan kematian. Namun. dan sebagainya (riset BNN bekerja sama dengan Universitas Indonesia). Pasikotropika dan Zat adiktif lainnya. y Narkotika dapat menyebabkan rasa sakit dan membuat sensasi sehingga pemakaianya merasa senang karena tidak terganggu masalah yang di hadapinya. Karena itu Pemerintah memberlakukan Undang-undang (UU) untuk penyalahgunaan narkoba yaitu UU No. Penggunaan dalam waktu lama menyebabkan kehilangan daya ingat dan kemampuan menggerakan badan. perasaan kebahagian yang berlebihan ( euforioa ). Contoh obat jenis ini adalah alcohol dan barbiturate o Obat halusinogen adalah obat yang dapat membelokkan pikiran pemakaiannya Orang yang menggunakan obat psikotropika ajkan mengalami gangguan system saraf.22 tahun 1997 tentang Narkotika. y Kokain dapat diggunakan untuk pembiusan local. y Ekstasi dapat menimbulkan rasa segar dan penuh energi sehingga pemakaiannya merasa mengantuk. berkeringat dan sukar tidur. seperti inhalan. Penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan pingsan atau bahkan kematian jika penggunaanya tiba-tiba dihentikan pecandu akan menderita penyakit dengan tanda-tanda kejang-kejang. y Artikel Oleh: Raihana Alkaff Narkoba adalah singkatan dari Narkotika dan Obat berbahaya. Selain Narkoba. ekstasi. Namun. morfin menyebabkan rasa kantuk dan lesu. Menurut kesepakatan Convention on the Rights of the Child (CRC) yang juga disepakati Indonesiapada tahun 1989. morfin.5 tahun 1997 tentang Psikotropika dan UU No. lalu di usia 10 tahun. 04/09/2008 . Narkoba atau NAPZA merupakan bahan/zat yang bila masuk ke dalam tubuh akan mempengaruhi tubuh terutama susunan syaraf pusat/otak sehingga jika disalahgunakan akan menyebabkan gangguan fisik. ganja. pemakaiobat ini mengurangi keinginan untuk minum sehingga dapat mengalami dehidrasi. istilah lain yang diperkenalkan oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia adalah NAPZA yaitu singkatan dari Narkotika. diare.Pencegahan Dampak Buruk Narkoba pada Anak Sekolah Oleh redaksi pada Rab. sudah ditemukan anak usia 7 tahun sudah ada yang mengkonsumsi narkoba jenis inhalan (uap yang dihirup). Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut. Kokain bersifat stimulan terhadap sistem saraf sehingga dapat meningkatkan stamina dan mengurangi kelelahan. Namun realita yang terjadi saat ini bertentangan dengan kesepakatan tersebut. Semua istilah ini sebenarnya mengacu pada sekelompok zat yang umumnya mempunyai risiko yang oleh masyarakat disebut berbahaya yaitu kecanduan/adiksi. anak-anak menggunakan narkoba dari beragam jenis.o Obat depresan ( obat penenang ) adalah obat yang dapat menekan system saraf sehingga pemakaiannya merasa ngantuk dan tingkat kesadarannyaturun. dan gangguan system pernapasan. .14:10. muntah. psikis/jiwa dan fungsi sosial. kebingunan. heroin. setiap anak berhak mendapatkan informasi kesehatan reproduksi (termasuk HIV/AIDS dan narkoba) dan dilindungi secara fisik maupun mental. y Morfin dapatmenghilangkan rasa sakit. Namun.

Mengirimkan pesan yang jelas ´tidak menggunakan´ membutuhkan konsistensi sekolah-sekolah untuk menjelaskan bahwa narkoba itu salah dan mendorong kegiatan-kegiatan anti narkoba di sekolah.Berdasarkan data Badan Narkotika Nasional (BNN). pemerintah. strategi. Dan dari keseluruhan kasus HIV/AIDS. masyarakat. dan kemampuan untuk mencegah mereka dari bahaya narkoba atau juga mengurangi dampak dari bahaya narkoba dari pemakaian narkoba dari orang lain. Karena narkoba bukan hanya masalah individu namun masalah semua orang. Salah satu upaya dalam penanggulangan bahaya narkoba adalah dengan melakukan program yang menitikberatkan pada anak usia sekolah (school-going age oriented). Strategi untuk mengubah sikap keluarga terhadap penggunaan narkoba termasuk memperbaiki pola asuh orangtua dalam rangka menciptakan komunikasi dan lingkungan yang lebih baik di rumah. Walaupun pemerintah dalam UU Perlindungan Anak nomor 23 tahun 2002 dalam pasal 20 sudah menyatakan bahwa Negara. penyebaran HIV/AIDS semakin meningkat dan mengancam. Namun perlindungan anak dari narkoba masih jauh dari harapan. Adalah sangat penting untuk bekerja bersama dalam rangka melindungi anak dari bahaya narkoba dan memberikan alternatif aktivitas yang bermanfaat seiring dengan menjelaskan kepada anak-anak tentang bahaya narkoba dan konsekuensi negatif yang akan mereka terima.305. Mencari solusi yang tepat merupakan sebuah pekerjaan besar yang melibatkan dan memobilisasi semua pihak baik pemerintah. Yang pertama adalah dengan mengikutsertakan keluarga. Narkoba adalah isu yang kritis dan rumit yang tidak bisa diselesaikan oleh hanya satu pihak saja. Anak-anak membutuhkan informasi. Untuk anak sekolah harus diberikan . kasus pemakaian narkoba oleh pelaku dengan tingkat pendidikan SD hingga tahun 2007 berjumlah 12. 2007). Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa sikap orangtua memegang peranan penting dalam membentuk keyakinan akan penggunaan narkoba pada anakanak. Hal ini menegaskan bahwa saat ini perlindungan anak dari bahaya narkoba masih belum cukup efektif. Ada tiga hal yang harus diperhatikan ketika melakukan program anti narkoba di sekolah. 2007). Kelompok dukungan dari orangtua merupakan model intervensi yang sering digunakan. Tidak jarang para pengedar narkoba menyusup zat-zat adiktif (zat yang menimbulkan efek kecanduan) ke dalam lintingan tembakaunya (Joyce Djaelani Gordon-aktifis anti drugs & HIV/AIDS. Data ini begitu mengkhawatirkan karena seiring dengan meningkatnya kasus narkoba (lihat data narkoba BNN 2007) khususnya di kalangan usia muda dan anak-anak. keluarga. Penyebaran narkoba menjadi makin mudah karena anak SD juga sudah mulai mencoba-coba mengisap rokok. Kedua. hampir 50% penularannya dikarenakan penggunaan jarum suntik (narkoba) (Ditjen PPM&PL Depkes. dan orang tua berkewajiban dan bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan perlindungan anak (lihat lebih lengkap di UU Perlindungan Anak). lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan komunitas lokal. dengan menekankan secara jelas kebijakan ³tidak pada narkoba´.

MPR RI. Data Kumulatif HIV/AIDS di Indonesia. 2007. Jakarta. 1997. Daftar Pustaka Ditjen PPM&PL-DEPKES. Jakarta. 1997. 1997. http://www. Jakarta. Depkes.wawasandigital. meningkatkan kepercayaan antara orang dewasa dan anak-anak. 2007. dengan demikian mendorong orang dewasa menjadi model yang lebih berpengaruh. 2002. mengoptimalkan potensi akademik dan kehidupan yang layak.5 tahun 1997 tentang Psikotropika. 1997.reproductiverights.Narkoba Dari Wikipedia bahasa Indonesia. MPR RI.pdf http://www. Terakhir. Undang-undang no.com/index. . Jakarta.penjelasan yang terus-menerus diulang bahwa narkoba tidak hanya membahayakan kesehatan fisik dan emosi namun juga kesempatan mereka untuk bisa terus belajar. Undang-undang no. 2007. Pendekatan ini mempromosikan kesempatan yang lebih besar bagi interaksi personal antara orang dewasa dan remaja.php?option=com_content&task=view&id=4878&Itemid=62 y Silakan login atau daftar dulu untuk mengirim komentar 4. MPR RI. ensiklopedia bebas .23 tahun 2002 tentang Perlindungan anak.org/pdf/pub_fac_adoles_rtsafchildren. Undang-undang no.22 tahun 1997 tentang Narkotika.

Psikotropika dan Zat Adiktif. Menurut pakar kesehatan. Semua istilah ini. Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya.Sebotol heroin yang merupakan salah satu narkoba yang paling dikenal. Daftar isi [sembunyikan] 1 Jenis 2 Penyebaran 3 Kelompok Berdasarkan Efek 4 Jenis 5 Pemanfaatan 6 Pranala Luar [sunting]Jenis . Selain "narkoba". baik "narkoba" ataupun "napza". narkoba sebenarnya adalah senyawasenyawa psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari Narkotika. mengacu pada kelompok senyawa yang umumnya memiliki risiko kecanduan bagi penggunanya.[rujukan?] Namun kini persepsi itu disalahartikan akibat pemakaian di luar peruntukan dan dosis yang semestinya.

seperti: ‡ Alkohol yang mengandung ethyl etanol. tanaman ganja.[rujukan?] Mengingat hampir seluruh penduduk dunia dapat dengan mudah mendapat narkoba dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. 5/1997). Bahan Adiktif berbahaya lainnya adalah bahan-bahan alamiah. [sunting]Kelompok Berdasarkan Efek Berdasarkan efek yang ditimbulkan terhadap pemakainya. Metakualon. baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika.   Garam-garam dan turunan-turunan dari morfina dan kokaina.  [sunting]Penyebaran Hingga kini penyebaran penyalahgunaan narkoba sudah hampir tak bisa dicegah. dsb. yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan pada aktivitas mental dan perilaku (Undang-Undang No. morfina. Amfetamine. aceton. Orang tua diharapkan untuk mengawasi dan mendidik anaknya agar selalu menjauhi penyalahgunaan Narkoba. Contoh: lem/perekat. Fensiklidin. opium masak (candu. inhalen/sniffing (bahan pelarut) berupa zat organik (karbon) yang menghasilkan efek yang sama dengan yang dihasilkan oleh minuman yang beralkohol atau obat anaestetik jika aromanya dihisap. Valium. 22 tahun 1997). semi sintetis maupun sintetis yang dapat dipakai sebagai pengganti morfina atau kokaina yang dapat mengganggu sistim syaraf pusat. narkoba dikelompokkan sebagai berikut: . ether. Ekstasi.[rujukan?] Hingga saat ini upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan Narkoba pada anak-anak adalah pendidikan keluarga. Upaya pemberantas narkoba pun sudah sering dilakukan[rujukan?]. kokaina. opium mentah. baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran. Zat yang termasuk psikotropika antara lain: Sedatin (Pil BK). namun masih sedikit kemungkinan untuk menghindarkan narkoba dari kalangan remajamaupun dewasa. Metifenidat.[rujukan?] Tentu saja hal ini bisa membuat orang tua. Psikotropika adalah zat atau obat. serta campuran-campuran dan sediaansediaan yang mengandung bahan tersebut di atas. bahkan anak-anak usia SD dan SMP pun banyak yang terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba. Yang termasuk jenis narkotika adalah: Tanaman papaver. organisasi masyarakat. Rohypnol. Flunitrazepam. ekgonina. jicing. jicingko). Fenobarbital. LSD (Lycergic Alis Diethylamide). Shabu-shabu. Magadon. dan damar ganja. dsb. hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan (Undang-Undang No. opium obat.Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman. dan pemerintah khawatir. Mandarax.

Seseorang yang sudah mengonsumsi narkoba biasanya akan ingin dan ingin lagi karena zat tertentu dalam narkoba mengakibatkan seseorang cenderung bersifat pasif . Halusinogen.6-diasetil dari morfin (karena itulah namanya adalah diasetilmorfin) dan disintesiskan darinya melalui asetilasi. Biji ganja juga digunakan sebagai sumber minyak. efek dari narkoba yang bisa mengakibatkan kerja organ tubuh seperti jantung dan otak bekerja lebih cepat dari kerja biasanya sehingga mengakibatkan seseorang lebih bertenaga untuk sementara waktu . Bentuk kristal putihnya umumnya adalah garam hidroklorida. karena secara tidak langsung narkoba memutuskan syaraf-syaraf dalam otak. Heroin adalah derivatif 3.  [sunting]Pemanfaatan Tumbuhan ganja telah dikenal manusia sejak lama dan digunakan sebagai bahan pembuat kantung karena serat yang dihasilkannya kuat. Ganja menjadi simbol budaya hippies yang pernah populer di Amerika Serikat. sehingga pemakai merasa tenang bahkan bisa membuat pemakai tidur dan tidak sadarkan diri. Di India. efek dari narkoba yang bisa menekan sistem syaraf pusat dan mengurangi aktivitas fungsional tubuh. Hal ini biasanya dilambangkan dengan daun ganja yang berbentuk khas.contohnya ganja . dan dengan meminum Bhang. Heroin dapat menyebabkan kecanduan. Contohnya putaw  Adiktif . namun lebih dikenal karena kandungan zat narkotika pada bijinya. Cannabis indica) adalah tumbuhan budidaya penghasil serat. Ganja (Cannabis sativa syn. dan cenderung membuat seorang pengguna lebih senang dan gembira untuk sementara waktu  Depresan. putaw  Jika terlalu lama dan sudah ketergantungan narkoba maka lambat laun organ dalam tubuh akan rusak dan jika sudah melebihi takaran maka pengguna itu akan overdosis dan akhirnya kematian [sunting]Jenis  Heroin atau diamorfin (INN) adalah sejenis opioid alkaloid. . sebagian Sadhu yang menyembah dewa Shiva menggunakan produk derivatif ganja untuk melakukan ritual penyembahan dengan cara menghisap Hashish melalui pipa Chilam/Chillum. Selain itu ganja dan opium juga didengungkan sebagai simbol perlawanan terhadap arus globalisme yang dipaksakan negara kapitalis terhadap negara berkembang. diamorfin hidroklorida. efek dari narkoba bisa mengakibatkan bila dikonsumsi dalam sekian dosis tertentu dapat mengakibatkan seseorang menjadi ber-halusinasi dengan melihat suatu hal/benda yang sebenarnya tidak ada / tidak nyata contohnya kokain & LSD  Stimulan . tetra-hydro-cannabinol) yang dapat membuat pemakainya mengalami euforia (rasa senang yang berkepanjangan tanpa sebab). tetrahidrokanabinol (THC. heroin .

Di sejumlah negara penanaman ganja sepenuhnya dilarang. lesu. Syaratnya adalah varietas yang ditanam harus mengandung bahan narkotika yang sangat rendah atau tidak ada sama sekali. Morfin juga mengurangi rasa lapar. Saat ini Kokain masih digunakan sebagai anestetik lokal. Morfin bekerja langsung pada sistem saraf pusat untuk menghilangkan sakit. dan bisa juga dihisap dengan alat khusus bertabung yang disebut bong. Budidaya  Tanaman ini ditemukan hampir disetiap negara tropis. Di beberapa negara lain. euforia. dan penglihatan kabur. karena ganja juga dikenal sebagai sumber narkotika dan kegunaan ini lebih bernilai ekonomi. Pasien morfin juga dilaporkan menderita insomnia dan mimpi buruk. rasa kantuk. dimana daun dari tanaman ini biasanya dikunyah oleh penduduk setempat untuk mendapatkan ³efek stimulan´. dewa mimpi dalam mitologi Yunani. Sebelum ada larangan ketat terhadap penanaman ganja. dan meyebabkan konstipasi. khususnya untuk pembedahan mata. Kokain adalah senyawa sintetis yg memicu metabolisme sel menjadi sangat cepat.   Kokain merupakan alkaloid yang didapatkan dari tanaman Erythroxylon coca. di Aceh daun ganja menjadi komponen sayur dan umum disajikan. Bahkan beberapa negara beriklim dingin pun sudah mulai membudidayakannya dalam rumah kaca. Bagi penggunanya. Kata "morfin" berasal dari Morpheus. karena efek vasokonstriksif-nya juga membantu. Morfin menimbulkan ketergantungan tinggi dibandingkan zat-zat lainnya. Morfin adalah alkaloid analgesik yang sangat kuat dan merupakan agen aktif utama yang ditemukan pada opium. orang lebih banyak menanam untuk hal ini dan di banyak tempat disalahgunakan. Efek samping morfin antara lain adalah penurunan kesadaran. yang berasal dari Amerika Selatan. Kokain diklasifikasikan sebagai suatu narkotika. bersama dengan morfin dan heroin karena efek adiktif. . penanaman ganja diperbolehkan untuk kepentingan pemanfaatan seratnya. hidung dan tenggorokan. merangsang batuk.Namun demikian. daun ganja kering dibakar dan dihisap seperti rokok.