definisi sosiologi

AUGUSTE COMTE Sosiologi adalah Suatu disiplin ilmu yang bersifat positif yaitu mempelajari gejala-gejala dalam

masyarakat yang didasarkan pada pemikiran yang bersifat rasional dan ilmiah. MAX WEBER Sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari tentang tindakan social atau perilaku-perilaku manusia EMILE DURKHEIM Sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari fakta-fakta social yaitu fakta-fakta atau kenyataan yang berisikan cara bertindak, cara perpikir dan cara merasakan sesuatu. HERBERT SPENCER Sosiologi adalah Ilmu yang menyelidiki tentang susunan-susunan dan proses kehidupan social sebagai suatu keseluruhan / suatu sistem. PITIRIM SOROKIN Sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari : 1. Hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala-gejala sosial (misalnya antara gejala ekonomi dengan agama; keluarga dengan moral; hukum dengan ekonomi; gerak masyarakat dengan politik dan lain sebagainya) 2. Hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala-gejala non-sosial (misalnya gejala geografis, biologis,dan sebagainya) 3. Ciri-ciri umum semua jenis gejala sosial lain RAOUCEK & WARREN Sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok sosial WILLIAM F. OGBURN & MAYER F. NIMKOFF Sosiologi adalah Penelitian secara ilmiah terhadap interaksi social dan hasil-hasil dari interaksi tersebut J.A.A. VAN DORN & C.J. LAMMERS Sosiologi adalah Ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang struktur dan proses- proses kemasyarakatan yang bersifat stabil. PAUL B. HORTON Sosiologi adalah Ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok-kelompok masyarakat dan produk/hasil dari kehidupan kelompok tertentu MAC IVER Sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari tentang hubungan-hubungan social yang terjadi dalam masyarakat J. GILLIN Sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari interaksi yang timbul di dalam masyarakat

WILLIAM KORNBLUM Sosiologi adalah Suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilaku-perilaku anggotanya yang menjadikannya masyarakat yang bersangkutan ke dalam berbagai kelompokkelompok dan berbagai kondisi-kondisi ALLAN JOHNSON Sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku. J. kelompok-kelompok manusia dan masyarakat. VANDER ZANDEN Sosiologi adalah Studi ilmiah tentang interaksi manusia di masyarakat. Struktur Sosial adalah keseluruhan jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok yaitu kaidahkaidah sosial (norma-norma sosial). ANTHONY GIDDENS Sosiologi adalah Studi tentang kehidupan social manusia. baik mengenai hakekatnya. lembaga-lembaga sosial. GEORGE SIMMEL Sosiologi adalah Ilmu pengetahuan yang mempelajari perhubungan sesama manusia ( Human Relationship ) LESTER FRANK WARD Sosiologi adalah Ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk meneliti kemajuan-kemajuan manusia dan apa saja yang dilakukan oleh manusia dalam kehidupannya.J. hubungannya. SELO SOEMARDJAN & SOELAEMAN SOEMARDI Sosiologi atau ilmu masyarakat ialah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial. kelompok-kelompok serta lapisanlapisan sosial. termasuk perubahan-perubahan sosial. susunannya. BIERENS De HAAN Sosiologi adalah Ilmu pengetahuan tentang masyarakat manusia. kelompok dengan kelompok. BAOUMAN Sosiologi adalah Ilmu pengetahuan tentang manusia dan hubungan-hubungan antar golongan manusia Mr. MAYOR POLAK Sosiologi adalah Ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat sebagai keseluruhan yakni hubungan diantara manusia dengan manusia. terutama dalam kaitannya dengan suatu system social dan bagaimana system tersebut mempengaruhi individu dan bagaimana pula orang yang terlibat didalamnya mempengaruhi system itu. kodrat-kodrat yang menggerakkannya. mengenai kesehatan dan perkembangan masyarakat.P. manusia dengan kelompok. .

umpamanya pengaruh timbal balik antara segi kehidupan ekonomi dengan segi kehidpuan politik. murni. Emile Durkheim Sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial. rasional. HASSAN SHADILY Sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari tentang hidup bersama dalam masyarakat dan menyelidiki ikatan-ikatan antar manusia yang menguasai kehidupan dengan mencoba mengerti sifat dan maksud hidup bersama. serta bersifat umum. 7. SOERJONO SOEKANTO Sosiologi adalah Ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat. yakni fakta yang mengandung cara bertindak. antara segi kehidupan hukum dan segi kehidupan agama. abstrak. empiris. 8. terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut mempengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat didalamnya mempengaruhi sistem tersebut. Menurut Roucek & Waren. sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan kelompok sosial. berusaha mencari pengertian-pengertian umum. Pitirim Sorokin . 4. 6. 2. antara segi kehidupan agama dan segi kehidupan ekonomi dan lain sebagainya. 5.Proses sosial adalah pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan bersama. berperasaan yang berada di luar individu di mana fakta-fakta tersebut memiliki kekuatan untuk mengendalikan individu. sosiologi adalah ilmu yang kategoris. Soejono Sukamto Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat. Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi Sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial. cara terbentuk dan tumbuh serta perubahannya Berikut ini definisi-definisi sosiologi yang dikemukakan beberapa ahli: 1. Menurut Soerjono Soekanto. Allan Jhonson Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku. 3. William Kornblum Sosiologi adalah suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilaku sosial anggotanya dan menjadikan masyarakat yang bersangkutan dalam berbagai kelompok dan kondisi. berpikir.

empiris serta bersifat umum. dan sebagainya. Terhadap peristiwa tersebut. surat-surat kabar atau majalah selalu menghadirkan cerita tentang apa yang dilakukan manusia baik sebagai individu. pengalaman pendidikan. Bila kita perhatikan. Roucek dan Warren Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok. Dari berbagai definisi diatas. Paul B. Anda mungkin bertanya apakah sosiologi itu? Apa saja yang dipelajari dalam sosiologi? Apa saja yang dilakukan oleh seorang sosiolog? apa saja yang dilakukan oleh seorang psikolog? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu bisa kita dapatkan secara sederhana dengan memperhatikan dan membaca berbagai berita di surat kabar atau majalah. maka dapat disimpulkan bahwa : Kesimpulannya sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara individu dengan individu. rasional. kelompok. 11. Selain itu.A. Max Weber Sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial. dan yang terakhir. 13. yaitu organisasi sosial. Ketika pertama kali membuka buku sosiologi ini.J. kita mungkin bertanya apa latar belakang sang pembunuh melakukan tindakan keji tersebut. Sebagai contoh. Dengan penelusuran tersebut kita .Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial (misalnya gejala ekonomi. J. misalnya mungkin dari latar belakang keluarga. 10. khususnya pola-pola hubungan dalam masyarakat serta berusaha mencari pengertian-pengertian umum. pengalaman dalam kelompok. gejala keluarga. Sosiologi adalah ilmu yang membicarakan apa yang sedang terjadi saat ini. Nimkopf Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya. sosiologi adalah ilmu yang mempelajari ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial lain. Ogburn dan Mayer F. 12.A Von Dorn dan C. individu dengan masyarakat. Horton Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut. Kita coba menjawabnya dengan menelusuri pengalaman sosial orang tersebut. dalam sebuah surat kabar kita membaca berita tentang pembunuhan. sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala non-sosial. Lammers Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.atau masyarakat secara keseluruhan. William F. 9. organisasi. dan masyarakat dengan masyarakat. dan gejala moral).

kebudayaan. sosiologi berusaha mengkaji drama kehidupan sosial manusia terutama tentang tindakan-tindakan manusia baik tindakan individual. Ogburn dan Meyer F. 3. 4. Nimkoff mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu tentang penelitian ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya adalah organisasi sosial. ketidakadilan. konflik. Dengan mengambil contoh dan paparan di atas. hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dan non-sosial (misalnya. . Fenomena sosial lain seperti kemiskinan. 1. 7 William F. definisi di atas memberi perhatian pada kenyataan bahwa sosiologi juga menaruh minat pada perilaku-perilaku individu yang dipengaruhi oleh kelompok atau masyarakat. sosiologi tidak hanya berbicara tentang kriminalitas (perilaku menyimpang). kita sebenarnya telah menjadi seorang sosiolog. dan masyarakat. Gustav Ratzenhofer mengemukakan bahwa sosiologi merupakan pengetahuan tentang hubungan manusia dengan kewajibannya untuk menyelidiki dasar dan terjadinya evolusi sosial serta kemakmuran umum bagi anggota-anggotanya. hukum dengan ekonomi). prilaku sosial dari individu-individu. Namun. keluarga dengan moral. Lalu. Di antaranya adalah sebagai berikut. organisasi. 2. 10. berpikir. apa pandangan para ahli tentang pengertian dan subjek sosiologi? Ada banyak tokoh yang berusaha mendefinisikan sosiolologi. asal dan kemajuannya. yaitu fakta-fakta yang berisikan cara bertindak. pengungsian dengan bencana alam). tindakan kelompok. Joseph Roucek dan Warren mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu yang mempelajari hubungan antarmanusia di dalam kelompok. Singkatnya. tindakan yang lazim (commonplace) maupun tindakan yang tidak lazim (unusual). kebudayaan. 5.mungkin menemukan hal-hal rasional yang mungkin mengakibatkan orang tersebut dapat melakukan tindakan pembunuhan. Emile Durkheim menyatakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial. 3. Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi mengatakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial. 2. dan berperasaan yang ada di luar individu. termasuk perubahan-perubahan sosial. Fakta-fakta tersebut mempunyai kekuatan untuk mengendalikan individu. Soerjono Soekanto mengatakan bahwa sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari masyarakat dalam keseluruhannya dan hubungan-hubungan antara orang-orang dalam masyarakat. bangun. Herbert Spencer mengemukakan bahwa sosiologi mempelajari tumbuh. Meskipun beberapa orang berpendapat bahwa sosiologi hanya memusatkan perhatiannya pada kelompok-kelompok (social group) dan perilaku masyarakat. Sorokin mengatakan bahwa sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejalagejala sosial (misalnya. organisasi. dan masyarakat terhadap perilaku individu dan kelompok. kita dapat menyimpulkan bahwa sosiologi adalah sebuah studi sistematis tentang 1. bentuk dan kewajibannya. Pitirim A. 9. pengaruh dari kelompok. Dengan cara berpikir analitis seperti itu. dan ciri-ciri umum dari semua jenis gejala-gejala sosial.kelompok sosial. dan kekuasaan juga menjadi objek kajian sosiologi. dan kewajiban masyarakat. Charles Ellwood mengemukakan bahwa sosiologi merupakan pengetahuan yang menguraikan hubungan manusia dan golongannya. gejala ekonomi dengan agama. 8. 6. cara kerja kelompok. Max Weber mengemukakan bahwa sosiologi mempelajari tindakan-tindakan sosial.

statis maupun dinamis. tradisi. . manusia dengan kelompok. yakni antarhubungan di antara manusia dengan manusia. Adat istiadat. kelompok dengan kelompok. Mayor Polak menyatakan bahwa sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat sebagai keseluruhan. nilai-nilai hidup suatu kelompok.11. pengaruhnya terhadap kehidupan kelompok. Dari pandangan para ahli di atas dapat kita simpulkan bahwa sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang objek studinya adalah masyarakat. 12. baik formal maupun material. Sosiologi memusatkan kajiannya pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut. Hasan Shadily menyatakan bahwa sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari hidup bersama dalam masyarakat dan menyelidiki ikatan-ikatan antarmanusia yang menguasai kehidupan itu. proses interaksi di antara kelompok dan perkembangan lembaga-lembaga sosial merupakan perhatian sosiologi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful