Pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi

• Tujuan
Menyelidiki pengaruh konsentrasi larutan terhadap laju reaksi pada reaksi antara pualam dengan asam klorida.

• Dasar Teori
Semakin besar konsentrasi pereaksi maka semakin cepat pula laju reaksi. .

• Alat dan Bahan
1. Tabung reaksi 2. Silinder ukur 3. Bejana 4. Sumbat tabung reaksi 5. Pipa / selang penghubung 6. Stopwatch 7. Pualam 8. Larutan HCl 2M 9. Larutan HCl 3M

• Langkah Kerja
1. Pilih 2 keping pualam sebesar biji jagung yang kira – kira luas permukaannya sama besar. 2. Pasang pipa / selang penghubung pada sumbat tabung reaksi yang berlubang. 3. Isikan larutan HCl 3M ke dalam tabung reaksi sampai seperempatnya kemudian masukkan satu keping pualam, lalu dengan segera tutup tabung reaksi dengan sumbat yang sudah dipasangi selang penghubung untuk mengalirkan gas yang dihasilkan ke dalam gelas ukur berisi penuh air yang tercelup dalam bejana.

Catat waktu yang diperlukan untuk memperoleh gas sebanyak 1 ml. Ulangi langkah 3 dan 4 dengan menggunakan larutan HCl 2M.4. . 5.

Selain itu.19 • Kesimpulan Pengaruh konsentrasi HCl terhadap laju reaksi antara pualam dan HCl terlihat dengan lebih banyaknya gelembung yang dihasilkan pualam yang bereaksi dengan larutan HCl 3M.• Hasil Pengamatan Molaritas larutan HCl (mol/liter) 3 2 Waktu yang diperlukan 5.36 = 456 detik Laju reaksi 2. . Sehingga.39 = 339 detik 7. semakin besar konsentrasi pereaksi maka semakin cepat pula laju reaksi.95 2. larutan HCl 3M juga mempercepat waktu yang diperlukan untuk memperoleh gas sebanyak 1 ml.

.

oleh : Aga Farrazma Ilham XI IPA 7 / 02 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful