P. 1
Aplikasi Touchscreen Berbasis Web

Aplikasi Touchscreen Berbasis Web

4.71

|Views: 2,315|Likes:
Published by Scuba Diver
Aplikasi Touchscreen Berbasis Web
Aplikasi Touchscreen Berbasis Web

More info:

Published by: Scuba Diver on Sep 24, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/22/2011

pdf

text

original

Membuat Aplikasi Touchscreen Berbasis Web

Muhadkly (Acho)
acho@muhadkly.net http://muhadkly.net

Lisensi Dokumen:
Copyright © 2003-2007 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com.

Sebuah monitor layar datar berukuran besar tampak berdiri di sudut ruangan sebuah hotel. Desain nya yang modern membuat penasaran pengunjung yang lewat. Monitor itu menyajikan informasi lengkap yang dikemas dengan iringan backsound dan animasianimasi yang menawan. Ah, ternyata isinya sebuah aplikasi yang menampilkan informasi hotel dari mulai galeri fasilitas, tariff, dan tempat wisata terdekat. Uniknya, pengunjung cukup menyentuh layar monitor untuk menggunakan aplikasi yang ada. Ya, itulah salah satu contoh aplikasi multimedia berbasis touchsreen (layar sentuh).

Apa yang Beda dengan Monitor Touchscreen?
Mungkin anda pernah berfikir bahwa untuk membuat aplikasi yang menggunakan layar sentuh membutuhkan teknik pemrograman khusus, ternyata pemikiran tersebut tidak benar. Pada dasarnya monitor touchscreen adalah monitor biasa, hanya saja dibagian depan layarnya ditanamkan sebuah plat yang berfungsi layaknya mouse pada komputer anda, itulah yang membuat monitor tersebut dapat melakukan fungsi klik pada titik kordinat tertentu dengan menekan atau menyentuh area layar.
Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2007 IlmuKomputer.Com

1

Berkenaan dengan itu, maka tidak ada juga perbedaan ketika kita ingin mengembangkan sebuah aplikasi yang akan disajikan di layar sentuh. Buatlah aplikasi apa saja seperti biasa, lalu gunakan monitor touchscreen, maka jadilah aplikasi touchscreen.

Software untuk Membuat Aplikasi Touchscreen
Kebanyakan, aplikasi touchscreen dikembangkan menggunakan software multimedia seperti Macromedia Director atau Macromedia Flash. Namun terkadang kita harus menggunakan database dalam aplikasi tersebut, sehingga akan relatif lebih sulit jika kita harus menggunakan perangkat lunak seperti Macromedia Director dalam pengembangannya. Namun, bukan berarti Macromedia Director tidak mampu berhubungan dengan database. Aplikasi ini menyediakan plug-in untuk koneksi ke database, sayangnya plug-in tersebut berbayar atau tidak gratis 

PHP untuk Membuat Aplikasi Touchscreen
PHP sebuah bahasa pemrograman berbasis web yang open source, membuat aplikasi web menggunakan PHP dan MySQL sepertinya relatif lebih mudah, apalagi di web kita bisa juga menambahkan unsur multimedia seperti animasi dan suara. Tentunya kelebihan ini bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah aplikasi multimedia dinamis untuk selanjutnya ditampilkan di komputer bermonitor touchscreen. Masalah selanjutnya yang timbul, aplikasi touchscreen haruslah full screen tanpa border apapun, ini syarat mutlak agar aplikasi terlihat lebih integrated dengan perangkat Layar Sentuh. Sedangkan kalau berbasis web pastinya menggunakan browser. Mungkin anda bertanya-tanya, bagaimana agar tampilan aplikasi web bisa full-screen? Sedangkan aplikasi web ditampilkan di browser yg bagian atasnya ada kolom url, navigasi, dan atribut toolbar browser lainya. Untuk masalah ini, bisa diatasi dengan menggunakan browser firefox dengan menginstal sebuah add-ons bernama r-kiosk. Dengan add-ons ini, browser firefox anda akan tampil 100% full screen tanpa ada toolbar atau komponen browser apapun. Hasilnya, aplikasi anda sama persis dengan aplikasi desktop dan akan tampil rapih di monitor touchscreen.
Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2007 IlmuKomputer.Com

2

Hal Penting dalam Membangun Aplikasi Touchscreen
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat aplikasi layer sentuh, berdasarkan pengalaman saya, diantara sebagai berikut: 1. Buatlah sistem navigasi semudah-mungkin. Karena yang akan mengaksesnya bermacam user dengan tingkat kebiasaan yang berbedabeda. 2. Buat Navigasi dalam bentuk button yang eye-catching dan berukuran besar. Kenapa besar? Karena disini user menggunakan telunjuknya untuk meng-klik. Kebayang kan kalau ada orang guemmukk?? :p 3. Perbanyak unsur multimedia seperti Background Musik dan Animasi. Ini dilakukan agar terlihat “menggoda” orang yang lewat untuk mau mengakses. 4. Buat Sebuah Screen Saver berbasis flash misalnya yang otomatis akan aktif jika tidak ada aktifitas lebih dari 15 menit misalnya. Nah, anda bisa jualan iklan nantinya di screen saver ini.. :p 5. Jika tidak ada aktifitas setelah beberapa menit, redirect ke halaman utama.

Penutup
Mudah-mudahan tutorial singkat ini bisa memberi sedikit pencerahan kepada pihak yang tertarik mempelajari seputar pengembangan aplikasi layar sentuh. Jika ada pertanyaan seputar artikel ini anda bisa melayangkan email atau bertanya lewat kolom komentar di Blog saya (http://www.muhadkly.net/membangun-aplikasi-touchscreen-berbasis-web/), Salam.

Referensi
1. https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/1659 2. http://kb.mozillazine.org/Safe_Mode_(Firefox)

Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2007 IlmuKomputer.Com

3

Biografi Penulis
Muhadkly (Acho), Menyelesaikan S1 Fakutas sains dan Teknologi Jurusan Teknik Informatika di Universitas Islam Negeri, Jakarta. Mengawali karir sebagai freelance programmer semenjak masih duduk di bangku Kuliah, dan disaat yang bersamaan pernah menjabat sebagai webmaster di PT. Jakarta Express (TX Travel), saat itu bertanggung jawab mengembangkan Aplikasi Reservasi Tiket Online berbasis PHP. Ketatnya jadwal kuliah membuat penulis mundur dari jabatannya dan kembali menjadi freelancer. Setelah lulus, penulis langsung bekerja sebagai web programmer di Virtual Conslting, sebuah perusahaan Media Online, Web Development, dan Online Marketing. Penulis memfokuskan diri ke duna pemrograman berbasis web, multimedia, dan e-commerce. Berbagai tulisan lain juga bisa anda lihat di situs blog http://muhadkly.net

Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2007 IlmuKomputer.Com

4

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->