P. 1
Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

|Views: 166|Likes:

More info:

Published by: Uzzumaki Zero'kiryuu NineTailed'Foxdemon on Aug 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/21/2015

pdf

text

original

Pancasila sebagai Ideologi Terbuka

KELOMPOK 1 KD1. Mendeskripsikan pancasila sebagai ideologi terbuka

(Hasil pemikiran oleh pemikiri untuk melindungi kepentinganya) ‡ Louis Althusser : Ideologi merupakan pedoman hidup (keyakinan seseorang bagaimana menjalani hidup) Kesimpulan : 2 kutub ideologi Positif (baik) : ideologi mampu menjadi pedoman hidup Negatif (tidak baik) : Ideologi sebagai kesadaran palsu yang dijadikan sebagai alat untuk menyembunyikan kepentingan penguasa. ‡ .Ideologi menurut Para Ahli Nicollo Machiavelli : ideologi adalah pengetahuan mengenai cara menyembunyikan kepentingan. mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan dengan memanfaatkan konsepsi keagamaan &kebudayaan ‡ Antoine Destut de Tracy : ideologi adalah ilmu mengenai ide-ide atau gagasan ‡ Karl Marx : Ideologi merupakan kesadaran palsu.

Ideologi Negara Ideologi Negara merupakan konsensus warganegara tentang nilai-nilai dasar negara yang ingin diwujudkan dalam kehidupan negara itu. Ciri ideologi yang mampu bertahan menghadapi perubahan masyarakat : 1. Pancasila merupakan ideologi negara yang merupakan gagasan fundamental mengenai hidup bernegara. Ex. Dimensi Realita: Mencerminkan realita dalam masyarakat dimana ia muncul pertama 2. ‡ ‡ ‡ . Dimensi Idealisme : Kualitas idealisme yang terkandung 3. Dimensi Flexibilitas : Mempengaruhi dan menyesuaikan diri terhadap pertumbuhan dan perkembangan masyarakat.Pancasila sebagai Ideologi Negara ‡ Ideologi arti luas :Pedoman hidup dlm bertindak disegala bidang kehidupan arti sempit:Pedoman hidup dalam bertindak dibidang tertentu.

Sidang I (29 Mei-1 Juni 1945): Mengenai Perumusan Dasar Negara.Yamin. Soepomo.Hatta sebagai wakil presiden Membentuk komite Nasional sebagai pembantu presiden ‡ . Landasan Nasional: Piagam Jakarta Landasan Internasioana : Piagam San Fransisco Perumusan Pancasila dalam sidang PPKI PPKI bertujuan untuk menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pemindahan kekuasaan dari Jepang ke Indonesia Sidang I (18 Agustus 1945) Menetapkan & mengesahkan UUD republik Indonesia (UUD 1945) Memilih Soekarno sebagai presiden dan M. Oleh Muh.Sejarah Perumusan Pancasila ‡ Perumusan Pancasila dalam sidang BPUPKI BPUPKI bertujuan untuk mempelajari dan menyelidiki hal penting yang berhubungan dengan rencana kemerddekaan Indonesia. Soekarno.

Tekad untuk memelihara dan mengembangkan identitas bangsa. Membimbing dan mengarahkan bangsa menuju tujuanya. 4. . 3. Mempersatukan bangsa 2. Persatuan Indonesia 4. Rumusan definitif Pancasila bersifat final. ‡ Fungsi Pancasila sebagai Ideologi Negara : 1. Ketuhana Yang Maha Esa 2. Keadialn sosial bagi seluruh rakyat Indonesia Rumusan definitif pancasila dijelaskan dengan rinci dalam pembukaan Uud 1945. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dam permusyawaratan/perwakilan 5. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab 3. Mengkririsi upaya perwujudan cita-cita yang terkandung dalam Pancasila.‡ Rumusan Definitif Pancasila 1.

cita-cita. Isinya tidak langsung operasional 4. Tidak diciptakan oleh negara tapi ditemukan dalam mesyarakat sendiri 3.Pancasila sebagai Ideologi Terbuka & Tertutup ‡ Ciri Ideologi tertutup (ideologi yang bersifat mutlak) : 1. Bersifat memaksa 5. moral dan budaya masyarakat 2. Menghargai pluralitas . Menginspirasi untuk bertanggungjawab 5. HAM tidak dihormati 4. tuntutan konkret &operasional yang keras. Isinya mengenai nilai.mutlak dan total ‡ Ciri ideologi terbuka (ideologi yang tidak dimutlakan): 1. Cita-cita sebuah kelompok untuk mengubah masyarakat 2. Bersifat totaliter 3. Kenyataan rohani.

Bukan Ideologi Totaliter (pancasila merupakan ideologi politik yang merupakan pedoman hidup dalam masyarakar berbangsa dan bernegara) 5. Merupakan pandangan hidup yang berakar pada kesadaran hidup masyarakat Indonesia. (ideologi yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia sebagai kesadaran dan cita-cita moralnya) 2.Pancasila sebagai Ideologi Terbuka ‡ Pancasila berwatak terbuka : 1. Isi Pancasila tidak langsung operasional (hanya berisi lima nilai dasar yang berfungsi sebagi acuan penyelenggaraan negara yang memerlukan penafsiran sesuai kekinian mereka masing-masing. Pancasila sebagai ideologi yang aktual dan relevan) 3. Menginspirasi bertanggung jawab (Mengakui kebebasan dan persamaan derajat (HAM)) 4. Menghargai Pluralitas (Rumusan definit Pancasila dicapai oleh dorongan semangat untuk tetap mengahargai pluralitas) .

y y y Pancasila pernah menjadi ideologi tertutup pada masa orde lama dan orde baru. (untuk menyembunyikan kepentingan penguasa) . Orde Lama : Penguasa memonopoli penafsiran pancasila. Pancasila yang benar adalah sesuai kehendak penguasa yang kemudian muncul P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila) Orde Baru : Pancasila dipakai sebagai cara mengabsahkan kekuasaan penguasa Orde Baru.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->