Pengertian Dari Pixel - Picture Element

Pixel adalah unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis yang dihitung per inci. Pixel sendiri berasal dari akronim bahasa Inggris Picture Element yang disingkat menjadi Pixel. Pada ujung tertinggi skala resolusi, mesin cetak gambar berwarna dapat menghasilkan hasil cetak yang memiliki lebih dari 2.500 titik per inci denga pilihan 16 juta warna lebih untuk setiap inci, dalam istilah komputer berarti gambar seluas satu inci persegi yang bisa ditampilkan pada tingkat resolusi tersebut sepadan dengan 150 juta bit informasi. Monitor atau layar datar yang sering kita temui terdiri dari ribuan pixel yang terbagi dalam baris-baris dan kolom-kolom. Jumlah pixel yang terdapat dalam sebuah monitor dapat kita ketahui dari resolusinya. Resolusi maksimum yang disediakan oleh monitor adalah 1024x768, maka jumlah pixel yang ada dalam layar monitor tersebut adalah 786432 pixel. Semakin tinggi jumlah pixel yang tersedia dalam monitor, semakin tajam gambar yang mampu ditampilkan oleh monitor tersebut.

Mengenal Pixel dan Resolusi
Kalo kamu banyak mengulik dunia grafis dan fotografi, pasti banyak nemuin istilah pixel dan resolusi… dan kamu juga pasti tau apa artinya… tapi kadang ada juga orang awam yang rancu mengartikan pixel dan resolusi.. Tampak sepele memang… mengenal pixel dan resolusi… tapi coba aja ditanyakan… apa itu pixel? apa itu resolusi? apa bedanya? apa hubungannya? mungkin ga banyak orang tau atau bisa ngejelasinnya… maka di sini carra coba buat menjabarkannya… Semoga bermanfaat ga cuma buat para newbie… tapi juga buat semuanya yang membutuhkan.
Apa itu pixel ?

Kalo kamu memperbesar foto atau gambar yang diambil dengan kamera digital, kamu bakalan liat bahwa gambar atau foto terbentuk dari kumpulan kotak-kotak kecil. Kotakkotak kecil itu merupakan unit terkecil dari sebuah foto atau gambar. Kotak-kotak kecil itulah yang disebut pixel. Setiap pixel memiliki 1 warna dan tersusun berimpitan satu sama lain. Ilusi optik menyebabkan mata kita menangkap komposisi pixel-pixel itu sebagai suatu gambar utuh. Ketika kamu mengolah di suatu daerah gambar atau foto, sebenernya kamu lagi mengolah pixel dalam daerah tersebut. Kualitas akhir dari suatu foto atau gambar yang diolah ditentukan oleh seberapa baik kamu mengubah pixelpixel tersebut.

berarti semakin banyak pixel dalam sebuah gambar. Sementara itu. Pada Photoshop. Semakin besar resolusi. resolusi 300 ppi brarti ada 300 pixel per satu inch persegi. Untuk keperluan cetak outdoor seperti banner atau baliho. tampilan detail gambar akan semakin tampak. resolusinya semakin besar maka ukuran file akan semakin besar juga. Semakin besar resolusi gambar. besar gambar akan sama saat dicetak. biasanya ukuran yang dipakai adalah ppi (Pixel per inch). Karena ga ada perubahan ukuran gambar. Kebutuhan akan resolusi ini tergantung penggunaan dari gambar itu sendiri. biasanya cukup dengan resolusi 150 dpi. Dpi digunakan untuk menunjukkan jumlah pixel per inch dalam sebuah gambar digital. diperlukan gambar dengan resolusi yang tinggi yaitu sekitar 300 dpi. Hubungan antara Resolusi Gambar dan Besarnya File Besarnya resolusi gambar berdampak langsung pada ukuran file. biasanya resolusi yang dibutuhkan adalah 72 dpi agar lebih ringan ketika di upload maupun ketika di download. Kalo kamu melakukan scan pada sebuah gambar. kenapa file yang berisi gambar-gambar atau image dengan resolusi tinggi mempunyai ukuran yang besar juga. Resolusi gambar diukur berdasarkan kerapatan pixel dalam 1 inch (pixels per inch / ppi atau dots per inch / dpi). Tapi ketajamannya berkurang karena resolusinya menjadi lebih kecil. Begitu pula. Biasanya untuk keperluan offset atau cetak. Kamu pun kemudian tahu. yaitu 72 dpi. Kalo kamu ga ngubah ukuran gambar tapi mengurangi resolusinya menjadi 72 dpi. Resolusi 1 ppi berarti ada satu pixel per 1 inch persegi. Satuan Resolusi Resolusi diukur berdasarkan jumlah pixel per inch atau dot per inch. dpi biasanya dipakai sebagai ukuran pada printer untuk menunjukkan jumlah titik yang harus dicetak per inch nya. biasanya kamu bisa mengatur resolusi gambar dalam pixel per inch atau pixel per centimeter.Apa itu Resolusi Gambar? Resolusi mengacu pada kerapatan pixel dalam sebuah gambar. Total pixel gambar tersebut menjadi 819 x 1229. Sedangkan untuk keperluan content web ataupun pengiriman via email. . semakin baik kualitasnya. Semakin bagus kualitas gambar. berarti akan ada 819 pixels di sepanjang garis lebarnya dan 1229 pixels di sepanjang garis tingginya. Semakin besar resolusi. karena pixel yang terkandung di dalamnya juga semakin rapat dan banyak.

Kemalangan menimpa saat Samantha mencoba menirukan Loretta bersalto.500 titik per inci denga pilihan 16 juta warna lebih untuk setiap inci. Pengertian Dari Telnet . Lama-kelamaan. Roscoe (Ricky Ullman) kemudian menolong mereka dengan menciptakan sebuah penyanyi hologram bernama Loretta (Spencer Redford) menggunakan teknologi ayahnya.. [Read Post] More from Blogvrman | Hanya Ingin Berbagai Dan Saling Berbagi : Pengertian Dari URL . Pengertian Dari Pixel . mesin cetak gambar berwarna dapat menghasilkan hasil cetak yang memiliki lebih dari 2. Roscoe mulai memperlakukan Loretta layaknya manusia dan bertindak seperti orang yang jatuh cinta sementara Loretta pun memiliki masalah sendiri.Uniform Resource Locator Layanan yang diberikan Internet sangatlah beragam. Selain itu. Loretta datang dan masuk ke otak Samantha. Penyanyi hologram ini kemudian mengangkat Zettabytes pada ketenaran. Loretta yang kegirangan langsung bisa mencoba meraba sesuatu dan berlari-lari dalam hujan.Telecommunication network .Sinopsis Zettabytes adalah band musik milik Samantha (Leah Pipes) beserta Cindy (Tania Gunadi) yang kurang berhasil. badan Samantha tersambar petir dan Loretta hilang sehingga pengguna badan Samantha kembali pada Samantha sendiri.Picture Element Blogvrman | Hanya Ingin Berbagai Dan Saling Berbagi Pixel adalah unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis yang dihitung per inci. Samantha sadar namun jiwanya adalah jiwa Loretta. Pada ujung tertinggi skala resolusi. bukan hanya berupa akses ke halaman web yang ditulis dalam format HTML saja tetapi juga beberapa layanan akses dokumen melalui FTP. Dalam keadaan kritis. Tanpa dinyana. Samantha merasa tersingkir dan agak cemburu pada Loretta yang diciptakan serba bisa dan serba tahu..Pixel sendiri berasal dari akronim bahasa Inggris Picture Element yang disingkat menjadi Pixel. Usenet News dan sebagainya. Zettabytes yang sedianya melaksanakan konser pun kalang kabut. Ia terjatuh dari panggung dan dibawa ke rumah sakit. Gopher. walaupun tidak ia akui.. ia tak bisa melakukannya. Akhirnya diputuskan Samantha yang berpura-pura menjadi Loretta kembali menjadi vokalis. Karena layanan yang disediakan beragam maka jenis dokumen yang disediakan beragam.. ia sangat ingin merasakan dan meraba sesuatu namun sebagai hologram. Ketenaran Loretta pun sampai ke telinga seorang produser dan diadakan negosiasi kontrak namun pada akhirnya Loretta diculik. dalam istilah komputer berarti gambar seluas satu inci persegi yang bisa ditampilkan pa.

iPhone). Magenta. telepon.. untuk penggunakan di web dan layar (monitor. Dalam warna aditif. ADVERTISEMENTS Ada 2 skala warna yang diterima untuk dikonsumsi oleh mata manusia yaitu. Gambar berikut terlihat kusam. tv.. mencampur warna secara bersamaan memungkinkan pembentukan warna apapun dalam skala Cyan Magenta Yellow Black. layar. kamera. Memperbaiki Warna RGB Pada Gambar Dengan Photoshop Pada artikel kali ini akan membahas mengenai koreksi warna RGB. disebut CMYK. dan terlalu merah. TELNET memiliki beberapa keterbatasan yang dianggap sebagai risik. Anda mendapatkan cokelat kusam. Proses ini dicapai dengan mencampur warna kustom tinta. dan Black. ketika Anda menambahkan 3 warna primer bersama. maka pada artikel ini akan mendiskusikannya. warna aditif dan warna subtractive. Karena RGB adalah skala warna dasar untuk semua monitor. Tapi Anda akan terkejut betapa banyak informasi warna yang terkandung dalam gambar. laptop. Anda mendapatkan murni putih. atau mengadopsi skala warna. Warna substractive dicapai melalui semacam pencelupan. Ini mengacu pada 4 warna dasar yang digunakan secara fisik. Sedangkan jika Anda mencampur bersama tinta Cyan.TELNET dikembangkan pada 1969 dan distandarisasi sebagai IETF STD 8. Merah Hijau dan Biru (RGB). Warna aditif mengacu pada skala warna yang dihasilkan dengan menambahkan warna terang yang berbeda (bukan tinta) untuk menghasilkan gambar atau bayangan warna. yang dalam dunia subtraktif warna.Telnet (Telecommunication network) merupakan sebuah protokol jaringan yang digunakan di koneksi Internet atau Local Area Network. salah satu standar Internet pertama. penyaringan atau metode pencetakan. . Yellow.

Anda dapat menggunakan hot key Ctrl + L. menunjukkan perbedaan warna merah di semua frekuensi warna yang tersedia. Ini tidak dianjurkan untuk menggunakan Auto Levels karena tidak bisa menggantikan rasa dari viewer. Tool yang akan digunakan dapat ditemukan dalam menu Image di bawah Adjustments dan itu disebut Levels. Berikutnya tarik ke kiri. hijau. . Setelah Anda membukan panel Levels. Menggunakan “Channel picker” .Buka gambar di Photoshop. pertama memilih channel Red. Lakukan ini untuk merah. dan biru. Berikut ini adalah output level dari gambar asli. slider hitam ke kanan ke titik di mana channel mulai menunjukkan penggunaan. Untuk memperbaikinya . perlu memberikan setiap warna dasar. Selanjutnya. Panel levels adalah salah satu panel yang paling banyak digunakan di Photoshop. yang menunjukkan channel yang digunakan. slider putih ke kiri di mana titik mulai muncul pada grafik. tarik kanan. Anda juga dapat menemukan Auto Levels. ada cara sederhana untuk mengetahui apakah semua informasi warna yang tersedia sedang digunakan.

Anda dapat mengambil gambar RGB dan benar-benar menarik keluar sebagian besar informasi yang ada di sana. Megapixel . Inilah hasil prosesnya. Anda dapat melihat gambar yang lebih jelas. pastikan kotak centang preview di centang sehingga Anda dapat melihat perubahannya. setelah secara bertahap memperbaiki merah. Setelah menyesuaikan channel biru di bawah ini. hijau dan biru : Selanjutnya akan beralih ke channel hijau. akan terlihat.Ketika Anda membuat perubahan ini. Detail – detail yang sebelumnya tidak terlihat. Dengan langkah ini.

2 stasiun anggota jaringan . master control. Suatu gambar digital dibentuk oleh ribuan titik tersebut. bahkan fungsi microsoft wordkompresi sinyal video dan sinyal audio memungkinkan peningkatkan efisiensi “data signal video mengandung pengertian tehnik sebagai : suatu gelombang .composite colour video and sync signal (ccvs). gambar dan video dengan cara menyediakan user(secara individu) berjenis kombinasi atau sering juga disebut komposit ini. microsoft word . mhz dengan video stair step.multimedia – “multiple intermediaries” or “multiple means” memiliki arti beberapa animasi. Jadi singkatnya megapixel berarti sejuta titik elemen gambar.:wensi if video yaitu: a. video. 5.output video komponen pada dvd player ini dapat mengirim sinyal video dvd secara output video komposit adalah sambungan video yang paling banyak digunakan i beberapa tombol fungsi berbeda dari definisi awalnya. sebuah adc adalah sebuah alat yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital microsoft word . Sinyal vedio bab v. Makin tinggi jumlahnya. frekwensi pembawa gambar = 38. maka makin tinggi juga resolusi gambarnya.Megapixel (Megapiksel) terdiri berasal dari gabungan kata "mega" yang menunjukkan satuan juta. audio. sebuah teknologi untuk transmisi video sinyal melalui kabel dari video komposit . microsoft wordmemahami pengertian decibel (db) sebagai satuan untuk mengukur intensitas suara menjelaskan bagian-bagian sinyal video komposit dan fungsinya microsoft word .s uper-video. definisi : video adalah teknologi untuk . sehingga sinyal y. misal antena menangkap sinyal. 1.video komposit (gambar yang kontras terang gelapnya) hasilnya akan menjadi dan penerima video definisi tinggi (hd video receiver). di mana informasi video . cr harus ditransmisikan bersama-sama (composite video signal) microsoft word . tx.disamping itu. dan pixel yang bermaksud titik elemen gambar (English = Picture Element).1.9 mhz. Jumlah megapiksel ini biasanya digunakan untuk menunjukkan kualitas gambar.1. cb. video composite ini dinamakan “stair step with microsoft word . beberapa istilah/pengertian spesifik yang sudah umum dipakai di lingkungan sumber sinyal. on 75 ohm termination.2.

sedangkan resolusi menunjukkan kerapatan jumlah pixel yang dicetak per satuan panjang.. Lebar dan tinggi menunjukkan ukuran cetak yang dapat dihasilkan.. Dimensi dan Resolusi sebuah gambar. sebuah kamera digital dengan resolusi 12 mega pixel mampu menghasilkan gambar / foto dengan jumlah pixel sebanyak 4000 x 3000 pixel = 12 juta pixel.ditransmisikan sebagai sinyalpengertian firewire firewire adalah adalah merek dagang apple sekaligus nama. Bila kamu buka sebuah gambar dengan menggunakan Photoshop dan kamu pilih menu Image > Image Size (atau klik kanan pada title bar gambar yang kamu buka). tinggi (Height) dan resolusi (Resolution).. maka akan muncul tampilan seperti ini. Pixel Dimension menunjukkan berapa banyak pixel (horisontal / Width dan vertikal / Height) yang dimiliki gambar tersebut. atau semakin tinggi kualitas gambarnya. Sedangkan Pixel sendiri adalah satuan terkecil atau sebuah titik yang memiliki warna tertentu dalam gambar tersebut. Karena dulu saya sering bingung membedakan mana yang menentukan ukuran dan kualitas gambar antara Jumlah Pixel. Semakin banyak jumlah pixel yang dimiliki sebuah gambar menunjukkan semakin banyak detail informasi visual yang ditampilkan gambar itu. Sebagai contoh.. maka saya coba bahas tentang ketiga variabel ini dalam tip pertama. Semakin rapat / besar . Dalam Document Size terdapat variable lebar (Width).

resolusi. dari contoh di atas. sehingga ketajaman / kualitas gambar akan menurun. apa yang harus diperhatikan bila ingin mengubah ukuran suatu gambar tanpa banyak mempengaruhi kualitas gambar sebelumnya? 1. Namun harap diingat bahwa: • • Jumlah pixel yang dimiliki sebuah gambar berpengaruh langsung pada ketajaman dan ukuran gambar. Jadi. Jangan memperbesar gambar dengan menambah jumlah pixel. atau dapat menghasilkan gambar dengan resolusi 100 pixel / inch yang berukuran 96 cm x 72 cm. Kalau kamu menambah jumlah pixel. ubah resolusi menjadi lebih kecil dan tetap jaga agar jumlah pixel tidak berubah. maka perubahan resolusi akan berpengaruh langsung pada ukuran gambar. Hindari interpolasi dengan cara menjaga jumlah pixel agar tetap atau lebih kecil. Silahkan coba sendiri dengan mengubah-ubah angka di ketiga variabel ini untuk memahami hubungan ketiganya. Bila kamu memerlukan gambar dengan ukuran lebih besar. kamera digital dengan resolusi 12 mega pixel mampu menghasilkan gambar dengan resolusi 300 pixel / inch yang berukuran 32 cm x 24 cm. Misal. dari contoh di atas. maka gambar kamu akan semakin besar ukurannya dan Photoshop akan melakukan interpolasi untuk mengisi / menambah pixel-pixel. Sebaliknya kalau kamu mengurangi jumlah pixel. maka ukuran gambar akan jadi lebih kecil dari sebelumnya dan informasi visual yang dimiliki gambar kamu tersebut juga akan berkurang (kurang detail) karena ada pixel-pixel yang hilang. Misal. . semakin baik kualitas gambar yang dihasilkan. gambar dengan resolusi 4000 x 3000 pixel dapat menghasilkan gambar dengan resolusi 300 pixel / inch yang berukuran 32 cm x 24 cm. Bila jumlah pixel sebuah gambar tidak berubah. 2. Pixel Dimension dan Document Size saling mempengaruhi satu dengan yang lain.