LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN KEGIATAN KEMAH PELANTIKAN BANTARA GUDEP 0001/0002

I. PENDAHULUAN a. Umum
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, taufik serta hidayah-Nya sehingga kami panitia penyelenggara Kemah Pelantikan Bantara dapat menyelenggarakan kegiatan dengan baik. Kegiatan yang kami selenggarakan ini juga sebagai wahana mempererat tali persaudaraan, kemandirian, kedisiplinan dan pembinaan mental fisik dengan maksud agar nantinya dapat terjun ditengah tengah masyarakat sebagai seorang pramuka patriot penyelamat bangsa dari berbagai gangguan baik dari dalam maupun luar negeri. Kelancaran kegiatan ini berdasarkan dukungan dari berbagai pihak, panitia, peserta, Pembina, dewan guru serta pejabat pemerintah setempat. Kami sebagai panitia penyelenggara hanya bisa mengucapkan terima kasih selanjutnya hanyalah Allah yang akan membalas segala amal baik mereka ³Amiin´

b. Dasar Kegiatan
1. 2. 3. 4. Kep.Pres RI No. 238 tahun 1961 tentang gerakan prmuka. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ( AD/ART ) gerakan pramuka. Program kerja Dewan Ambalan periode 2010-2011. Hasil rapat Dewan Kerja Ambalan.

c. Maksud dan Tujuan
1. 2. 3. 4. 5. Sebagai wahan pembinaan pendidikan kepramukaan. Melatih dan meningkatkan kedisiplinan melalui kepramukaan. Mempererat tali persaudaraan antar sesama anggota gerakan pramuka. Membentuk jiwa pramuka sesuai dengan "Satya Dharma Pramuka" Membentuk citra positif masyarakat tentang keberadaan dan peranan pramuka di SMAN I cilograng. 6. Melatih kemandirian dan menambah wawasan.

d. Nama Kegiatan
Sesuai dengan rapat Dewan Kerja Ambalan, Kegiatan "Perkemahan Jumat Sabtu Minggu ´ Gudep 0001/0002. ini kami berinama

e. Motto

T. tgl 29-31 juli 2011 : Bumi Perkemahan Cihasem b. Kepanitiaan Penanggung jawab : kepala sekolah SM I Cilograng dan Rahmat Haidir.M.00 karena pada saat itu mobil yang di jadikan alat trasportasi telat maka kami pun melenceng dari jadwal selama 30 menit penderian tendapu di mulai pada jam 15. Cal n Bantara 2.Si.00 kami pun mulai istirahat. Peserta 1. Setelah istirahat kami melanjutkan acara sesuai jadwal sampai pukul 22. Panitia 3.M. ( Pembina pramuka ) Ketua pelaksana Wakil ketua Seksi konsumsi Seksi keamanan Seksi peralatan : Suherdin : Maesaroh : Lesti NH : Arif Hidayat : Rizwan II. Hari Pertama Dalam jadual kegiatan untuk cheking dan persiapan pemberangkatan itu pukul 14. Jalannya Kegiatan 1.30 kemudian setelah pendirian tenda kamik lanjju9tkan dengan upacara pembukaan kemudian kami lanjutkan dengan acara ISOMA. Pembina Jumlah : 40 org : 25 org : 5 org : 70 org g.Dengan ´ Di i lin ± Setia ± Persaudaraan´ kita wujudkan kader-kader bangsa yang "Berjiwa Satya Dharma Pramuka" f.. .Minggu. S. Kegiatan ini dilaksanakan pada : Hari/ Tanggal Tempat : Jum¶at .Pd. PEL a.30 dan pendirian tenda pukul 15.00 kemudian pemberangkatan itu pukul 14.

setelah sholat ashar kami melanjutkan acara dengan permainan 8yang sangat menarik.30 para calon bantara dikumpulkan dan gembleng baik secara fisik maupun mental. Dari wajah wajah yang terkumpul ada yang masih ngantuk. Setelah sholat subuh berjemaah kami melanjutkan acara dengan senam pagi. Hari kedua Kami membangunkan peserta calon bantara pada pukul 04.00.. Setelah acara itu selasai kami lekas berisrirahat. Kendala yang dihadapai 1. setelah selang beberapa menit kamipun dapat menguasai mereka.kemudian kami melaksanakan sholat magrib nerjemaah san di lanjutkan dengan acara ceramah. acara api unggun berlangsung sangat meriah apinya sampai menyinari seluas bumi perkemahan kami bahkan sampai ke jarak 150 meter dari bumi perkemahan. Setelah itu kami melanjutkan acara dengan api unggun..kami langsung bersiap untuk melaksanakan sholat dzuhur dan di lanjutkan dengan istirahat sampai sholat ashar.. main main dan terpaksa namun. Setelah renungan selesai kami mempersiapkan diri untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah.permainan selesai menjelang sholat magrib. Acara api unggun berlangsung dengan acara-acra lainnya seperti permainan dan unjuk kebolehan dari masung-masing sangga peserta. 3. seru bukan ?..sampai pukul 20. Hari ketiga Diwaktu malam hari sekitar pukul 01.setelah perjalanan siang selesai pada pukul 12. sayonara .. 3.2. disana mereka di ada yang disuruh tiduran. Setelah itu mereka dibawa ketempat penggemlengan yaitu di pinggir pantai. Keterlambatan kerndaraan Kurangnya kekompakan Terbatasnya peralatan Terbatasnya dana Kurangnya koordinasi . Setelah ceramah kami melanjutkan acara dengan pengisian SKU.di sana kami belum melaksanakan acara serah terima jabatan.di lanjukan denga pembongkarean tenda kemudian upacara penutupan kami pun bergegas pulang. Setelah acara gemlengan itu selesai kami membawa mereka ketengah tengah lapangan untuk melajutkan cara selanjutnya yaitu renungan. terlihat wajah gembira dari semua calon anggota. 2.««. Setelah senam pagi selesai kami memberikan waktu kepada peserta umtuk melakukan persiapan unruk melaksanakan perjalanan siang.ada yang di uji fisiknya dan lain-lain pokonya seru. c.34.30. Matahari pagi pun terbit tiba saatnya bagi kami untuk benah-benah dan bersih-bersih di bumi perkemnahan. 4. 5.kenudian kami menyiaqpkan untuk acara sholat subuh berjemaah.

T. 3. 4. Semoga kendala yang ada bias dijadikan bahan pembelajaran. NIP 197805272009021002 . S. Semoga L. 2.P.Si. PE T P Demikian laporan pertangggung jawaban ini kami buat sebagai bahan pertanggung jawaban dari kami atas kegiatan tersebut dan sebagai bahan evaluasi. III.J ini dapat digunakan sebagaimana mestinya. Semoga dengan adanya pelantikan bantara dapat mempererat tali persaudaraan diantara kita. Ketua Panitia Sekretaris Suherdi Lesti Mengetahui : Pembina Pramuka Rahmat Haidir. Semoga kejadian seperti diatas tidak terulang lagi dipelantikan bantara yang akan datang.Pd. Harapan 1. Semoga adik-adik yang sudah dilantik sebagai bantara dapat meneruskan perjuangan kami.d. Semoga tradisi pelantikan diluar ini bisa dijadikan tradisi. 5..M.M.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful