Manfaat ilmu biologi dalam bidang pertanian

1. Teknik Hibridisasi = melalui teknik hibridisasi, yaitu teknik perkawinan antara dua individu yang berlainan varietas dalam satu spesies, telah didapatkan varietas unggul seperti kacangkacangan dan serealia . 2. Teknik Kultur Jaring = cara pertanian tradisional memerlukan waktu yang cukup lama untuk menghasilkan bibit yang diperlukan. Selain itu juga memerlukan lahan yang cukup luas. Melalui teknik kultur jaring ini, kita dapat menghasilkan bibit yang diperlukan dalam waktu yang singkt serta dalam jumlah yang banyak . Selain itu juga tidak memerlukan lahan yang luas . 3. Teknik Molekuler Melalui kemajuan di bidang Biologi Molekuler, telah dapat diketahui pula urutan gen pada genom sel-sel tumbuhan, sehingga para biologiwan dapat mengidentifikasi urutan-urutan gen tertentu yang bertanggungjawab untuk perkembangan organ. Dengan demikian para biologiwan dapat memodifikasi arah perkembangan tanaman yang diinginkan. Pengaplikasian teknik ini yang sudah berhasil dilakukan adalah telah terciptanya batang pohon jati yang dapat tumbuh dengan diameter besar dan lurus.

Manfaat ilmu biologi dalam bidang kedokteran
1. Teknik Transplantasi (pencangkokan organ) = Para penderita penyakit yang mengalami kerusakan pada salah satu organ tubuhnya, kini telah mendapatkan jalan keluarnya yaitu melalui teknik transplantasi (pencangkokan) organ. Transplantasi organ yang sudah berhasil dilakukan oleh para dokter adalah pencangkokan ginjal, jantung, sumsum tulang belakang maupun hati. 2. Teknik fertilasi invitro = Teknik ini dapat membantu pasangan suami istri yang sulit mendapatkan keturunan karena suatu kelainan. Fertilasi ini tentunya berasal dari gamet pasangan yang

Biji Kapas dan Bulu Domba Diketahuinya bahwa serabut biji kapas dan bulu domba dapat diolah menjadi benang. 3. maka berkembanglah industri pembuatan yoghurt.5 jam sampai 3. . 2. dan kepompong ulat sutera dapat diolah menjadi benang sutera. Mikrobiologi kedokteran = telah berhasil mengidentifikasi beberapa jenis mikroba yang menyebabkan penyakit pada manusia maupun hewan. antibiotik untuk mikrobamikroba tersebut dapat dibuat. maka berkembanglah industri tekstil/kain. Dengan demikian. Teknik karakterisasi dan pemisahan gamet sperma yang membawa kromosom X dan Y (penentu jenis kelamin keturunan) juga telah berhasil dilakukan. Teknik ini memungkinkan para pasangan suami isteri mendapatkan keturunannya dengan jenis kelamin tertentu. Gula dari Tebu Ditemukannya kandungan gula yang cukup tinggi pada batang tebu.bersangkutan. 3. Yoghurt ini dibuat dari susu yang difermentasikan dengan menggunakan bakteri Lactobacillus. menyebabkan berkembangnya pabrik pengolahan tebu menjadi gula. Pembuatan Yoghurt Setelah diketemukannya jenis bakteri Lactobacillus yang sifat-sifatnya dapat bermanfaat bagi manusia dan dapat dibuat menjadi yoghurt. Manfaat ilmu biologi dalam bidang industri makanan 1. kain wol dan kain sutera.5 jam. pada suhu 40 derajat celcius selama 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful