P. 1
Tenaga Eksogen

Tenaga Eksogen

|Views: 491|Likes:
Published by Belinda Simanjuntak

More info:

Published by: Belinda Simanjuntak on Aug 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/16/2013

pdf

text

original

DAFTAR ISI

GEOGRAFI Daftar Isi................................................................. 1 Pelapukan Biologi................................................... 2 Pelapukan Fisika.................................................... 3 Pelapukan Kimia..................................................... 4 Erosi Air.................................................................. 5 Erosi Es.................................................................. 9 Erosi Angin.............................................................10 Erosi Air Laut..........................................................11 Sedimentasi Fluvial................................................14 Sedimentasi Eolis...................................................15 Sedimentasi Pantai.................................................16 Dampak Positif dan Negatif Tenaga Eksogen........18

Contoh: Contoh: Batu-batuan pada gambar di atas mengalami pelapukan karena lumut yang bertumbuh pada batu-batuan itu (pertumbuhan makhluk hidup). Batuan yang tampak pada gambar dia atas awalnya berbentuk satu. maka batu melapuk dan retak.Pelapukan Biologi → penghancuran batuan yang disebabkan oleh kegiatan makhluk hidup (dan biasanya diikuti pelapukan kimia). Tetapi. karena mengalami pemuaian dan penyusutan pada siang dan malam hari secara berulangulang. Pelapukan Fisika → penghancuran batuan yang dilakukan oleh proses fisika tanpa mengubah komposisinya. .

☺ Splash Erosion Erosi Air → proses pengikisan permukaan bumi oleh material Contoh: Contoh: Batuan pada gambar di atas mengalami pelapukan karena mineral yang dikandung pada batuan itu bereaksi dengan unsur yang lain di dalam batuan tersebut. Saat hujan. tanah terpercik air dan tanah yang terpercik diendapkan di tempat lain. .Pelapukan Kimia → proses penghancuran massa batuan yang disertai perubahan struktur kimiawi batuan tersebut. Pelapukan ini dipengaruhi oleh oksigen dan air. yang dipindahkan oleh air.

Sehingga tanah tidak subur lagi. tanah pada belokan terkikis karena hantaman air yang terus mengalir ke daerah yang lebih rendah. air tampak keruh karena pengikisan humus tanah bagian atas. ☺ Gully Erosion Contoh: Pada perairan di sawah.☺ Sheet Erosion Contoh: Saat terjadi kelokan di sungai pada daerah lereng gunung. ☺ Riil Erosion Contoh: .

Pada gambar ini. air sedang mengering. Bisa menjadi palung yang terdapat gletser cair dengan dikelilingi gundukan sedimen hancur dan terjadi dalam proses yang lama. . ditunjukkan bahwa lereng yang terkena erosi membentuk parit yang dalam. terdapat gambar gletser yang menggerus wilayah yang dilaluinya sehingga wilayah tersebut terkikis menjadi semakin dalam. Pada gambar di atas. Contoh: Contoh: Gambar di atas menunjukkan bahwa air terjun menimbulkan pendalaman lembah yang dihantamnya dan pendangkalan lembah sungai karena diperlebar.Pada gambar ini. ☺ Waterfall Erosion Erosi Es → proses pengikisan permukaan bumi oleh material yang dipindahkan oleh es yang mencair (gletser) dan biasa ditemukan di lembah-lembah pegunungan akibat pemanasan global.

☺ Fyord Contoh: Contoh: Erosi pada gambar di atas terjadi karena angin atau badai yang membuat batu-batu terkikis karena tiupan angin tersebut. Erosi pada gambar di atas terjadi karena desakan yang kuat dari gelombang pantai yang langsung membentur pantai atau tebing-tebingnya sehingga mengikisnya. ☺ Klif Contoh: .Erosi Angin → proses pengikisan permukaan bumi oleh material yang dipindahkan oleh angin. Erosi Air laut → proses pengikisan permukaan bumi oleh material yang dipindahkan oleh air laut (abrasi).

☺ Cave Arch. batuan terkikis. Pada gambar di atas. dan Stumps Contoh: Erosi yang terjadi pada gambar di atas terjadi karena terdapat tebing yang langsung bersentuhan dengan laut. . Stack. Setelah mengalami erosi. dinding di dasar klif terpotong lalu tidak stabil dan runtuh. sehingga terbentuklah gua. terjadi erosi yang disebabkan oleh air laut yang menghantam batuan secara terus menerus.

atau muara sungai. bahwa sedimentasi yang dialami oleh pasir di atas adalah pasir terkena badai gurun. sehingga membentuk endapan seperti kaki burung.Sedimentasi Fluvial → proses pengendapan materi yang diangkut oleh sungai dan diendapkan di sepanjang aliran sungai. Dan setelah badai selesai. pasir mengendap pada daerah lain tersebut. waduk. danau. . Sedimentasi Eolis → proses pengendapan materi yang diangkut oleh Contoh: Contoh: Gambar di atas menunjukkan bahwa cabang sungai yang mengarah ke laut mengalami sedimentasi. Seperti yang tampak pada gambar di atas. angin. sehingga pasir pada permukaan terbawa ke daerah lain.

bar merupakan endapan gosong pasir di pantai yang arahnya melintang dan memanjang di muka teluk.Sedimentasi Marine → hasil abrasi pantai yang kemudian diendapkan kembali di sepanjang pantai. ☺ Beach Contoh: Seperti pada gambar yang telah ditampilkan. . ☺ Tombolo Contoh: Seperti pada gambar di atas. beach merupakan endapan puing-puing batu karang dan kerikil di pantai. bahwa tombolo adalah sejenis endapan pasir yang menghubungkan dua pulau. ☺ Bar Contoh: Seperti pada gambar di atas.

Dampak Positif dan Negatif Tenaga Eksogen Dampak positif → 1. 2. 4. 3. 2. Menyebabkan terbentuknya delta Menyebabkan terbentuknya klif di tepi pantai Menyebabkan terbentuknya tanjung Menyebabkan terbentuknya teluk Dampak negatif → 1. Menimbulkan banjir Tanah longsor Pendangkalan sungai Perusakan bangunan ----------------------------------------||------------------------------------ . 4. 3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->