DAFTAR PUSTAKA

1. Susana dkk. 2010. Sosiologi untuk SMA kelas X, Jakarta: Penerbit Media Maxima. 2. www.google.co.id 3. www.wikipedia.org

10

LAMPIRAN Lampiran 1 Panti Asuhan Tunas Harapan (tampak depan) Lampiran 2 Anak yang lebih tua menjaga yang anak yang lebih muda. Lampiran 3 Suasana di ruang tamu panti asuhan pada sore hari ketika menikmati waktu luang. Lampiran 4 Anak-anak panti asuhan saling membantu seperti menjemur pakaian. 11 .

Lampiran 7 Seorang anak perempuan membantu para penjaga panti untuk mengurus anak yang lebih kecil dengan cara menyuapi makan. Lampiran 8 Anak yang lebih besar mengajar anak yang yang lebih kecil. 12 . Lampi an 6 Mencuci piring juga salah satu kegiatan yang dilakukan sesuai dengan jad al piket.LAMPIRAN Lampi an 5 Selain it mereka j a saling membant menyelesaikan pekerjaan rumah yang lain seperti mencuci piring.

Motivasi apa yang mendorong bapak/ibu mengasuh anak-anak panti asuhan ini? 3. Seperti apakah bentuk kerja samanya? 9. Bagaimana interaksi sosialnya? 7. Apakah ada kerja sama antara anak-anak panti? 8. Apa masalah yang biasanya terjadi di panti asuhan ini? 6. pukul 16. Konflik / permasalahan apa yang sering terjadi? 10. Dari manakah anak-anak panti ini berasal? 4. Alam Sutera Daftar pertanyaan : 1.00 Tempat : Panti Asuhan Tunas Harapan.LEMBAR WAWANCARA Narasumber 1 : Kepala panti (Bapak Anton dan Ibu Yuli) Narasumber 2 : Elizabeth Narasumber 3 : Hendra Waktu : 25 Oktober 2010. Sejak kapan bapak/ibu mengurus panti asuhan ini? 2. Bagaimana cara penyelesaian konflik? 13 . Berapa biaya yang dikeluarkan untuk setiap bulannya? 5.

pukul 16. Kunjungan II Waktu : 4 November 2010. melainkan masuk ke kamar. Ada yang mencuci piring.2. ada yang mencuci dan menjemur baju. Kegiatan yang dilakukan masing-masing anak berberda-beda. dan tidur. 14 . Tetapi kebanyakan anak sedang menikmati waktu luangnya. menonton TV atau bermain dengan temannya. pukul 16.LEMBAR OBSERVASI 1. Ada yang sedang makan. Beberapa anak mudah berbaur dengan tamu yang tergolong baru dikenal.1. Kunjungan I Waktu : 25 Oktober 2010. 1. belajar.00 Hasil Pengamatan : 2. Anak-anak sibuk dengan pekerjaan rumahnya. 2. Tetapi beberapa tidak mudah berbaur.1.00 Hasil Pengamatan : 1. seperti berkumpul di ruang tamu (lihat lampiran 3).