P. 1
Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka (2003)

Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka (2003)

|Views: 714|Likes:
Published by Akma Cupa Cupa

More info:

Published by: Akma Cupa Cupa on Aug 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/07/2011

pdf

text

original

Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Standar Kompetensi :
1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka

Indikator :
1. 2.

3.

4.

5.

Mendeskripsikan makna ideologi negara Mengemukakan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara Menguraikan fungsi pokok Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi Pancasila Membedakan ideologi terbuka dan ideologi tertutup Mendeskripsikan makna Pancasila sebagao ideologi terbuka

1.Pancasila sebagai Ideologi 1.Pancasila Negara
A.

Makna Ideologi Negara   

Pengertian ideologi berasal dari bahasa latin yaitu idea dan logos. Idea : daya cipta sebagai hasil kesadaran manusia Logos : ilmu Jadi, Ideologi berarti ilmu yang mempelajari gagasan (ide) manusia serta kadar kebenarannya. Menurut seorang filsuf perancis, Destutt de Tracy (1801) , ideologi adalah ilmu tentang gagasan-gagasan yang menunjukkan jalan yang gagasanbenar menuju masa depan.

pegangan hidup yang dipelihara. Thompson. 2. pandangan dunia. Unsur interpretasi : adanya suatu penafsiran atau pemahaman terhadap kenyataan.  Menurut John B. Unsur retorika : memuat suatu orientasi pada tindakan atau suatu pedoman . 2. unsur-unsur yang unsurterkandung dalam ideologi yaitu : 1. diamalkan. dikembangkan. CiriCiri-ciri ideologi negara : 1. 3. Unsur etika : memuat seperangkat nilai atau petunjuk untuk penuntun moral. Mempunyai derajat yang tinggi sebagai nilai hidup kebangsaan dan kenegaraan Ideologi mewujudkan suatu asas kerohanian pandangan hidup. diperjuangkan dan dipertahankan dengan kesediaan berkorban. dilestarikan kepada generasi berikutnya.

serta mempolakan tingkah lakunya sesuai dengan orientasi dan norma-norma yang terkandung di dalamnya. 6.Fungsi Ideologi  Menurut Soerjanto Poespowardojo : 1. Struktur kognitif. Bekal dan jalan bagi seseorang untuk menentukan identitasnya. Kekuatan yang mampu menyemangati dan mendorong seseorang untuk menjalankan kegiatan dan mencapai tujuan. 5. menghayati. Orientasi dasar untuk membuka wawasan yang memberikan makna serta menunjukkan tujuan dalam kehidupan masyarakat. yaitu keseluruhan pengetahuan yang merupakan landasan untik memahami dan menafsirkan dumia dan kejadiankejadiankejadian di sekitarnya. Pendidikan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami. NormaNorma-norma yang menjadi pedoman dan pegangan bagi seseorang untuk melangkah dan bertindak. 3. norma- . 2. 4.

. Menurut Sastrapratedja : 1. Membentuk identitas kelompok atau bangsa. 3. Mengatasi berbagai konflik yang timbul dari kehidupan suatu kelompok atau masyarakat tertentu. 4. Mempersatukan keseragaman dengan menggunakan semboyansemboyansemboyan. 2. Pencipta solidaritas dengan mengangkat berbagai perbedaan dalam tata nilai yang lebih tinggi.

BPUPKI dibentuk tanggal 29 April 1945. Sidang I : 29 Mei ± 1 Juni 1945 Sidang II : 10 ± 17 Juli 1945 Berikut ini beberapa usulan tentang dasar negara yang dikemukakan dalam sidang I BPUPKI :    . kemudian dilantik pada tanggal 28 Mei 1945 dan mulai bekerja pada tanggal 29 Mei 1945. Proses Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara  Pada Masa perjuangan untuk mendapatkan kemerdekaan ada sebuah badan yang bernama BPUPKI yang bertugas menyelidiki persiapan bangsa Indonesia untuk merdeka.2.

Usulan Mr. 4. Peri kebangsaan Peri kemakmuran Peri ketuhanan Peri kerakyatan Kesejahteraan Ketuhanan Yang Maha Esa Kebangsaan Persatuan Indonesia Rasa kemanusiaan yang adil dan beradab Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia Usulan tertulis : 1. 4. 2. . 3. 2. 3. Yamin Usulan secara lisan : 1. Muh.A. 5. 5.

2. 5. Usulan Ir. Dr. Soepomo ( 31 Mei 1945) 1. 4. 3. Mr. Usulan Prof. 4. Persatuan Kekeluargaan Keseimbangan lahir dan batin Musyawarah Keadilan rakyat C. 3. Soekarno ( 1 Juni 1945) 1. 2. 5. Kebangsaan Indonesia Internasionalisme dan perikemanusiaan Mufakat atau demokrasi Kesejahteraan sosial Ketuhanan yang berkebudayaan .B.

D. . 3. 5. dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemelukpemeluk-pemeluknya Kemanusiaan yang adil dan beradab Persatuan Indonesia Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia 2. 4. Ketuhanan. rumusan-rumusan yang diajukan mengenai 5 dasar rumusannegara Pancasila belum merupakan keputusan yang finak karena perumusan dan sistematikanya baru merupakan unsur perseorangan. Penerimaan Piagam Jakarta oleh BPUPKI ( 14 Juli 1945) Piagam Jakarta diajukan pada sidang kedua BPUPKI tanggal 1010-16 Juli 1945. E. Piagam Jakarta/Jakarta Charter (22 Juni 1945) Rumusannya adalah sebagai berikut : 1.

F. Hatta Badan yang mula-mula bersifat ³Badan buatan Jepang´ untuk mulamenerima hadiah kemerdekaan dari Jepang ini. 3. Badan ini mempunyai kedudukan dan berfungsi penting karena : 1. .  Mewakili seluruh bangsa Indonesia. Soekarno Wakil Ketua : Dr. badan seperti itu mempunyai wewenang untuk meletakkan dasar negara. setelah takluknya Jepang dan Proklamasi Kemerdekaan Negara RI mempunyai sifat ³Badan Nasional´ Indonesia. Sebagai pembentuk negara. Menurut teori hukum. Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (9 Agustus 1945)     Tanggal dibentuk : 9 Agustus 1945 Ketua : Ir. Moh. 2.

Hatta atas nama bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Soekarno dan Drs. Situasi ini tidak disia-siakan oleh pera pemimpin bangsa terutama para disiapemuda segera menaggapi situasi tersebut dengan mempersiapkan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Proklamasi Kemerdekaan (17 Agustus 1945) Pada tanggal 14 Agustus 1945 Jepang menyerah kalah kepada sekutu. Moh. . Naskah proklamasi Kemerdekaan Indonesia ditandatangani Ir. Hal ini berarti terdapat kekosongan kekuasaan di Indonesia.G.

Pengesahan Undang-Undang Dasar UndangPemilihan presiden dan wakil presiden  Dalam pengesahanUUD disahkan pula dasar negara yang tercantum dalam pembukaan UUD. 3. 4.H. 2. Ketuhanan Yang Maha Esa Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab Persatuan Indonesia Kerakyatan Yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia 5. 2. . Pengesahaan UUD 1945 (18 Agustus 1945)  Acara sidang yang PPKI I tanggal 18 Agustus 1945 adalah : 1.  Rumusan dasar negara Pancasila yang tercantum di Pembukaan UUD 1945 merupakan rumusan yang sah . yaitu : 1.

Muh. alas atau dasar Sila dengan huruf i (i panjang) : peraturan tingkah laku baik Jadi arti dari Pancasila adalah lima aturan tingkah laku yang baik. c. 12 tanggal 13 April 1968.  Nama Pancasila sebagai dasar negara dikuatkan oleh pemerintah dengan ketetapan MPRS No. Inpres No. b. Yamin berasal dari bahasa sansekerta yang mempunyai arti : a. . XX/MPRS/1996. Panca : lima Sila dengan huruf i (i pendek) : sendi. Pengertian pancasila menurut Prof.

aturan Dalam UU RI No. Pancasila merupakan pengatur dan penyelenggara Pemerintahan dalam negara hukum yang diwujudkan dalam aturan-aturan hukum.3. FUNGSI PANCASILA 1) 2) Pancasila sebagai Dasar anegara Republik Indonesia Pancasila merupakan sumber palaksanaan jalannya pemerintahan pusat atau pemerintahan daerah. 10 tahun 2004 Kedudukan Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum. Pancasila sebagai Sumber dari segala Sumber hukum Negara. yang urutannya adalah sebagai berikut : UUD 1945 UU Peraturan Pemerintahan Peraturan Presiden Peraturan daerah .

termasuk oleh MPR hasil pemilu. Pancasila sebagai Falsafah Hidup Bangsa Indonesia Pancasila itu memuat nilai-nilai kebenaran yang perlu diyakini nilaikebenarannya walaupun Pancasila itu buatan manusia. Pancasila sebagai Kaidah Pokok yang Fundamental Pancasila itu tidak dapat diubah oleh siapapun. yang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia diterima sedangkan yang tidak sesuai ditolak.3) Pancasila sebagai Jiwa dan Kepribadian Bangsa Indonesia Pancasila merupakan ciri khas yang membedakan antara bangsa Indonesia dengan yang lain. Pancasila sebagai Filter Budaya Bangsa Indonesia Pancasila sebagai penyaring masuknya budsya asing. 4) 5) 6) .

Pancasila sebagai Pandangan Hidup Pancasila dapat menpersatukan bangsa Indonesia serta memberikan petunjuk dalam mencapai kesejahteraan lahir dan batin dalam masyarakat Indonesia yang beranekaragam sifatnya 8) 9) . Pancasila sebagai Tujuan yang akan dicapai oleh Bangsa Indonesia Pancasila mengandung tujuan yang ingin dicapai oleh masyarakat Indonesia.7) Pancasila sebagai Perjanjian Luhur Rakyat Indonesia Pancasila sebagai hasil persetujuan bersama wakil-wakil rakyat wakilmenjelang dan sesudah Proklamasi Kemerdekaan RI.

4.  .Ideologi Terbuka dan Ideologi Tertutup  Pengertian Ideologi Terbuka Ideologi terbuka adalah ideologi yang dapat berinteraksi dengan perkembangan zaman dan adanya dinamika secara internal. Isinya tidak langsung operasional. melainkan perlu penjabaran ke dalam nilai instrumental dan nilai praktis sehingga ideologi itu dapat terwujud dalam masyarakat. Pengertian ideologi terbuka menurut Frans Magnis Suseno : NilaiNilai-nilai dan cita-citanya bersumber dari kekayaan budaya citamasyarakat sendiri.

yaitu Ideologi ynag memungkinkan berkembangnya pemikiran-pemikiran baru tantang ideologi pemikirantersebut. yaitu Ideologi yang mengandung nilai-nilai dasar nilaiyang bersumber dari nilai riil yang hidup di masyarakat. yaitu : Dimensi realitas. tanpa menghilangkan hakekat yang terkandung dalam dirinya.  . Pengertian ideologi terbuka menurut Soejono : Adanya cita-cita dan nilai-nilai dasar citanilaiTidak langsung bersifat operasional Setiap kali harus dieksplisit Eksplisitasi dilakukan dengan menghadapkan pada berbagai masalah melalui refleksi nasional Ideologi terbuka memiliki 3 dimensi. Dimensi idealis. yaitu Ideologi yang mengandung cita-cita yang citaingin dicapai dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat. Dimensi Fleksibilitas.

4.Perbedaan Ideologi Terbuka dan Ideologi tertutup Ideologi Terbuka 1. Ideologi Tertutup 1. 3. Bersifat dinamis dan reformis. Terdiri atas tuntutan konkret dan operasional yang diajukan secara mutlak. 2. 5. Berupa nilai-nilai dan cita-cita yang nilaicitaberasal dari masyarakat itu sendiri. 6. 5. Dibenarkan atas nama ideologi masyarakat harus berkorban. Hasil musyawarah dan konsesus masyarakat. Merupakan cita-cita yang sudah citahidup dalam masyarakat. Kepercayaan dan kesetiaan ideologis yang kaku. 7. 6. 2. Merupakan cita-cita suatu citakelompok orang yang mendasarisuatu program untuk mengubah dan memperbaharui masyarakat. 3. Isinya tidak operasional. Adanya ketaatan yang mutlak. Milik seluruh rakyat. oleh karena itu sekaligus sebagai kepribadian masyarakat. Bukan berupa nilai-nilai dan citanilaicitacita. menjadi operasional bila diwujudkan dalam konstitusi. 4. Bukan merupakan cita-cita yang citahidup dalam masyarakat. bahkan kadang dengan menggunakan kekuasaan dan kekuatan .

Nilai dasar Nilai dasar adalah nilai yang tetap dan tidak berubah. Nilai Instrumental Nilai Instrumental adalah nilai yang merupakan sarana untuk mewujudkan nilai dasar yang dapat berubah sesuai dengan keadaan. dan selalu berinteraksi dengan perkembangan jaman dan adanya dinamika internal. c. Nilai Praktis Nilai praktis adalah nilai yang sesungguhnya dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari sehari- .  Tingkatan nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai ideologi terbuka : a.Pancasila adalah Ideologi Terbuka Pengertian Pancasila sebagai Ideologi Terbuka  Definisi : Pancasila merupakan ideologi yang memiliki sifat dinamis dan tidak membeku. tercantum pada pembukaan UUD 1945 alinea 4. tercantum pada pembukaan UUD 1945 alinea 4 b.

Batasan keterbukaan ideologi Pancasila a. Dimensi Idealisme Pancasila merupakan nilai yang dicita-citakan dan ingin diwujudkan dicitadalam masyarakat diberbagai bidang kehidupan. Mencegah berkembangnya paham Liberal d. Dimensi Fleksibel Pancasila merupakan nilai yang bersifat fleksibel karena bersifat dinamis. Stabilitas nasional yang dinamis b. Penciptaan norma yang baru harus melalui konsensus . c.Leninisme dan Komunisme c. Larangan terhadap pandangan ekstrim yang menggelisahkan kehidupan masyarakat e. Larangan terhadap ideologi Marxisme. Dimensi Realita Pancasila bersumber dari nilai-nilai yang hidup dimasyarakat nilaiIndonesia b.  Dimensi yang terkandung dalam nilai Pancasila : a. dan dapat disesuaikan dengan tuntutan dan perkembangan jaman.

Pancasila sebagai Sumber Nilai dan Paradigma Pembangunan .

2 Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan padigma pembangunan Indikator 1. Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan . Mendiskripsikan Pancasila sebagai sumber nilai 2.Standar Kompetensi : 1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka Kompetensi Dasar 1. Mendiskripsikan Pancasila sebagai padigma pembangunan 3.

 . Pancasila dijadikan sumber nilai karena Pancasila mengandung nilai ± nilai dasar yang kebenarannya diakui dari budaya dan pengalaman bangsa serta tumbuh berkembang dalam kehidupan masyarakat Indonesia. perbuatan dan tingkah laku.benar (nilai kebenaran).Pancasila sebagai Sumber Nilai  Pengertian Nilai Sesuatu dikatakan mempunyai nilai apabila sesuatu itu berguna. Pancasila sebagai Sumber Nilai Artinya bahwa seluruh tatanan kehidupan bermasyarakat. Sehingga nilai adalah sesuatu yang abstrak dan tidak dapat disentuh oleh panca indera kita. baik (nilai moral) dan religius (nilai religi). bangsa dan negara menggunakan Pancasila sebagai dasar moral atau norma dan tolak ukur tentang baik buruk dan benar salahnya sikap. indah (nilai estetika).

. Membina kerukunan hidup diantara sesama umat beragama da n kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Mengembangkan sikap menghormati bekerja sama antar pemeluk agama dan menganut kepercayaan yag berbeda-beda berbedaterhadap Tuhan Yang Maha Esa. SILA KETUHANAN YANG MAHA ESA 1. sesuai degan agama dan kepercayaannya masingmasingmasing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 5. 4. Manusia Indonesia percaya da taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Nilai ± nilai Pancasila I. 3. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaan dan ketaqwaannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa 2. Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah masalah yang menyangkut hubugan pribadi manusia dengan Tuhan YME yang dipercayai dan diyakini.

II. 4. agama. semena- . Mengembagkan sikap tenggang rasa dan tepa selira. warna kulit dan sebagainya. Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatya sebagai makhluk Tuhan YME. keturunan. Mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia. 2. SILA KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB 1. Mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain. Mengakui persamaan derajat. 3. membedakepercayaa. persamaan hak dan kewajiban asasi setiap manusia tanpa membeda-bedakan suku. 5. jenis kelamin. kedudukan sosial.

Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa. 2. Memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial. . Sanggup rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa. 5. 4. SILA PERSATUAN INDONESIA 1. Mengembangkan rasa kebanggaan berkembangsaan da bertanah air Indonesia. 3.III. serta kepentigan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama dan diatas kepentingan pribadi atau golongan. Mampu menempatkan persatuan dan kesatuan. apabila diperlukan.

SILA KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAH KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN/PERWAKILAN 1. Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah. Sebagai warga negara dan warga masyarakat. Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama. 3. . hak dan kewajiban yang sama. 4. 5. 2. setiap manusia Indonesia mempunyai kedudukan. Tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain. Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan.IV.

Suka memberikan pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri. Menghormati orang lain 5. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban 4. yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotong. SILA KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA 1. Mengembangkan perbuatan luhur. Mengembangkan sikap adil terhadap sesama 3.royongan kegotong2.V. .

pola yang dijadikan kerangka acuan dalam upaya untuk melaksanakan perubahan.ubah berubahPada umumnya. paradigma berarti seperangkat unsur bahasa yang sebagian bersifat konstan & berubah.Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan I. pola yang dijadikan kerangka acuan.menerus terusyang merupakan upaya perbaikan& kemajuan kehidupan manusia dalam masyarakat. contoh. paradigma berarti sebagai model.perbaikan&kemajuankehidupan manusia dalam masyarakat. Pengertian Paradigma Pembangunan      Paradigma berasal dari bahasa Inggris yaitu model. Pembangunan berarti proses perubahan secara terus. masyarakat. Dalam kamus Bahasa Indonesia. pola. . contoh. acuan. Sehingga arti dari Paradigma Pembangunan adalah model.

sendiri. pancasila. tolak ukur. Berdasarkan konseptualisasi paradigma pembangunan. arah & tujuan dalam pembangunan nasional. .Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan    Pancasila sebagai paradigma pembangunan berarti pancasila dijadikan sebagai kerangka acuan. nasional. pengawasan & hasil yang dicapai/ arah pembangunan & pelaksanaannya tidak boleh menyimpang dari pancasila. mulai dari perencanaan. pelaksanaan. maka unsur manusia dalam pembangunan sangatlah penting& sentral. Hal ini menunjukan bahwa dalam segenap aspek pembangunan nasional harus berdasar pada pancasila. karena manusia adalah pelaku sekaligus tujuan pembangunan itu sendiri.

Gotong royong b. pancasila haruslah benar. Kegiatan lingkungan hidup dan siskamling Di lingkungan berbangsa & negara : a.III. Kegiatan wisata siswa Di lingkungan Keluarga : a.benar di hayati. Sikap hidup hemat.nilai pancasila sebagai penuntun sikap dan tingkah laku. Kerja keras membangun bangsa b. Maka. Taat membayar pajak .     Di lingkungan Sekolah : a. Upacara bendera b. diamalkan dalam kehidupan benarsehari ±hari baik dalam pribadi. Sikap Positif Pancasila sebagai Ideologi Terbuka Perilaku yang sesuai dengan Nilai-nilai Pancasila NilaiSebagai WNI yang baik kita harus berperilaku sesuai dengan nilainilai. Keteladan dan bimbingan orang tua b. kemasyarakatan dan kenegaraan. disiplin dan bertanggung jawab Di lingkungan masyarakat : a.

selesai .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->