Standar Kompetensi : Memahami hakikat bangsa Kesatuan Republik Indonesia

dan

Negara

Š Š Š Š Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsurunsur terbentuknya negara Mendeskripsikan hakikat negara dan bentukbentuk kenegaraan Menjelaskan pengertian. fungsi dan tujuan NKRI Menunjukkan semangat kebangsaan. nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat. berbangsa dan bernegara .

Memiliki nama Memiliki wilayah tertentu Memiliki mitos leluhur bersama Bangsa adalah komunitas etnik yang berciri Memiliki kenangan bersama Memiliki solidaritas tertentu Memiliki satu/ beberapa budaya yang sama .

bangsa terbentuk karena adanya faktor-faktor : ƒ Kesamaan keturunan ƒ Kesamaan bahasa ƒ Kesamaan politik ƒ Kesamaan agama  Kesamaan wilayah  Kesamaan adat istiadat  Kesamaan perasaan .Š Š Secara sosiologis. bangsa adalah kelompok paguyuban yang secara kodrati ditakdirkan untuk hidup bersama dan senantiasa sepenanggungan di dalam suatu negara. Menurut Hans Kohn.

Ratzel Bangsa terbentuk karena adanya hasrat bersatu Jalobsen dan Lipman Suatu kesatuan budaya (cultural unity) dan kesatuan politik (political unity) .Š Š Š Otto Bauer Kelompok manusia yang mempunyai kesamaan karakter F.

Š Š Hans Kohn Hasil tenaga hidup manusia dalam sejarah Ernest Renan Suatu jiwa atau suatu akal yang terjadi dari dua hal. yaitu rakaat yang harus bersama-sama menjalankan suatu riwayat dan rakyat yang kemudian harus mempunyai kemauan atau keinginan hidup untuk menjadi satu .

membagi dua pengertian lainnya kepada pasangannya.Š Š Š Š Ingatlah minimal tiga pengertian bangsa menurut para ahli ! Bagikan pengertian tersebut kepada teman disebelahmu ! Sebaliknya teman yang telah mendapat pengertian tersebut. . Lalu bertukarlah ke empat teman lainnya untuk membagikan pengertian negara menurut para ahli.

pengaruh dan prestise . unggul. asli dan khas Keinginan unggul dalam kehormatan.Keinginan mencapai kesatuan nasional Keinginan mencapai kemerdekaan dan kebebasan sepenuhnya Unsur pembentuk bangsa (Friedrich Hertz) Keinginan mandiri. individualitas.

the state (Inggris) de staat (Belanda) lo stato (Italia) Istilah Negara L·etat (Prancis) statum (Latin) der staat (Jerman) .

Š Š Š Š Cari dan salinlah minimal enam pengertian negara menurut para ahli dari berbagai sumber ! Ingat masing-masing tiga pengertian negara menurut para ahli ! Bagikan secara lisan pengertian negara tersebut dengan pasanganmu ! Bertukarlah pasangan dengan pasangan lain lalu bagikan pengertian tersebut sementara yang lain melengkapi pengertian di buku catatannya. . Sebaliknya.

Unsur-unsur negara meliputi : ƒ ƒ ƒ ƒ Rakyat Wilayah Tertentu Pemerintah yang Berdaulat (Intern dan Ekstern) Pengakuan dari negara lain (de facto & de jure) .Š Š Unsur-unsur negara tertuang dalam Konvensi Montevideo sebagai hasil konferensi Pan-Amerika di Montevideo tahun 1933.

Š Š Š Š Permanen (tetap ada selama negara itu berdiri) Asli (tidak berasal dari negara lain) Bulat (satu-satunya kekuasaan tertinggi dalam negara dan tidak dapat dibagi-bagi) Tidak terbatas/ absolut (tidak dibatasi oleh siapa pun) .

Diskusikan masalah berikut Apakah Indonesia telah memiliki keempat unsur negara tersebut ? ƒ Berikan penjelasan beserta contoh unsur-unsur negara yang dimiliki oleh negara Indonesia ! ƒ Š Presentasikan hasil diskusi di depan kelas. .Š Š Š Buatlah 5 kelompok yang terdiri dari 5-6 orang (tentukan ketua dan sekretaris). Cermati unsur-unsur terbentuknya negara.