P. 1
biologi Kacang ijo

biologi Kacang ijo

|Views: 675|Likes:
Published by Patma J Sindhunata

More info:

Published by: Patma J Sindhunata on Aug 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2013

pdf

text

original

KELOMPOK 2

Azmi Indah Puspita Candra Asri Pertiwi Diena Shulhu Asysyifa Fatmala Umi M Lisa sofia Haruni

TOPIK PENELITIAN Pengaruh jenis air terhadap pertumbuhan kacang hijau .

RUMUSAN MASALAH Apakah perbedaan jenis air berpengaruh terhadap pertumbuhan kacang hijau ? Manakah air yang paling baik terhadap pertumbuhan kacang hijau? .

TUJUAN Mengetahui pengaruh berbagai jenis air terhadap pertumbuhan kacang hijau Untuk mengetahui jenis air manakah yang paling baik untuk pertumbuhan kacang hijau .

HIPOTESIS f Berdasarkan landasan teori di atas. air tawar merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan kacang hijau .

selanjutnya plumula tumbuh dan berkembang menjadi daun dan batang. Perubahan embrio pada saat perkecambahan umumnya adalah radikula tumbuh dan berkembang menjadi akar. 1. perkecambahan epigeal kotiledon nya terdorong ke atas tanah. perkecambahan ini terjadi pada kacang hijau dan tumbuhan jarak .DASAR TEORI perkecambahan merupakan proses pertumbuhan dan perkembangan embrio. perkecambahan hipogeal kotiledon nya tetap berada di dalam tanah. pertumbuhan ini terjadi pada kacang kapri dan jagung 2.

Osmosis merupakan salah satu transpor pasif. vitamin E. Pemberian air murni yang tidak di campur zat apapun akan mempertinggi peristiwa osmosis. .Dalam proses pertumbuhan. Dan air teh sendiri mengandung polifenol. Auksin bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan pucuk dan kemunculan tunas baru. Sedangkan air yang dicampurkan zat lain akan membuat proses osmosis lebih rendah. Sedangkan air cucian beras mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi. faktor air merupakan hal yang mutlak karena adanya peristiwa imbibisi (proses penyerapan air). asam amino L-theanine. vitamin C. Tumbuhan dengan proses osmosis lebih tinggi akan mengalami pertumbuhan yang lebih cepat. flouride. Sedangkan giberelin berguna untuk merangsang pertumbuhan akar. Dalam proses imbibisi ini. tumbuhan berosmosis untuk mendapatkan air. dan kafein. vitamin B. yaitu transpor yang tidak memerlukan energi karena tidak melawan arah gradiensi yaitu dari tekanan tinggi ke tekanan yang lebih rendah. Karbohidrat bisa jadi perantara terbentuknya hormon auksin dan giberelin. vitamin A.

6. 4.ALAT DAN BAHAN : 1. 3. Aqua gelas Tanah 15 biji kacang hijau Air tawar Air cucian beras Air rendaman teh penggaris . 5. 7. 2.

3. A untuk tanaman yang disiram dengan air tawar . 5. Berilah label masing-masing aqua gelas. Isi tiap aqua gelas dengan tanah dalam jumlah yang sama Tanamlah 5 biji kacang hijau pada tiap aqua gelas. 4. lalu buatlah kesimpulan . 2. B untuk tanaman yang disiram dengan air rendaman teh . C untuk tanaman yang disiram dengan air cucian beras Siram biji kacang hijau sesuai dengan keterangan diatas Amati dan catat perkembangan pertumbuhan setiap hari selama 1 minggu Tulislah hasil pengamatan dalam tabel pengamatan.PROSEDUR KERJA 1.

3 cm Panjang plumula 14 cm Panjang plumula rata-rata 0.8 cm .6cm) . Daun belum tumbuh Panjang plumula 5 cm . radikula bertambah akar Panjang plumula rata-rata 5 cm.Pengamatan dari tanggal 20 Juli ² 27 Juli 2011 Hari ke1 2 3 4 Pot A (air tawar) Belum ada perubahan pada biji 5 biji merekah Biji mulai berkecambah Plumula bertambah panjang (rata-rata 3. Mulai tumbuh daun Panjang plumula rata-rata 7 cm . daun berwarna hijau dengan lebar daun 1cm Panjang plumula 10 cm Panjang plumula 15 cm Pot B (air rendaman teh) Belum ada perubahan pada biji Hanya 3 biji yang merekah Biji mulai membuka 3 biji tadi mulai berkecambah Pot C (air cucian beras) Belum ada perubahan pada biji 5 biji belum merekah 2 biji mulai membuka Mulai berkecambah 5 Panjang plumula rata-rata 3 cm .6 cm . Daun belum tumbuh Panjang plumula masih sama Mulai tumbuh daun 6 7 8 Panjang plumula 3.8 cm Panjang plumula 5. Mulai tumbuh daun dan radikula Panjang plumula 8.

vitamin E. di bandingkan air cucian beras dan air rendaman the. dan asam amino. Sedangkan air cucian beras lebih pekat karena mengandung molekul karbohidrat. f f .PEMBAHASAN f Berdasarkan data hasil pengamatan pada tabel. pertumbuhan kacang hijau yang di siram dengan air tawar (biasa) akan lebih cepat berkecambah. Di dalam vitamin E terkandung zat anti penggadaan sel yang menyebabkan pertumbuhannya lambat. dan gula yang menghambat proses osmosis Dalam air rendaman teh terkandung polifenol. Karena adanya proses osmosis dalam tumbuhan yang menuntut tekanan di dalam tumbuhan harus lebih rendah daripada di luar tumbuhan. hemiselulosa.

. dapat di simpulkan bahwa jenis air yang paling baik untuk pertumbuhan kacang hijau adalah air tawar.KESIMPULAN f Dari penelitian ini. Selanjutnya air rendaman teh. dan air cucian beras .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->