Kelainan Ginjal & Saluran kemih bawaan Kelainan Ginjal & Saluran Kemih Bawaan DEFINISI Kelainan bawaan pada ginjal

dan saluran kemiih lebih sering ditemukan daripada kelainan bawaan pa da bagian tubuh lainnya. Kelainan bawaan yang menyumbat aliran air kemih menyebabkan air kemih tertahan dan hal ini bisa menyebabkan infeksi atau pembentukan batu ginjal. Suatu kelainan bawaan pada sistem kemihkelamin bisa menyebabkan gangguan fungsi ginjal atau menyebabkan kelainan fungsi seksual maupu n kemandulan di kemudian hari.

KELAINAN GINJAL & URETER Pada saat pembentukan ginjal bisa terjadi sejumlah kelainan: · Ektopia : ginjal tidak terletak pada tempat yang seharusnya · Malrotasi : ginjal berada pada posisi yang salah · Horseshoe kidney : kedua ginjal bersatu · Agenesis ginjal : ginjal tidak terbentuk · Sindroma Potter : kedua ginjal tidak terbentuk · Penyakit ginjal polikista : ginjal mengandung banyak kista. Kelainan yang mungkin ditemukan pada ureter (saluran kemih yang menghubungkan ginjal dengan ka ndung kemih): · Ekstra ureter · Misplaced ureter · Ureter yang melebar atau menyempit. Air kemih bisa mengalir balik dari kandung kemih ke dalam ureter yang abnormal, sehingga mudah te rjadi infeksi ginjal (pielonefritis). Ureter yang menyempit bisa menghalangi aliran air kemih dari ginjal ke kandung kemih dan bisa men yebabkan ginjal membesar (hidronefrosis) serta menyebabkan kerusakan ginjal. Horseshoe Kidney Pada horseshoe kidney, ginjal menyatu pada bagian bawahnya sehingga bentuknya menyerupai tapal kuda. Kelainan ini tidak menimbulkan gejala atau masalah dan seringkali tidak terdeteksi. Ginjal tapal kuda mungkin ditemukan secara tidak sengaja pada pemeriksaan rontgen atau USG di daerah ginjal yang di lakukan untuk keperluan lain. Pada beberapa kasus, ginjal tapal kuda bisa menyebabkan gangguan pada pengaliran air kemih ke dala m ureter. Hal ini akan menyebabkan meningkatnya resiko infeksi ginjal dan kerusakan fungsi ginjal. Jika timbul gangguan, maka keadaan ini bisa diperbaiki melalui pembedahan.

Ginjal Agenesis Sekitar 1 diantara 1.500 bayi terlahir hanya dengan satu ginjal. Ginjal ini biasanya lebih besar dari nor mal. Dengan satu ginjal, seseorang masih bisa menjalani kehidupan yang normal. Tetapi ada 3 hal penting yang dapat membantu menjamin kesehatan ginjal: - Katakan pada setiap dokter yang anda kunjungi bahwa anda hanya memiliki satu ginjal.

dimana cairan ketubann ya sangat sedikit atau tidak ada. teling a yang rendah dan dagu yang tertarik ke belakang) . Gejalanya berupa: Wajah Potter (kedua mata terpisah jauh. minum air putih sebanyak mungkin. Selain itu. Diagnosis ditegakkan berdasarkan adanya fenotip Potter. KELAINAN KANDUNG KEMIH Sejumlah kelainan bawaan yang bisa ditemukan pada kandung kemih: · Ekstrofi : kandung kemih tidak terbentuk secara sempurna sehingga terbuka ke permukaan perut.Rontgen perut bayi . · Kelainan pada dinding kandung kemih. Oligohidramnion juga menyebabkan terhentinya perkembangan paru-paru (paruparu hipoplastik). pangkal hidung yang lebar. Batu dapat merusak ginjal. Pada sindroma Potter. Oligohidramnion menyebabkan bayi tidak memiliki bantalan terhada p dinding rahim. baik karena kegagalan pembe ntukan ginjal (agenesis ginjal bilateral) maupun karena penyakit lain pada ginjal yang menyebabkan g injal gagal berfungsi. terdapat lipatan epikantus. paru-paru tidak berfungsi sebagaimana mestinya. kelainan yang utama adalah gagal ginjal bawaan. ginjal membentuk cairan ketuban (sebagai air kemih) dan tidak adanya cairan ketuban menyebabkan gambaran yang khas dari sindroma Potter. Tekanan dari dinding rahim menyebabkan gambaran wajah yang khas (wajah Potter) . sehingga pada saat lahir.Analisa gas darah. Dalam keadaan normal. oligohidramnion. karena ruang di dalam rahim sempit. paruparu yang kaku dan kelainan sistem saluran kemih-kelamin. Kelainan kandung kemih bisa diatasi dengan pembedahan. Aliran kemih menjadi lambat dan bisa terjadi infeksi. Fenotip Potter digambarkan sebagai suatu keadaan khas pada bayi baru lahir. Pengobatan ditujukan untuk memperbaiki penyumbatan pada saluran kemih. · Penyempitan pada lubang kandung kemih yang tersambung ke uretra bisa menyebabkan pengosong an kandung kemih yang tidak sempurna.Gawat pernafasan. Sindroma Potter Sindroma Potter dan Fenotip Potter adalah suatu keadaan kompleks yang berhubungan dengan gagal g injal bawaan dan berhubungan dengan oligohidramnion (cairan ketuban yang sedikit).Untuk mengurangi kemungkinan terbentuknya batu ginjal.Rontgen paru-paru bayi .Lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur. maka anggota gerak tubuh menjadi abnormal atau m engalami kontraktur dan terpaku pada posisi abnormal. Pemeriksaan yang biasa dilakukan: USG ibu (menunjukkan oligohidramnion serta tidak adanya ginjal janin atau ginjal yang sangat abnor mal) . . yaitu adanya kantung divertikula) yang memungkinkan alira n kemih terhenti dan meningkatkan resiko terjadinya infeksi saluran kemih. .Tidak terbentuk air kemih .

yaitu pada gla ns penis.Jika berkemih. mungkin akan terjadi gangguan dalam melakukan hubungan seksual. Bayi yang menderita hipospadia sebaiknya tidak disunat. Jika tidak diobati. Pada saat ini. p erbaikan hipospadia dianjurkan dilakukan sebelum anak berumur 18 bulan. mungkin perlu dilakukan pemeriksaan radiologis untuk me meriksa kelainan bawaan lainnya.000 bayi baru lahir.KELAINAN URETRA Uretra adalah saluran yang mengalirkan air kemih keluar tubuh. Diagnosis ditegakkan berdasarkan pemeriksaan fisik. Rangkaian pembedahan biasanya telah selesai dilakukan sebelum anak mulai sekolah. Baik pada anak perempuan maupun anak lakilaki. anak harus duduk. Terdapat 3 jenis epispadia: · Lubang uretra terdapat di puncak kepala penis . dimana lubang uretra terdapat di bagian punggung penis atau uretra tidak berbentuk tabung. tetapi berada di bawah atau di dasar penis . mungkin akan terjadi kesulitan dalam pelatihan buang air pada anak dan pada saat d ewasa nanti. Bentuk hipospadia yang lebih berat terjadi jika lubang uretra terdapat di tengah batang penis atau pada pangkal penis. Kulit depan penis dibiarkan untuk digunaka n pada pembedahan nanti. kebanyakan lubang uretra terletak di dekat ujung penis. dan kadang pada skrotum (kantung zakar) atau di bawah skrotum. Gejalanya adalah: . Pada anak laki-laki bisa ditemukan kelainan berikut: · Hipospadia : lubang uretra berada pada penis bagian bawah · Epispadia : uretra pada penis terbuka dan tidak tertutup seperti halnya sebuah tabung. Hipospadia Hipospadia adalah suatu keadaan dimana lubang uretra terdapat di penis bagian bawah. Jika hipospadia terdapat di pangkal penis. Beratnya hipospadia bervariasi. tetap i terbuka. Hipospadia merupakan kelainan bawaan yang terjadi pada 3 diantara 1. yang menyebabkan penis m elengkung ke bawah pada saat ereksi. Kelainan pada uretra bisa diperbaiki melalui pembedahan.Penis tampak seperti berkerudung karena adanya kelainan pada kulit depan penis . Kelainan ini seringk ali berhubungan dengan kordi. penyempitan uretra bisa menyumbat aliran air kemih. Uretra bisa abnormal atau tidak terbe ntuk. yaitu suatu jaringan fibrosa yang kencang. bukan di ujun g penis.Lubang penis tidak terdapat di ujung penis.Penis melengkung ke bawah . Epispadia Epispadia adalah suatu kelainan bawaan pada bayi lakilaki.

sehingga yang berkembang adalah mesonefros bagian kaudal.Pronefros akan menghilang pada akhir minggu ke-4. .Mesonefros berasal dari mesoderm intermedia segmen dada hingga lumbal bagian atas (L3). Pembentukan ginjal dan salurannya Dua minggu setelah pembuahan akan terbentuk tiga lapisan germinal pada embrio. suatu tonjolan mesonefros di dekat muaranya ke kloaka. Pelvis renalis akan bercabang-cabang banyak menjadi kaliks mayor. Sistem urinarius a. Gejalanya adalah: . mesoderm dan endoderm. . Bersama-sama dengan gonad. dilakukan pemeriksaan berikut: . Pada hari ke-17. mesoderm intermediat. Pertengahan bulan ke-2. kaliks minor. mesonefros. . Tunas ini menembus metanefros (ginjal) dan membentuk pelvis renalis. Dan pada minggu ke-4.Metanefros adalah cikal-bakal ginjal. Saluran-saluran ginjal permanen berkembang dari tunas ureter. pelipatan secara lateral mengakibatkan mesoderm terbagi menjadi tiga bagian besar. dan sakral. yaitu ektoderm.· Seluruh uretra terbuka di sepanjang penis · Seluruh uretra terbuka dan lubang kandung kemih terdapat pada dinding perut. mesoderm intermediat terputus hubungannya dengan somit (yang berasal dari mesoderm paraksial) dan membentuk kelompok sel yang disebutnefrotom di daerah servikal dan korda nefrogenik pada daerah toraks. mesonefros membentuk gonad.Lubang uretra terdapat di punggung penis . mesonefros membentuk rigi urogenital. dan mesoderm lateral. sedangkan korda nefrogenik menghasilkan tubulus ekskresi pada sistem ginjal dan rigi urogenital pada dinding dorsal rongga selom Ada tiga pembentuk sistem ginjal selama fase organogenesis. Simpai Bowman bersama-sama dengan glomerulus membentuk korpuskulum mesonefrikus (renalis). Saluran keluarnya bermuara ke duktus mesonefros (duktus Woff). Epispadia biasanya diperbaiki melalui pembedahan. Kurang lebih terdapat satu hingga tiga juta saluran pengumpul.Radiologis (IVP) . berturut-turut dari kranial ke kaudal yaitu: pronefros. lumbal.USG sistem kemih-kelamin.. Untuk menilai beratnya epispadia. Mesonefros di bagian kranial mengalami degenerasi pada akhir bulan ke-2. dan metanefros. yaitu mesoderm paraksial. Mesonefros membentuk simpai Bowman.Lubang uretra terdapat di sepanjang punggung penis. dan saluran pengumpul. Nefrotom kelak tidak berfungsi.

dan . yaitu ginjal yang gagal naik ke rongga perut. Penyakit ginjal bisa disebabkan antara lain oleh kelebihan racun. anemia. Selanjutnya. yang merupakan hasil pemisahan kloaka menjadi dua bagian: sinus anorektal dan sinus urogenital. Akhir bulan ke-3. namun seiring dengan pertumbuhan tumbuh di daerah lumbal dan sakral maka ginjal berangsung-angsur naik ke rongga perut. Anomali ginjal Anomali-anomali kongenital yang sering terjadi pada sistem urinarius antara lain sebagai berikut: 1. dan menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. loop of Henle. yaitu mukosa kandung kemih yang terpajan ke udara luar. Ureter ektopik. yang pada laki-laki akan membentuk kelenjar prostat sedang pada perempuan membentukkelenjar uretra dan parauretra. Pembentukan uretra Uretra terbentuk dari endoderm (bag. epitel uretra membentuk tonjolan keluar. epitel) dan mesoderm spanknik (bag. Ekstrofi kandung kemih. e. bagian berikutnya membentuk sinus urogenitalis bagian panggul (pada pria membentuk uretra) dan bagian terakhir membentuk sinus urogenitalis (bagian penis) c. dan tubulus kontortus distal. Ginjal tapal kuda. Terbentuklah ginjal dan saluran-salurannya. yaitu ujung kaudal kedua ginjal mengalami penyatuan 7. 2. 8. Posisi ginjal Awalnya ginjal berada di daerah panggul. DIET PENDERITA PENYAKIT GINJAL MASALAH pada ginjal bisa memengaruhi kemampuan tubuh untuk membuang kotoran. 5. 6. yaitu menetapnya pembuluh-pembuluh darah embrional pada ginjal. Ginjal pelvis. Pembentukan kandung kemih Kandung kemih terbentuk dari sinus urogenitalis. yaitu fistula/kista/sinus yang terbentuk antara kandung kemih dan lumen allantois. d. jaringan penyambung dan otot polos). Agenesis ginjal.Ujung-ujung saluran pengumpul yang sudah terbentuk (vesikel renalis) akan bertemu dengan glomerulus membentuk nefron. Fistula/kista/sinus urakus. b. 3. yaitu ureter yang ujungnya tidak bermuara ke kandung kemih melainkan organ-organ lain seperti uretra atau vagina. hipertensi. menjaga keseimbangan kimia. diabetes. Arteri renalis asesorius. Ginjal polikistik. yaitu adanya kista-kista di ginjal yang menyebabkan insufisiensi. Duplikasi ureter parsial atau lengkap. yaitu kegagalan pembentukan ginjal dan dapat bersifat unilateral maupun bilateral. 9. saluran yang sudah terhubung ini akan memanjang dan membentuk tubulus kontortus proksimal. 4. Sinus urogenital sendiri terdiri dari tiga bagian: bagian atas membentuk kandung kemih.

Karena itu. penderita gagal ginjal harus membatasi asupan phosporus mereka dengan menghindari makanan dengan kandungan phosporus tinggi seperti susu. Asparagus. Terlalu banyak phosphorus dapat menyerap kalsium dari tulang dan menyebabkan osteoporosis atau retak tulang. Untuk membantu menjaga kadar gula darah dari fluktuasi. (Pri/OL -06) Jakarta . atau sayuran lain. Begitu juga. tak perlu khawatir. cokelat. Hindari pula daging. Menu makan kaya sayuran dan buah akan mengurangi risiko tubuh dibanjiri lemak jenuh. Sharon Moe dari Indiana University School of Medicine bersama . b. teh. Sup sayur adalah pilihan tepat untuk makan malam setelah seharian bekerja. Bila memungkinkan.com: a. hindari makanan cepat saji (fast food) karena mengandung sodium yang tinggi. Dikutip dari times of india. Banyak ahli yang merekomendasikan diet rendah phosphorus untuk pasien dengan penyakit ginjal kronis. Nutrisi itu membantu membangun jaringan dan memperbaiki syaraf yang rusak.Diet sayuran tidak hanya baik untuk menjaga berat badan ideal atau melancarkan sistem pencernaan. kacang kacangan dan minuman bersoda. gula rafinasi. Kacang-kacangan seperti kedelai kaya akan asam amino arginin yang penting untuk fungsi ginjal. dan bawang bombai. pilih makanan yang dipanggang darip ada yang digoreng. dan bayam karena sulit diproses tubuh. dan makanan olahan. NAmun. Coba beberapa anjuran di bawah ini seperti dikutip dari eHow. Phosporus merupakan suatu kimia yang sering dihubungkan dengan metabolisme kalsium. Makanan atau minuman dengan kandungan mineral tinggi juga harus dihindari. wortel dan ketimun kaya akan klorin. d. seledri. e. Sebuah studi yang belum lama ini dilakukan mengungkap. bagi penderita penyakit ginjal. telur. Tapi Anda boleh memkan burger sayuran yang berisi daun salada. Gejala paling umum dari adanya masalah pada ginjal ya kni pembengkakan pada tangan dan kaki. tomat. karena bisa menyebabkan penyakit jantung dan berakibat pada kematian. pisang. keju. pola makan dengan sayuran juga bisa membantu penderita penyakit ginjal untuk menghindari akumulasi toksin dari peningkatan phosporus di dalam tubuh mereka. Bila Anda memilih sup kalengan pastikan pilih produk denga sedikit kandungan sodium. Salah satu diet yang dianjurkan adalah dengan banyak mengonsumsi sayuran. f. pisang. Anda bisa meminimalkan masalah pada ginjal dengan menjalani diet vegetarian.penyakit lupus. makan lima camilan d alam sehari. bisa tempe. c.

antibiotika tertentu dan apabila terinfeksi segera diobati. Hasilnya. kadar phosphorus dalam darah lebih rendah dan penge luaran phosphorus dalam urin berkurang saat mereka diet dengan sayuran. Pasien diminta mengikuti diet sayur selama satu minggu. juga disarankan mengonsumsi cukup sayuran agar ginjal tetap berfungsi dengan baik. Untuk mereka dengan kondisi tubuh yang sehat.timnya telah mempelajari efek dari diet sayuran dan daging terhadap peningkatan kadar phosphorus pada sembilan pasien dengan penyakit ginjal kronis. Kontrol secara periodik. Sedangkan bagi mereka yang dinyatakan mengalami gangguan Ginjal. Terima kasih. Tindakan Pencegahan Terserang Penyakit Ginjal Kita yang dalam kondisi "merasa sehat" setidaknya diharapkan dapat melakukan pemeriksaan kedokter/kontrol/laboratorium. Lalu. Protein yang berasal dari nabati di antaranya kedelai. Semoga artikel ini berguna bagi Anda yang membutuhkan. biji-bijian atau kacang-kacangan. Hindari kekurangan cairan (muntaber). Para peneliti akhirnya menyimpulkan. lalu diikuti dengan diet daging dua hingga empat minggu sesudahnya. . dibandingkan saat mereka mengikuti diet dengan daging. sumber protein dalam diet punya efek yang sangat signifikan pada pembentukan tingkat phosph orus pada pasien penderita gagal ginjal kronis. baik ringan a tau sedang diharapkan berhati-hati dalam mengkonsumsi oabat -obatan seperti obat rematik. darah dan urin diperiksa setiap akhir minggu setelah pasien melakukan diet sayur/daging.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful