P. 1
Batu Sabun Tianhuang Stone

Batu Sabun Tianhuang Stone

|Views: 433|Likes:
Published by Anto Sidoarjo

More info:

Published by: Anto Sidoarjo on Aug 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/13/2012

pdf

text

original

Batu Koneng / Batu Sabun / Tianhuang Stones/batu koneng sagaranten “Tianhuang” atau di daerah Sagaranten dikenal dengan

sebutan Batu koneng / batu sabun adalah nama dari jenis batu yang dianggap sebagai batu yang paling berharga dari semua bahan batu patung di Negara Cina. Karena alasan ini ada yang menyebut tianhuang sebagai “raja batu” dari Cina. Bahkan karena sangat berharganya, dulu satu ons dari tianhuang bernilai sama dengan satu ons emas, semua itu berlanjut hingga sekarang, dan tianhuang tetap menjadi lebih berharga.

Pada musim gugur 1996, Beijing Hanhai Perusahaan menempatkan 460gram di pertengahan Qing tianhuang. Hiasan diukir dengan bagian atas berbentuk naga dilelang dengan harga penawaran awal 300,000-50,000 yuan, hingga akhirnya terjual dengan kesepakatan tertinggi 1.4milliar yuan. Tianhuang didapat di pegunungan oleh Stream Shoushan di pinggiran utara Fuzhou, ibukota FujianProvince. Di zaman kuno dulu, batu-batuan jatuh dari gunung dan mengendap di lapisan pasir yang terletak di bawah sawah oleh Stream Shoushan, dan secara bertahap berubah menjadi semacam bijih berpasir sedimental yang disebut tianhuang (yang secara harfiah berarti “lapangan dan kuning “).

Kebanyakan tianhuang ditambang dari bawah sawah, jenisnya bermacam-macam dibedakan berasarkan warnanya yaitu merah, putih, hitam dan abu-abu dan dikenal juga dengan sebutan hongtian, heitian baitian, dan huitian.

Setelah berabad-abad banyak pertambangan konstan, batu ini digolongkan ke dalam batu non-eksistensi. Dengan tekstur kristal dan lembab, tianhuang dianggap sebagai bahan terbaik yang tersedia untuk ukiran atau segel, dinegara Cina.

“Batu Sabun / Batu Koneng / Soap Stone / Tianhuang” ini dapat dibedakan dari warna dan tingkat kekerasan batu itu sendiri. Ada beberapa jenis batu kuning yang ada, dan yang paling banyak didapat di Sagaranten ini adalah jenis batu koneng yang berwarna orange, merah darah, kuning mentega, ungu dan wana lainnya yang memiliki warna dominan kuning.

patung.Akan tetapi warna yang banyak diminati oleh para kolektor adalah Batu Koneng atau batu sabun yang warnanya orange dan warna merah darah. yang harganya diatas batu-batu koneng warna lain. Bahan dasar Stempel atau cap. Dan lain-lain. Perlengkapan Perhiasan. . tergantung warna dan kesempuraan batu serta tingkat keretakan batu. Batu Koneng dimanfaatkan orang sebagai berikut: Dibentuk menjadi hiasan antik. Orang China menganggap batu ini dapat membuat Hoky. Harga Batu koneng itu sendiri perkilonya bisa mencapai 10 juta bahkan lebih.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->