Seni Musik Kalimantan Barat

Suku Dayak memiliki bermacam-macam alat musik, baik berupa alat musik petik, pukul dan tiup. Dalam kehidupan sehari-hari suku di pedalaman ini, musik juga merupakan sarana yang tidak kalah pentingnya untuk penyampaian maksud-maksud serta puja dan puji kepada yang berkuasa, baik terhadap roh-roh maupun manusia biasa. Selain itu musik alat-alat musik ini digunakan untuk mengiringi bermacammacam tarian. Seperti halnya dalam seni tari, pada seni musik pun mereka memiliki beberapa bentuk ritme, serta lagu-lagu tertentu untuk mengiringi suatu tarian dan upacaraupacara tertentu. Masing-masing suku memiliki kekhasannya sendiri-sendiri. Alat Musik Kalimantan Barat : Alat Musik Gendang Keterangan Ada beberapa jenis Gendang yang dikenal oleh suku Dayak Tunjung: y Prahi y Gimar y Tuukng Tuat y Pampong Sebuah gong besar yang juga digantungkan pada sebuah standar (tempat gantungan) seperti halnya gong di Jawa. Sama seperti gong di Jawa, dengan diameter 50-60 cm Sejenis alat musik pukul yang bilahbilahnya terbuat dari

Alat Musik Sampe Photo: AsiaFoto.com

Genikng

Gong

Glunikng

Alat musik pukul yang terdiri dari enam buah gong kecil tersusun menurut nada-nada tertentu pada sebuah tempat dudukan berbentuk semacam kotak persegi panjang (rancak). Alat musik tiup yang terbuat dari pelepah batang pisang dan memiliki 5 buah pipa bambu yang dibunyikan dengan mempermainkan udara pada rongga mulut untuk menghasilkan suara dengung. Bentuk alat musik ini mirip dengan bonang di Jawa. Memiliki 12 kunci. Gendang besar dengan ukuran panjang 3 m dan diameter 50 cm Sejenis alat musik pukul dari kayu yang berbentuk gambang. tergantung dari atas sampai bawah dan dimainkan dengan kedua belah tangan. Gong-gong kecil terbuat dari logam sedangkan . Mirip alat musik saron di Jawa.Jatung Tutup Jatung Utang Kadire Klentangan kayu ulin.

Biasanya diberi hiasan atau ukiran khas suku Dayak. Suliikng Alat musik tiup yang terbuat dari bambu. Alat pemukul terbuat dari kayu yang agak lunak. Sejenis gitar atau alat musik petik dengan dawai berjumlah 3 atau 4. Sebuah kecapi yang Taraai Uding (Uring) .Sampe tempat dudukannya terbuat dari kayu. Ada beberapa jenis suliikng: y Bangsi / Serunai y Suliikng Dewa y Kelaii y Tompong Sebuah gong kecil yang digantungkan pada sebuah standar (tempat gantungan).

terbuat dari bambu atau batang kelapa. ANTARE KAPUAS .1 = Es Antare Kapuas ngan Landak Belo'an patah tanjung pulau Mesjid Raye berdiri tegak Banggean kite warge kotenye Mesjid Raye berdiri tegak Banggean kite warge kotenye Antare Kapuas ngan Landak Indah pandangan sekitarnye Bersiuran sampan penambang Arusnye deras menghanyutkan Bersiuran sampan penambang Arusnye deras menghanyutkan Di kote katulistiwe Sunggoh indah pemandangan Ape age' di petang hare Aros pon tenang tadak begelombang SUNGAI KAPUAS Ketukan:4/4 .Semangat Sungai Kapuas gagah perkasa Nadi kota Pontianak Sepanjang masa mengalir terus Dari timur menuju ke laut Kemakmuran hidup dan kesuburan Dibawa oleh Kapuas Bugis Madura shona kapalnya .LANDAK Ketukan:4/4 . Alat musik ini dikenal juga sebagai Genggong (Bali) atau Karinding (Jawa Barat).

Senandung Sunggoh cantek bentok rupenye Mesjed Jami sbrang adenye Awal mule adenye kote Pontianak die punye name Barang siape ke Pontianak Jangan lupakan keraton raje Kalo' tidak pegi ke sanak Belomlah sampai dalam kotenye Peninggalan di jaman dolo' Mesjed Jami dan keratonnye Sultan Abdurrahman pendirinye Di jaman penjajahan Belande Itu bukti secare nyate Boleh bangge kite semue AE' KAPUAS Ketukan:4/4 .Riang Hei sampan laju Sampan laju dari ilir sampai ke ulu Sungai Kapuas Sunggoh panjang dari dolo' membelah kote .Meramaikan pelabuhan Bagai berbisik memanggil kita Berjuanglah dan berjasa Bangkitkan Toa usir durjana Jangan kenal jauh serta payah Pontianak kota air yang indah Sempurnakanlah jejakmu Sungai Kapuas gagah perkasa Lambang kita selamanya MASJED JAMI Ketukan:4/4 .

Hei tak disangke Tak disangke dolo' utan menjadi kote Ramai pendudoknye Pontianak name kotenye Sungai Kapuas punye cerite Bile kite minom ae'nye Biar pon pegi jauh ke mane Sunggoh susah na' ngelupakannye Hei Kapuas Hei Kapuas .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful