PROPOSAL KEGIATAN RAMADHAN 1432 H PONDOK PESANTREN MABDAUL FALAH

Nomor Lampiran Perihal : : : 001//PONPES MABDAUL FALAH/VIII/2011 1 (satu) bendel. Permohonan Bantuan Dana Kegiatan Ramadhan 1432 H

Kepada Yth; Bp. Bupati Kab. Tasikmalaya Di Tempat Bismillahirrahmanirrahiim Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokaatuh. Puji dan syukur senantiasa kita panjatkan ke hadlirat Allah SWT atas segala nikmat dan karuniaNya yang tak terhingga kepada kita. Shalawat dan salam tercurah kepada panutan kita Rasulullah Muhammad SAW beserta sahabat, kerabat dan pengikutnya hingga akhir zaman.
Dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, serta lebih mengoptimalkan nilai ibadah para jama’ah di bulan suci Ramadhan 1432 H, kami Pondok pesantren Mabdaul Falah yang berlokasi di Kp. Rancakuya Rt. 03 Rw. 04 Desa Sukamantri Kec. Ciawi Kab. Tasikmalaya, telah menyiapkan beberapa agenda kegiatan yang akan dilaksanakan selama bulan suci Ramadhan 1432 H dengan jumlah dana sebesar Rp. 8.125.000,- (Delapan juta seratus dua puluh lima ribu rupiah). terlampir Mengingat banyaknya biaya yang diperlukan untuk suksesnya acara, dengan ini kami mengajukan permohonan bantuan dana kepada kaum muslimin dan muslimat sebagaimana kami sampaikan dalam proposal terlampir. Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, semoga Bapak dapat membantu kami dalam merealisasikannya. Atas segala perhatian dan bantuannya kami ucapkan terima kasih. Wassalamu’alaikum Wr. Wb. Ciawi , 11 Agustus 2011 Ditetapkan oleh, Ponpes Mabdaul Falah, Sekretaris,

Ketua ,

UST. IIP SYAMSUL M Imam Masjid Mengetahui/Menyetujui : Kepala Desa Sukamantri

JEJEN JAENUDIN Camat Kec. Ciawi

UST. ABDUL MANAF E. Sudarso

tanggal 27 Sya’ban 1432 H. 19. yang berlokasi di Kp. barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu. maka wajiblag baginya berpuasa sebanyak hari yang ditinggalkannya itu. dengan menghadirkan penceramah Bpk.H. Shalat Tarawih : Yaitu shalat sunnah yang dilaksanakan secara berjama’ah di Majlis Ponpes Mabdaul Falah. kami Pondok pesantren Mabdaul Falah. supaya kamu bersyukur ”. lebih diutamakan untuk jamaah Dewasa. dengan ini menyusun Agenda Kegiatan Ramadhan 1432 H. K. Pelaksanaan shalat tarawih ditetapkan sebanyak 23 rakaat. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu. 04 Desa Sukamantri Kec.30 WIB s/d selesai. dengan melibatkan Santri Diniyah dan masyarakat. 2. Dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1432 H. Dilaksanakan dalam dua tahapan sbb : • Hari Sabtu. Tasikmalaya. maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu. dengan melibatkan semua lapisan masyarakat muslim Warga Rancakuya dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan ibadah di Majlis Ponpes Mabdaul Falah. Rancakuya Rt.PROPOSAL KEGIATAN RAMADHAN 1432 H PONDOK PESANTREN MABDAUL FALAH PENDAHULUAN : Dengan berlandaskan firman Allah QS : Al-Baqarah : 185 yang berbunyi : “ (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan. dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka). Ciawi Kab. • Hari Minggu Malam Senin. MAKSUD DAN TUJUAN : Pembuatan Agenda Kegiatan Ramadhan 1432 H dimaksudkan untuk meningkatkan semarak keagamaan di lingkungan majlis Ponpes Mabdaul Falah. Allah menghendaki kemudahan bagimu. lebih diutamakan untuk jamaah anak-anak dilaksanakan Pawai Ramadhan. bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). dengan 20 rakaat shalat tarawih (10 x 2 rakaat) plus shalat witir sebanyak 3 rakaat. yang dilaksanakan ba’da shalat isya. dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Tarhib Ramadhan : Yaitu tausiyah dan pembekalan kepada kaum muslimin untuk lebih mempersiapkan diri menghadapi bulan suci Ramadhan. Endang Hidayat Cibodas Pageningan. 03 Rw. Karena itu. pada hari-hari yang lain. Pkl. adalah : 1. BENTUK KEGIATAN : Adapun bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan sebelum dan selama bulan Ramadhan 1432 H di Majlis Ponpes Mabdaul Falah. tanggal 28 Sya’ban 1432 H. . mulai tanggal 1 Ramadhan s/d selesai bulan Ramadhan 1432 H.

Ceramah Ramadhan : Dilaksanakan setiap malam di sela pelaksanaan Shalat Tarawih berjama’ah di Majlis Ponpes Mabdaul Falah. SUSUNAN PANITIA : Untuk mendukung suksesnya seluruh kegiatan tersebut.3. Pengelolaan ZIS : Yaitu penerimaan dan penyaluran Zakat-InfaqShodaqoh yang menjadi kewajiban kaum muslimin. mulai tanggal 1 Ramadhan s/d selesai bulan Ramadhan 1432 H. Amaludin Ust. Penerimaan ZIS dibuka mulai tanggal 25 Ramadhan 1432 H setiap malam ba’da shalat tarawih. Shalat Idhul Fitri : Pelaksanaan shalat pada tanggal 1 Syawal 1432 H sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Kuliah Subuh: Yaitu ceramah umum yang dilaksanakan setelah shalat Shubuh berjamaah di Majlis Ponpes Mabdaul Falah. 7. Adapun penyalurannya disampaikan kepada para mustahik pada hari terakhir Ramadhan atau malam takbiran. kami menetapkan Panitia Semarak Ramadhan 1432 H sebagai berikut : Penasehat/Imam masjid Ketua Umum Sekretaris Umum Bendahara Koordinator Tarhib Koordinator Shalat Tarawih Koordinator Pengelolaan ZIS Seksi Penerimaan & Penyaluran Seksi Penakaran Masri Hasan Ust. Abdul Manaf Ust. Peringatan Nuzulul Qur’an : Dilaksanakan pada malam tanggal 17 Ramadhan 1432 H. dengan menghadirkan penceramah dari luar yang akan mengupas tentang sejarah turunnya Al-Qur’an. Setiap hari SabtuMinggu dan Hari Libur menghadirkan penceramah dari luar. sedangkan di malam-malam biasa (hari kerja) akan di isi oleh penceramah dari Jamaah Majlis Ponpes Mabdaul Falah. Jenal Ust. kandungan Al-Qur’an. Tempat dan tekhnik pelaksanaannya akan dimusyawarahkan dengan Forum DKM se Desa Sukamantri Kegiatan lainnya yang belum tersebut di atas. 6. 8. Iip Syamsul M Jejen Jaenudin Ghani . akan dilaksanakan secara spontanitas disesuaikan dengan kebutuhan. Kuliah Sore : Yaitu ceramah umum yang dilaksanakan setelah shalat Ashar berjamaah di Majlis Ponpes Mabdaul Falah sampai dengan menjelang Buka Puasa. 5. dan mengembalikan kecintaan jama’ah terhadap Al-Qur’an. 4. dilaksanakan setiap hari yang diisi oleh penceramah dari majlis Ponpes Mabdaul Falah. Aripin Ust. dilaksana-kan pada setiap hari yang diisi oleh penceramah dari majlis Ponpes Mabdaul Falah. disela pelaksanaan Shalat Tarawih.

Bendahara : Bertugas memberikan dukungan dana bagi pelaksanaan jalannya kegiatan Semarak Ramadhan. kuliah sore. dan Shalat Iedul Fitri. Diantara sumber penerimaan keuangan yang harus di kelola adalah : Kotak amal hasil penarikan pada saat Shalat Tarawih. dengan menghadirkan penceramah sesuai jadwal yang dapat memberi pencerahan dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan para jamaah. agar setiap kegiatan dapat berjalan dengan tertib. 3. agar pelaksanaan shalat tarawih dapat berjalan dengan tertib. serta bertanggungjawab terhadap seluruh kegiatan Semarak Ramadhan. agar setiap langkah panitia sejalan dengan kaidah-kaidah islam dan bernilai ibadah. lancar. lancar dan dapat dipertanggungjawabkan. 6. 5. Koordinator Shalat Tarawih : Bertugas melakukan koordinasi dengan semua pihak (khususnya dengan penceramah sesuai jadwal). memantau penerimaan dan pengeluaran dana dari setiap kegiatan agar dapat dipertanggungjawabkan kepada kaum muslimin.Koordinator Idul Fitri Koordinator Perlengkapan Koordinator Kebersihan Ust. serta sejalan dengan kebutuhan kaum muslimin. Aan Nanang Fajar TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB : Adapun tugas dan tanggungjawab dari masing-masing panitia tersebut diatas adalah : 1. dan melakukan koordinasi dengan para koordinator bidang kegiatan yang telah ditetapkan. 4. standby di pintu majlis. efisien. agar pelaksanaan Tarhib Ramadhan dapat berjalan sesuai dengan harapan : tepat waktu. Koordinator Tarhib : Bertugas melakukan koordinasi dengan semua pihak. . Penasehat : Bertugas memberikan arahan dan nasehat. Ramadhan Expo. 2. dan sesuai sasaran. Sekretaris Umum : Bertugas dan bertanggungjawab terhadap tertib administrasi pada seluruh kegiatan Semarak Ramadhan. kuliah subuh. dan turut memantau jalannya kegiatan Semarak Ramadhan di Majlis Ponpes Mabdaul Falah. Ketua Umum : Bertugas memantau jalannya kegiatan Semarak Ramadhan di Majlis Ponpes Mabdaul Falah secara umum agar tetap berjalan sesuai dengan yang direncanakan. padat materi.

selanjutnya menyalurkan sesuai dengan porsinya kepada para mustahik yang berhak menerimanya. 8. menyiapkan dan menjamin kehadiran penceramah pada waktunya. dan melakukan pencatatan pada buku yang telah disediakan. . Selanjutnya melakukan penyaluran pada waktunya. 9. melakukan koordinasi dengan masing-masing Koordinator pelaksana kegiatan yang bersangkutan. Koordinator Kebersihan : Bertugas dalam memantau dan menjaga kebersihan lingkungan dalam setiap pelaksanaan kegiatan Semarak Ramadhan. 10. Koordinator Pengelolaan ZIS : Bertugas melakukan koordinasi dengan semua pihak. Dalam tugasnya Koordinator Pengelolaan ZIS dibantu oleh para seksi yang masing-masing memiliki bidang tugas sebagai berikut : • Seksi Penerimaan & Penyaluran : Bertugas menerima pembayaran ZIS pada jadwal yang telah ditentukan. Koordinator Idhul Fitri : Bertugas melakukan koordinasi dengan semua pihak. melakukan koordinasi dengan masing-masing Koordinator pelaksana kegiatan yang bersangkutan.7. dalam menentukan tempat dan tekhnik pelaksanan shalat idhul fitri agar dapat berjalan dengan tertib dan aman. Tidak lupa juga koordinasi dengan Pengurus Forum DKM Se-Puri Cendana. • Seksi Penakaran : Bertugas melakukan penghitungan dan penakaran hasil penerimaan ZIS. mensosialisasikan untuk lebih mengoptimalkan penerimaan ZIS dari dalam (Warga RW. agar dapat disalurkan kepada mustahik yang telah terdata secara merata pada waktu yang telah ditentukan. Koordinator Perlengkapan : Bertugas dalam menyediakan segala perlengkapan yang menunjang seluruh pelaksanaan kegiatan Semarak Ramadhan.12).

000. 3. 2.000 4 Pengumpulan ZIS .000 x 30 Hari Kuliah Shubuh (Ahad pagi) Intensif penceramah selama 1 bulan @ Rp.000 Perlengkapan acara Rp.900.000 Drumband Rp. 800. 1.400.000 Rp.000 x 30 Hari Kuliah Sore (Ahad sore) Intensif penceramah selama 1 bulan @ Rp.000 x 30 Hari Sub Jumlah = Pengajian malam nuzulil qur-an Transport mubalig Rp.(Delapan juta seratus dua puluh lima ribu rupiah).. 900. 1000. 700.000 Rp. 900. adalah sebesar Rp.RENCANA ANGGARAN BIAYA : Adapun biaya yang diperlukan untuk terselenggaranya rangkaian kegiatan Ramadhan 1432 H.000 Dokumentasi Rp.000 Rp.500.125. 900. 1.Beli Kelengkapan : Kantong Plastik Tali Plastik Rp 50. 500.000 Pawai tafarruh menyambut bulan suci Ramadhan Keamanan Rp.000 Sub Jumlah = Ceramah Ramadhan (Shalat Tarawih) : Intensif penceramah selama 1 bulan @ Rp.Pembuatan Surat Edaran dan Buku Adm Pendistribusian ZIS . 30.000. 30.000 Rp. 500. 30.000 Rp. 2.000 2 Rp. 1000.000 3 Rp. dengan perincian sebagai berikut : N O URAIAN KEGIATAN Nilai 1 Kegiatan tarhib menyambut bulan suci Ramadhan Tarhib pada tanggal 27 Sya’ban 1432 H Transport mubalig Rp.700. 8.000 Rp 100.000 Konsumsi Rp. 400.000 Rp .000 Rp.

Ust.000 5 Sholat Ied . Jejen Jaenudin .000 Sub Jumlah = Rp. 11 Agustus 2011 Ditetapkan oleh.000 Jumlah Biaya = Rp.Transport Penceramah : Tanggal 1 Syawal 1432 h Rp. Ciawi. dan semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita serta menyertakan kita diantara orang-orang yang senantiasa beramal sholeh. Amiin. Ketua. Sekretaris.125.000 Rp 100.Pembuatan Kupon dan Amplop .Transport Angkutan 25. Ponpes Mabdaul Falah. 250.000 Rp 100. Iip Syamsul M. Semoga maksud dan tujuan kami untuk meningkatkan semarak keagamaan di lingkungan majlis Ponpes Mabdaul Falah. dapat tercapai dan mendapat dukungan penuh dari semua anggota panitia serta masyarakat muslim di lingkungan Majlis Ponpes Mabdaul Falah.000 PENUTUP : Demikian proposal permohonan dana kegiatan Ramadhan 1432 H di Majlis Ponpes Mabdaul Falah kami sampaikan. 375. 8.

PROPOSAL KEGIATAN RAMADHAN 1432 H PONDOK PESANTREN MABDAUL FALAH .

Sekretariat : Kp. Rancakuya Rt. 03 / 04 Desa SukamantriKecamatan Ciawi Tasikmalaya .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.