P. 1
INTERAKSI SOSIAL

INTERAKSI SOSIAL

|Views: 24|Likes:
Published by Reeree Zhu

More info:

Published by: Reeree Zhu on Aug 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/11/2011

pdf

text

original

INTERAKSI SOSIAL

Interaksi social adalah hubungan-hubungan dinamis yang menyangkut hubungan antara individu dengan kelompok , atau antara kelompok dengan kelompok , baik berbentuk kerja selalu melibatkan dua orang atau lebih. Oleh karena itu, antara kelompok dengan kelompok, dan antara individu dengan kelompok . a. Interaksi antara individu dengan individu Pada saat dua individu betemu, walaupun tidak melakukan kegiatan apa-apa namun sebenarnya interaksi social telah terjadi apabila masing-masing pihak sadar akan adanya pihak lain yang menyebabkan perubahan dalam diri masing-masing. Seperti minyak wangi, bau keringat, bunyi sepatu ketika berjalan, dan hal-hal lain yang bias mengundang reaksi orang lain. Interaksi jenis ini selain tidak harus kongkrit seperti telah seperti telah dijelaskan di atas, juga bias sangat konkret. Wujudnya antara lain berjabat tangan, saling bercakap-cakap, saling menyapa,dan lain-lain. b. Interaksi antara kelompok dengan kelompok Interaksi jenis ini terjadi pada kelompok sebagai satu-kesatuan, bukan sebagia pribadi-pribadi anggota kelompok yang bersangkutan. Maksudnya kepentingan individu dalam kelompok merupakan satu-kesatuan yang berhubungan dengan kepentingan individu dalam kelompok lain. Contohnya pertandingan antartim sebelasan sepak bola. Mereka bermain untuk kepentingan sebelasnya ( kelompok ). c. Interaksi antara individu dengan kelompok Interkasi antara individu dengan kelompok menenjukkan bahwa kepentingan individu berhadapan dengan kepentingan kelompok. Bentuk interaksi ini berbeda-beda sesuai dengan keadaan. Contohnya seorang guru yang mengawasi murid-muridnya yang sedang mengerjakan ujian. Dalam hal ini seorang guru sebagai individu berhubungan dengan murid-muridnya yang berperan sebagai kelompok. Syarat terjadinya interaksi social Syarat utama terjadinya suatu interaksi sosial adalah adanya kontak social (social contact) dan komunikasi ( communication ).

misalnya tindakan seorang anak mempelajari kebiasaankebiasaan dalam keluarganya. Misalnya dengan berbicara. seperti pesawat telepon. dan tangere yang memiliki arti menyentuh. atau bahasa gerak ( isyarat ). dan sebagainya. radio.sehingga terjadi persamaan gerak di antara mereka. kontak merupakan gejala social. 3) Berdasarkan bentuk Dilihat dari bentuknya kita mengenal dua macam kontak. misalnya pertandingan bola voli antar siswa SMA se-jakarta. misalnya seorang guru yang sedang mengajar siswanya agar mereka mempunyai persepsi yang sama tentang sebuah masalah. Misalnya seorang pedagang melayani pelanggannya dengan baik dan si pelanggan merasa puas dalam transaksi tersebut. misalnya berbicara dengan orang lain melalui telepon. Contohnya guru tari yang melatih berapa murid. dan si penerima membalas aksi itu dengan reaksi. kontak social merupakan aksi individu atau kelompok dalam bentuk isyarat yang memiliki makna bagi si pelaku dan si penerima. televisi. bentuk dan tingkat hubungannya. bahkan berakibat putusnya interaksi sebagaimana tampak dalam perang Lebanon dan Israel. Kita membedakan kontak berdasarkan cara. Jadi. a) Kontak lansung terjadi secara fisik. . b) Kontak tidak langsung terjadi melalui media atau perantara tertentu. yaitu kontak positif dan kontak negatif. Dalam pengertian sosiologis. 2) Berdasarkan sifat Berdasarkan sifatnya. antara individu dengan kelompok dan antara kelompok dengan kelompok. Jadi. Kontak social Kontak berasal dari kata lain cum atau con yang berarti bersama-sama. surat. surat dan lain. tersenyum. kita mengenal tiga macam yaitu kontak antar individu. b) Kontak negatif mengarah pada suatu pertentangan. c) Kontak antara individu dengan kelompok. telegram. sifat.lain. dimana orang dapat mengadakan hubungan dengan pihak lain tanpa mengadakan sentuhan fisik. yaitu kontak langsung dan kontak tidak langsung. 1) Berdasarkan cara Kita mengenal dua macam kontak dilihat dari caranya. a) Kontak antar individu. b) Kontak antara kelompok dengan kelompok. secara harafiah kontak berarti bersama-sama menyentuh.a. a) Kontak positif mengarah pada suatu kerja sama.

DAFTAR PUSTAKA Wirahatnala. bondet.COM . 2009.INTERAKSI SOSIAL. Sosiologi 1: untuk SMA dan MA kelas X.GOOGLE.] WWW. h. 50 69. Jakarta : pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->